Manfaatkan Fitur-fitur di Instagram untuk Membuat Materi Pembelajaran yang Menarik

teknologi 26 Agt 2024

Pandemi Corona COVID-19 yang tengah melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu, membawa banyak perubahan dalam berbagai bidang kehidupan. Tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Adanya pandemi membuat pendidikan di Indonesia banyak mengalami perubahan.

Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka di sekolah, kini beralih dilakukan dengan jarak jauh. Pendidikan jarak jauh menjadi sebuah bentuk adaptasi pendidikan di Indonesia. Dengan pembelajaran jarak jauh, pandemi tidak menjadi penghalang pendidikan untuk terus berjalan.

Pada pembelajaran jarak jauh, pelaksanaannya sangat didukung oleh penggunaan teknologi digital. Salah satu sarana dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh adalah Instagram. Sebagai salah satu sosial media yang banyak diakses, nyatanya Instagram juga bisa mendukung guru dalam melakukan pembelajaran. Beragam fitur-fitur yang dimiliki Instagram bisa dimanfaatkan untuk membuat materi pembelajaran yang menarik.

Media Sosial untuk Proses Pembelajaran

sumber: https://www.pexels.com

Penggunaan media sosial sudah tak asing lagi. Menurut data yang dihimpun oleh Hotsuite, tahun 2021 jumlah pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 170 juta jiwa. Ini artinya, dari 274,9 juta jiwa penduduk Indonesia, 61,8% nya mengakses media sosial. Bahkan, masih menurut Hotsuite dalam laporannya yang bertajuk We Are Social, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 3 jam sehari untuk mengakses media sosial.

Banyaknya pengguna media sosial ini menjadi tantangan sekaligus peluang tersendiri,  termasuk dalam bidang pendidikan. Usia remaja menempati urutan kedua dalam jumlah pengguna sosial media terbanyak di Indonesia. Data ini menunjukkan bahwa murid usia SMP dan SMA banyak menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Ini bisa menjadi peluang dalam menggunakan media sosial sebagai sarana pembelajaran.

Menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran ternyata memilik banyak manfaat. Pertama, sarana komunikasi antara guru dan murid. Sosial media bisa menjadi sarana komunikasi antara guru dan murid, baik dengan saling berkirim komentar maupun melakukan chat secara langsung. Kedua, sumber informasi. Media sosial bisa menjadi sarana untuk mencari sumber informasi, termasuk informasi seputar pembelajaran.

Ketiga, mendukung pembelajaran yang interaktif. Meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, guru dan murid tetap bisa saling berinteraksi. Beberapa sosial media terdapat fitur chat dan live yang bisa mendukung terlaksanannya pembelajaran yang interaktif. Keempat, meningkatkan kreativitas. Media sosial nyatanya bisa meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran. Dengan membuat konten media sosial maka sisi kreativitas akan terasah.

Kelima, meningkatkan interaksi global. Di era global seperti ini, sudah selayaknya jika dunia pendidikan juga meningkatkan interaksi secara global. Dengan menggunakan sosial media, baik guru dan murid bisa berinteraksi secara global dengan guru dan murid lain dari beberapa negara di dunia. Media sosial menghapus batas-batas geografis.

Mengenal Instagram dan Fitur-Fiturnya

Sebagai generasi Z, wajar sekali jika murid-murid banyak mengakses sosial media. Di antara banyaknya sosial media yang ada, Instagram menjadi sosial media yang paling banyak digunakan oleh generasi Z. Hal ini berdasarkan laporan dari We Are Social, Instagram menjadi sosial media yang paling banyak digunakan oleh generasi Z. Ada sekitar 30% generasi Z yang mengakses Instagram.

Instagram adalah media sosial yang awalnya untuk memposting konten berupa foto. Beragam fitur yang dimiliki Instagram, membuat foto yang diposting menjadi lebih bagus. Ini yang menarik generasi Z untuk menggunakan Instagram.

Seiring dengan perkembangannya, setelah diakuisisi oleh Facebook, fitur-fitur Instagram semakin bertambah. Tak hanya bisa posting foto, tapi juga video baik video dengan durasi panjang maupun pendek, bahkan Instagram juga menyediakan fitur live. Ini semakin membuat Instagram semakin menarik untuk digunakan, terutama untuk generasi Z.

Berikut 7 Tips Penting Memanfaatkan Facebook sebagai Alternatif Media PJJ
PJJ dilakukan dengan memanfaatkan beragam bentuk teknologi informasi dan komunikasi. PJJ juga memnafaatkan media sosial dalam pelaksanaannya. Salah satu sosial media yang dimanfaatkan dalam PJJ adalah facebook.

Pemanfaatan Fitur Instagram dalam Membuat Materi Belajar yang Menarik

sumber: https://www.pexels.com

Selain banyak diakses oleh para murid, Instagram juga punya beragam fitur yang bisa dimanfaatkan dalam membuat materi belajar yang menarik. Apa saja fiturnya? Berikut adalah fitur-fitur Instagram yang bisa dimanfaatkan dalam membuat materi belajar yang menarik.

- Postingan

Fitur postingan ini bisa dimanfaatkan guru untuk membuat materi pembelajaran. Misalnya, guru bisa membuat rangkuman materi pembelajaran yang menarik menggunakan infografis.

Semakin singkat dan menarik infografis yang dibuat, semakin membuat murid lebih mudah memahami pelajaran.

- Caption

Fitur caption di Instagram kini lebih panjang dari sebelumnya. Tentunya fitur ini bisa mendukung guru untuk menjelaskan konten postingannya. Jangan lupa untuk membuat caption yang interaktif, agar murid-murid bisa saling berinteraksi melalui kolom komentar.

Gunakan juga hastag dalam postingan. Semakin banyak hastag yang berhubungan, semakin bagus bagi engagement postingan yang dibuat oleh guru. Hastag membuat murid lebih cepat dalam mencari hasil postingan guru.

- IG TV

Bila guru ingin membuat materi pembelajaran dalam bentuk video, guru bisa menggunakan fitur IG TV. Melalui fitur ini, guru bisa mengupload video dengan durasi hingga 1 jam.

IG TV bisa menjadi sarana belajar yang menarik. Asalkan, guru membuat video secara jelas dengan visual yang menarik. Jelaskan materi pelajaran secara singkat dan jelas pada video yang akan di upload ke IG TV.

- IG Live

Melakukan pembelajaran interaktif juga bisa di Instagram. Caranya, dengan menggunakan fitur IG Live. IG Live bisa membuat guru menerangkan pelajaran secara langsung dalam durasi maksimal 1 jam.

Guru juga bisa mengajak kolaborasi murid-muridnya. IG live bisa digunakan untuk Live sacara bertiga.

Bila ingin menggunakan IG Live untuk menyampaikan pelajaran secara langsung, jangan lupa membuat pengumuman terlebih dahulu. Agar saat guru Live, murid bisa hadir.

Murid-murid juga bisa berinteraksi secara langsung saat Live, dengan memanfaatkan fitur reaction dan komentar yang ada.

Jenis Konten Pembelajaran yang Cocok untuk Mengisi Instagram Anda
Instagram dapat dimanfaatkan sebagai strategi penyampaian informasi dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran

- IG Reels

Jika ingin membuat video yang menarik sekaligus menghibur, guru bisa menggunakan fitur IG Reels. Melalui fitur ini, guru bisa membuat video singkat dengan beragam filter yang bisa menjadikan materi pelajaran lebihh menarik.

IG Reels bisa digunakan untuk memberikan preview materi yag digunakan secara singkat dan menarik. Atau bisa juga sekadar memberikan motivasi dan informasi seputar pembelajaran kepada murid-murid.

Apalagi saat ini fitur IG Reels ini adalah fitur Instagram yang paling banyak digunakan oleh penggunanya, termasuk murid-murid yang merupakan generasi Z.

- IG Story

Fitur IG Story juga bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran. Mulai dari share materi pelajaran hingga kuis. IG Story ini punya banyak filter-filter lucu yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Di IG story guru jug bisa melakukan penelitian tentang capaian proses belajar. Ada fitur polling dan kuis di IG Live.

- Higlight

Di Instagram terdapat fitur highlight yang bisa dimanfaatkan guru untuk membuat arsip belajar. Materi-materi belajar yang pernah dibagikan di IG Story bisa disimpan disini. Ini juga bisa menjadi pusat referensi yang bisa memudahkan murid memahami pelajaran.

Demikian adalah fitur-fitur Instagram yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses pembelajaran. Guru bisa menggunakan Instagram sebagai sarana pembelajaran jarak jauh seperti ini.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.