Berikut 7 Tips Penting Memanfaatkan Facebook sebagai Alternatif Media PJJ

teknologi Okt 26, 2020

Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan terbaik dalam proses pendidikan di masa pandemi seperti ini. PJJ membuat proses pendidikan tetap berjalan tetapi juga mampu mencegah penyebaran virus Corona COVID-19 yang sejak Maret lalu ada di Indonesia.

PJJ dilakukan dengan memanfaatkan beragam bentuk teknologi informasi dan komunikasi. PJJ juga memnafaatkan media sosial dalam pelaksanaannya. Salah satu sosial media yang dimanfaatkan dalam PJJ adalah facebook. Tulisan ini selanjutnya akan membahas 7 tips penting memanfaatkan Facebook sebagai alternatif media PJJ

Pendidikan Jarak Jauh

Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan gurunya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Pembelajaran elektronik (e-learning) atau pembelajaran daring (online) merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet. Meski sejatinya pendidikan jarak jauh ini tidak harus selalu dilakukan secara daring. Pendidikan jarak jauh juga bisa dilakukan dengan cara luring yang terbatas, misalnya guru dan peserta didik bertemu di periode-periode tertentu saja.

Kemajuan yang terjadi dalam dunia teknologi komunikasi dan informasi memunculkan peluang maupun tantangan baru dalam dunia pendidikan. Peluang baru yang muncul termasuk akses yang lebih luas terhadap konten multimedia yang lebih kaya, dan berkembangnya metode pembelajaran baru yang tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Teknologi komunikasi dan infomasi ini semakin memberi kemudahan pada pelaksanaan pendidikan jarak jauh.

Sebenarnya, jauh sebelum kemunculan pandemi COVID-19 ini, pendidikan jarak jauh bukan metode baru dalam sistem pendidikan. Metode pendidikan ini telah digunakan di Amerika Serikat sejak tahun 1892 ketika Universitas Chicago meluncurkan program pembelajaran jarak jauh pertamanya untuk tingkat pendidikan tinggi.

Metode pendidikan jarak jauh terus berkembang dengan menggunakan beragam teknologi komunikasi dan informasi termasuk radio, televisi, satelit, dan internet. Meluasnya penggunaan internet oleh publik di berbagai negara pada tahun 1996 menjadi suatu fenomena yang berkembang dan diikuti oleh kemunculan beragam konten digital di dalamnya. Pada tahun yang sama, John Bourne mengembangkan Asychronous Learning Network Web yang merujuk kepada kemampuan untuk memberikan pendidikan kapan saja dan di mana saja melalui internet.

Perkembangan sosial media juga semakin mendukung pelaksanaan pendidikan jarak jauh ini. Beberapa sosial media seperti Facebook, YouTube, Instagram dan lain sebagainya bisa digunakan untuk pelaksanaan PJJ ini.

Facebook menjadi salah satu sosial media yang digunakan sebagai alternatif media PJJ. Facebook sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu penggunaannya juga cukup simple diakses oleh beragam kelompok masyarakat. Ini yang menjadi faktor digunakannya Facebook sebagai alternatif media PJJ.

Facebook sebagai Media Alternatif PJJ

Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya, hingga yang terbaru sekarang Facebook bisa digunakan untuk melakukan siaran secara langsung.

Facebook ini diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Berdasarkan survey dari We Are Social, Hootsuite pada tahun 2020, Facebook menjadi media sosial dengan pengguna terbesar ketiga di Indonesia. Dari 150 juta pengguna sosial media di Indonesia, 82% menggunakan Facebook.

Facebook memiliki fitur yang beragam. Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh Facebook.

1. Melakukan Siaran Langsung

2. Mencari Topik dengan Tagar

3. Mengunggah foto dan album sekaligus

4. Meninggalkan Komentar dengan Reaksi

5. Mengirim File

6. Mendownload semua status, video dan foto

7. Ubah Foto Profil menjadi GIF

8. Memilih Profil dan Page yang ingin diprioritaskan

9. Melihat dimana saja Anda pernah masuk atau Log in

10. Mengajari teman Anda untuk Mengeja Nama Anda dengan benar

Dengan banyaknya fitur yang dimiliki, membuat Facebook bisa digunakan sebagai media alternatif saat PJJ. Facebook dapat membantu peserta didik dalam berinteraksi secara sosial dan akademik. Facebook memungkinkan peserta didik berhubungan akrab dengan pendidik dan siswa lain. Facebook menyediakan platform untuk berinteraksi dan berbagi pengetahuan. Facebook juga menyediakan fasilitas group untuk para siswa bergabung dan membahas berbagai topik,  berkolaborasi dan menggunakan aplikasi pendidikan untuk mengelola aktivitas belajar.

Berikut adalah  beberapa contoh memanfaatkan facebook sebagai media pembelajaran :

a.    Forum Diskusi

Facebook memungkinkan siswa dengan siswa atau siswa dengan guru untuk berdiskusi dengan tidak bertatapan muka. Ini bisa dilakukan di grup facebook atau bagian lain.

b.    Memberikan alamat URL/Web

Guru bisa memberikan alamat URL/Web media pembelajaran untuk diakses siswa – siswanya. Hal ini mempermudah guru dalam menyampaikan materi ajar.

c.    Memberikan Pekerjaan Rumah

Dalam hal memberikan tugas, facebook juga bisa dimanfaatkan untuk share soal – soal pekerjaan rumah. Bisa dilakukan dengan memakai media chat atau wall.

d.   Sebagai Tempat bertukar perdapat

Antara siswa dan siswa bisa melakukan diskusi bersama di media ini kaitannya dengan pemecahan persoalan dengan sangat mudah.

e.   Siaran Langsung Mater Pembelajaran

Dengan Facebook Live, guru bisa menyampaikan materi pembelajaran secara langsung. Guru bisa melakukan siaran mengajar secara langsung layaknya di dalam kelas.

Ada beberapa 7 tips penting yang bisa membantu anda memanfaatkan Facebook sebagai media alternatif saat PJJ.

1. Pastikan anda sudah mempunyai akun Facebook. Jika belum memiliki akun facebook, mendaftarlah dengan mengisi data di situs www.facebook.com

Ikuti semua langkah dalam situs Facebook. Setelah terdaftar, Facebook  sudah bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

2. Pastikan anda sudah memahami fitur-fitur apa saja yang ada di Facebook. Gunakan fitur-fitur Facebook yang mendukung PJJ, misalnya Facebook Group dan Facebook Live.

3. Buat rancangan pembelajaran. Sebelum memulai PJJ menggunakan Facebook, pastikan anda sudah membuat rancangan pembelajaran. Agar saat memulai PJJ dengan Facebook Live anda bisa fokus secara efektif.

4. Siapkan peralatan yang mendukung saat online, mulai dari smartphone hingga jaringan internet yang stabil.

5. Izin dari pihak yang terakait. Sebaiknya anda perlu meminta izin dari setiap orang yang terlibat saat PJJ menggunakan Facebook. Misalnya, pada sesi live streaming yang dilakukan. Misalnya, jika ada siswa yang tampil pada saat live streaming, pastikan siswa yang bersangkutan dan orangtua tidak merasa keberatan dengan hal tersebut.

Platform KBM Online yang Gratis dan Praktis Dipakai Saat PJJ
Menurut Mendikbud, sejumlah mitra belajar pemerintah juga sudah menyatakan dukungan dan komitmen penuh guna memudahkan KBM daring para guru dan murid dengan layanan dan program gratis yang bisa diakses dengan mudah dan praktis.

6. Buat Jadwal, pastikan sebelum memulai mengajar dengan Facebook khususnya saat akan melakukan siaran langsung, anda sudah membuat jadwal yang sudah diketahui oleh para siswa. Agar mereka juga bisa menyimak siaran langsung anda.

Tips Menghemat dan Mengatur Kuota Internet Untuk Murid & Guru Saat PJJ
Mengatur penggunaan data atau kuota internet merupakan hal yang penting dilakukan agar bisa selalu berhemat. Apalagi dimasa pembelajaran jarak jauh saat ini dimana sebagaian besar aktivitas pembelajaran dilakukan menggunakan koneksi internet.

7. Evaluasi, jangan lupa untuk memberikan evaluasi saat menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran saat PJJ. Ini akan membuat proses belajar mengajar di kemudian hari menjadi lebih baik lagi.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.