Tips Menghemat dan Mengatur Kuota Internet Untuk Murid & Guru Saat PJJ

edukasi Okt 08, 2020

Mengatur penggunaan data atau kuota internet merupakan hal yang penting dilakukan agar bisa selalu berhemat. Apalagi dimasa pembelajaran jarak jauh saat ini dimana sebagaian besar aktivitas pembelajaran dilakukan menggunakan koneksi internet.

Saat ini Kemdikbud dan pemerintah sedang mengeluarkan program pemberian subsidi kuota internet gratis untuk pembelajaran kepada seluruh guru dan murid yang terdaftar. Pemberian subsidi kuota ini dimulai sejak bulan September 2020 dan akan berlangsung selama  empat (4) bulan.

Masing-masing guru yang sudah terdaftar nomornya akan mendapatkan kuota internet sebesar 42 GB/bulan, sementara murid yang terdaftar akan mendapatkan 35 GB/bulan. Tentu saja dengan adanya kebijakan ini akan sedikit membantu beban dan kendala para guru dan murid yang memiliki keterbatasan dalam membeli kuota.

Tetapi dengan kuota yang ada tersebut perlu juga digunakan secara bijaksana agar bisa tetap cukup untuk dipakai selama 1 bulan. Apalagi kuota yang diberikan tersebut sebagaian besar adalah kuota belajar yang hanya bisa mengakses situs dan aplikasi pembelajaran yang sudah dipilih pemerintah.

Contoh aplikasi yang bisa diakses menggunakan kuota belajar adalah Whatsapp, Google Meet, Zoom, Rumah Belajar, dan sebagainya. Sementara aplikasi lain yang tidak terdaftar oleh Kemdikbud tentu tidak bisa dipakai menggunakan kuota subsidi.

Sehingga Anda perlu mengatur pemakaian kuota internet agar tidak boros dan membuat pengeluaran bulanan Anda menjadi bertambah hanya karena kebutuhan kuota yang membengkak.

Adapun umumnya yang menyebabkan kouta Anda banyak terpakai disebabkan oleh beberapa aktivitas seperti menonton streaming dan YouTube hanya untuk hiburan, melakukan panggilan Video Call dengan teman dan sanak saudara, anak yang sering bermain game online, serta tidak adanya pengaturan batas penggunaan data harian dan bulanan Anda.

Selanjutnya agar Anda bisa lebih menghemat penggunaan kuota internet di masa pandemi dan pelaksanaan PJJ saat ini, berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba:

1.  Atur Batas Penggunaan Data

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan membatasi penggunaan data mingguan dan bulanan. Untuk mengatur penggunaan data, Anda bisa masuk ke :

  • Pengaturan (Setting) – Penggunaan Data – Data Seluler
  • Kemudian Setelah itu atur batas penggunaan data seluler sesuai keinginan, bisa membatasi per aplikasi atau bulanan.
  • Jangan lupa menyalakan notifikasi peringatan batas penggunaan data.
  • Setiap jenis smartphone memiliki lokasi dan tampilan pengaturan yang berbeda, silakan Anda sesuaikan dan telusuri sendiri.

Dengan mengatur batas penggunaan data per aplikasi maupun bulanan, pemakaian kuota internet Anda bisa lebih terpantau dan terkontrol.

2.  Atur Mode Download Otomatis Menjadi Manual

Setiap smartphone umumnya memiliki pengaturan pengunduhan data otomatis. Jadi ketika sebuah aplikasi ada pembaruan (update), maka sistem akan melakukan pengunduhan otomatis, biasanya Anda diberitahu dan ada juga yang tidak ada pemberitahuan tergantung pengaturan Anda.

Usahakan untuk mengatur pengunduhan otomatis hanya pada saat menggunakan wifi saja atau diatur pada mode manual sehingga Anda bisa melakukan pembaruan pada aplikasi yang diinginkan atau diperlukan saja.

Untuk mengatur mode download bisa dilakukan dengan cara:

  • Masuk ke 'Playstore' – 'Setelan' – 'Update Aplikasi Secara Otomatis'.
  • Silakan pilih ‘Melalui Wi-Fi saja atau ‘Jangan update aplikasi secara otomatis’. Jika menggunakan pilihan wifi, maka update otomatis akan dilakukan saat Anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi, sementara jika menggunakan pilihan ‘Jangan Update otomatis’, maka proses update hanya bisa dilakukan secara manual dengan memilih aplikasi tertentu.
  • Anda bisa memilih salah satu mode di atas sesuai kebutuhan, yang penting jangan menggunakan mode ‘Melalui jaringan apa pun’.
  • Anda juga bisa mengatur mode download otomatis pada aplikasi seperti Whatsapp untuk diganti menjadi manual atau ketika terhubung dengan wifi saja.

Bayangkan saja jika ada 20 atau lebih aplikasi dengan ukuran yang lumayan besar melakukan update otomatis tanpa sepengetahuan Anda. Tentu wajar apabila data Anda bisa cepat terkuras habis, sehingga penting untuk mengatur mode download otomatis ini.

3.  Matikan Sinkronisasi Otomatis

Tanpa kita sadari aplikasi yang banyak kita gunakan saat ini mayoritas memiliki mode sinkronisasi otomatis yang lumayan besar memakan data.

Sinkronisasi sendiri merupakan proses menghubungkan antara server aplikasi dengan akun Anda. Misalnya pada aplikasi Whatsapp Anda mengijinkan mode sinkronisasi otomatis, maka nantinya aplikasi Whatsapp memiliki otoritas untuk melakukan pencadangan otomatis data Anda setiap hari agar riwayat percakapan dan file yang Ada di Whatsapp bisa tersimpan pada cloud akun Anda.

Sinkronisasi juga memiliki fungsi untuk memberikan Anda pemberitahuan mengenai update dan pesan masuk langsung pada layar utama smartphone dan pemberitahuan lainnya.

Contoh aplikasi yang lumayan banyak melakukan sinkronisasi otomatis dan akan memakan banyak kuota data Anda adalah seperti Gmail, Facebook, Whatsapp, googledrive, dan lainnya. Mode ini selain memakan kuota yang lumayan besar juga akan memakai banyak daya baterai smartphone Anda.

Adapun cara melakukan pengaturan sinkronisasi otomatis yaitu :

  • Masuk ke menu 'Settings' - 'Accounts' - matikan mode ‘Otomatis sinkroniasi data’.
  • kemudian pilih secara manual akun yang ingin disinkronisasi saja.

Silakan pilih aplikasi yang menurut Anda penting untuk diaktifkan mode ini dan yang tidak terlalu diperlukan.

4.  Batasi Penggunaan Data Background

Pada pengaturan default, semua aplikasi yang terinstall selalu memiliki otoritas untuk berjalan di backroundsistem smartphone Anda sekalipun aplikasi tersebut tidak dipakai. Hal ini agar aplikasi tersebut tetap menyala dan bekerja.

Misalnya aplikasi anti virus, gmail, dan aplikasi sistem lainnya yang tetap berjalan agar selalu berfungsi. Selama aplikasi tersebut berjalan terutama yang membutuhkan koneksi untuk sinkronisasi dan pemberitahuan maka selama itu juga kuota data Anda akan terus terpakai.

Sehingga penting untuk mengatur aplikasi yang berjalan di backround, pastikan aplikasi yang berlajan adalah yang memiliki fungsi penting.

Adapun jika Anda ingin mengatur atau mematikan aplikasi yang berjalan di backround, bisa dilakukan dengan :

  • Masuk ke menu ‘Pengaturan’  - ‘Penggunaan data’ - Pilih aplikasi - dan atur setelan yang tersedia. Atur bagian ‘Perizinan aplikasi’, ‘Notifikasi’, ‘Batasi penggunaan data’, dan lainnya.
  • Setiap smartphone memiliki mode dan tampilan pengaturan yang berbeda sehingga silakan sesuaikan sendiri sesuai informasi dan fitur yang tersedia.
  • Anda juga bisa menekan ikon tiga titik vertikal yang berada di bagian kanan atas, kemudian pilih ‘setelan (setting)’.

5.  Menggunakan Aplikasi Versi Lite

Saat ini beberapa aplikasi yang populer sudah memiliki versi Lite (ringan). Salah satu perbedaan mencolok dari versi lite adalah lebih ringan, dengan fitur yang sudah dibuat lebih minimalis dan tentu saja lebih hemat dalam penggunaan kuota data.

Ada berbagai aplikasi populer yang sudah memiliki versi ini, seperti Facebook dengan Facebook Lite, YouTube dengan YouTube Go, Skype Lite, Opera Mini Lite, dan lainnya.

Khusus untuk browser baik untuk versi asli maupun lite Anda bisa mengatur penggunaan data dan pengecilan data agar dalam berselancar di internet bisa lebih ringan dan hemat. Misalnya pada browser Opera mini ada fitur yang mampu menyimpan kuota dan data internet secara primer dengan mengompres website yang dikunjungi.

Begitupun pada Browser Google Chrome, Anda bisa mengatur mode penghematan data dengan masuk ke ‘Pengaturan’ – ‘Mode Ringan’ – ‘Aktif’.

Dengan menggunakan mode ringan pada setiap aplikasi yang Anda gunakan, tentu akan banyak membantu menghemat pemakaian kuota data Anda.

Cara Browsing di Google yang Baik dan Benar
Internet menjadi rujukan pertama dalam mencari segala informasi yang dibutuhkan. Browsing menjadi cara instan dalam mendapatkan informasi. Google menjadi mesin pencari yang paling populer saat ini. Lalu bagaimana ya cara browsing di google yang baik dan benar?

6.  Matikan Paket Data Saat Tidak Dipakai

Apabila Anda sedang tidak menggunakan koneksi internet untuk keperluan belajar atau hiburan, maka sebaiknya matikan koneksi internet Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan mematikan mode data Anda pada menu :

  • ‘Pengaturan’ - ‘Kartu SIM dan Jaringan Seluler’ - kemudian geser menjadi mode ‘off’.
  • Anda juga bisa menyalakan mode penghemat data dengan masuk pada menu ‘Pengaturan’ - ‘Atur penggunaan data’ - kemudian aktifkan mode ‘Penggunaan data’.

Perlu diketahui jika tampilan informasi pada setiap jenis smartphone berbeda sehingga silakan sesuaikan dengan tampilan pengaturan yang ada pada smartphone masing-masing.

Anda juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang memiliki ukuran besar serta memakan banyak sumber penyimpanan dan data namun jarang dipakai.

Dengan menghapus aplikasi yang jarang dipakai tentunya akan lebih meringkankan ruang penyimpanan smartphone Anda dan juga bisa menghemat penggunaan data.

Tips Agar KBM Online Tetap Berjalan Dengan Minimnya Fasilitas
Fasilitas yang dibutuhkan yaitu gadget atau ponsel dan akses untuk melakukan internet. Sayangnya, tidak semua orang tua bisa menyediakan fasilitas tersebut dikarenakan keadaan ekonomi yang kurang.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan agar bisa menghemat penggunaan data Anda. Pastikan selalu menggunakan kuota data untuk tujuan yang bermanfaat dan produktif, serta aturlah penggunaan data Anda secara bijak agar bisa lebih menghemat pengeluaran Anda.

Terakhir, silakan akses bank soal sekolah, rangkuman materi, video pembelajaran interaktif, dan manajemen kuis online secara gratis di kejarcita.id.

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.