Cara Browsing di Google yang Baik dan Benar

teknologi Jun 25, 2020

Cara Browsing di Google yang Baik dan Benar - Sejak ditemukannya internet, akses mencari informasi bagi masyarakat pun berubah. Internet menjadi rujukan pertama dalam mencari segala informasi yang dibutuhkan. Browsing menjadi cara instan dalam mendapatkan informasi. Google menjadi mesin pencari yang paling populer saat ini. Lalu bagaimana ya cara browsing di google yang baik dan benar? Baca terus artikel ini ya.

Internet

Internet adalah jaringan yang membuat komputer di seluruh dunia terhubung dan berinteraksi satu sama lain. Melalui internet, anda bisa berbagi informasi dengan orang lain di berbagai belahan dunia. Anda juga bisa memanfaatkan data dari seluruh dunia. Dengan memiliki gawai yang terhubung dengan jaringan internet, anda bisa mengirim surel, berbelanja secara online bahkan melakukan transaksi perbankan dengan cepat, tanpa harus mengkhawatirkan jarak.

Internet mulai ditemukan pada tahun 1969 di Amerika Serikat. Saat itu ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), jaringan area luas pertama, diciptakan untuk berbagi data militer. Internet diperkenalkan melalui konsep tersebut.

Situs web (jaringan), memiliki alamat internet masing-masing yang dimulai dengan www. Istilah www merupakan singkatan dari world wide web. Nama tersebut menunjukkan bahwa dunia ini terhubung seperti jaring laba-laba.

Dalam waktu singkat, penggunaan internet berkembang pesat. Orang-orang-orang di seluruh penjuru dunia menggunakan internet untuk mengakses informasi dengan mudah, kegiatan itu selanjutnya disebut sebagai browsing.

Browsing

Browsing adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan mengakses website menggunakan browser untuk memperoleh informasi atau data di internet.

Browser sendiri adalah salah satu jenis software (perangkat lunak) yang umumnya digunakan untuk membuka halaman website di internet. Browser disebut juga peramban web.

Browser memiliki kemampuan untuk menampilkan kode semantik (bahasa pemrograman) halaman website seperti ; HTML, CSS, Js dan lain sebagainya menjadi halaman yang bisa dimengerti semua orang. Beberapa jenis browser antara lain Internet Explore, Google Crome, Mozilla Firefox, UC Browser, Lynx dan lain sebagainya.

Kegiatan browsing membawa manfaat yang besar bila digunakan dengan benar. Anda bisa mendapatkan banyak informasi terbaru tentang segala sesuatu yang didapat di blog maupun website.

Orang yang rutin melakukan browsing untuk mencari informasi bisa memiliki pengetahuan yang luas. Bagi siswa, browsing juga perlu dilakukan agar lebih mudah mendapat referensi yang lengkap seputar materi pembelajaran.

Selain mencari informasi, kegiatan browsing juga bisa dilakukan untuk kegiatan lainnya. Misalnya membuka surat elektronik (email), bermain sosial media, streaming video hingga main game online.

Google

Google menjadi mesin pencari yang paling populer saat ini. Kemunculan google dimulai dari sebuah proyek yang dikerjakan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Saat itu, kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University berkolaborasi mengembangkan mesin pencari bernama BackBurb yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka. Selanjutnya nama BackBurb ini kemudian diganti menjadi Google.

Google menjadi mesin pencari yang paling diminati karena cara kerjanya yang sederhana. Pengguna cukup menekan tombol Enter setelah memasukkan kata kunci pencariannya.

Beberapa kelebihan yang dimiliki google dibanding mesin pencari lainnya adalah :

1. Hasil yang Relevan

Google adalah mesin pencari yang mengeluarkan hasil pencarian paling relevan bagi penggunanya jika dibandingkan mesin pencari lainnya.

Ini karena algoritma google yang sangat baik untuk memunculkan website berkualitas di halamannya.

2. Pencarian Berdasarkan Lokasi

Ketika mencari informasi di google, anda akan mendapatkan informasi sesuai lokasi anda. Misalnya di Indonesia, maka google nya adalah google.co.id dan hasilnya lebih relevan karena sesuai dengan kebiasaan pencarian di Indonesia.

3. Cepat

Google bisa memberikan anda informasi dengan cepat. Apalagi jika anda memasukkan kata kunci yang relevan. Dalam waktu tak sampai 0,5 detik google dapat menampilkan jutaan hasil pencarian anda.

4. File yang Terindeks Beragam

Saat mencari informasi di google anda bisa mendapatkan berbagai file sesuai kebutuhan anda. Mulai dari format PDF, DOC, PPT dan lain sebagainya.

Cara Browsing di Google

Meski banyak orang mencari informasi di google, ternyata masih banyak yang belum tahu bagaimana mendapatkan informasi yang baik dan benar di google.

Tips berikut layak disimak, agar anda bisa browsing di google dengan baik dan benar.

1. Pilah Pilih Informasi

Mencari informasi dengan browsing di google memang sangat mudah dan cepat. Sekali memasukkan kata kunci ribuan informasi pun muncul dihadapan. Anda perlu memilah dan memilih informasi. Jangan sampai informasi yang anda dapatkan itu hoax.

Saat memilih informasi cek judulnya. Jangan memilih informasi dengan judul yang sensasional. Bisanya informasi hoax seringkali menggunakan judul yang sensasional dan tidak masuk akal.

Lihat juga sumber informasinya. Pilih informasi dengan sumber terpercaya. Misalnya dari website surat kabar nasional maupun website dari para ahli.

2. Mencari Beberapa Topik Informasi Sekaligus

Mencari informasi di google akan makin cepat dan mudah bila anda tahu triknya. Misalnya, anda bisa dengan cepat mendapatkan beberapa topik informasi sekaligus.

Contohnya, untuk mengetahui berbagai jenis coklat. Anda bisa memasukkan kata kunci "Cokelat or Cokelat Putih". Dengan begitu anda akan mendapatkan informasi tentang berbagai jenis coklat.

3. Mencari Informasi Terdekat

Google juga akan membantu anda mendapatkan informasi terdekat di sekitar anda. Misalnya saat anda memasukkan kata kunci "Tempat Burger Terdekat, anda akan mendapatkan informasi tentang tempat burger yang paling dekat dengan anda.

Saat membaca sebuah artikel di website, seringkali banyak link-link yang bertebaran. Link atau hyperlink adalah sebuah tulisan/kata/angka/gambar yang ada di dunia maya. Jangan asal menekan link tersebut, karena banyak link yang akan mengarahkan anda ke situs-situs dewasa, perjudian hingga virus bagi gawai anda.

Bagaimana Menghindarkan Anak dari Cyber Crime?
Kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, bahkan di saat maraknya perkembangan teknologi ini, disalahgunakan untuk melakukan kejahatan lewat jaringan komputer atau biasa disebut cyber crime.

5. Pasang Pelindung

Saat berselancar di google, jangan lupa memasang alat pelindung. Alat pelindung disini adalah Anti-Virus dan beberapa software.

Anti-Virus bisa melindungi gawai anda dari serangan virus yang mungkin didapat saat mencari informasi di google.

Anda juga bisa memasang software anti situs dewasa. Ini untuk mencegah anak-anak anda mengakses situs dewasa baik secara sengaja maupun tidak.

6. Simpan Halaman Favorit

Ketika sudah menemukan website yang sangat cocok dan banyak memberikan informasi yang anda butuhkan, anda bisa menyimpannya sebagai halaman favorit.

Misalnya anda bisa menyimpan alamat web kejarcita.id karena banyak memberikan informasi seputar pendidikan. Caranya anda cukup mengklik ikon bintang yang ada di pojok kanan atas. Dengan begitu halaman favorit anda akan tersimpan atau istilahnya ter bookmark.

Anak Hobi Copy Paste Tugas? Ajari Konsep Copyright
Tindakan copy paste bisa disebut juga dengan plagiarisme. Setiap karya ataupun artikel yang ada di internet sudah memiliki hak ciptanya masing-masing. Maka dari itu, tindakan copy paste seperti itu sangatlah berbahaya, karena sudah bisa dituduh sebagai plagiarisme dari karya seseorang.

7. Mencari Gambar yang Serupa

Bila anda memiliki gambar yang kecil ukurannya lalu ingin mencari gambar serupa dengan ukuran yang lebih besar, anda bisa mencarinya di Google.

Caranya cukup mudah. Anda upload gambarnya atau paste url gambarnya ke Google.

Semoga tips ini bisa membantu anda untuk bisa melakukan browsing di Google dengan baik dan benar.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.