Pembelajaran Problem Based Learning melalui Aplikasi Edmodo

teknologi 2 Agt 2023

Perkembangan teknologi dan informasi memberikan dampak terhadap dunia pendidikan. Digitalisasi pendidikan dapat memperluas akses informasi terhadap bahan ajar oleh siswa dan mempermudah guru dalam proses belajar mengajar. Perkembangan teknologi juga dapat menunjang dan mempermudah guru dalam memilih dan menentukan perangkat pembelajaran yang kreatif, misalnya dengan menerapkan pembelajaran Problem Based Learning melalui aplikasi Edmodo di dalam kelas.

Aplikasi Edmodo adalah platform pembelajaran yang bisa diakses oleh guru, siswa, bahkan orang tua yang ingin memantau perkembangan belajar anak mereka. Penerapan pembelajaran melalui aplikasi Edmodo ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan perkembangan digitalisasi berupa media e-learning dalam dunia pendidikan.

Problem Based Learning melalui aplikasi Edmodo merupakan salah satu model pembelajaran yang fleksibel dalam pembelajaran daring maupun luring dengan menggunakan e-learning. Problem Based Learning berfokus pada pengembangan pola berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah baik secara individu maupun berkelompok. Tujuan penerapan model pembelajaran PBL, yaitu melatih pola berpikir kognitif siswa menjadi lebih tinggi melalui proses analisis, penyelidikan, dan eksperimen dalam mencari solusi atas permasalahan yang harus dihadapi.

Tahapan Mengimplementasi Pembelajaran Problem Based Learning dengan Aplikasi Edmodo

Berikut ini adalah tahapan yang bisa dilakukan guru dalam implementasi pembelajaran PBL melalui aplikasi Edmodo.

  1. Tahap orientasi, yaitu guru menyampaikan masalah yang akan diidentifikasi oleh siswa.
  2. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok.
  3. Memberi pertanyaan berkaitan masalah yang telah dipilih dan meminta siswa mencari referensi yang relevan.
  4. Memberi waktu siswa untuk berdiskusi secara kelompok untuk memecahkan masalah.
  5. Guru memonitor jalannya diskusi dan memberi bantuan apabila diperlukan.
  6. Guru membagikan link di aplikasi Edmodo untuk akses pengumpulan tugas.
  7. Siswa mendiskusikan hasil dan mempresentasikannya antarkelompok.
  8. Guru dan siswa melakukan refleksi dan evaluasi bersama atas hasil yang diperoleh.

Pemanfaatan e-learning berupa Aplikasi Edmodo memiliki fleksibilitas bagi guru dalam pengelolaannya tanpa mengesampingkan proses kemampuan berpikir siswa melalui integrasi model yang diterapkan, yaitu PBL. Sehingga menerapkan Aplikasi Edmodo dan model pembelajaran PBL secara bersamaan diharapkan selain untuk meningkatkan efektivitas siswa dalam memahami konsep materi yang diajarkan, juga bisa meningkatkan hasil belajar mereka.

Alternatif Solusi untuk Mengatasi Kesenjangan Teknologi dalam Pembelajaran Daring dan Bauran
Program seperti hotspot komunitas, pemasangan Wi-Fi di lingkungan sekolah dapat membantu siswa memiliki akses yang memadai untuk pembelajaran daring

Aplikasi Edmodo dapat memfasilitasi kegiatan belajar siswa menjadi lebih interaktif di mana pun mereka berada. Siswa bisa mengekspresikan pendapat mereka melalui Aplikasi Edmodo dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, Aplikasi Edmodo menjadi salah satu media pembelajaran e-learning yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan teknologi internet dalam pembelajaran juga memiliki kendala misalnya jaringan internet yang kurang stabil, termasuk saat menggunakan Aplikasi Edmodo.

Berlandaskan teori kolaborativisme, PBL (Pembelajaran Berbasis Masalah) dapat melatih kognitif siswa untuk mengonstruksi pengetahuan dari berbagai sumber guna menemukan solusi atas permasalahan yang bersifat sosial maupun individual.

Dengan mengakomodasi model pembelajaran PBL yang berbasis pemecahan masalah dengan aplikasi Edmodo, siswa diberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan sekaligus menantang untuk menemukan pengetahuan baru melalui keterampilan memecahkan suatu masalah.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran

Aplikasi Edmodo memiliki banyak fitur yang dirancang untuk melengkapi berbagai kebutuhan penggunanya. Berikut ini manfaat menggunakan Aplikasi Edmodo dalam pembelajaran.

1.Tempat Berbagi Informasi

Melalui aplikasi Edmodo, siswa dapat berkomunikasi di ruang virtual bersama teman dan guru dengan mudah. Aplikasi ini mengizinkan siswa untuk saling bertukar pertanyaan dan menanggapinya satu sama lain dengan jawaban terkait. Guru juga bisa menjawab pertanyaan yang sulit dan bisa dilihat oleh semua siswa. Mudahnya pertukaran informasi yang dilakukan secara daring ini bisa membantu siswa untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

2. Mempermudah Kerja kelompok

Aplikasi Edmodo memfasilitasi siswa dalam membuat suatu karya dalam kelompok kecil. Setiap anggota kelompok dapat bekerja sama dan dengan mudah berbagi ide, materi, sumber yang akan digunakan, hingga mengkoordinasikan pertemuan langsung mereka melalui ruang virtual yang disediakan oleh fitur di aplikasi ini. Oleh karena itu, dengan dukungan fitur tersebut, aplikasi Edmodo menjadi relevan untuk dikombinasikan dengan model PBL.

3. Notifikasi

Aplikasi Edmodo menyediakan notifikasi seluler ketika guru atau siswa telah membuat akun. Melalui notifikasi ini, siswa bisa mengirim atau menerima notifikasi dari guru terkait proses pembelajaran. Notifikasi yang dimaksud misalnya mengganti jadwal kelas atau keterlambatan memulai kelas karena kondisi tertentu.

4. Tugas dan Penilaian

Guru bisa menambahkan tugas di aplikasi Edmodo dengan sederhana, layaknya sedang melakukan postingan biasa di social media. Postingan tugas ini juga bisa digunakan oleh siswa untuk mengunggah tugas yang telah mereka kerjakan. Sementara itu, proses penilaian juga bisa diakses secara langsung di aplikasi.

5. Kontrol dan Visibilitas

Guru bisa melakukan pengawasan dan kontrol terhadap akses informasi yang dibagikan oleh siswa atau saat mereka saling menanggapi kiriman satu sama lain. Guru juga bisa menghapus posting-an yang dianggap kurang pantas atau tidak relevan dalam proses pembelajaran.

Cara Menggunakan Aplikasi Edmodo Bagi Guru

  1. Membuat akun di aplikasi Edmodo. Untuk membuat akun, kita bisa mengakses website Edmodo di www.edmodo.com.
  2. Setelah muncul tiga pilihan kategori, pilih I’m a Teacher.
  3. Klik mendaftarkan akun dengan cara memasukkan e-mail dan password. Berikutnya, pilih continue.
  4. Selanjutnya, akan muncul join your school community. Ketik nama sekolah tempat mengajar lalu klik select school.
  5. Pada halaman selanjutnya, pilih set up my class. Lalu, get started.
  6. Proses pembuatan akun telah selesai. Selanjutnya, jangan lupa memverifikasi e-mail yang dikirim dengan mengklik confirm my email.
  7. Pada halaman beranda Edmodo, guru bisa mengklik pilihan create a group dan diisi dengan memberi keterangan mata pelajaran yang diampu, kemudian klik create.
  8. Halaman selanjutnya akan muncul Invite people to this group, dan guru bisa menggunakan kode yang telah tersedia untuk siswa bergabung ke grup yang dibuat, klik Done.
  9. Guru bisa mengunggah materi atau membagikan materi dengan mudah melalui group yang telah dibuat dan menulis keterangan yang sesuai dengan materi pelajaran dan post.
  10. Jika ingin memberi tugas kepada siswa, guru bisa memindahkan tab note ke assignment dan send begitupun untuk membuat kuis atau polling.
Pentingnya Pemahaman T-PACK untuk Guru dalam Era Digital
T-PACK menggabungkan tiga komponen utama, yaitu pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogis, dan pengetahuan konten, dan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran

Guru juga dapat melihat berapa banyak siswa yang telah mengumpulkan tugas mereka melalui tombol turned in dan untuk melakukan penilaian terdapat di halaman Grading Overview.

Selain mengelola grup dalam kelas besar, fitur di Aplikasi Edmodo juga menyediakan diskusi dengan grup lebih sedikit. Caranya hampir sama, hanya saja pilihan yang diklik saat masuk ke beranda Edmodo adalah Create a Small Group. Selanjutnya, tambahkan member ke dalam grup yang dibuat.

Tidak hanya sebagai media pembelajaran, Aplikasi Edmodo juga bisa digunakan sebagai media penyimpanan file online bagi guru melalui fitur Library.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.