Platform KBM Online yang Gratis dan Praktis Dipakai Saat PJJ

edukasi Okt 06, 2020

Saat ini di tahun 2020, hampir seluruh institusi pendidikan di Indonesia sedang diharuskan melaksanakan proses KBM secara jarak jauh atau belajar dari rumah (BDR) oleh pemerintah. Kondisi ini mengharuskan para guru maupun murid untuk menyiapkan perangkat pembelajaran dan sumber belajar yang bisa mengakomodasi model pembelajaran jarak jauh.

Salah satu sumber belajar yang penting adalah platform KBM daring, yang berfungsi sebagai tool, sumber belajar dan wadah agar proses KBM daring antara guru dan murid bisa berjalan dengan lancar dan optimal. Saat ini sudah banyak sekali platform edutech yang menawarkan berbagai layanan dan program pembelajaran dengan keunggulan dan ciri khas masing-masing.

Ada yang berfokus pada penyediaan bank soal sekolah, ada yang menyediakan Learning Management System (LMS), ada juga yang menyediakan paket materi dan bimbingan belajar, dan ada juga yang fokus pada penyediaan sistem UTBK dan Try Out otomatis.

Saat ini ada banyak sekali pilihan platform edutech yang bisa dipilih oleh guru maupun murid baik secara gratis atau berbayar. Pemerintah melalui kemdikbud juga sudah melakukan kerjasama dan merekomendasi berbagai platform dan aplikasi yang bisa diimanfaatkan guru untuk melaksanakan KBM daring. Seperti Rumah Belajar yang merupakan portal belajar daring utama yang disediakan oleh Kemdikbud.

Selain itu menurut Mendikbud, sejumlah mitra belajar pemerintah juga sudah menyatakan dukungan dan komitmen penuh guna memudahkan KBM daring para guru dan murid dengan layanan dan program gratis yang bisa diakses dengan mudah dan praktis.

Berikut beberapa rekomendasi platfrom KBM online gratis dan praktis yang bisa dipakai oleh Bapak/Ibu ketika menjalankan pembelajaran daring.

1.  Google Suite for Education

Platform ini memang disediakan google secara gratis untuk mendukung kemudahan proses pembelajaran daring bagi semua institusi pendidikan yang membutuhkan.

Keunggulan Google Suite for Education adalah kemudahan penggunaan dan saling terintegrasi antara seluruh aplikasi. Jadi pada GSFE ini terdapat berbagai aplikasi yang memiliki fungsi masing-masing.

Misalnya ada Google Meet untuk Video Conference dan bisa menampung hingga 250 peserta, Google Document untuk pengetikan dan dokumen, Google Slide untuk membuat presentasi, Google Classroom untuk manajemen kelas online.

Ada juga Google Drive untuk ruang penyimpanan file online, dan fitur lainnya yang bisa digunakan secara real time sehingga memungkinkan Anda bisa melihat dan mengirimkan tugas kepada murid secara cepat. GSFE memungkinkan para guru dan murid bisa melaksanakan KBM daring dengan lebih mudah dan praktis.

Untuk mengakses Google Suite for Education Anda bisa melihat panduannya di laman berikut terlebih dahulu : https://support.google.com/a/answer/2856827?hl=id

Anda juga bisa menggunakan fitur google suite personal dengan hanya membuat email. Fitur yang tersedia juga sama seperti yang ada pada GSFE. Hanya saja untuk penggunaan personal media penyimpanan dibatasi sampai 15 GB saja dan bisa ditingkatkan ruang penyimpannya dengan berlangganan paket premium. Namun dengan menggunakan fitur gratis yang disediakan google sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mengakomadasi proses KBM daring Anda.

2.  Rumah Belajar

Merupakan portal pembelajaran dan sumber belajar daring resmi yang dibuat oleh Kemdikbud untuk mengakomodasi dan membantu proses KBM daring seluruh pihak terutama guru dan murid. Rumah Belajar berkomitmen untuk menyediakan konten dan sumber belajar digital secara gratis yang bisa diakses tanpa batas.

Selain itu fitur yang ada di belajar.kemdikbud.go.id juga beragam seperti ‘kelas Maya’ (Learning Management System atau manajemen kelas online), ‘Sumber Belajar’ (Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan).

Selanjutnya ada ‘Bank Soal’ (kumpulan berbagai soal dan materi untuk evaluasi siswa dalam bentuk akses soal latihan, ulangan, dan ujian  yang dikelompokkan berdasarkan jenjang dan topik ajar. ‘Laboratorium Maya’ (Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum).

Hingga saat ini sudah lebih dari 200 ribu guru dan 600 ribu lebih murid yang terdaftar dan menggunakan portal Rumah Belajar di seluruh Indonesia.

3.  seTARA Daring

Merupakan aplikasi sistem manajemen pembelajaran yang dirancang untuk pembelajaran jarak jauh. Aplikasi ini diluncurkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Bindiktara).

Tujuan dibuat aplikasi yang memiliki alamat web setara.kemdikbud.go.id/kesetaraan ini adalah berfungsi untuk mengakomodasi bagi mereka yang ingin mengikuti kejar paket A (setara SD), paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA). Jadi sejatinya aplikasi ini lebih ditujukkan bagi lembaga atau anak Homeschoolingyang ingin memperoleh ijazah kesetaraan.

Sehingga ketika guru atau pendidik melakukan pendaftaran, perlu menyertakan komunitas/ sekolah/ PKBM tempat Anda mengabdi. Jika belum terdaftar maka segera melaporkan dan mendaftarkan lembaga Anda ke Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Bindiktara).

Tentu saja aplikasi ini bisa menjadi alternatif platform pembelajaran jarak jauh, terutama untuk orangtua atau pendidik Homeschooling. Portal pembelajaran ini juga memiliki fitur yang lengkap dan sesuai dengan standar kurikulum serta menyediakan ijazah kesetaraan bagi para murid atau peserta setelah mengikuti semua tahapan pembelajaran.

4.  Kipin School

Kipin School atau pendidikan.id merupakan salah satu platform penyedian sumber belajar daring dengan konten yang beragam dan menarik. Fitur unggulan portal pembelajaran ini adalah: ‘Buku Sekolah Digital’ (BSD), yang menyediakan lebih dari 2000 buku sekolah gratis untuk murid dari jenjang SD/MA hingga SMA/SMK/MTs. Buku yang berbentuk digital/e-book ini bisa diunduh secara gratis.

Ada juga ‘Tryout Online’ menyediakan ratusan latihan soal gratis. Fitur unggulan selanjutnya ada ‘Video Pendidikan Indonesia’, menyediakan video-video pembelajaran gratis”. Pembawa materi untuk VPI ialah guru-guru resmi yang berkompeten dalam bidangnya.

Selain itu fitur unggulan lainnya adalah ‘Komik Pendidikan’ yang disajikan dengan tampilan menarik, interaktif dan menyisipkan pesan-pesan moral. Adapun tiga (3) seri topik yang disajikan mencakup komik pengetahuan umum & alam, komik moral dan komik Kesehatan.

Kemudian ada juga fitur ‘Bimbingan belajar’ yang bisa membantu murid belajar melalui pendampingan para guru professional dari wilayah yang paling dekat dengan para murid. Proses bimbingan bisa dilakukan secara daring maupun tatap muka sesuai kebutuhan pembelajaran.

5.  Si Ajar

Si ajar merupakan platform sistem manajemen pembelajaran yang dikembangkan oleh Seamolec dan Kemdikbud. Aplikasi ini dirancang untuk pengelolaan kelas online untuk jenjang SMA/SMK sederajat.

Si Ajar menyediakan kelengkapan pembelajaran dari perancangan, pelaksanaan pembelajaran, sampai ke penilaian. Karena Penilaian Akhir seperti PTS (Penilaian Tengah Semester), PAS (Penilaian Akhir Semester), dan PAT (Penilaian Akhir Tahun) dilaksanakan di sekolah, maka Si Ajar hanya menyediakan materi pembelajaran dan soal yang dikembangkan oleh guru sebagai wahana berlatih menghadapi Penilaian Akhir tahun dan Ujian Nasional yang sesungguhnya.

Secara tersistem Si Ajar terhubung sekaligus terintegrasi dengan Sumber belajar lainnya sehingga guru dapat mengelola pembelajaran dengan praktis dan cepat. Guru dapat membuat grup kelas, memberikan penugasan dan PR, menjadwalkan latihan dan kuis, dan mengelola kemajuan pembelajaran murid secara terpadu dan terintegrasi, sehingga lebih memudahkan dan mempercepat pengaturan kelas online Anda.

6.  Edmodo

Sama seperti platfrom pembelajaran daring yang sudah dijelaskan sebelumnya. Edmodo juga merupakan platform sistem manajemen pembelajaran. Para guru bisa membuat kelas dan mengatur kelas virtual sesuai kebutuhan dengan memanfaatkan fitur dan layanan yang disediakan oleh Edmodo.

Anda bisa mengirim pesan atau pengumuman, berbagi materi kelas dengan menggunakan fitur ‘Assignment’ dan ‘File-Links’. Guru dapat membuat kuis dan latihan online kepada siswa dengan memanfaatkan fitur ‘Quiz’, serta mendapatkan feedback dan saran dengan memanfaatkan fitur ‘Polling’. Ada juga fitur ‘Gradebook’ yang berfungsi sebagai daftar riwayat nilai siswa yang dihitung secara otomatis dan bisa di eskport menjadi file.csv. untuk di print.

Fitur lainnya ada ‘Library’ yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai file dan materi yang dimiliki guru maupun murid. Selain itu ada beberapa fitur tambahan lain yang juga memiliki fungsi masing-masing dan bisa semakin memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola kelas virtual.

7.  Kejarcita.id

kejarcita.id merupakan salah satu platform edutech yang sedang berkembang saat ini. Platform ini lebih memfokuskan layanan dan fiturnya pada penyediaan bank soal sekolah dari jenjang SD sampai SMA. Selain itu fitur utama lainnya adalah akses materi video pembelajaran interaktif, rangkuman materi, worksheet, fitur tanya-jawab, presensi, pengumuman dan manajemen latihan soal dan ujian dengan sistem penilaian, performa dan rangking otomatis.

Semua fitur ini bisa diakses secara gratis, dan jika ingin mendapatkan layanan yang lebih lengkap maka Anda bisa berlangganan dengan harga yang terjangkau. Fitur seperti bank soal, rangkuman materi, dan video pembelajaran interaktif dikembangkan dengan mempertimbangkan kesesuaian dengan standar kurikulum namun tetap disajikan secara menarik dan interaktif.

Terdapat 30 ribu lebih jumlah bank soal yang akan terus bertambah, ratusan rangkuman materi dan video pembelajaran yang bisa digunakan oleh Anda sebagai sumber belajar dalam pelaksanaan KBM daring dari jenjang SD-SMA. Tersedia mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Umum.

Fitur manajemen latihan dan ulangan online juga bisa dimanfaatkan secara mudah dan proses penghitungan skor hasil kuis siswa dilakukan secara otomatis dan disertai dengan pembahasan lengkap pada akhir tes.

7 Strategi Mencari Sumber Belajar Terbaik Untuk Homeschooling
Berikut akan diberikan beberapa strategi bagi Anda para orangtua yang hendak menyiapkan dan mencari sumber belajar terbaik untuk Homeschooling yang akan dijalankan untuk anak-anak Anda.

Hasil nilai murid juga sudah diurutkan dari nilai tertinggi sampai terendah dan bisa disimpan untuk dicetak atau dikirim ke grup kelas. Jika ingin mencoba fitur-fitur kejarcita.id maka silakan kunjungi laman kejarcita.id dan lakukan registrasi pendaftaran terlebih dahulu agar bisa lebih mudah menggunakan platform ini.

Bapak/Ibu, saat ini untuk mencari platform dan sumber belajar daring tidaklah sulit, karena sudah banyak sekali platform pembelajaran daring yang tersedia secara gratis di internet.

Ada platform yang secara khusus disediakan gratis oleh pemerintah untuk memudahkan para guru dan murid menjalankan KBM daring, seperti Rumah Belajar dan lainnya, serta ada juga yang disediakan oleh platform pembelajaran di luar pemerintah seperti Kipin School, Edmodo, dan kejarcita.id.

Setiap platform memiliki fitur dan ciri khas masing-masing. Ada yang menyediakan secara gratis namun ada juga yang perlu berlangganan apabila ingin mendapatkan fitur lengkapnya.

5 KEUNGGULAN BELAJAR ONLINE UNTUK ANAK
Pembelajaran online memberi banyak kemudahan pada pengguna dan orang tua sebagai pendamping belajar di rumah. Keunggulan yang bisa didapatkan dalam proses belajar online, diantaranya: dari segi waktu, materi, pendampingan, kreativitas, dan pendidikan karakter.

Jadi, sekarang tergantung pilihan Anda sebagai pendidik untuk memilih dan memadukan berbagai platform pembelajaran daring yang ada untuk menunjang dan memudahkan proses KBM daring Anda dan para murid sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Pemilihan platform pembelajaran daring yang tepat tentu saja akan berpengaruh terhadap efektivitas hasil belajar.

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.