5 Keunggulan Belajar Online Untuk Anak

edukasi Jun 29, 2020

Dampak pandemi COVID-19 memang mengejutkan dan membawa efek luar biasa hampir pada setiap sektor di dunia. Begitu juga pada dunia pendidikan. Sekolah-sekolah mendadak ditutup, dan seluruh guru dan peserta didik harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebenarnya pembelajaran jarak jauh bukanlah hal yang baru, namun moment mendadak dan serentak inilah yang membuat banyak pihak kebingungan. Dalam waktu singkat, guru harus merubah semua persiapan materi ajar kedalam bentuk digital, peserta didik harus mulai dibiasakan berdisiplin waktu lebih baik dalam menggunakan gawainya, dan para orang tua peserta didik harus siap menjadi tutor dan pendamping di rumah.

Mengalihkan proses belajar di sekolah kerumah adalah cara yang paling mudah dan murah  dalam menghadapi pencegahan penyebaran wabah COVID-19. Dibanding dengan akibat yang akan diterima jika anak terpapar virus Corona yang masih misterius obatnya. Semua hanya perlu bekerja sama dalam pemutusan rantai penyebaran wabah. Belajar dialihkan secara online agar anak-anak tetap berada di rumah, menjaga jarak dari kerumunan, aktivitas fisik masal dan terhindar dari resiko terpapar penyakit yang mematikan ini.

Satu minggu pertama belajar online dari rumah tampak menyenangkan, anak-anak masih merasakan ini sebagai libur panjang. Menginjak minggu kedua, keluhan tentang banyaknya tugas tidak bisa dihindari, anak-anak mulai jenuh dengan PR yang harus dikerjakan, latihan soal berlembar-lembar, membuat rangkuman materi, dan tugas manual lainnya. Minggu-minggu berikutnya adalah perjuangan panjang bagi orang tua untuk menjaga agar anak-anak  tetap mau belajar, dan menjaga diri tetap “waras” menjalani peran ganda di rumah.

Banyak aplikasi, komunitas, dan portal belajar online yang bisa dipilih oleh guru dan orang tua untuk mendukung PJJ. Salah satu contohnya adalah blog.kejarcita.id , sebuah fasilitas bimbingan online yang menyediakan berbagai fitur belajar berbayar maupun gratis. Media pembelajaran online dibuat untuk mempermudah aktifitas belajar di rumah, dikemas secara apik dan mudah untuk dipahami oleh anak ketika belajar mandiri, juga oleh orang tua ketika harus mendampingi proses belajar di rumah.

Segala sesuatu pasti akan ada hambatannya, begitu juga untuk orang tua yang baru saja mengikuti proses belajar online. Kendala teknis mungkin dialami, pengenalan dan tutorial penggunaan aplikasi pun harus diperkenalkan. Namun dapat dipastikan pembelajaran online memberi banyak kemudahan pada pengguna dan orang tua sebagai pendamping belajar di rumah.

Keunggulan yang bisa didapatkan dalam proses belajar online, diantaranya: dari segi waktu, materi, pendampingan, kreativitas, dan pendidikan karakter.

1. Waktu

Dalam masa PSBB, sudah dapat dipastikan, anak-anak mempunyai banyak waktu luang, dan kebanyakan dari mereka akan menganggap ini adalah waktunya libur, maka bisa saja belajar bukan menjadi prioritas utama mereka. Dengan belajar online, hal ini dapat teratasi, anak tetap belajar, sekaligus berhubungan dengan alat yang sangat mereka sukai saat ini, HP atau komputer.

Belajar online memberikan flexibilitas waktu yang sangat luas. Orang tua dan anak dapat membuat kesepakatan tentang waktu belajar. Kecuali memang jika ada kelas-kelas wajib yang diadakan oleh sekolah melalui virtual meeting, tapi itu pun biasanya di waktu yang tidak terlalu mengikat seperti jam pelajaran di sekolah.

Membuat jadwal belajar online pun sangat dianjurkan. Hal ini untuk tetap menanamkan sikap disiplin pada anak dalam situasi apapun, juga menjadi panduan untuk anak tentang kapan dan apa yang akan mereka pelajari hari ini.

2. Materi

Dari segi pembelajaran, saat belajar online peserta didik akan lebih cepat menangkap materi yang biasanya disajikan bertahap secara mendetail dan mendalam. Lebih asyiknya lagi, materi pembelajaran bisa disimpan dalam komputer atau gawai peserta didik untuk dapat diulang kembali di waktu yang lain. Menyalin secara manual bukan lagi menjadi pilihan di era digital saat ini. Untuk mencari sumber dan referensi tambahan pun, anak dapat dengan mandiri menggunakan mesin pencari online.

Penyedia jasa belajar online pun menyediakan sumber-sumber belajar yang disesuaikan dengan kurikulum yang sudah ditetapkan di Indonesia. Soal-soal yang sudah melalui uji coba , dibuat oleh para pengajar dan tenaga ahli di bidang pendidikan yang piawai. Tentu saja kelebihan lainnya adalah, penyedia jasa biasanya menambahkan fitur-fitur pembelajaran yang berbeda dengan kegiatan di dalam ruang kelas, belajar dengan menggunakan game, latihan soal dalam bentuk animasi, bahkan kuis-kuis interaktif tentang materi pembelajaran yang baru saja dipelajarinya.

3. Pendampingan

Hal yang tidak kalah penting dalam proses belajar online  adalah pendampingan dari orang tua di rumah. Pembelajaran di rumah memberi kesempatan pada setiap orang tua untuk menyediakan waktu belajar bersama lebih banyak dengan anak-anaknya. Hal ini akan menimbulkan ikatan yang lebih kuat, proses belajar pun akan lebih terarah dan terpantau secara langsung. Begitu pula dengan pendampingan dari tutor online, hal ini memberikan fasilitas eksklusif pada setiap peserta didik, karena dalam belajar online, seorang anak akan didampingi secara pribadi oleh tutornya. Seperti memiliki guru pribadi yang bisa ditanyai tentang materi pelajaran di saat apapun.

Kenapa orang tua harus ikut mendampingi belajar online? Banyak yang bisa dilihat dari kegiatan belajar anak. Selama ini orang tua begitu percaya pada sekolah, dan menitipkan sepenuhnya untuk masalah pendidikan. Padahal pendidikan yang pertama dan utama berawal dari keluarga. Hal yang mungkin selama ini orang tua hanya tahu dari laporan wali kelas, kini bisa langsung diamati secara langsung ketika mendampingi anak belajar. Orang tua akan mengetahui sejauh mana kekuatan anaknya belajar, minat anak akan suatu mata pelajaran, hingga hambatan apa yang anak rasakan ketika belajar.

Upayakan untuk selalu membuka komunikasi ketika anak belajar online. Hal ini akan membuat anak tidak menganggap belajar itu adalah sebuah beban. Pembelajaran akan terlaksana lebih ringan dan menyenangkan, karena anak akan terlepas dari perasaan takut salah, takut dianggap tidak mau mikir, dan mendapat stempel  sebagai anak bodoh

4. Kreativitas

Belajar online pun akan mengasah kemampuan anak untuk bisa lebih kreatif. Materi dan cara penyampaian pada sistem pembelajaran online akan berbeda dengan pembelajaran di dalam ruang kelas di sekolah. Penyajian materi online dibuat semenarik mungkin dengan cara yang dijamin tidak membuat anak bosan.

Dalam setiap bahan materi Belajar online pasti akan disertai contoh berupa segala sesuatu yang berkaitan dengan materi. Setiap bahasan materi pasti memiliki praktik yang berbeda. Misal dalam materi yang berkenaan dengan kehidupan sosial, anak akan mendapat contoh berupa cuplikan video percakapan atau potongan-potongan peristiwa yang harus mereka amati. Hal ini akan mengajak anak untuk berpikir lebik kritis.

Begitu juga dengan tampilan dari objek-objek realita, praktek sederhana atau kegiatan pendamping lainnya, ini akan menarik rasa penasaran anak untuk terus mencari. Inilah yang secara langsung mengajak, dan melatih anak untuk berpikir, berkreasi atau melakukan sedikit aktivitas fisik sesuai kebutuhan. Hal ini dapat mengasah kemampuan anak untuk terus mengembangkan kreativitas dirinya.

5. Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter sangat ditekankan  dalam setiap aktivitas anak. Secara tidak langsung, belajar online juga menanamkan pendidikan karakter pada anak. Selain sikap disiplin dan mandiri, rasa percaya diri anak pun dapat terasa, terutama pada anak yang kurang bisa all out di hadapan teman-temannya. Sementara dalam belajar online, anak sekolah sedang belajar sendiri, tanpa harus mengkhawatirkan tanggapan teman-temannya ketika melakukan kesalahan dalam menjawab soal. Hal ini lah yang bisa orangtua manfaatkan untuk merubah seorang anak yang memiliki sifat yang terlalu introvert.

Dengan pengawasan yang intensif dan dukungan penuh pada pelaksanaan belajar online, orang tua dapat menemukan bakat anak yang selama ini terpendam. Umpama, seorang anak sebenarnya mempunyai bakat bernyanyi, namun ia terlalu pemalu untuk menunjukannya di depan teman-teman dan gurunya. Belajar online adalah kesempatan untuk mngrubah hal ini. Berikan semangat, dan biarkan rasa percaya dirinya tumbuh, hingga bakatnya tidak akan sia-sia. Amati proses belajarnya, perhatikan minat anak dan coba arahkan. Semoga dengan terus berlatih, karakter anak akan terbangun dan mampu menyesuaikan diri dimanapun mereka berada.

Bagaimana Menghindarkan Anak dari Cyber Crime?
Kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, bahkan di saat maraknya perkembangan teknologi ini, disalahgunakan untuk melakukan kejahatan lewat jaringan komputer atau biasa disebut cyber crime.

Masih banyak sebenarnya keunggulan yang akan didapatkan dalam proses belajar online, selain melatih anak berliterasi digital, hal ini dapat membantu membuat segala sesuatu lebih efektif dan mempermudah proses pembelajaran. Namun ada beberapa hal yang juga perlu kita perhatikan dalam kegiatan belajar online, agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan, diantaranya.

  1. Pastikan ada komunikasi antara anak, orang tua, dan guru di sekolah tentang proses pembelajaran jarak jauh. Terutama pada pilihan aplikasi atau portal apa yang cocok digunakan sesuai tingkatan anak.
  2. Cari referensi atau testimony pengguna jasa tentang penyedia fasilitas belajar online dari internet, iklan, atau dari orang yang sudah pernah menggunakan jasa ini sebelumnya.
  3. Jika biaya menjadi pertimbangan, pastikan mengetahui jumlah uang yang harus dibayarkan, beserta fasilitas apa saja yang disiapkan untuk pengguna. Jangan ragu untuk membandingkan beberapa penyedia jasa, dengan harga yang sama, fasilitas apa saja yang bisa mereka berikan.
  4. Cari tahu juga tentang layanan pasca program, atau semacam jaminan bahwa harga yang dibayarkan akan sesuai dengan fasilitas yang kita dapatkan.
  5. Sebelum mengajak anak untuk belajar online dengan suatu aplikasi atau portal, orang tua bisa terlebih dahulu mengunjungi web atau media sosial penyedia jasa. Melihat semua “dari dalam”, akan lebih bagus jika orang tua sebagai calon pengguna jasa mendapat masa percobaan secara gratis.
Ini Caranya Menggunakan Teknologi Pendidikan dengan Tepat
Penerapan teknologi untuk pendidikan terdiri dari rangkaian proses panjang yang hulu-nya berasal dari pemerintah dan guru lalu bermuara ke siswa. Tetapi dalam perjalanannya, apakah penggunaannya sudah tepat? Penggunaan secara tepat dapat semakin memaksimalkan peran dari teknologi itu sendiri.

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mensiasati proses Pembelajaran Jarak Jauh pada masa pandemic COVID-19 ini, salah satunya dengan bimbingan belajar online. Hal yang paling penting adalah bagaimana membuat anak agar tetap belajar dengan gembira dalam suasana apapun, prestasi dan kesehatan terjaga. Belajar online saat ini merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Hingga pada akhirnya nanti wabah pandemic ini dinyatakan telah usai dan semua bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala, tanpa ada rasa cemas yang menyertai.

Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.