7 Kegiatan Seni yang Bisa Membantu Meningkatkan Kreativitas Siswa di Kelas

teaching 24 Mei 2021

Selain mendidik siswa untuk cerdas dan berkarakter, guru juga berperan meningkatkan kreativitas siswa. Setiap orang berpotensi untuk melakukan aktifitas yang kreatif, tak terkecuali siswa. Siswa yang baru masuk sekolah dan melakukan kegiatan belajar pasti memiliki rasa keingintahuan yang besar. Pada tahapan ini, guru diharapkan dapat merangsang siswa untuk melakukan hal-hal yang meningkatkan kreativitas siswa.

Pasalnya tak sedikit hasil kreativitas dan inovatif yang diciptakan pelajar Indonesia dan mendapat penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Guru memiliki andil besar untuk mengembangkan kreativitas siswa melalui proses pembelajaran.

7 Kegiatan Seni yang Bisa Membantu Meningkatkan Kreativitas

Banyak siswa yang menganggap bahwa pembelajaran seni sangat seru, menyenangkan dan enjoy. Maka tak heran jika banyak siswa yang menyukai pembelajaran ini. Kegiatan ini menjadi kesempatan bagus untuk meningkatkan kreativitas dan inovativitas siswa. Adapun berikut ini merupakan 7 kegiatan seni yang bisa membantu meningkatkan kreativitas siswa, di antaranya yaitu:

1. Bermain Angklung

Pastinya kita semua sudah pernah belajar angklung saat di sekolah, kan? Alat musik tradisional asal Jawa Barat ini sudah pasti dimiliki semua sekolah dan ada di pelajaran kesenian mulai dari PAUD, SD, SMP, sampai SMA. Dalam kurikulum juga ada disebutkan kalau alat musik angklung adalah salah satu alat musik untuk pendidikan di sekolah.

Angklung adalah alat musuik tradisional dengan nada diatonis. Dalam penampilan angklung juga dapat dimainkan dengan ensembel dengan alat musik lainnya.

Cara memainkan alat musik angklung juga lebih efisien untuk keperluan pendidikan. Angklung juga mudah dibawa dan dapat dimainkan secara berkelompok sehingga meningkatkan kerja sama antar siswa.

2. Melukis

Banyak siswa memiliki hobby, bakat, atau kegiatan mengisi waktu luang yaitu kegiatan seni rupa melukis. Melukis punya banyak manfaat yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa.

Melukis dapat meningkatkan kreativitas siswa. Melukis akan sarana untuk bisa meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas siswa. Melukis akan berdampak positif pada perkembangan otak kanan anak yang terhubung dengan kreativitas.

Melukis juga secara efektif dapat meningkatkan daya konsentrasi pada siswa. Siswa akan bisa  pikirannya pada objek yang di depannya yaitu lukisannya sendiri.

Selain meningkatkan konsentrasi, melukis juga akan menjadi sarana relaksasi untuk siswa. Saat melukis, siswa akan berkonsentrasi dan bisa membuat tubuh lebih nyaman. Efek dari melukis kan mirip dengan melakukan meditasi.

Menyiapkan Pameran Karya sebagai Pengganti PAS
Pameran karya sebagai pengganti PAS adalah salah satu inovasi pendidikan Indonesia. Kira-kira, apa sajakah yang perlu dipersiapkan?

3. Menyanyi

Hampir semua orang suka sepertinya bernyanyi. Mood siswa juga bisa membaik kalau bernyanyi. Kegiatan seni ini bisa menambah kreativitas untuk siswa saat di kelas. Manfaat baik dari menyanyi juga banyak sekali.

Bahkan, bernyanyi juga sebenarnya sangat dianjurkan bagi anak-anak khususnya para siswa. Siswa bisa diminta untuk bernyanyi ke depan kelas atau ditantang untuk membuat lagu dengan kreativitasnya sendiri. Menyanyi juga bisa menjadi media belajar yang menyenangkan bagi para siswa.

Selain itu menyanyi juga dapat melatih kemampuan berbahasa karena melalui lagu, siswa bisa belajar kosakata baru dan cara pelafalannya kalau lagunya dengan bahasa asing. Menyanyi juga bisa menjadi sarana mengatur emosi karena alunan lagu serta lirik yang dinyanyikan menciptakan suasana menyenangkan dan emosi siswa akan lebih efektif tersampaikan.

4. Seni Teater

Seni teater merupakan seni yang memvisualisasikan imajinasi dan menggambarkan sebuah kejadian, entah nyata atau tidak nyata. Seni teater bisa menjadi gabungan antara seni musik dan seni gerak, bahkan sampai seni rupa.

Dengan membuat script, cerita, dan merangkainya secara teatrikal maka akan meingkatkan kreativitas siswa. Mungkin tidak perlu cerita yang kompleks dan berat, sederhana saja sudah cukup. Yang paling penting adalah bagaimana siswa merangkai cerita dan melakukan eksekusi dengan baik.

Seni teater juga sekaligus meningkatkan kerja sama antar siswa. Para siswa akan membuat cerita dengan mengumpulkan ide, latihan, dan melaksanakan eksekusinya dengan tepat.

5. Seni Tari

Seni tari sangatlah luas dan sangat beragam. Seni tari di sini bisa modern dance atau tari daerah. Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis tari daerah yang menunjukkan keberagaman budaya di Indonesia. Menari juga memiliki banyak manfaat bagi siswa di sekolah dalam pelajaran kesenian.

Menari dapat meningkatkan kemampuan berpikir karena siswa diberi ruang dalam melatih kemampuan berpikir. Tantangan yang diberikan untuk melakukan gerakan-gerakan tari yang sulit akan membuat siswa berusaha berpikir bagaimana melakukannya.

Dengan menari juga akan merangsang kreativitas karena siswa dituntut berekspresi melalui ekspresi wajah dan gerakan tubuh. Siswa juga akan belajar dari pengalaman saat menari. Mereka juga bisa dapat ide baru dan meghasilkan gerakan tarian baru dengan kreativitasnya.

6. Seni Bela Diri

Untuk kegiatan yang satu ini pastinya butuh bimbingan penuh dari guru dan instrukturnya. Siswa juga harus mengerti kapan boleh melakukannya dan batasan-batasannya. Seni bela diri yang bisa dilakukan misalnya karate, silat, taekwondo, wushu, atau merpati putih.

Kemampuan motorik halus dan kasar siswa akan terstimulus. Kemampuan motorik lainnya seperti keseimbangan, koordinasi, peregangan otot, dan kekuatan juga dapat meningkat. Siswa juga akan dilatih kedisiplinan dan komitmennya. Sekaligus juga akan meningkatkan kemampuan bersosialisasinya. Poin plus lainnya adalah siswa Mampu Membela Diri saat dalam kondisi berbahaya. Ini sekaligus menjadi tindakan pencegahan yang baik dengan bela diri.

Biasanya kegiatan ini dipraktikan saat pembelajaran olahraga. Seni bela diri diajarkan oleh yang profesional, agar mudah diterima. Pastikan guru memperhatikan dan membimbing siswa melakukan bela diri, hindari hal-hal yang membuat cidera.

7. Fotografi

Fotografi tidak hanya bisa dilakukan orang dewasa, anak-anak pun bisa dikenalkan. Bukan hanya dengan kamera mahal saja, bisa dimulai dengan menggunakan smartphone atau tablet.

Fotografi dapat membantu meningkatkan kreativitas siswa, mereka bisa bermain dengan angle dan menata objek foto sedemikian rupa supaya menjadi bagus. Belajar fotografi juga melatih kemampuan perencanaan siswa karena mereka akan bersiap untuk menangkap momen tertentu dengan kameranya.

Anda bisa memberi tugas siswa untuk memotret objek tertentu, misalnya memotret bunga, buku, kegiatan belajar dan lainnya. Anda bisa meminta mereka untuk mengumpulkan tugas terbaiknya dan setelahnya, mereka juga akan diminta mempresentasikan foto jepretannya. Kemampuan komunikasinya juga akan terlatih, mulai dari meminta izin untuk memotret sampai akhir fotonya jadi.

Bagaimana Seni Bisa Menjadi Medium untuk Siswa Mengenali Bakatnya?
Apabila seseorang sudah mengenali bakatnya sedari dini dan mengasah bakatnya dengan baik, di masa depan nanti bakat yang dimilikinya akan bersinar terang, begitu juga depan masa depan yang dimilikinya. Beberapa orang pernah mengatakan bahwa seni bisa menjadi medium untuk mengenali bakat siswa.

Itulah 7 kegiatan seni yang bisa meningkatkan kreativitas yang bisa Anda ketahui. Kira-kira kegiatan seni mana sajakah yang sudah dan ingin Anda terapkan di kelas? Pastikan kegiatan seni ini bisa menambah kreativitas siswa dan membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.