8 Rekomendasi Platform Pelatihan Online untuk Meningkatkan Skill Guru

teknologi Nov 09, 2020

Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, setiap orang bisa melakukan aktivitas dan mempelajari hal-hal baru dengan mudah. Perkembangan teknologi menuntut setiap orang untuk mengembangkan pengetahuan serta skill yang dimiliki, tak terkecuali para guru. Guru memiliki peran penting untuk mencerdaskan generasi bangsa, sehingga mereka harus memiliki skill yang mumpuni untuk dirinya sendiri serta dibagikan kepada muridnya.

Meskipun dirasa sudah memiliki ilmu yang cukup, namun guru wajib mengembangkan skill yang ada dalam dirinya. Skill tersebut membantu mereka untuk bisa bersaing di dunia luar serta membuat kualitas pendidikan Indonesia lebih baik. Untuk menambah wawasan dan keterampilan bagi guru di era digital ini sangatlah mudah, cukup dengan melek teknologi maka guru bisa mengembangkan skillnya.

Sebagai seorang guru, setidaknya terdapat dua jenis skill yang harus Anda kembangkan untuk bisa bersaing di era industri 4.0 ini, yaitu yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill merupakan keterampilan berbentuk ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan yang berhubungan dengan bakat dan minat Anda. Sedangkan soft skill merupakan keterampilan dalam membentuk karakter baik kepada diri sendiri dan orang lain.

Hard skill dan soft skill sama pentingnya dalam kehidupan Anda dan perlu dikembangkan. Di masa digital ini, Anda bisa meningkatkan skill melalui platform pelatihan online untuk guru.

8 Platform Pelatihan Online untuk Meningkatkan Skill Guru

Guru memerlukan latuhan untuk meningkatkan skill, agar menjadi sosok pengajar yang profesional sekaligus kreatif, serta dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih optimal. Untuk mengembangkan skill berarti Anda harus mengenal ilmu teknologi, karena melalui teknologi Anda bisa menggunakan beragam media atau platform pelatihan online yang diperlukan seorang guru.  Adapun berikut ini merupakan 8 platform pelatihan online untuk meningkatkan skill guru, di antaranya yaitu:

1. Sekolahpintar.com

Bukan hanya siswa yang memiliki kewajiban belajar, tetapi guru juga harus terus belajar untuk meningkatkan skillnya. Melalui platform sekolahpintar.com, Anda bisa meningkatkan skill dalam bidang bisnis, desain dan pengelolaan website. Pelatihan online yang didirikan oleh Babastudio tersebut memberikan sertifikat resmi dan telah dipercaya untuk menangani konsultan lebih dari 47 lembaga Kementerian Republik Indonesia selama 10 tahun

Anda juga bisa memilih banyak pilihan kursus yang diadakan oleh platform sekolahpintar.com ini, seperti editing dengan Photoshop, membuat email, optimalisasi bisnis serta kursus lainnya yang bisa diakses secara gratis. Tentu saja skill tersebut dibutuhkan di masa depan, terlebih jika Anda memiliki hobi editing. Anda juga bisa memberi ilmu tersebut kepada peserta didik yang Anda ajarkan.

2. Aplikasi Storyboard That

Aplikasi Storyboard That adalah aplikasi yang menyediakan konten kebahasaan atau sejarah. Aplikasi ini sangat tepat digunakan oleh guru sejarah dan bahasa yang ingin mengembangkan pengetahuannya. Aplikasi ini juga bisa menemani guru saat mengajar siswa dengan pendekatan kreatif dan visual dalam membangun alur cerita sendiri.

Dimana siswa dapat menghidupkan peristiwa sejarah secara visual dan lebih nyata. Hasil dari rangkaian cerita tersebut akan disimpan dalam bentuk Power Point, Cels, PDF, Doc

3. Skill Academy by Ruang Guru

Skill academy dari ruang guru menyediakan pelatihan online untuk guru agar dapat meningkatkan kapasitas dalam mengajar. Dimana ruang guru memberikan 250 video serta modul pelatihan guru yang dapat mencakup materi kompetensi dasar pada bidang pedagogik dan profesionalitas mulai dari kemampuan pengembangan rencana belajar, manajemen kelas, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

4. Duolingo

Hampir setiap orang mengetahui aplikasi duolingo untuk belajar bahasa asing gratis. Aplikasi ini dapat digunakan untuk setiap orang dalam meningkatkan skill bahasa, tak terkecuali guru. Jika Anda mengajar bahasa asing di sekolah, seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Jepang, bahasa Jerman dan bahasa asing lainnya, Anda bisa mengupgrade skill menggunakan aplikasi ini.

Belajar di aplikasi ini cukup menyenangkan, melalui games Anda bisa belajar membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan, serta ada pula forum diskusi apabila ada beberapa hal yang perlu penjelasan. Dengan mengupgrade skill bahasa, maka Anda bisa mengajar siswa lebih aktif dan profesional.

5. Mimo

Di zaman sekarang, coding merupakan keterampilan yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang, bahkan banyak anak-anak yang sudah mulai belajar coding, lalu mengapa orang dewasa juga tidak dengan belajar programming saja? Jika Anda tertarik memiliki keterampilan coding dan ingin mengembangkannya, Anda bisa menggunakan platform mimo untuk memberikan pembelajaran coding bagi orang dewasa.

Melalui pembelajaran coding atau programming selama 5 menit setiap hari, Anda bisa membuat website atau aplikasi. Ada beberapa bahasa programming yang diajarkan melalui aplikasi ini, mulai dari JavaScript, Java, HTML, SQL, Phyton dan lainnya. Anda juga akan belajar Daya Science serta analisis. Jika Anda sudah memiliki keahlian coding atau programming, Anda bisa membuat website atau aplikasi belajar untuk memudahkan proses pembelajaran peserta didik.

Mengapa Anak Perlu Belajar Coding Sejak Dini? Berikut 5 Alasannya
Coding adalah sekumpulan code yang penulisannya diatur dengan aturan tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan.

6. guruberbagi.kemdikbud.go.id

guruberbagi.kemdikbud.go.id merupakan platform dari pemerintah yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi seputar pendidikan dan guru serta  mengembangkan skill, salah satunya pembuatan RPP. Melalui https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/ Anda bisa menemukan referensi pembuatan RPP yang dibagi oleh rekan-rekan guru dari seluruh Indonesia.

7. Speaking.id

Public speaking merupakan keterampilan yang penting dimiliki oleh setiap orang, terutama bagi guru. Dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, maka Anda bisa menyampaikan materi atau penjelasan kepada siswa dengan mudah dan dapat dimengerti. Melalui platform speaking.id Anda bisa mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum dengan baik.

Latihan online pada platform ini dilakukan secara intensif dengan teknik dasar keterampilan berbicara di depan umum. anda akan diajari metode dasar public speaking, praktik master of ceremony serta teknik presentasi. Selain online, Anda juga bisa mengikuti workshop seminar untuk menyajikan teori serta praktik skill komunikasi yang lebih besar dengan durasi belajar sekitar 120- 180 menit setiap pertemuan. Namun, jika Anda hanya ingin belajar secara online, Anda bisa menggunakan media video conference seperti Webex, Zoom, Google Meet, dan lainnya.

8. YouTube

YouTube merupakan platform bagi video yang cukup terkenal saat ini. Bukan hanya menjadi media hiburan, YouTube juga bisa dijadikan sebagai media pelatihan online untuk meningkatkan skill. Ada beragam video pembelajaran dan tips-tips menarik yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan skill.

5 Cara yang Bisa Dicoba Guru Untuk Meningkatkan Keterampilan Dalam Bidang Pembelajaran Virtual
Untuk memulai mempelajari mengenai pengelolaan PJJ tentu saja saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan platform. Ada berbagai jenis pelatihan, workshop, konferensi, lokakarya, dan jenis lainnya baik dalam format daring maupun secara konvensional yang bisa dicoba.

Itulah 8 rekomendasi platform pelatihan online untuk meningkatkan skill guru yang bisa Anda ketahui. Pasalnya, internet akan membawa dampak positif dalam hidup Anda jika Anda bisa menggunakannya dengan baik, seperti untuk meningkatkan skill yang Anda miliki. Jika Anda dapat belajar atau latihan secara konsisten, maka hasilnya akan maksimal.

Epin Supini

Writerpreuner.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.