5 Cara yang Bisa Dicoba Guru Untuk Meningkatkan Keterampilan Dalam Bidang Pembelajaran Virtual

teaching Okt 22, 2020

Saat ini selain kemampuan penguasaan materi yang mumpuni guru juga dituntut agar memilki pengetahuan dalam mengaplikasikan teknologi pembelajaran dan juga keterampilan dalam mengelola PJJ.

Salah satu upaya mendasar yang perlu dilakukan guru agar mudah mempelajari hal yang baru adalah dengan keluar dari zona nyaman dan selalu memiliki keinginan untuk terus belajar. Hal ini seperti yang dikemukakan Mendikbud Nadiem Makarim, bahwa:

cara terbaik untuk belajar suatu hal baru adalah keluar dari zona nyaman tersebut. Itu satu-satunya cara untuk memperbaiki diri,"

Oleh sebab itu, guru yang mengabdi di era digital saat ini sudah sepatutnya memiliki visi pembelajaran dan pola pikir yang kreatif untuk selalu belajar dan mencoba hal-hal baru dalam aktivitas KBM-Nya. Sebab kemampuan guru dalam menyampaikan materi dan mengelola pembelajaran terutama secara daring akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan efektivitas pembelajaran.

Untuk memulai mempelajari mengenai pengelolaan PJJ tentu saja saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan platform. Ada berbagai jenis pelatihan, workshop, konferensi, lokakarya, dan jenis lainnya baik dalam format daring maupun secara konvensional yang bisa dicoba.

Anda juga bisa mengikuti program gratis seperti yang disediakan lembaga pemerintah maupun berbayar seperti yang disediakan platform teknologi pendidikan swasta.

Selanjutnya agar lebih memudahkan Anda mempelajari dan meningkatkan keterampilan terkait PJJ, berikut ada beberapa tips dan cara yang bisa dicoba oleh Anda.

1.  Mengikuti Program Guru Penggerak

Program guru penggerak merupakan suatu terobosan yang dilakukan oleh Mendikbud untuk memunculkan para guru-guru penggerak dan pemimpin di daerah dan institusi pendidikan masing-masing.

Tahap pertama program ini dimulai pada bulan juli lalu dan saat ini pada bulan oktober 2020 sedang berlangsung seleksi Angkatan kedua. Semua pendidik juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa ikut seleksi dan menjadi calon guru penggerak selama memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan.

Guru Penggerak dirancang untuk dapat mencetak sebanyak mungkin agen-agen transformasi dalam ekosistem pendidikan. Selain pelatihan kepemimpinan, filosofi pendidikan, membangun budaya dan visi di sekolah, program ini juga berfokus pada pelatihan pengelolaan blended learning (kombinasi pembelajaran daring dan konvensional).

Selain itu program guru penggerak ini juga memberikan pemahaman konsep dan aplikatif mengenai pembelajaran yang memerdekakan dan berpusat pada murid (student centered). poin-poin tersebut tentu saja sangat berkaitan dengan prinsip dan karakteristik pembelajaran daring.

Sehingga dengan mengikuti program guru penggerak ini diharapkan para guru dan tenaga kependidikan bisa memiliki kompetensi dan keterampilan yang lebih mumpuni dalam mengelola dan mengatur kelas daring serta bisa menjadi agen transformasi dan inisiator pembelajaran di sekolahnya masing-masing.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai program ini dan persyaratan seleksinya, maka Anda bisa melihan informasinya pada laman: (/sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/).

2.  Mengikuti Webinar & Workshop PJJ

saat ini di sosial media, grup, dan forum online guru dan pembelajaran banyak sekali dijumpai webinar dan pelatihan daring. Program yang dilangsungkan secara online ini diadakan oleh berbagai lembaga dan platform pendidikan baik gratis maupun berbayar.

Seperti contoh program pelatihan daring dan webinar yang diselenggerakan Kemdikbud dan berbagai unit pelayanan terpadu yang berada di bawah Kembdikbud sejauh ini sudah banyak mengadakan program pelatihan bagi para guru.

Seperti contoh program SimpaTIK (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK) yang diselenggarakan secara daring dan offline di instansi daerah masing-masing. Program ini menaruh fokus pada 4 standar kompetensi TIK guru UNESCO, yang terdiri dari 4 level yaitu literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi.

Selain itu ada beberapa portal pelatihan dan pengembangan kompetensi guru yang juga disediakan secara gratis oleh Kemdikbud seperti kursus daring Kemdikbud (kursusdaring.kemdikbud.go.id/) dan diklat Kemdikbud (diklat.kemdikbud.go.id/).

Diluar program dan portal yang disediakan Kemdikbud banyak juga platform teknologi pembelajaran yang menyediakan webinar dan pelatihan daring seputar pengelolaan pembelajaran jarak jauh yang memiliki materi lengkap dan relevan dengan kebutuhan guru saat ini.

Materi yang diberikan juga beragam seperti membuat media pembelajaran interaktif, tips mencari sumber belajar, mengoptimalkan tool dan platform pembelajaran, menerapkan strategi dan metode, serta membuat asesmen (evaluasi) yang cocok dengan tujuan pembelajaran daring.

Agar lebih mempermudah Anda dalam mencari dan menemukan berbagai program pelatihan seputar pembelajaran jarak jauh, maka cobalah bergabung dengan grup facebook guru dan pembelajaran, grup whatsapp dan telegram, serta mencari sendiri di website resmi lembaga dan platform pendidikan tersebut.

3.  Gabung ke Grup & Komunitas Guru Daring

Saat ini untuk bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama bukanlah perkara sulit. Banyak sekali grup dan komunitas daring yang tersedia. Salah satu platfrom yang paling banyak memiliki ragam forum dan komunitas adalah Facebook Group dan Whatsapp Group.

FBG menjadi tempat yang ideal bagi Anda yang ingin belajar, berkomunikasi dan mendapatkan koneksi dengan orang lain yang memiliki bidang dan ketertarikan yang sama dengan Anda.

Misalnya ada grup Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang merupakan forum guru resmi yang menjadi wadah berkumpul, berdiskusi, berbagai ilmu dan informasi para guru-guru di Indonesia.

Ada grup khusus webinar dan workshop daring yang menjadi saluran berbagi informasi mengenai program dan kegiatan webinar yang sedang dan akan diadakan oleh organisasi, lembaga, dan platform pembelajaran daring yang bisa diikuti oleh para anggota grup.

Ada juga grup media pembelajaran, yang berfokus seputar pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan media pembelajaran dalam KBM daring maupun luring.

Anda bisa bergabung ke grup ‘Forum Merdeka Belajar Guru Kece’ jika ingin belajar mengenai PJJ, teknologi pendidikan, dan tips seputar pendidikan dengan beragam konten interaktif seperti infografis, video interaktif, dan tulisan ringkas baik yang dibagikan oleh admin maupun para anggota.

Tentu saja dengan bergabung dengan berbagai komunitas dan grup yang beragam ini Anda akan semakin banyak belajar mengenai pembelajaran, bisa saling bertanya dan berdiskusi dengan para anggota lain. Sehingga wawasan dan pengetahuan yang Anda miliki juga akan semakin luas termasuk yang berkaitan dengan  pengeloaan KBM daring.

Selain itu Anda juga bisa bertemu dengan kenalan baru yang akan bermanfaat untuk membangun jaringan pertemanan, sehingga Anda bisa belajar dan berkembang lebih baik lagi.

4.  Perbanyak Membaca Artikel Seputar PJJ

Saat ini membaca dan menemukan sumber bacaan yang baik dan berkualitas tidak selalu berasal dari buku atau jurnal cetak saja. Sudah banyak sumber belajar dalam berbagai bidang keilmuan yang tersedia secara daring.

Selain tulisan dalam bentuk buku digital, banyak juga sumber bacaan dalam bentuk artikel, feature, tips, dan opini baik yang dibagikan dalam format pdf maupun yang ditulis langsung pada blog atau website.

Saat ini umumnya platform teknologi pendidikan sudah memiliki fitur blog pada websitenya. Adapun biasanya artikel yang dimuat seputar bidang teknologi pendidikan dan PJJ.

Seperti contoh blog.kejarcita.id yang dimiliki oleh platform edutech kejarcita.id. topik artikel pada blog ini sangat baik dan kekinian dengan update artikel per hari sebanyak 1-5 artikel baru. Adapun bidang yang menjadi fokus artikel pada blog ini adalah seputar PJJ, tips pembelajaran, parenting, teknologi pendidikan, dan seputar KBM.

Selain itu banyak juga sumber belajar lain yang memiliki kualitas baik, seperti jurnal dari universitas, buku digital dengan topik seputar PJJ yang disediakan oleh lembaga pendidikan, dan juga infografis yang merupakan bentuk sajian konten dan informasi dengan format singkat dan interaktif dengan menyajikan poin penting dari informasi saja, sehingga membuat pembaca lebih tertarik dan lebih mudah memahami isi bacaan.

Sehingga saat ini tidak ada alasan lagi untuk tidak mau belajar dan mengembangkan wawasan Anda seputar PJJ dan KBM daring, karena sudah banyak sekali sumber bacaan berkualitas yang tersedia di internet secara gratis dan mudah diakses dengan beragam format.

5.  Luangkan Waktu Menonton Channel YouTube Edukatif

Bagi Anda yang tidak begitu menyukai membaca, menonton video merupakan salah satu alternatif yang paling ideal. Dengan menonton Anda bisa lebih bersantai dalam belajar karena selain bisa melihat secara visual Anda juga bisa mendengarkan. Selain itu tentu saja penyajian konten dalam bentuk video akan lebih membuat Anda mudah memahami isi dan tujuan pesan yang disampaikan.

Apabila Anda ingin belajar seputar PJJ, Anda bisa mencoba platfrom seperti YouTube yang saat ini menjadi platform berbagi video paling populer. Keunggulan lain YouTube adalah Anda bisa mengakses jutaan konten pembelajaran secara gratis dan bisa di unduh maupun disimpan untuk dinonton kemudian hari. Anda bisa mencari dan mengiktui berbagai macam topik yang berkaitan dengan teknologi pembelajaran, KBM, dan PJJ.

Platform KBM Online yang Gratis dan Praktis Dipakai Saat PJJ
Menurut Mendikbud, sejumlah mitra belajar pemerintah juga sudah menyatakan dukungan dan komitmen penuh guna memudahkan KBM daring para guru dan murid dengan layanan dan program gratis yang bisa diakses dengan mudah dan praktis.

Misalnya contoh ada channel kejarcita yang menyediakan konten video pembelajaran seputar pembahasan mata pelajaran, topik kekinian, tips pembelajaran, dan lainnya secara interaktif. Selain itu banyak lagi channel lain yang menyediakan konten seputar pembelajaran seperti channel Kemdikbud, Kok Bisa, Zenius Education, Quipper, Ayo Mikir, Hujan Tanda Tanya, TV Edukasi, TED Talks dan masih banyak lagi lainnya.

Itu beberapa cara yang bisa dicoba oleh Bapak/Ibu guna meningkatkan keterampilan dan wawasan seputar PJJ dan KBM daring. tentu saja masih banyak cara lain yang bisa dicoba oleh Anda. Hal paling penting yang harus ditanamkan dalam diri Bapak/Ibu adalah keinginan untuk terus mau belajar dan berkembang guna meningkatkan keterampilan sesuai perkembangan pembelajaran masa kini.

5 Facebook Group Guru Terbaik untuk Saling Belajar dan Bertukar Informasi
Guru bisa belanja ide mengajar dari banyak tempat. Salah satunya melalui Facebook Group. Banyak sekali Facebook Group Guru. Dan ada lima Facebook Group Guru terbaik untuk saling belajar dan bertukar informasi.

Tanamkan prinsip belajar adalah proses sepanjang hayat sehingga tidak ada kata berhenti dalam mencari ilmu dan mengembangkan kompetensi diri.

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.