5 Facebook Group Guru Terbaik untuk Saling Belajar dan Bertukar Informasi

edukasi Agt 14, 2020

5 Facebook Group Guru Terbaik untuk Saling Belajar dan Bertukar Informasi - Era digital saat ini semakin memudahkan untuk bisa belajar dan bertukar informasi dengan banyak orang. Bagi para guru, kemajuan era digitalisasi ini bisa semakin mendukung profesinya. Guru bisa belanja ide mengajar dari banyak tempat. Guru bisa saling belajar dan mencari informasi dengan guru-guru lain di seluruh Indonesia. Salah satunya melalui Facebook Group. Banyak sekali Facebook Group Guru. Dan ada lima Facebook Group Guru terbaik untuk saling belajar dan bertukar informasi.

Facebook Group
Facebook group adalah salah satu fitur tambahan pada Facebook. Fitur ini pertama kali diluncurkan pada 18 November 2014. Pemisahan fitur group dari aplikasi utama ini bertujuan agar membatu orang untuk bisa berbagi dengan cepat dan lebih mudah.

Saat memasang aplikasi Facebook Group, pengguna akan mendapatkan notifikasi aktivitas grup yang terpisah dari aplikasi utama untuk kemudian berinteraksi melalui aplikasi dengan mudah dan cepat.

Facebook Group ini menjadi tempat berkumpulnya pengguna Facebook dengan kesamaan minat tertentu. Tujuannya adalah saling bertemu untuk bisa saling berbagi informasi.

Facebook Group bisa menghubungkan keluarga, teman sebaya, rekan tim, rekan kerja atau orang-orang dengan kepentingan bersama. Anggota dapat bertanya dan menjawab pertanyaan, posting tentang peristiwa atau lowongan pekerjaan dan mengikuti percakapan tentang topik yang menarik bagi mereka. Selain itu, Facebook Group memungkinkan Anda untuk mengirim pesan massal langsung ke kotak masuk anggota.

Facebook Group ini memiliki fitur interaksi antara anggota grup, aplikasi ini juga menyediakan tool untuk membuat grup baru. Caranya pun sangat mudah. Di salah satu menunya, Facebook telah menyiapkan menu Create yang kemudian diikuti dengan prosedur pembuatan grup yang mudah dilakukan oleh pengguna.

Saat ini, lebih dari 500 juta orang menggunakan Facebook Group dan ribuan kelompok dibuat setiap hari. Seperti forum diskusi, Facebook Group memungkinkan setiap anggota group untuk berbagi foto, link, update dan banyak lagi.

Facebook Group memiliki tiga jenis privasi yang bisa dipilih, yaitu public, closed, dan secret. Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan group yang akan anda buat.

Beberapa manfaat bergabung dengan Facebook Group adalah :

1. Mendapat informasi

2. Sharing pengalaman

3. Memperluas networking

Facebook Group Guru

Facebook Group Guru juga banyak ditemukan. Banyak group yang menjadi wadah para guru untuk saling berkumpul dan bertukar informasi. Facebook Group Guru ini bisa menjadi salah satu sumber belajar bagi para guru.

Dengan bergabung dalam sebuah Facebook Group, guru-guru bisa menambah wawasannya seputar dunia belajar mengajar. Para guru bahkan bisa saling berbagi tips dan trik seputar mengajar. Atau saling berbagi ilmu-ilmu penunjang yang bisa semakin menguatkan perannya sebagai guru.

Dari banyaknya Facebook Group Guru yang ada, setidaknya ada 5 Facebook Group Guru terbaik untuk saling belajar dan bertukar informasi.

1. Media Guru Indonesia

Media Guru Indonesia adalah Facebook Group Guru yang dibuat pada 5 Juni 2016.  Facebook Group ini mendorong guru untuk memiliki kemampuan menulis. Menulis masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar guru di Indonesia. Banyak guru kesulitan naik pangkat karena tidak mampu menghasilkan karya tulis. Fakta ini kontradiktif, sebab guru adalah profesi paling dekat dengan literasi. Materi yang diajarkan di depan kelas, interaksinya sehari-hari dengan siswa, juga komunikasi dengan orang tua, adalah bahan yang mudah untuk ditulis.

Kondisi ini yanv membuat Majalah Media Guru Indonesia (selanjutnya disingkat MediaGuru) menginisiasi gerakan nasional Satu Guru Satu Buku (Sagusabu). Sebuah gerakan yang mendorong guru-guru di Indonesia menulis minimal satu buku. Melalui gerakan Sagusabu, kini ribuan guru di Indonesia telah sukses menjadi guru penulis buku.

2. Kampus Guru Cikal

Kampus Guru Cikal adalah sebuah Facebook Group yang awalnya untuk guru-guru Sekolah Cikal. Kampus Guru Cikal adalah lembaga pengembangan karier guru dan tenaga kependidikan yang percaya guru dengan kemerdekaan belajar adalah kunci perubahan pendidikan.

Kini, Facebook Group ini tak hanya untuk guru-guru Sekolah Cikal saja. Tetapi juga untuk guru-guru lainnya.

Kampus Guru Cikal percaya bahwa pengembangan guru tidak hanya sebatas pengembangan kompetensinya. Pengembangan guru secara utuh melibatkan 4 kunci: (1) Kemerdekaan; (2) Kompetensi; (3) Kolaborasi; (4) Karier yang mengarah pada Cita-cita guru sebagai pusatnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Kampus Guru Cikal adalah membuat komunitas guru belajar, melakukan pengembangan guru, menyediakan konten pendidikan berkualitas dan beasiswa guru belajar.

3. Komunitas Guru Belajar

Komunitas Guru Belajar adalah komunitas pendidik untuk berdiskusi dan berbagi praktik cerdas pengajaran dan pendidikan yang diinisiasi oleh Kampus Guru Cikal. Komunitas Guru Belajar (KGB) percaya bahwa belajar bisa dari siapa saja. Sumber inspirasi bukan figur yang serba tahu dan sempurna, tapi rekan seperjalanan yang realistis dengan pengalaman nyata, dan praktis, seringkali gagal sebelum berhasil.

Facebook Group ini dibuat sejak tahun 2015. Kini, anggota dari Facebook Group Komunitas Guru Belajar ini sebanyak 36 ribu orang.

4. Guru Pembelajar (SIM PKB) 2020

Facebook Group Guru Pembelajar (SIM PKB) 2020 adalah wadah sosial bagi guru Indonesia untuk bisa saling berbagi pengetahuan mengenai program pemerintah dalam mengupayakan pengembangan kompetensinya sebagai guru.

Facebook Group ini mendorong semua guru untuk nelajar bersama demi masa depan yang cerah dan lebih baik lagi untuk anak didiknya kelak. Seorang guru seharusnya memiliki peran yang sakral dalam menggapai cita-cita bangsa.

Facebook Group ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan para guru agar bisa mengikuti tantangan zaman. Meski baru dibuat pada Februari lalu, Facebook Group ini sudah punya 5100 anggota.

5 Tantangan Program Merdeka Belajar untuk Guru
Dengan adanya program belajar ini, diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang bahagia, baik untuk siswa, guru maupun orangtua. “Nantinya sistem pembelajaran akan berubah, yang tadinya hanya di dalam kelas maka nanti akan di luar kelas. Jadi lebih menyenangkan juga.

5. Forum Merdeka Belajar Guru Kece

Facebook Group Forum Merdeka  Belajar Guru Kece adalah media diskusi kegiatan belajar mengajar antara guru-guru di Indonesia dengan media online maupun offline, memaksimalkan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Facebook Group Forum Merdeka Belajar Guru Kece dibuat baru tahun ini. Meski begitu jumlah anggotanya sudah ada sebanyak 1700.

Ada 10 topik yang dibahas dalam Facebook Group ini, yaitu (1) wawasan kece, (2) video pembelajaran kece, (3) info kece, (4) tips kece, (5) poling kece, (6) resensi buku kece, (7) inspirasi kece, (8) diskusi kece, (9) teka-teki kece dan (10) kejarcita.id.

Dimana semua topik bertujuan untuk membantu para guru agar melek teknologi. Guru-guru menggunakan teknologi untuk mencetak generasi masa depan yang berkualitas.

Ternyata Facebook Group guru memiliki banyak manfaat buat para guru ya. Guru-guru yang tergabung bisa saling belajar bersama untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya. Guru-guru juga bisa saling terhubung dan membangun networking yang luas.

10 Manfaat Program Merdeka Belajar yang Didapat Oleh Guru
“Menurut Mendikbud, program merdeka belajar menjadi upaya pembelajaran untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia” Ia mengungkap bahwa keberhasilan pendidikan di Indonesia bergantung pada kemerdekaan belajar.

Bagaimana dengan anda? Apa Facebook Group yang anda ikuti untuk bisa meningkatkan kemampuan sebagai seorang guru?

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.