Mengapa Anak Perlu Belajar Coding Sejak Dini? Berikut 5 Alasannya

parenting Okt 09, 2020

Penggunaan teknologi digital di era Revolusi Industri 4.0 saat ini semakin pesat dan sudah dipakai di berbagai sektor, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Apabila kita memperhatikan di lingkungan sekitar kita, Anda dapat menemukan beberapa anak yang mulai mempelajari coding di sekolahnya walaupun tidak terlalu mendalam. Memang apa sih pentingnya belajar coding bagi anak? Apakah akan berguna di masa depan?

Coding adalah sekumpulan code yang penulisannya diatur dengan aturan tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Pada kondisi ini coding biasanya sering digunakan oleh programmer untuk membantu mereka dalam mengoperasikan komputer. Mungkin dulu yang mempelajari coding hanyalah orang-orang yang memang menyukai komputer dan teknologi. Namun, saat ini seiring dengan perkembangan industri digital yang semakin pesat, coding menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan perusahaan di Indonesia maupun luar negeri. Oleh karena itu, tidak jarang kita sering menemukan beberapa sekolah yang mulai mengajarkan mengenai apa itu coding dan kegunaannya.

Lantas apa manfaat belajar tentang coding? Coding sangat bermanfaat untuk melatih dan mengasah kreativitas anak dalam berpikir. Selain itu coding juga dapat melatih nalar, logika dan konsep mereka dalam berpikir, terutama dalam memecahkan permasalahan secara sistematis. Namun, saat mereka sedang mempelajari coding di rumah ada baiknya Anda sesekali memperhatikan perkembangan belajar mereka dan awasi mereka supaya dapat membagi waktunya dalam belajar.

Apakah hanya anak-anak yang sudah sekolah saja yang bisa mempelajari coding? Coding sudah bisa dipelajari oleh anak-anak yang berusia lima tahun ke atas. Biasanya dalam konteks ini anak-anak akan dilatih melalui games yang ada di ponsel atau games yang diberikan oleh guru pembimbing yang telah Anda siapkan. Memang sangat penting untuk mempelajari coding pada anak sejak usia dini, tetapi ada baiknya Anda dapat menyesuaikan waktu dan kemampuan anak Anda supaya mereka tidak merasa tertekan dan akhirnya malah tidak bisa memberikan hasil yang maksimal. Dalam mempelajari coding, butuh waktu yang lama dan tidak bisa dipelajari hanya beberapa waktu saja. Coding harus dipelajari secara tekun dan serius.

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat digunakan pemula ketika memulai mempelajari coding, yaitu sebagai berikut.

3 Tips Belajar Coding Bagi Pemula

1. Mengikuti Kursus Coding

Saat ini banyak sekali platform dan beberapa perusahaan yang menyediakan fasilitas untuk mempelajari coding. Selain itu Anda juga dapat mencari beberapa online course coding yang saat ini sudah mulai berkembang pesat di kalangan masyarakat. Dalam online course ini biasanya anak-anak akan melakukan kegiatan pembelajaran secara virtual dan materi pembelajaran yang diberikan berbasis teks, video tutorial dan games yang dapat melatih anak untuk menjadi lebih kreatif dan interaktif. Apabila Anda mengalami keterbatasan biaya, Anda juga dapat mencari beberapa situs-situs gratis yang menyediakan pembelajaran coding, yaitu seperti Codecademy, Code.org, atau Scratch yang dapat digunakan oleh semua usia.

2. Mempelajari Coding dari Game Online

Belajar sembari bermain. Kegiatan ini tentunya sangat menyenangkan dan jauh dari kata bosan. Saat ini banyak sekali game online yang dibuat berdasarkan bahasa pemrograman seperti C++ dan Java, contohnya yaitu Angrybirds, Polycraft dan lain sebagainya. Untuk anak usia dini, mungkin yang bisa dipelajari yaitu cara mengatasi permasalahannya dengan tanggap dan sistematis. Namun, bagi para pemula yang sudah menginjak bangku SMA ataupun perguruan tinggi, kamu bisa mempelajari desain dari game tersebut, seperti tingkat kesulitan yang muncul dalam game.

3. Belajar dengan Mentor

Saat ini banyak sekali komunitas programming yang bisa kamu ikuti. Tentu dalam mengetahui dan mencari komunitas seperti ini tidaklah begitu sulit dikarenakan teknologi yang semakin canggih. Dengan mengikuti beberapa komunitas, kamu bisa menemukan beberapa teman yang bisa dijadikan mentor untuk mempelajari coding. Selain itu, kamu dan beberapa temanmu bisa saling sharing dan berbagi pengalaman mengenai program yang sudah mereka buat sebelumnya.

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas, Anda tentunya memiliki keinginan untuk membawa anak Anda untuk mulai mempelajari coding. Selain karena berguna untuk masa depan yang daya saingnya semakin ketat, berikut merupakan beberapa alasan yang harus Anda ketahui mengenai pentingnya mempelajari coding sejak dini.

5 Alasan Anak Perlu Belajar Coding Sejak Dini

1. Dapat Melatih Anak dalam Menyelesaikan Masalah

Hal utama yang didapatkan dari mempelajari coding yaitu cara menyelesaikan masalah. Dengan mempelajari coding, anak Anda akan dituntut untuk bisa berpikir kreatif dan kritis dalam menemukan solusi untuk mendapatkan sebuah jawaban. Dalam hal ini anak Anda akan dibiasakan untuk selalu berpikir secara sistematis, terstruktur dan efisien.

2. Dapat Mengasah Kreativitas

Biasanya anak-anak yang sudah mempelajari coding sejak dini memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan teman-temannya yang lain. Dalam hal ini, anak akan cepat tanggap mengenai apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh kebanyakan orang, kemudian mereka akan mencari solusi-solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dari permasalahan-permasalahan tersebutlah anak Anda akan menemukan sebuah karya (solusi).

Dampak Positif dari Belajar Daring
Belajar daring (dalam jaringan ; menggunakan internet) masih menjadi solusi yang paling baik untuk menghadapi situasi ini. Perlu diingat bahwa persebaran virus Corona semakin meluas setiap harinya.

3. Dapat Menciptakan Inovasi

Selain itu, dengan menguasai dan mempelajari coding, anak Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan inovasi atau ide-ide baru yang dapat membantu negara ini bahkan dunia untuk menjadi negara yang lebih maju lagi. Biasanya anak-anak yang mempelajari bahasa pemrograman cenderung lebih peka dengan permasalahan yang sedang terjadi di dunia ini. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan bahwa kelak mereka yang menguasai coding menjadi seseorang yang sangat dibutuhkan di masa depan.

4. Memiliki Prospek Kerja yang Luas

Di tengah era Revolusi Industri 4.0 ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki skill mengenai bahasa pemrograman. Apalagi dalam industri teknologi, saat ini pertumbuhan di bidang IT semakin pesat di setiap tahunnya. Bahkan sekarang beberapa sekolah sudah mulai mencari beberapa pendidik yang mengerti mengenai bahasa pemrograman.

Kiat Menyiapkan Dana Pendidikan yang Cukup untuk Anak
Sebelum anak menduduki bangku pendidikan, ada baiknya Anda menyiapkan dana pendidikan untuk anak Anda dengan cermat. Apakah menyiapkan dana untuk pendidikan anak itu penting?

5. Memiliki Kesempatan yang Tidak Terbatas

Selain menjadi pekerja, orang-orang yang menguasai coding tentunya bisa bekerja secara sendiri. Coding saat ini juga sangat berguna untuk para entrepreneur atau wirausahawan dalam mengembangkan produk-produk yang mereka jual. Selain itu, coding juga sangat berguna dalam memberikan pelayanan berbasis online baik di beberapa situs atau platform online yang saat ini sedang berkembang dengan pesat. Asalkan Anda memiliki jaringan internet dan teknologi di rumah, Anda sudah bisa bekerja seorang diri. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa orang yang menguasai coding memiliki kesempatan yang tak terbatas dalam menghasilkan pendapatan.

Selain beberapa penjelasan di atas, yang harus Anda ketahui yaitu dengan mempelajari coding, Anda juga dapat membuka lapangan pekerjaan secara mandiri. Bantuan kecil Anda dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang didapat dari mempelajari coding, apakah Anda tidak ingin mengajak anak Anda untuk mempelajari coding sejak dini?

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.