Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Menjaga Lingkungan Sejak Dini

parenting 11 Agt 2023

Apakah Anda dan keluarga Anda ingin tinggal dan hidup di lingkungan yang asri, bersih, dan nyaman? Untuk mendapatkan lingkungan yang seperti itu, masyarakat harus peka terhadap situasi dan kondisi lingkungan sekitar kita. Apalagi di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, tidak jarang lingkungan menjadi korban karena kemajuan teknologi dan zaman.

Jika dibiarkan begitu saja, lingkungan ini akan semakin hancur. Di masa yang akan datang, para penerus bangsa akan kesulitan untuk hidup nyaman, mendapatkan air bersih, dan bisa menghirup udara yang terhindar dari polusi. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan juga para pendidik untuk mengajarkan cara menjaga lingkungan.

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengajarkan anak menjaga lingkungan sejak dini yang mana bisa dilakukan anak-anak hingga dewasa. Namun, sebelum itu, kita akan membahas terlebih dahulu tentang lingkungan yang bersih dan sehat. Sebelumnya, apa sih kriteria lingkungan yang bersih dan sehat?

Kriteria Lingkungan yang Bersih dan Sehat

Definisi dari bersih, yaitu situasi di mana keadaan lingkungan tersebut bebas dari berbagai jenis kotoran, seperti bau, debu, dan sampah. Apabila kondisi rumah beserta halamannya sudah bersih, bisa dikatakan bahwa lingkungan rumah tersebut sudah bersih dan sehat. Berdasarkan penjelasan ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa lingkungan yang sehat sudah tentu lingkungan yang bersih.

Adapun ciri-ciri dari lingkungan yang sehat dapat dilihat dari rutinitas manusia di setiap harinya. Biasanya orang-orang yang hidup di lingkungan yang sehat memiliki gaya hidup yang peduli dengan lingkungan, bersih, dan disiplin. Sebagai contoh kecilnya, yaitu mereka enggan untuk membuang sampah sembarangan dan membiarkan halaman rumah ditumbuhi rumput-rumput yang panjang.

Selain itu, untuk melihat apakah rumah suatu keluarga bisa dikatakan bersih dan sehat, bisa dilihat dari halaman depan rumah. Jika keluarga tersebut memiliki prinsip hidup bersih dan sehat, halaman rumah mereka ditumbuhi tanaman, pohon, atau sekumpulan bunga yang segar dan terawat. Begitu pun juga dengan kondisi pembuangan sampahnya yang cenderung bersih dan terhindar dari sekumpulan sampah yang berbau tidak sedap.

Dalam penerapannya, lingkungan sehat bukan sekadar gaya hidup saja, tetapi suatu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi manusia. Hal ini disebabkan kesehatan tubuh, jasmani, dan rohani manusia dipengaruhi oleh lingkungan yang sehat. Bayangkan jika Anda tinggal di lingkungan yang kotor dan tidak sehat, kesehatan Anda pasti akan terganggu. Penyebabnya mungkin karena polusi udara akibat asap dan bau tidak sedap, serta sukar untuk mendapatkan air bersih.

Udara yang bersih adalah udara yang bebas dari asap dan tidak berbau. Tanah yang bersih dilihat dari tanah yang bebas dari sampah. Air dikatakan bersih jika bebas dari sampah yang tergenang. Selain itu, lingkungan yang sehat juga terhindar dari selokan yang penuh sampah atau terdapat genangan sampah di sekitaran sungai. Dengan penjelasan tersebut bisa dilihat bahwa manusia yang tinggal di lingkungan bersih akan terhindar dari debu dan virus yang menimbulkan penyakit.

Lantas bagaimana cara mengajarkan anak-anak untuk menjaga lingkungan sedari dini?

Tips Meningkatkan Self-Awareness pada Murid
Self-awareness merupakan kemampuan untuk sadar atau memahami apa yang dilakukan diri sendiri dan apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar mereka.

Adapun cara mengajarkan anak menjaga lingkungan sejak dini tidak terlalu sulit untuk diterapkan. Apabila orang tua ingin mendapatkan hasil yang maksimal, anak harus diajarkan dengan disiplin dan bijaksana. Dengan begitu, mereka bisa lebih berkomitmen untuk menerapkan apa yang sudah dipelajarinya.

5 Cara Mengajarkan Anak untuk Menjaga Lingkungan

Langkah termudah untuk mengajarkan dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, yaitu dengan memberikan contoh langsung atau contoh nyata. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memberikan contoh kepada anak-anaknya tentang bagaimana menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengajarkan anak menjaga lingkungannya.

1. Mengajak Anak untuk Mengenal Lingkungannya

Sebelum mengajarkan anak untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan sehat, ada baiknya orang tua mengenalkan lingkungan sekitarnya. Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk beraktivitas di luar, seperti menikmati alam terbuka. Pada kesempatan ini, Anda akan menunjukkan tentang bagaimana lingkungan semestinya. Selain itu, Anda bisa memberikan penjelasan kepada mereka tentang dampak apabila lingkungan tidak dijaga dengan baik. Anda tidak perlu menutup-nutupi dampak negatif terbesar yang akan dialami mereka di masa depan. Sifat terbuka yang akan Anda berikan dapat menjadi reminder bagi mereka agar dapat membuat lingkungan menjadi bersih dan sehat.

2. Memberikan Contoh Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara termudah dalam mengajarkan anak tentang perilaku baik, yaitu dengan memberikan contoh nyata secara langsung. Dalam permasalahan ini, Anda bisa memberikan contoh kepada anak-anak tentang betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Ajarkan kepada mereka untuk selalu membuang sampah dari bungkus makanan yang mereka makan ke tempatnya. Pasalnya, sampah yang dibuang secara sembarangan akan membuat lingkungan menjadi tercemar.

3. Mengenalkan dan Mengajarkan Prinsip 3R

Ajarkan mereka untuk tahu prinsip 3R, yaitu reduce, reuse, dan recyle. Reduce adalah tindakan untuk mengurangi pemakaian barang yang akan menghasilkan sampah. Reuse adalah tindakan untuk menggunakan kembali barang yang sudah tidak terpakai, sedangkan recyle adalah kegiatan mendaur ulang sampah. Untuk menerapkan ketiga prinsip tersebut, kelihatannya memang cukup sulit. Namun, orang tua maupun guru bisa mengajarkan anak-anak dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Contohnya, anak membawa botol minuman ke sekolah dan mengajarkan anak-anak apakah botol tersebut bisa dipakai kembali atau tidak. Selain dapat mengajarkan anak-anak tentang ketiga prinsip tersebut, Anda juga dapat melatih kreativitas anak.

4. Berkebun Bersama Keluarga

Berkebun bersama keluarga untuk mengajarkan anak-anak tentang bagaimana menjaga lingkungan adalah salah satu cara efektif yang paling asik untuk diterapkan. Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan, yaitu membuat pupuk, menanam pohon bersama, menanam sayuran di halaman rumah, dan lain sebagainya. Selain dapat mengajarkan anak-anak ilmu pengetahuan dan wawasan baru, kegiatan tersebut juga dapat merekatkan hubungan antar orang tua dengan anak. Apa yang akan didapatkan anak dengan berkebun bersama keluarga begitu bermakna dan sangat memorable.

Konsep Step In – Step Out – Step Back untuk Melatih Rutinitas Berpikir Siswa
Cara berpikir itu harus terus dilatih dengan berbagai metode yang efektif dan positif. Konsep step in-step out-step mengasah pola pikir yang terarah.

5. Mengajarkan tentang Perilaku Hidup Bersih

Selain belajar tentang bagaimana menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, para orangtua juga harus mengajarkan anak-anak mereka tentang bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat anak-anak. Dengan mengajari anak-anak tentang perilaku hidup sehat, mereka akan menjadi terbiasa untuk bisa hidup bersih dan sehat. Anak tidak hanya membentuk kepribadiannya menjadi lebih baik saja, tetapi mereka juga akan lebih peka dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Beberapa perilaku hidup bersih dan sehat yang harus diajarkan orang tua, misalnya rajin mencuci tangan, membersihkan kuku jika sudah mulai memanjang, rajin gosok gigi, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mengajarkan anak menjaga lingkungan sejak dini. Jika dilihat secara saksama, kelima cara di atas tidak terlalu sulit untuk dilakukan orang tua, anak, maupun guru di kelas. Dengan semangat, motivasi, dan komitmen yang teguh, lingkungan kita akan semakin bersih dan sehat. Dengan begitu, para penerus bangsa tidak akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan udara bersih, air yang bersih, lingkungan yang nyaman, dan lain sebagainya.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.