Kiat Menyiapkan Dana Pendidikan yang Cukup untuk Anak

edukasi Sep 26, 2020

Sebelum anak menduduki bangku pendidikan, ada baiknya Anda menyiapkan dana pendidikan untuk anak Anda dengan cermat. Apakah menyiapkan dana untuk pendidikan anak itu penting? Perkembangan zaman semakin pesat, sehingga tidak dapat dipungkiri lagi bahwa semakin banyaknya pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh setiap orang di setiap harinya. Bukan hanya harga dari kebutuhan pokok saja yang semakin naik, uang pendidikan pun turut naik seiring perkembangan teknologi dan zaman.

Saat ini Indonesia sedang berada di tahap perkembangan bahan ajar dan mayoritas sudah menggunakan teknologi untuk meningkatkan kemampuan akademis dan kreativitas setiap siswa di sekolah. Sehingga tidak jarang kita menemukan biaya pendidikan di sekolah-sekolah yang favorit di daerah kota terlihat lebih besar biayanya dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang berada di pedesaan. Hal itu terjadi dikarenakan fasilitas yang diberikan sekolah pun sudah berbeda dan juga tenaga pendidik yang disediakan di sekolah juga lebih memiliki pengalaman dan prestasi.

Tidak jarang orang tua mengalami fase kebingungan ketika anak sudah mulai beranjak dewasa dan ingin melanjutkan pendidikannya. Hanya sebagian orang tua saja yang mengetahui betapa pentingnya dana pendidikan untuk anak-anak mereka kelak. Hal ini dikarenakan seiring perkembangannya zaman, biaya pendidikan di setiap tahunnya semakin meningkat. Untuk mengatasi permasalahan ini sudah saatnya Anda untuk merencanakan dana pendidikan anak Anda dengan baik.

Berikut merupakan kiat atau tips yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan yang cukup untuk anak Anda kelak.

1. Mengevaluasi Keuangan yang Anda Miliki

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengevaluasi keuangan yang Anda miliki. Beberapa hal yang dapat Anda perhatikan yaitu seberapa besar pendapatan yang Anda dapat di setiap bulannya, kemudian kepentingan untuk di setiap harinya, biaya sewa rumah, listrik dan dana darurat yang harus Anda siapkan juga. Anda harus memastikan bahwa dana pendidikan dan dana yang Anda perlukan di setiap bulannya sesuai dengan porsinya. Selain dana pendidikan Anda juga harus menyiapkan dana darurat yang berguna untuk mengatasi hal-hal tidak terduga yang Anda dan keluarga Anda alami nantinya.

2. Melakukan Riset Mengenai Sekolah yang Anda Inginkan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melakukan riset ke mana nantinya anak Anda akan disekolahkan, apakah di sekolah negeri, sekolah swasta atau bahkan homeschooling. Apa saja yang harus Anda cari? Anda dapat mencari keunggulan dan kelemahan yang ada di sekolah tersebut. Kemudian lihatlah apa saja prestasi yang sudah sekolah itu terima beserta para alumni yang berasal dari sekolah itu. Bukankah suksesnya seorang anak tidak selalu tentang dari mana mereka berasal? Ya, tentu saja benar, akan tetapi pendidikan yang mereka terima bisa menjadi pemicu dari masa depan yang mereka terima saat ini. Dengan melihat para alumni yang berasal dari sekolah tersebut, Anda juga sudah bisa membayangkan masa depan anak Anda ke depannya bagaimana.

3. Melakukan Riset Mengenai Biaya Pendidikan yang Akan Dikeluarkan

Setelah melakukan riset mengenai sekolah anak Anda nantinya, Anda juga perlu menganalisa biaya pendidikan yang harus Anda keluarkan. Beberapa yang harus Anda perhatikan yaitu seperti uang pangkal atau uang pembangunan, uang SPP, uang buku, seragam dan kepentingan-kepentingan lainnya seperti ekstrakulikuler dan ongkos anak Anda kelak. Setelah Anda merincinya dengan akurat kemudian Anda dapat membagikannya dengan pengeluaran-pengeluaran tidak terkira lainnya beserta dengan keperluan-keperluan Anda dan keluarga lainnya. Pastikan bahwa Anda telah merincinya dengan akurat supaya keluarga Anda tidak mengalami krisis moneter. Setelah itu Anda dapat menentukan apakah sekolah tersebut baik untuk Anda atau tidak.

4. Asuransi Pendidikan

Apa yang dimaksud dengan asuransi pendidikan? Asuransi pendidikan merupakan asuransi yang menjamin biaya pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi. Apakah asuransi pendidikan sangat penting untuk anak Anda? Asuransi pendidikan sangat penting untuk anak karena dapat membantu orang tua dalam mengatur biaya pendidikan anak yang mana akan semakin meningkat di setiap tahunnya. Beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari asuransi pendidikan, yaitu:

1)      Dapat Menjamin Dana Pendidikan Anak

Asuransi pendidikan anak dapat membantu menjamin dana pendidikan yang akan diperlukan anak Anda hingga menempuh jenjang pendidikan tertentu. Dengan membeli asuransi pendidikan sejak dini, orang tua dapat merasa aman ketika mengalami musibah yang tidak diinginkan. Dengan adanya asuransi pendidikan, Anda dapat merasa tenang karena pihak asuransi sudah menangani dana pendidikan anak Anda.

2)      Dapat Memberikan Perlindungan Kepada Anak

Hidup itu layaknya seperti roda yang berputar. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi tahun depan, bulan depan, bahkan di hari esok. Apabila hal buruk telah terjadi kepada Anda di saat anak Anda masih kecil dan membutuhkan biaya pendidikan, Anda tidak perlu cemas lagi dengan biaya pendidikan yang dibutuhkan anak Anda. Hal itu dikarenakan pihak asuransi pendidikan akan memberikan pertanggungjawaban di setiap bulannya kepada anak Anda.

3)      Dapat Mengatur Keuangan

Selain bermanfaat untuk menjamin dana pendidikan dan memberikan perlindungan kepada anak, asuransi pendidikan juga bermanfaat untuk mengatur keuangan Anda. Anda dapat mengatur berapa banyaknya pengeluaran yang Anda butuhkan di setiap harinya. Anda menjadi tidak merasa terbebani lagi. Selain itu Anda juga bisa lebih mudah untuk menerapkan hidup hemat dan kebiasaan menabung di setiap bulannya.

4)      Mendapatkan Fasilitas Asuransi Kesehatan

Selain itu asuransi tidak hanya bermanfaat untuk biaya pendidikan saja, tetapi juga bermanfaat untuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Biasanya asuransi pendidikan juga disertai dengan asuransi kesehatan yang mana anak akan mendapatkan biaya perawatan rumah sakit jika diperlukan. Apabila Anda hanya menabung untuk biaya pendidikan anak saja, tentu saja uang Anda akan habis dan mengulang lagi dari nol untuk asuransi biaya pendidikan anak Anda. Oleh karena itu ada baiknya Anda juga menyertakan asuransi kesehatan untuk anak-anak Anda di rumah.

Tips Agar KBM Online Tetap Berjalan Dengan Minimnya Fasilitas
Fasilitas yang dibutuhkan yaitu gadget atau ponsel dan akses untuk melakukan internet. Sayangnya, tidak semua orang tua bisa menyediakan fasilitas tersebut dikarenakan keadaan ekonomi yang kurang.

5. Menyiapkan Satu Rekening yang Berbeda untuk Biaya Pendidikan Anak

Kerap kali kita merasa boros ketika melihat saldo yang terdapat di rekening banyak. Kita cenderung merasa kesulitan untuk membagi-bagi biaya yang dibutuhkan apabila disatukan di dalam satu rekening. Oleh karena itu ada baiknya Anda memisahkan rekening yang digunakan untuk menabung dengan rekening yang Anda gunakan untuk sehari-hari. Dengan begitu uang Anda tidak akan tercampur lagi. Manfaat lain yang dapat Anda dapatkan dari menyiapkan rekening yang berbeda yaitu dapat memperkecil kemungkinan Anda dalam menggunakan uang tabungan untuk kepentingan yang lain, Anda juga terhindar dari godaan untuk menggunakan uang tabungan untuk biaya pendidikan anak Anda.

Perkiraan Biaya yang Dibutuhkan untuk Homeschooling
Persepsi masyarakat yang masih beredar adalah homeschooling hanya untuk keluarga kaya seperti artis. Padahal jika ditilik kembali, biaya sekolah secara mandiri ini masih bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

Berdasarkan 5 kiat menyiapkan dana pendidikan yang sudah dijelaskan di atas, mana yang akan Anda lakukan pertama kalinya? Hal yang paling penting yang Anda lakukan selain kelima kiat di atas yaitu Anda dan pasangan Anda harus saling bekerja sama untuk memberikan pendidikan yang layak untuk Anda. Karena kelima kiat tersebut juga tidak akan berguna apabila Anda dan pasangan Anda memiliki alur dan keinginan yang berbeda.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.