7 Tips Mencari Sumber Belajar Efektif Menggunakan Google Search

teknologi 23 Mei 2022

Setiap orang tentunya memiliki referensi yang digunakan untuk belajar dan mendapatkan ilmu, tidak terkecuali pada guru. Bagi guru, belajar sudah seperti makanan pokok yang tidak boleh dilupakan begitu saja, bahkan sampai mereka sudah menua. Nah, dalam mempelajari sesuatu biasanya guru memiliki referensi atau sumber untuk belajar, seperti membaca dari buku, website dan platform online lainnya. Namun, di tengah era globalisasi seperti ini, setiap orang tidak akan sulit mendapatkan informasi, baik informasi yang berisikan ilmu, gosip dan hal lain sebagainya. Salah satu sumber yang dapat digunakan untuk mencari informasi yaitu dengan menggunakan Google Search. Lantas bagaimana tips mencari sumber belajar efektif menggunakan Google Search ini?

Arti Sumber Belajar Menurut Ahli

Sebelum membahas tentang berbagai macam tips, ada baiknya Anda harus mengenal apa yang dimaksud dengan sumber belajar. Sumber belajar merupakan bahan atau sumber yang dapat memberikan berbagai macam informasi baik berupa data, orang atau wujud yang dipakai peserta didik di dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Selain itu, sumber belajar juga diartikan oleh beberapa ahli, yaitu sebagai berikut.

1. Edgar Dale

Menurut Edgar Dale, sumber belajar adalah segala sesuatu yang dimanfaatkan untuk memfasilitasi kegiatan belajar seseorang.

2. Yusufhadi Miarso

Menurut Yusufhadi Miarso, sumber belajar adalah segala sesuatu yang meliputi alat, bahan, lingkungan, orang, pesan dan teknik, baik diberikan secara tersendiri maupun dikombinasikan, yang mana bertujuan untuk memungkinkan terjadinya kegiatan belajar pada siswa.

Fungsi Sumber Belajar

Selain itu, sumber belajar juga memiliki beberapa fungsi yang harus Anda tahu. Berikut penjelasannya.

1. Dapat Meningkatkan Produktivitas Kegiatan Pembelajaran

Dengan adanya sumber belajar, produktivitas kegiatan bisa lebih meningkat dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan sumber belajar dapat membantu guru dalam menggunakan waktu dengan baik. Selain itu sumber belajar juga dapat mengurangi beban yang dimiliki guru dalam memberikan informasi kepada siswa, sehingga Anda bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengajar dan meningkatkan motivasi anak untuk belajar.

2. Dapat Memberikan Kemungkinan Kegiatan Pembelajaran yang Bersifat Lebih Individual

Sumber belajar dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan mereka telah memiliki panduan dan pedoman materi pembelajaran. Selain itu sumber belajar juga dapat mengurangi kontrol guru yang masih menerapkan metode teacher center, di mana kegiatan pembelajaran menjadi lebih kaku.

3. Kegiatan Pembelajaran Menjadi Lebih Baik

Fungsi lain yang didapatkan dari sumber belajar yaitu kegiatan pembelajaran menjadi lebih mudah dan interaksi antara guru dengan siswa menjadi lebih aktif dan meningkat. Selain itu, informasi yang terdapat di dalam sumber belajar lebih jelas dan bisa dipertaruhkan keakuratannya.

Macam-Macam Sumber Belajar

Sumber belajar juga dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Cetak

Sumber belajar yang berbentuk cetak yaitu seperti buku pelajaran, majalah, brosur dan koran.

2. Non-cetak

Sumber belajar yang berbentuk non-cetak yaitu seperti terdapat pada film dan video pembelajaran.

3. Berbentuk Fasilitas

Selain itu sumber belajar juga dapat berbentuk fasilitas yang didapatkan dari perpustakaan, lapangan, studio, dan lain sebagainya.

4. Berupa Kegiatan

Sumber belajar juga dapat berupa kegiatan seperti kerja kelompok, observasi, simulasi dan lain sebagainya.

6 Kanal Youtube yang Membahas Konsep Materi Pelajaran Dengan Prinsip HOTS
Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan metode pembelajaran yang kekinian. Konsep yang diusung selalu mengarahkan siswa pada kemampuan berpikir kritis.

5. Lingkungan

Sumber belajar juga bisa didapatkan dari lingkungan sekitar, seperti di museum, pasar, pabrik, taman, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana tips mencari sumber belajar efektif menggunakan Google Search? Berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Kata Kunci

Ketika menggunakan Google Search, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mencari suatu informasi dengan kalimat yang sering digunakan untuk berdiskusi atau seperti mengetik kalimat yang terdapat di dalam suatu permasalahan atau soal. Misalnya seperti Anda ingin mempertanyakan di mana lokasi tempat makan terbaik untuk reuni bersama sahabat lama. Dibandingkan menggunakan kalimat yang panjang dan bertele-tele seperti itu, ada baiknya Anda mencarinya dengan kata kunci atau keywords dari apa yang Anda cari saat ini. Seperti pada permasalahan di atas, maka kata kunci atau keywords yang dipakai yaitu tempat makan recomended.

2. Mencari Hal-Hal yang Sederhana

Google Search bisa digunakan untuk mencari berbagai macam hal, dari hal-hal sederhana sampai yang terumit sekalipun. Alih-alih menggunakan kalimat yang panjang, Anda bisa mencari informasi dengan kalimat yang sederhana. Misalnya seperti ketika Anda ingin melacak lokasi paket yang telah Anda pesan di salah satu marketplace yang ada di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Search untuk membuka suatu aplikasi ketika ponsel Anda tidak memiliki cukup ruang atau memori. Misalnya seperti ingin log in ke Facebook, Instagram, Shopee dan lain sebagainya.

3. Memakai Tanda Kutip (“...”)

Pemakaian tanda kutip ini berguna dalam mencari suatu kalimat dengan kata-kata dan urutan yang dipakai sesuai dengan apa yang sudah diketik. Misalnya seperti ketika Anda ingin mencari kalimat: “Pendapat Menteri Pendidikan Terhadap PJJ”, maka hasil dari pencarian yang akan keluar hanyalah informasi yang berisi kalimat yang sudah Anda ketik dengan urutan kata yang sama.

4. Menggunakan Tanda Hubung (-)

Tanda hubung yang digunakan di sini dapat dipakai saat Anda ingin mencari suatu hal yang mana dalam pencarian tersebut Anda ingin mengecualikan suatu atau beberapa kata. Misalnya seperti Anda ingin mencari informasi tentang model pembelajaran, di salah satu model pembelajaran yang Anda tahu adalah problem based learning. Supaya pencarian Anda tersebut tidak berisi tentang problem based learning, maka Anda dapat mengetikkan –problem based learning di laman Google.

5. Menggunakan Titik Dua (:)

Ketika Anda ingin mencari sumber belajar atau informasi di salah satu website atau artikel tertentu, maka Anda dapat menggunakan tanda titik dua tersebut. Misalnya seperti ketika Anda ingin mencari informasi tentang pencipta rumus Matematika yang ada di dunia yang hanya tersedia di laman wikipedia saja, maka Anda dapat mengetikkan Pencipta Rumus Matematika:wikipedia.org di laman Google Search. Setelah itu Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang diinginkan.

6. Memakai Tanda Bintang (*)

Selain berisi tentang materi dan berbagai macam kegiatan pembelajaran, Anda juga dapat mencari berbagai macam informasi yang ingin Anda tahu. Misalnya ketika di sekolah Anda sedang ada pentas seni kemudian ada siswa yang menyanyikan lagu yang tidak Anda tahu, maka Anda dapat mencarinya di Google Search. Bagaimana caranya? Anda hanya tinggal mengetikkan beberapa lirik lagu yang Anda dengar tadi kemudian ketikkan di laman pencarian dengan seperti berikut: I * all I need * got you

Maka hasil dari pencarian tersebut yaitu: Lagu Jessie J yang memiliki lirik I got all I need when I got you and I.

Menggunakan Pinterest sebagai Sumber Materi Pelajaran Sekolah
Dengan beragam fitur yang dimiliki, Pinterest mampu menjadi sumber materi pelajaran sekolah yang menarik untuk anak.

7. Mencari Beberapa Topik Pencarian dalam Suatu Waktu

Hal yang perlu Anda tahu yaitu bentuk pencarian di Google Search ini sangatlah fleksibel, sehingga Anda bisa saja langsung mencari sekaligus dua topik pencarian secara bersamaan dalam satu kali pencarian. Misalnya seperti Anda ingin mencari: “Cara Menerapkan Model Pembelajaran Problem Solving”. Dengan mencari hal seperti itu, maka Anda akan mendapatkan hasil pencarian cara menerapkan model pembelajaran problem solving beserta penjelasan tentang problem solving.

Inilah tujuh tips mencari sumber belajar efektif menggunakan Google Search yang dapat Anda terapkan. Sekarang, Anda bisa memakai Google Search dengan maksimal.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.