Menggunakan Pinterest sebagai Sumber Materi Pelajaran Sekolah

Des 17, 2020

Di era 4.0 ini, banyak sekali media sosial yang menjamur di seluruh negeri. Penggunanya kini tak sebatas warga lokal tempat platform tersebut lahir, tetapi sudah menjangkau hampir semua muda-mudi. Jenis media sosial yang beragam membuat calon pengguna dapat memilih platform sesuka hati ; entah itu satu atau memiliki semua aplikasi.

Media sosial yang kini hadir memiliki beragam fungsi yang dapat user sesuaikan dengan kebutuhan. Tak jarang, satu orang bisa memiliki hampir seluruh akun media sosial untuk menunjang aktivitas sehari – hari. Misalnya, kita akan membutuhkan blog untuk mengirimkan isi pikiran kita terkait suatu isu kepada publik. Atau kita membuat akun Twitter untuk melihat keadaan sebuah negara tertentu dan juga secara worldwide melalui trending topic. Pinterest menjadi platform andalan bagi mereka yang mengedepankan visual dalam pencarian informasi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, media sosial kini tak hanya menjadi wadah untuk bersosialisasi. Fungsinya sudah bergeser menjadi sumber informasi. Bahkan kecepatan dan jangkauan sebuah informasi yang tersebar di media sosial mampu melebihi tayangan televisi.

Tidak ada batasan konkret tentang golongan apa saja yang boleh menggunakan media sosial. Oleh karena itu, sumber informasi yang tersedia disana tak hanya untuk beberapa kalangan saja. Media sosial juga sudah mencakup ranah pembelajaran sekolah. Zaman dahulu mungkin kita masih harus mengunjungi perpustakaan untuk mencari buku materi pelajaran sekolah. Tapi sekarang, kita hanya perlu men – scroll media sosial dan mengetik kata kunci atau keyword dari materi belajar yang kita inginkan.

Akankah Buku Digital Menggantikan Buku Cetak untuk KBM di Masa Depan?
Kemdikbud dan lembaga pendidikan lainnya saat ini sudah banyak menyediakan buku sekolah elektronik dan ebook pembelajaran yang bisa diakses gratis oleh para guru dan murid

Ada banyak rupa media sosial yang menawarkan materi belajar yang kita inginkan, tetapi platform mana yang harus orang tua pilih untuk anak?

Khususnya untuk siswa SD, mereka adalah anak-anak yang berada pada tahap mengidentifikasi sesuatu dari hal yang mereka lihat. Dalam kata lain, keinginan anak untuk belajar amat dipengaruhi oleh seberapa menariknya visual atau penggambaran materi pelajaran sekolah yang ia dapat.

Para orang tua tidak perlu khawatir, karena ada satu media sosial yang dapat mewujudkan semuanya yaitu Pinterest. Sebenarnya, apa sih Pinterest itu?

Pinterest: Menyuguhkan informasi dengan visual yang cantik

Pinterest merupakan media sosial yang memiliki konsep andalan yaitu foto. Di Pinterest, pengguna dapat mengoleksi dan berbagi foto secara leluasa tanpa ada limit yang mengekang. Pinterest berfungsi sebagai virtual pinboard, dimana kita bisa menggunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan ke dalam kategori-kategori yang bisa kita re – name sesuai keinginan. Tak hanya itu, foto – foto yang dibagikan pada Pinterest tidak sebatas foto yang kita unggah saja, melainkan juga mencakup foto dari pengguna lain dan situs-situs tertentu. Pinterest memungkinkan penggunanya untuk meng-upload foto – foto berkualitas tinggi.

Memanfaatkan fitur – fitur Pinterest sebagai sumber materi pelajaran sekolah melalui kejarcita.id

Dengan beragam fitur yang dimiliki, Pinterest mampu menjadi sumber materi pelajaran sekolah yang menarik untuk anak. Salah satu hal yang memungkinkan fungsi tersebut yaitu karena platform belajar terbaik di Indonesia sudah menggunakan Pinterest untuk menyebarkan materi belajar siswa. Platform tersebut ialah kejarcita.id.

Kali ini, kita akan mempelajari tentang fitur – fitur yang ada pada Pinterest dalam memanfaatkan akun kejarcita.id untuk mencari sumber materi pelajaran sekolah. Fitur – fitur tersebut terangkum pada penjelasan berikut:

1. Mengoleksi dan Berbagi Foto

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pinterest memiliki fitur utama yaitu tempat untuk berbagi foto yang disebut dengan istilah ‘pin. Foto – foto tersebut kemudian dapat dikumpulkan berdasarkan kategori yang berbeda.

Sebagai contoh, ketika kita membuka akun Pinterest kejarcita.id maka akan muncul beragam materi pelajaran sekolah, seperti ilmu sains, sosial, dan bahasa. Materi belajar yang disediakan kejarcita.id sangat beragam; mulai dari rangkuman, latihan soal, hingga tren terkini. Rangkuman yang dibuat pun sangat memanjakan mata sehingga anak tidak akan dihantui rasa bosan saat belajar.

Kita dapat mengumpulkan materi belajar yang diinginkan dengan mem – pin – nya lalu mengelompokkan kategorinya melalui fitur ‘board’sesuai mata pelajaran sekolah. Keberadaan fitur ‘board’ memudahkan kita dalam mencari materi belajar sesuai mata pelajaran yang sedang dipelajari.

Pinterest kejarcita.id memiliki ‘board’ yaitu fakta sains, rangkuman pelajaran, kiat belajar, hingga motivasi belajar. ‘Board’ ini akan membantu anak untuk menemukan sesuatu yang mereka butuhkan secara cepat. Pinterest kejarcita.id juga terhubung dengan YouTube kejarcita agar materi yang didapat lebih lengkap. Bahkan kejarcita.id menyediakan panduan aktivitas bagi orang tua siswa selama melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) online. Sangat lengkap, bukan?

Tak hanya itu, Pinterest juga bisa menjadi tempat berkumpulnya koleksi foto dari situs tertentu. Dengan memasang ekstensi ‘Browser Button, pengguna dapat mengumpulkan foto-foto favorit dari situs tertentu kemudian membagikannya kembali ke pengguna Pinterest.

2.      Pesan

Kini, Pinterest memiliki fitur pesan atau message. Fungsinya seperti fitur pesan pribadi pada layanan media sosial lainnya. Pengguna memungkinkan untuk mengirim pin yang telah disimpan ke pengguna lain yang telah dipilih sebelumnya. Fitur ini sangat cocok untuk anak yang ingin belajar bersama dengan temannya dari jarak jauh, terutama di masa pandemi COVID-19 yang belum usai.

Sebagai contoh, Maya menemukan rangkuman mengenai Energi Alternatif pada Pinterest kejarcita.id. Ia ingin mempelajarinya bersama Dewi. Yang maya harus lakukan hanya mengirimkan pin rangkuman tersebut kepada Dewi melalui fitur pesan atau message. Sehingga Maya dan Dewi dapat mempelajari rangkuman bersama – sama dari rumah.

Dampak Positif dari Belajar Daring
Belajar daring (dalam jaringan ; menggunakan internet) masih menjadi solusi yang paling baik untuk menghadapi situasi ini. Perlu diingat bahwa persebaran virus Corona semakin meluas setiap harinya.

3.      Pertemanan

Pertemanan atau friend merupakan fitur yang selalu hadir di semua situs media sosial, tak terkecuali Pinterest. Tetapi, Pinterest memiliki sistem follow yang berbeda dengan media sosial lainnya. Pengguna dapat membuat keputusan untuk mengikuti ‘board’ tertentu saja tanpa mengikuti pemiliknya. Atau pengguna dapat mengikuti pengungggah ‘pin’ yang secara otomatis akan mengikuti semua ‘board’ yang dimilikinya.

4.      Hati

Fitur hati atau love digunakan ketika kita menyukai ‘pin’ tertentu, sama seperti tombol ‘like’ di media sosial lainnya. Tombol hati memiliki warna yang khas dan terletak di bagian atas foto, satu baris dengan tombol ‘pin’ dan ‘send’. Siswa dapat memencet tombol hati jika materi kejarcita.id sangat disukai sekaligus menyimpan materi tersebut.

Cara Mudah Membuat Akun Pinterest

Pinterest tak hanya bisa digunakan pada telepon pintar, tetapi juga bisa digunakan pada laptop. Berikut cara mudah membuat akun Pinterest sebagai sumber materi pelajaran sekolah anak:

  1. Kunjungi situs Pinterest.com. Setelah itu akan muncul form e-mail dan sandi lalu klik tombol ‘sign up’.
  2. Isi keterangan identitas seperti: nama depan dan belakang, umur, jenis kelamin. Akhiri dengan meng-klik ‘come on in’.
  3. Setelah masuk, pilih 5 topik yang disukai. Klik ‘done’.
  4. Akun akan sepenuhnya aktif jika pengguna sudah meng-konfirmasi pendaftaran di alamat e-mail yang didaftarakan. Pengguna akan langsung terarah pada tampilan panel utama akun dan memuat ‘boards’, ‘pins’, ‘likes’, ‘followers’ dan following.
  5. Ikuti akun Pinterest kejarcita.id untuk mendapatkan materi pelajaran sekolah dengan tampilan menarik dan fitur yang lengkap.

Demikian artikel mengenai cara menggunakan Pinterest sebagai sumber materi pelajaran sekolah. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.