6 Kanal Youtube yang Membahas Konsep Materi Pelajaran Dengan Prinsip HOTS

edukasi Nov 25, 2020

Saat ini kegiatan belajar tidak melulu harus di sekolah. Akses pendidikan semakin luas sejak pemanfaatan teknologi mulai tinggi. Berbagai media online hadir untuk meningkatkan kualitas SDM negeri ini. Termasuk dalam hal penerapan HOTS di materi ajar siswa. Salah satu media alternatif yang kini banyak digunakan adalah Youtube. Konten edukasi disampaikan secara efektif dalam bentuk audio visual.

Apakah Prinsip HOTS itu?

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan metode pembelajaran yang kekinian. Konsep yang diusung selalu mengarahkan siswa pada kemampuan berpikir kritis. Metode belajar yang dilakukan membutuhkan effort lebih banyak. Namun hasinya pun akan lebih tepat sasaran dalam mengolah daya pikir dan daya serap siswa.

Saat ini sudah banyak guru yang menerapkan prinsip HOTS untuk peserta didiknya. Bahkan metode ini sangat dianjurkan karena memicu kemampuan berpikir kritis. Apalagi sudah ada portal-portal edukasi yang dapat diakses secara online. Salah satu konten yang disajikan berbentuk video di kanal Youtube.

Terdapat beberapa karakteristik metode HOTS yang dilaksanakan oleh guru, yakni sebagai berikut:

a. Menitikberatkan pada pertanyaan

b. Melakukan analisis terhadap data maupun gagasan

c. Mengartikan suatu konsep yang sedang dihadapi

d. Membuat kesimpulan dari setiap konsep

e. Menganalisa dengan pikiran logis

f. Menyerap informasi kemudian menerapkannya

g. Memecahakn permasalahan dengan informasi yang diperoleh

6 Kanal Youtube Bertema Edukasi dengan Prinsip HOTS

Kanal Youtube bertema pendidikan sudah bertebaran. Namun belum semuanya menerapkan prinsip HOTS dalam membahas materi pelajaran. Inilah 6 rekomendasi kanal Youtube yang dapat Anda akses untuk anak:

1. Quipper

Quipper merupakan bimbel online. Pembelajarannya ada yang berupa video dan bisa diakses melalui Youtube. Hal tersebut agar banyak masyarakat yang dapat menambah wawasan melalui channelnya. Konsep yang diusung Quipper di video-videonya adalah bergaya formal.

Anda tidak akan banyak menemukan animasi di dalamnya. Namun penyampaiannya sangat komunikatif dan mudah dipahami. Banyak sekali peserta didik yang mengaksesnya. Kehadiran edukator digital ini sudah dimulai sejak 2012 silam.

Quipper lebih direkomendasikan untuk siswa jenjang SMP dan SMA. Konten yang ditampilkan dominan membahas tentang materi jenjang tersebut. Konsep HOTS yang menjadi salah satu unsur di dalamnya semakin menambah kualitas materi. Para pelajar juga dapat memanfaatkan fitur live streaming yang sering diadakan oleh mentor Quipper. Mengikuti agenda tersebut di akun channelnya akan menambah pemahaman secara optimal.

2. Kejarcita.id

Sebagai penyedia bank soal dan pembahasan dengan prinsip HOTS, channel satu ini wajib ditonton. Meskipun masih terbilang baru, start-up edukasi digital Kejarcita menyediakan konten pembahasan soal yang komprehensif.

Video-video yang ada di Kejarcita.id sangat kece. Tidak hanya edukatif, akan tetapi juga menghibur. Penonton dibuat betah ketika mengaksesnya. Saat ini konten yang diunggah sudah mencapai 300 video. Materinya sangat variatif dan kreatif dengan mengusung tagline “Kejar Mimpi Raih Cita”.

Di luar penjelasan materi pelajaran dan soal-soal, banyak juga wawasan tambahan. Pendidikan karakter, fenomena alam dan cerita-cerita legenda turut melengkapi portal edukasi ini.

3. Zenius Education

Lanjut pada rekomendasi berikutnya, yakni Zenius Education. Ini adalah start-up teknologi pendidikan yang juga meyediakan konten berkualitas. Peserta didik yang membutuhkan referensi tambahan akan sangat terbantu dengan menonton konten-kontennya.

Terdapat sekitar 100 unggahan yang bermuatan materi pembelajaran. Dilengkapi dengan video try out UTBK, akun Zenius cocok untuk tingkat SMP dan SMA. Ada pula pesan moral yang disematkan di setiap videonya. Jadi jangan khawatir untuk mengakses Zenius.

Seperti halnya Kejarcita, akun ini pun menyediakan pembelajaran beragam. Tidak hanya fokus pada materi Sains. Penjelasannya detail dan jelas. Siswa dapat mencari jawaban dari kebingungan yang dihadapinya di kelas melalui channel Zenius.

4. Ruangguru

Ini adalah bimble online yang lumayan populer di Indonesia. Tidak ingin kalah dengan bimble yang lain, Ruangguru juga menyediakan konten video di Youtube channel. Siswa yang saat ini harus belajar secara virtual, dapat menjadi lebih mudah dengan mengakses Ruangguru

Para guru juga bisa menjadikan channel ini sebagai rujukan dalam mengajar. Mencari ide dan menambah kreativitas dari Ruangguru adalah ide yang bagus. Tampilan kontennya memadukan animasi dan non-animasi. Sedangkan materi yang diunggah mulai dari SD sampai dengan SMA sederajat. Saat ini sudah ada 900 ribu subscriber yang menikmati konten edukasi Ruangguru.

5. Kok Bisa?

Nah, untuk kanal Youtube Kok Bisa?, audiensnya tidak hanya terdiri dari para pelajar. Mahasiswa dan masyarakat umum pun banyak yang menontonnya. Konten di dalamnya terdiri dari pengetahuan dan wawasan yang beragam. Tampilannya sangat ciamik dengan menggunakan motion grafis.

Kok Bisa? dibuat pertama kali oleh tiga mahasiwa jurusan Ilmu Komunikasi yang sedang menggarap tugas akhir. Perhatian mereka terhadap kondisi pendidikan Indonesia yang belum merata melahirkan portal ini. Sangat inspiratif dan kreatif.

Pelajaran yang dikemas dalam bentuk audio visual menjadi referensi banyak masyarakat. Materi yang seringkali membuat pusing kepala berubah jadi menyenangkan. Fisika, Kimia, Matematika kini dapat dipahami denga lebih mudah.

Channel Kok Bisa? juga merupakan pionir teknologi edukasi di Youtube. Tidak heran jika pengikutnya mencapai angka 2 juta. Dikarenakan wawasan lain seperti hoax, politik, virus Corona, juga ada di channel ini, banyak mahasiswa yang juga menontonnya. Para orang tua pun turut menjadikannya referensi saat anak menanyakan materi yang sulit.

Berikut 7 Kanal Youtube yang Menggabungkan Konten Pelajaran dan Pendidikan Karakter
Melalui platform Youtube, Anda dapat memperoleh banyak referensi untuk anak. Supaya terhindar dari konten-konten yang tidak berfaedah, kami punya 7 rekomendasi channel Youtube untuk putra putri Anda.

6. Sains Bro

Khusus bidang sains, channel ini sangat direkkomendasikan. Dengan berfokus pada materi-meteri pengetahuan alam, Sains Bro memberikan konten yang berkualitas. Prinsip HOTS tentu juga diterapkan dalam portal satu ini.

Jika ada anak-anak yang tidak menyukai sains, cobalah berikan tontonan dari konten Sains Bro. Suguhan informasi dan pengetahuan yang dikemas dengan menyenangkan akan membuat mereka betah. Mennariknya, Sains Bro mengupas fenomena yang terjadi di kehidupan denngan pendekatan sains dengan penyampaian yang sederhana.

Kemungkinan untuk menjadi lebih giat belajar bisa terwujud setelah menonton kontennya. Hal itu karena setiap video yang ada di Sains Bro mengundang rasa penasaran. Anak diajak untuk berpikir kritis namun dengan konsep yang menyenangkan. Salah satunya adalah konten percobaan sains yang harus dipraktekkan agar semakin seru.

10 Cara Mengajarkan Keamanan Menggunakan Internet pada Anak
Salah satu manfaat yang paling memberikan respon positif bagi masyarakat yaitu internet dapat mempermudah kita dalam mencari informasi. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, kegunaan internet sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan.

Itulah 6 kanal Youtube bertema edukasi yang menggunakan prinsip HOTS. Apa saja yang sudah pernah Anda rekomendasikan kepada anak? Akseslah di saat-saat senggang untuk menciptakan hari yang produktif!

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.