7 Kanal Youtube yang Menggabungkan Konten Pelajaran dan Pendidikan Karakter

teknologi Nov 06, 2020

Belajar secara mandiri sangat bisa dilakukan di masa sekarang. Melalui platform Youtube, Anda dapat memperoleh banyak referensi untuk anak. Menariknya lagi konten pelajaran yang berbentuk video sangat efektif untuk mengedukasi dengan budget minim. Berbekal kuota internet, Anda tidak perlu khawatir jika tidak mampu memfasilitasi anak untuk ikut les di luar sekolah.

Supaya terhindar dari konten-konten yang tidak berfaedah, kami punya 7 rekomendasi channel Youtube untuk putra putri Anda. Akun-akun ini memuat pesan yang mendidik baik secara akademik maupun karakter.  Metode penyampaian beserta visual yang ditampilkan darinya sudah diakui kualitasnya. Apa saja itu?

1. Kok Bisa?

Channel Youtube ini diluncurkan pertama kali oleh tiga mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Visi dan misi mereka yang ingin memberikan konten edukatif melalui digital akhirnya sangat disenangi masyarakat. Penyajian konten di dalamnya menggunakan motion grafis yang menarik. Muatan pelajaran dari para kreatornya sangat membantu penontonnya memahami lebih mudah. Bahkan materi yang seringkali dianggap susah seperti matematika, kimia, dan fisika menjadi sangat menyenangkan.

Platform Kok Bisa? Sangat recommended untuk para remaja. Mahasiswa pun juga dapat mengonsumsinya karena konten seperti sosial politik, Corona Virus, dan hoax juga tersedia. Saat ini channel Kok Bisa? Sudah mencapai 2 juta subscriber. Ia adalah platform media yang menjadi pionir  di bidang edukasi. Kini ia juga menjadi salah satu referensi belajar via online terbesar di Indonesia.

2.  Ruangguru

Salah satu bimbel online yang cukup poluler di Indonesia ini juga memiliki channel Youtube. Konten yang disajikan bisa menjadi rujukan untuk para siswa secara virtual. Selain konten pelajaran, banyak pula edukasi tentang  penguatan karakter. Jika Anda adalah seorang guru, channel ini bisa menjadi referensi tambahan.

Berbeda dengan Kok Bisa? yang menampilkan animasi, Ruangguru memadukan antara animasi dan non-animasi. Materinya sangat variatif dengan konsep video yang komunikatif. Saat ini bimbel online ini sudah punya 900 ribu pengikut.

3. Zenius

Rekomendasi selanjutnya adalah start up teknologi pendidikan bernama Zenius. Channel Youtube-nya saat ini sudah memposting lebih dari 100 video pembelajaran. Kontennya lebih dominan untuk tingkat SMP dan SMA. Terdapat pula video tentang try out UTBK. Siswa juga mendapat wawasan tambahan selama di rumah.  Selain itu nilai-nilai character building disematkan di antara video-video pembelajaran tersebut.

Anda dapat menemukan materi baik sosial maupun sains dengan mudah. Konsep videonya ada yang berbentuk motion grafis ada yang tidak. Penjelasan yang disajikan mengenai suatu materi sangat detail. Dengan menontonnya, anak Anda dapat menemukan jawaban dari kesulitan yang ditemukannya di sekolah.

4. Sains Bro

Nah, jika anak Anda punya kecenderungan pada sains, maka channel ini tepat dikonsumsi. Fokus konten di Sains Bro memang seputar sains dengan beraneka macam pembahasan. Penyampaiannya dikemas dengan sangat menarik. Anak-anak yang tidak suka sains pun akan betah menontonnya hingga selesai. Terdapat banyak fenomena dalam kehidupan yang diurai berkaitan dengan ilmu sains secara lebih sederhana.

Dengan menonton konten di kanal ini dapat menumbuhkan rasa penasaran sehingga mereka mau belajar lebih giat. Channel edukasi yang khusus memberi wawasan mengenai ke-IPA-an ini jangan sampai Anda lewatkan. Masukkan dalam list tontonan wajib untuk anak-anak di saat senggang. Jika ada konten mengenai percobaan sains, maka bisa langsung dipraktekkan.

5.  Quipper

Sejenis dengan Ruangguru, Quipper juga sebuah bimbel online Indonesia. Guna melebarkan sayapnya dalam mengedukasi masyarakat, ia juga membuat video pembelajaran yang bisa diakses di Youtube. Tampilan yang menjadi ciri khas dari Quipper yakni dengan konsep yang lebih formal. Tidak seperti Kejarcita, Kok Bisa?, dan sejenisnya yang menggunakan animasi dan cenderung semiformal.

Kiprahnya di dunia edukasi digital sudah berjalan sejak tahun 2012. Materi-materi yang dibutuhkan para pelajar SMP dan SMA tersedia di channel ini. Maka Anda harus memanfaatkannya untuk meningkatkan pengetahun anak. Arahkan mereka agar mengaksesnya dari pada menonton kanal lain yang tidak edukatif. Anak juga bisa ikut live streaming yang diadakan oleh mentor-mentor Quipper.

6. Kejarcita.id

Menjadi salah satu badan sosial yang menyediakan bank soal terbanyak di Indonesia, start up ini mengedukasi juga melalui video yang kece. Apabila Anda membutuhkan konten pelajaran yang dipadukan dengan pendidikan karakter, channel Kejarcita wajib dikunjungi. Kini ada lebih dari 300 video yang dapat dinikmati. Dengan jargon “kejar mimpi raih cita”, postingan di kanal Youtubenya sangat edukatif.

Tidak hanya fokus pada kualitas pesan dan konten, tampilan visualnya tidak kalah ciamik dengan media edukasi lainnya. Terdapat video tentang dongeng-dongeng Indonesia yang sarat pesan moral. Didukung juga dengan suguhan pendidikan karakter yang bisa ditemukan di playlist Life Skill.

Cara Akses Bank Soal Gratis di kejarcita.id
Platform teknologi pendidikan lain yang baru berkembang seperti kejarcita.id. kejarcita.id mengkhususkan layanan dan fiturnya pada penyediaan bank soal sekolah dan manajemen kuis dan ulangan online.

7.  Nous ID

Rekomendasi terakhir channel Youtube yang edukatif adalah Nous ID. Tema sains menjadi topik khusus yang disampaikan dalam bentuk animasi. Teknik penyampaian kontennya tidak berbelit-belit. Bentuk visualnya pun sangat menghibur sehingga memudahkan audiens mudah mencerna. Jika anak Anda menyukai hal-hal yang berbau luar angkasa, channel ini akan membuatnya senang. Hal-hal yang berkaitan dengan antariksa juga banyak disajikan di Nous ID.

Akun ini memiliki subscriber lebih dari 59 ribu. Meskipun video yang sudah tayang tidak sebanyak kanal edukasi yang lain, kualitas kontennya tidak meragukan. Orang-orang dewasa pun akan antusias juga melihatnya. Pastikan Anda memasukkannya dalam list tontonan wajib untuk media belajar anak Anda.

Survei Karakter dan Lingkungan Belajar Dalam Program Merdeka Belajar
Lingkungan belajar dalam program merdeka belajar membawa perubahan bagi pendidikan Indonesia. Dimana dengan adanya program merdeka belajar, diharapkan lingkungan belajar menjadi lebih efektif, happy, menyenangkan, inovatif dan kreatif

Tidak sulit menemukan akun Youtube yang fokus di bidang pendidikan. Namun tidak semua dari akun-akun tersebut memberikan konten yang berkualitas. Terlebih lagi menyisipkan pesan-pesan moral yang dapat menguatkan karakter audiens. Oleh sebab itu Anda harus selektif dalam mengakses channel yang tersedia di platform video ini.

Tujuh channel Youtube yang sudahkami ulas masuk dalam deretan akun yang kredibel dan sangat edukatif. Dari 7 channel di atas, sudahkah Anda mengaksesnya? Channel apakah yang menjadi tontonan favorit putra putri Anda?

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.