Cara Akses Bank Soal Gratis di kejarcita.id

edukasi 23 Sep 2020

Saat pembelajaran jarak jauh mulai umum digunakan saat ini, kehadiran platform teknologi pendidikan juga mulai banyak bermunculan. Masing-masing platform menawarkan berbagai layanan dan fitur pembelajaran yang memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masing.

Penggunaan platform pembelajaran jarak jauh yang semakin masif saat ini juga disebabkan karena adanya surat edaran dari pemerintah terkait himbauan kepada seluruh instansi pendidikan di Indonesia untuk melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing.

Selain itu, kehadiran Menteri pendidikan baru ditahun 2020, yaitu Pak Nadiem Makarin juga menjadi faktor penting begitu cepatnya pengadopsian teknologi dalam KBM. Hal ini karena Mendikbud saat ini memang menaruh fokus rencana program kerjanya pada pengoptimalan dan peningkatan penggunaan TIK dalam proses KBM di sekolah.

Di Indonesia, platform dan aplikasi teknologi pembelajaran sudah banyak sekali tersedia dari yang sudah eksis dan populer serta yang baru mulai berkembang dan mencari pasar. Banyak platform teknologi pendidikan ini yang kemudian sukses mendapatkan pasar dan pengguna setia.

Faktor penyebabnya selain karena gencar mengenalkan layanan dan fitur unggulan masing-masing, platform-platform besar ini juga selalu menawarkan program dan layanan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan tren pembelajaran.

Selain itu banyak melakukan kerjasama dan kolaborasi dengan pemerintah dan berbagai instansi pendidikan juga menjadi salah satu kunci platform teknologi pendidikan yang populer ini mendapatkan tempat di masyakarat. Contoh platform educational technology yang sudah memiliki basis pengguna yang besar di Indonesia yaitu ruang guru, zenius, brainly, quipper school, dan sekolahmu.

Selain itu, ada juga platform teknologi pendidikan lain yang baru berkembang seperti kejarcita.id. kejarcita.id mengkhususkan layanan dan fiturnya pada penyediaan bank soal sekolah dan manajemen kuis dan ulangan online.

Kejarcita.id sendiri merupakan solusi teknologi pembelajaran yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita, yaitu sebuah badan usaha sosial dan pendidikan yang didirikan pada tahun 2017.

Kejarcita.id memiliki visi yaitu menyediakan kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia. Serta misi memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia.

Fitur Unggulan kejarcita.id

Sejauh ini kejarcita.id terus berkembang dan senantiasa meningkatkan fitur dan layanan yang dimiliki. Salah satu layanan unggulan kejarcita.id adalah fitur bank soal sekolah. Selain itu kejarcita juga memili beberapa layanan unggulan lainnya seperti manajemen kuis dan ulangan online, fitur video pembelajaran interaktif, rangkuman materi, worksheet satu lembar, presensi online, pengumuman, dan lainnya.

Fitur bank soal sekolah yang disediakan kejarcita.id dapat diakses dan digunakan secara gratis oleh Anda setelah melakukan registrasi dan membuat akun. Pada penggunaan dasar atau gratis Anda sudah bisa mengakses lebih dari 25 ribu bank soal baik berjenis LOTS (Lower Order Thinking Skill)   maupun HOTS (Higher Order Thinking Skill)   .

Sementara jika ingin mendapatkan daftar bank soal yang lebih lengkap, Anda bisa berlangganan paket premiumdengan harga yang terjangkau. Sehingga secara keseluruhan jumlah bank soal yang tersedia saat ini sudah lebih dari 30 ribu jenis soal yang bisa langsung dipakai atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Akses Bank Soal Sekolah Gratis di Kejarcita.id

Bagi Anda yang ingin mengakses fitur gratis bank soal sekolah kejarcita.id, maka terlebih dahulu melakukan registrasi atau pembuatan akun pada laman (https://kejarcita.id/users/sign_up). Silakan isi nama pengguna, kata sandi, tipe pengguna, dan lainnya sesuai kebutuhan. Setelah lsudah mengisi lalu kemudian tekan tombol  ‘mendaftar’ yang berada pada pojok bawah.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan masuk ke laman utama kejarcita.id. terdapat berbagai macam menu seperti ‘kotak masuk’, ‘tanya-jawab’, ‘materi’, ‘absensi’, ‘bank soal’, dan ‘kuis’.

Apabila ingin mengakses fitur bank soal, maka silakan klik menu ‘bank soal’. Setelah itu akan muncul laman utama bank soal. Pada bagian pojok kiri atas terdapat informasi jumlah keseluruhan soal yang tersedia.

Kemudian pada kolom dibawahnya terdapat area filter kategori yang dikelompokkan berdasarkan tingkat (jenjang), mata pelajaran (mapel), serta ada filter pilihan untuk beberapa kategori seperti berdasarkan urutan waktu, pembuat, validator, dan lainnya.

Pada bagian kanan atas juga terdapat kolom pencarian berdasarkan kata kunci. Misalnya Anda ingin mencari soal HOTS SD maka silakan tulis saja ‘Soal HOTS SD’ pada kolom pencarian tersebut dan kemudian akan muncul daftar bank soal yang sesuai dengan kriteria yang Anda cari atau ketik.

Bagaimana Sekolah Harus Mengatur Prioritas Antara Pelaksanaan PJJ dan Merdeka Belajar?
Dengan strategi yang tepat, maka pembelajaran jarak jauh tidak menjadi beban bagi para siswa yang kerapkali mengeluh karena tugas menumpuk atau orangtua yang mendampingi anaknya belajar. Lantas, bagaimana sekolah harus mengatur prioritas pelaku Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan Merdeka Belajar?

Apabila ingin melihat detail soal beserta jawaban dan pembahasan, maka silakan klik area bagian tengah salah satu soal, dan kemudian akan muncul layar baru yang menampilkan informasi lengkap dari soal tersebut, seperti pertanyaan, jawaban yang benar, serta pembahasan lengkapnya.

Soal-soal materi baik yang berjenis LOTS (Lower Order Thinking Skill)  maupun HOTS (Higher Order Thinking Skill)  yang dikembangkan oleh kejarcita.id sudah melalui tahapan dan standar instruksional pengembangan soal. Setiap soal yang dibuat sudah melalui tahapan review dan verifikasi ahli, sehingga dipastikan setiap soal yang dipublikasi memiliki kualitas dan kelayakan yang baik sesuai standar pembelajaran.

Dampak Positif dari Belajar Daring
Belajar daring (dalam jaringan ; menggunakan internet) masih menjadi solusi yang paling baik untuk menghadapi situasi ini. Perlu diingat bahwa persebaran virus Corona semakin meluas setiap harinya.

Selain itu semua soal juga sudah disesuaikan dengan kurikulum dan materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Tim yang mengembangkan soal juga merupakan orang-orang yang kompeten pada bidang mata pelajaran tersebut, sehingga bisa dipastikan setiap pertanyaan, tingkat kesulitan, dan pembahasan sesuai dengan tingkat pengetahuan para siswa.

Adapun untuk panduan pembuatan kuis online di kejarcita.id, akan disampaikan pada artikel berikutnya. Jika masih bingung atau ingin mengetahui panduan lengkap dalam menggunakan platform kejarcita.id, maka silakan akses panduan lengkap pada link berikut : (cutt.ly/panduankejarcitaguru).

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.