10 Cara Mengajarkan Keamanan Menggunakan Internet pada Anak

teknologi Nov 21, 2020

Salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang semakin pesat di setiap tahunnya yaitu semakin mudahnya kita dalam memperoleh informasi. Bagaimana bisa? Hanya dengan memiliki koneksi internet dan ponsel pintar kita sudah bisa menerima informasi yang ada di dalam dalam negeri bahkan sampai luar negeri. Internet bisa digunakan di mana, kapan, dan siapa saja. Siapa saja? Apakah anak-anak juga bisa mengakses internet? Ya, tentu saja. Di zaman sekarang kita jarang menemukan anak-anak yang tidak pandai dalam mengoperasikan internet. Lantas bagaimana caranya untuk mengajarkan keamanan menggunakan internet pada anak?

Internet bukan hanya memberikan dampak positif saja bagi penggunanya, tetapi juga sering kali memberikan dampak negatif bagi setiap pengguna. Salah satu dampak negatif yang bisa diakses secara sengaja ataupun tidak sengaja oleh pengguna yaitu situs dan iklan porno serta konten dewasa yang seharusnya tidak disebarluaskan ke pihak masyarakat. Bukan hanya itu saja, dari beberapa tahun yang lalu hingga sekarang penyebaran hoaks pun makin gencar beredar di kalangan masyarakat di sosial media, pencurian dan pembajakan akun pribadi, serta penipuan yang kerap kali membuat resah masyarakat.

Namun, sangat tidak memungkinkan bagi Anda sebagai orang tua untuk tidak memperbolehkan anak-anak Anda untuk tidak mengakses internet. Mengapa? Karena keputusan Anda tersebut dapat mempersempit perkembangan kemampuan anak Anda dalam mencari peluang untuk sukses di masa depan. Di era globalisasi ini, kehidupan dan internet sudah seperti sepasang sepatu yang tidak bisa berjalan sendiri, harus berjalan bersama untuk mencari keseimbangan untuk bisa sukses.

Daripada membahas dampak-dampak negatif yang akan diterima anak karena menggunakan internet, mari kita telaah apa saja manfaat dari menggunakan internet di kehidupan kita. Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat Menggunakan Internet

Internet tidak selalu memberikan dampak yang negatif bagi anak-anak dan semua orang, tetapi juga memilik manfaat dan sangat berguna untuk kelangsungan hidup setiap orang saat ini. Berikut adalah manfaat yang didapatkan dari menggunakan internet.

1. Sarana untuk Mencari Informasi

Salah satu manfaat yang paling memberikan respon positif bagi masyarakat yaitu internet dapat mempermudah kita dalam mencari informasi. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, kegunaan internet sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Dengan menggunakan internet, siswa dapat mencari berbagai macam latihan-latihan soal yang dapat membantunya dalam kegiatan belajar. Selain itu juga dapat membantu guru dalam mencari materi pelajaran, silabus dan soal-soal yang dapat dikerjakan siswa.

2. Mempermudah Dalam Mencari Referensi

Selanjutnya manfaat yang didapatkan dari menggunakan internet yaitu dapat mempermudah setiap orang dalam mencari referensi untuk belajar. Dengan mengetikkan keyword atau kata kunci dari masalah yang ingin dicari, kita akan langsung mendapatkan berbagai macam referensi dari laman Google.

3. Sebagai Sarana dalam Kegiatan Belajar

Dengan adanya internet, kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi seperti saat ini bisa berjalan dengan lancar. Jaringan internet yang dapat diakses di mana dan kapan saja dapat membantu setiap siswa dan guru yang ingin melakukan pembelajaran. Dengan begitu anak-anak tidak mengalami ketertinggalan dalam pendidikannya.

4. Mendorong Seseorang untuk Menjadi Lebih Kreatif

Manfaat lain yang didapatkan dari menggunakan internet, yaitu Anda dapat mendorong seseorang untuk menjadi lebih kreatif. Banyak sekali anak muda zaman sekarang yang memiliki ide-ide kreatif dan mengembangkan kreativitas karyanya ke publik. Dengan memanfaatkan jaringan internet, karya yang telah dipublikasikan dapat lebih mudah dikenal oleh kalangan publik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

5. Mendorong Seseorang untuk Menjadi Lebih Mandiri

Apabila Anda melihat anak-anak muda zaman sekarang, mereka menjadi lebih mandiri dalam bersikap dan mencari peluang untuk maju. Mereka mengembangkan dan mengasah kemampuannya dengan sangat tekun, kemudian menjualnya ke kalangan publik. Saat ini banyak sekali anak-anak muda yang bahkan masih bersekolah sudah mulai bekerja secara freelance karena kemampuannya dan bakat yang dimilikinya yaitu seperti menulis, membuat gambar dan poster, dan bermain sosial media.

Dengan mengetahui berbagai macam manfaat yang didapatkan dari menggunakan internet, mari kita membahas tentang bagaimana cara mengajarkan keamanan menggunakan internet pada anak. Walaupun internet begitu penting dalam kehidupan, sebagai orang tua Anda harus berperan dalam mencegah anak supaya tidak menyalahgunakan penggunaan internet.

Cara Menggunakan Internet yang Baik

1. Dilarang Menyebarkan Informasi Pribadi

Banyak sekali penipuan berbasis internet yang kerap kali terjadi di kalangan masyarakat. Apalagi di zaman yang semakin canggih ini, para penipu pun turut semakin pintar dalam menjebak korbannya. Maka dari itu jangan pernah menyebarkan informasi pribadi di laman internet dan kepada orang lain yang tidak dikenal dengan baik.

2. Buatlah Kombinasi Password yang Sulit Ditebak

Pastikan Anda dan anak-anak Anda membuat kombinasi password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain. Hal ini dilakukan supaya dapat mencegah terjadinya pembajakan akun sosial media yang Anda dan anak-anak Anda miliki. Selain itu, pastikan bahwa akun Anda tersambung dengan e-mail Anda, supaya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda dapat mengatasinya dengan mudah.

3. Selalu Log Out Akun Setelah Selesai Dipakai

Selain itu, ada baiknya Anda selalu log out setelah bermain sosial media, terutama saat Anda sedang bermain di ponsel orang lain atau bermain di warnet, jangan pernah lupa untuk log out akun Anda. Hal ini harus dilakukan agar tidak ada pembajakan akun dan menimbulkan kejahatan.

4. Jangan Asal Tekan Iklan di Laman Google

Banyak sekali iklan-iklan yang tidak patut dilihat di laman Google. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengingatkan anak-anak Anda untuk selalu hati-hati. Apabila mereka bersikap ceroboh, kemungkinan besar iklan-iklan tersebut dapat sering muncul di laman Google Anda ketika Anda sedang on internet. Bahkan iklan-iklan tersebut kemungkinan besar adalah virus yang dapat merusak komputer/laptop Anda.

5. Selalu Update Antivirus

Untuk terhindar dari virus yang dapat merusak komputer/laptop Anda, ada baiknya Anda selalu memastikan bahwa barang elektronik Anda itu selalu diupdate antivirusnya.

6. Think Before Posting Something

Banyak sekali pemikiran anak-anak zaman sekarang yang ingin bebas, terutama saat memposting foto-foto atau video koleksinya di sosial media. Memang benar bahwa salah satu kegunaan sosial media yaitu sebagai sarana menyimpan kenangan dari berbagai macam aktivitas yang telah Anda lakukan, tetapi ada baiknya Anda membatasinya dan tidak terlalu mengumbar koleksi foto dan video milik Anda. Tindakan ini adalah cara terbaik agar tidak ada yang menyalahgunakan foto atau video yang Anda miliki.

7. Think Before Share Something

Salah satu yang ingin diberantas pemerintah dan orang banyak yaitu penyebaran hoaks yang semakin hari semakin meningkat. Banyak sekali orang yang menyalahgunakan penggunaan internet sebagai sarana provokasi antar kubu dan akhirnya menimbulkan kericuhan yang bahkan sampai menelan korban jiwa. Oleh karena itu, ada baiknya Anda selalu mengawasi dan memperingati anak-anak Anda supaya memastikan kebenaran informasi terlebih dahulu sebelum membagikannya ke orang lain.

8. Tidak Sembarang Menerima Permintaan Teman

Memiliki teman yang banyak memang sangat asyik, tetapi kita tidak bisa memastikan bahwa yang meminta permintaan pertemanan pada Anda itu adalah orang baik. Oleh karena itu, ada baiknya Anda dan anak-anak Anda untuk membatasi pertemanan Anda untuk terhindar dari bahan gosip orang lain.

Fitur WhatsApp Yang Sangat Berguna Untuk KBM Online
Selama pandemi, KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dilakukan secara online. KBM online berjalan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya menggunakan aplikasi WhatssApp atau yang lebih sering disebut WA.

9. Membatasi Penggunaan Internet

Banyak sekali berita yang menyatakan bahwa beberapa anak mengalami kecanduan main ponsel yang mengakibatkan mereka mengalami kebutaan bahkan sampai mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Pakailah internet secukupnya saja, jangan terlalu terikat dan mengakibatkan Anda dan keluarga Anda menjadi ketergantungan.

Berikut 7 Kanal Youtube yang Menggabungkan Konten Pelajaran dan Pendidikan Karakter
Melalui platform Youtube, Anda dapat memperoleh banyak referensi untuk anak. Supaya terhindar dari konten-konten yang tidak berfaedah, kami punya 7 rekomendasi channel Youtube untuk putra putri Anda.

10.  Bersikaplah Positif Selama Bermain Sosial Media

Hal terakhir yang harus diingat yaitu jangan pernah meninggalkan komentar negatif dan mengandung provokasi di sosial media. Banyak sekali berita yang menyatakan bahwa pengguna sosial media yang dimasukkan ke dalam penjara karena memberikan komentar negatif dan berperilaku tidak baik. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda dan anak-anak Anda selalu bersikap positif saat menggunakan sosial media.

Setelah mengetahui bagaimana cara mengajarkan keamanan menggunakan internet pada anak, apakah ada cara yang telah Anda terapkan di rumah? Dalam mengajarkan anak, Anda memang tidak bisa sepenuhnya mengawasi mereka di setiap waktu karena Anda memiliki kesibukan yang lain. Oleh karena itu, Anda dapat mengontrolnya sekali dalam sehari saat malam dan meminta anak-anak Anda untuk menceritakan apa yang telah mereka lakukan selama seharian. Selain dapat mengawasi apa yang mereka kerjakan, Anda juga dapat menjalin dan mempererat tali kekeluargaan Anda dan anak-anak Anda supaya tetap rukun.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.