Fitur WhatsApp Yang Sangat Berguna Untuk KBM Online

edukasi Okt 21, 2020

Pembelajaran secara daring dipilih sebagai solusi saat pandemi seperti ini. Ya, sejak Maret lalu, pandemi Corona COVID -19 membuat banyak orang harus memilih tetap tinggal di rumah. Sebisa mungkin melakukan segala aktivitas dari dalam rumah, termasuk sekolah. Selama pandemi, KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dilakukan secara online. KBM online berjalan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya menggunakan aplikasi WhatssApp atau yang lebih sering disebut WA.

KBM Online

KBM online adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring, menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. KBM online adalah metode belajar melalui model interaktif berbasis internet dan learning management system. Berbagai aplikasi yang biasa digunakan untuk KBM online misalnya WA, Zoom, Google Meet dan lain sebagainya.

KBM online dipilih sebagai cara terbaik saat pandemi seperti ini. KBM online memungkinkan pendidikan tetap berjalan meski saat pandemi.

Sejatinya KBM online bukan hal baru. Namun dulu KBM online hanya dilakukan oleh kalangan tertentu, misalnya para mahasiswa yang melakukan kuliah jarak jauh. Tapi kini, pandemi Corona COVID -19 membuat KBM online hampir dilakukan oleh semua peserta didik di seluruh Indonesia.

Bagi yang baru kali ini melaksanakan KBM online, tentu ini bukanlah hal yang mudah. Butuh penyesuaian disana-sini. Beberapa prasayarat teknis dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaaan KBM online ini. Mulai dari gadget, jaringan internet hingga kemampuan berkomunikasi secara online.

5 Aplikasi Praktis dengan Fitur Paling Berguna untuk Belajar Online
Untuk mengurangi terhambatnya proses belajar mengajar, Anda perlu menggunakan fitur-fitur belajar online yang praktis. Dalam artikel ini, kami merekomendasikan 5 aplikasi yang menyediakan fitur ruang kelas sebagai media pertemuan Anda dengan para siswa.

Tentang Aplikasi WhatsApp

Beruntung sekali saat ini kita tinggal di era digital. Dimana saat ini era digital memberikan banyak kemudahan untuk melaksanakan KBM online. Banyak sekali aplikasi yang mendukung pelaksaan KBM online. Dimana salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah WA.

WA adalah akronim dari WhatsApp, sebuah aplikasi pesan instan untuk smarthone. Secara fungsi WA ini sama seperti aplikasi SMS. Hanya saja WA tidak menggunakan pulsa, melainkan kuota internet.

WA adalah aplikasi chat buatan dua  orang mantan karyawan Yahoo, Brian Action dan Jan Koum pada tahun 2009. Saat ini WA sudah digunakan oleh 2 milyar orang di dunia. Di Indonesia sendiri, menurut  data digital report 2019 dari We Are Social dan Hootsuite, WA telah digunakan oleh 83% pengguna internet di Indonesia.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh WA adalah:
- Mengirim pesan teks- Mengirim foto dan video dari galeri ataupun kamera - Mengirim berkas-berkas office dari beragam bentuk ; word, pdf, ppt.- Menelpon- Mengirim pesan suara- Melakukan video call- Berbagi lokasi dengan memanfaatkan GPS- Mengirim kartu kontak- Menggunakan stiker dan emoji

WA untuk KBM Online

Melihat banyaknya jumlah penggunanya, maka tidak salah jika WA menjadi aplikasi favorit saat KBM online. WA menjadi aplikasi yang paling mudah digunakan oleh guru, murid dan orang tua.

Dengan berbagai fitur yang dimiliki, banyak sekali keunggulan WA untuk KBM online :

- WA banyak dipakai, murid tidak perlu install aplikasi baru

- WA mudah digunakan, termasuk untuk para orang tua

- Terdapat fitur video call hingga 50 orang, ini bisa digunakan untuk menyimak materi pembelajaran secara live

- Emoji yang bisa membuat suasana belajar lebih menyenangkan

- Terdapat beragam stiker yang bisa digunakan untuk membuat obrolan lebih interaktif dan menarik

- Fitur pesan berbintang membuat materi belajar tersimpan dengan baik

- Mudah mengirim video dan foto penunjang pembelajaran

- File office bisa di share dengan mudah, ini memungkinkan penggunaan materi belajar yang beragam. Mulai dari ebook, PPT, dokumen dan lain sebagainya.

- WA lebih ringan dibanding aplikasi penunjang KBM online lainnya. Jadi ponsel bebas lemot.

Langkah Mudah dan Cepat untuk Memulai Media Belajar dengan Kanal YouTube
Saat ini memulai media belajar semakin mudah. Ada kanal Youtube yang bisa dimanfaatkan. Nah bagaimana ya cara yang mudah dan cepat untuk membuat media belajar dengan kanal YouTube?

Tips Optimalkan WA untuk KBM Online

KBM Online menggunakan WA juga bisa berlangsung secara optimal. Berikut adalah tips optimalkan WA untuk KBM online.

1. Tahap Persiapan

Sebelum memulai menggunakan WA ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh guru terlebih dahulu :

- Membuat Grup WA

Membuat grup WA menjadi langkah awal yang harus dilakukan. Saat KBM Online, grup WA ibarat ruang kelas. Tempat dimana guru mengajar. Jadi, ruang kelasnya tentu harus ada dulu.

- WA Dekstop

Ada baiknya guru menggunakan WA dekstop. Penggunaan WA di desktop akan lebih memudahkan saat menjalani KBM online.

- Materi

Siapkan materi pembelajaran. Ada baiknya membuat materi dengan beragam format yang menarik. Bisa berbentuk power point, dokumen ataupun video yang menarik.

Jadi saat waktu KBM online tiba, guru tinggal posting materi sesuai jadwal. Tidak harus mencari-cari materi terlebih dahulu.

- Aturan Pembeplajaran

Sebagaimana mengajar di kelas, saat mengajar lewat WA juga perlu aturan pembelajaran. Buat aturan pembelajaran terlebih dahulu. Misalnya tentang kesepakatan jam online atau larangan posting hal-hal di luar pelajaran di dalam grup WA.

- Daftar Absensi

Guru juga perlu membuat daftar absensi sebelum KBM online dimulai. Gunakan google form untuk membuat absensi. Jangan lupa berikan batas waktu pengisian sesuai kesepakatan jam online.

- Akses Internet

Pastikan saat akan memulai KBM online, guru sudah memiliki akses internet yang stabil. Ini agar saat pembelajaran online berlangsung, bisa lancar tanpa kendala.

2. Tahap Pelaksanaan

Saat KBM online berlangsung, hal-hal yang perlu dilakukan agar pembelajaran bisa berjalan optimal meski lewat WA adalah :

- Gunakan Stiker dan Emoji

Manfaatkan fitur stiker dan emoji yang terdapat pada WA. Misalnya ajak murid menggunakan stiker atau emoji untuk mengungkapkapkan perasaannya saat pembelajaran berlangsung. Minta pendapat murid, apakah mereka sudah mengerti atau belum dengan materi yang diberikan.

Penggunaan stiker atau emoji bisa membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Murid bisa rileks. Sehingga materi pembelajaran akan mudah dipahami.

- Pesan Suara

Sesekali gunakan pesan suara untuk menyampaikan materi pembelajaran. Ini akan membuat hubungan guru dan murid lebih dekat meski tidak bertatap muka. Selain itu, penjelasan dari guru yang berupa pesan suara akan membuat materi pembelajaran semakin mudah dimengerti.

- Diswap

Sesekali sampaikan materi pembelajaran dengan partisipasi murid. Minta murid membentuk kelompok. Dimana nantinya mereka secara berkelompok membuat diswap (Diskusi WhatssApp). Bagi materi belajar pada setiap kelompok murid. Masing-masing kelompok ada yang bertugas sebagai pemateri dan moderator saat diswap berlangsung.

Diswap membuat KBM online lebih bervariasi. Guru tidak menjadi satu-satunya sumber belajar. Guru dan murid bisa berkolaborasi dalam menyampaikan materi pembelajaran.

- Sambung Cerita

Kegiatan sambung cerita juga bisa dipakai sebagai salah satu metode menyampaikan materi KBM online. Masing-masing murid ikut melakukan sambung cerita.

Sambung cerita membuat KBM online lebih interaktif dan menarik. Murid bisa berpartisipasi, ini tentu membuat materi menjadi lebih mudah dipahami.

3. Tahap Akhir

Bila KBM online telah dilaksanakan, jangan lupa melakukan hal-hal berikut :

- Kunci Grup

Kunci grup WA setelah KBM usai. Buat hanya admin yang bisa mengirim pesan. Ini mencegah adanya postingan yang diluar pembelajaran, juga mencegah menumpuknya pesan.

- Back Up Data

Jangan lupa back up data setiap selesai pembelajaran. Gunakan fitur pesan berbintang pada WA untuk menyimpan chat-chat penting, misalnya materi belajar.

- Refleksi Diri

Terakhir, buatlah refeksi diri. Evaluasi pembelajaran yang sudah dilakukan. Apa yang perlu diperbaiki untuk pembelajaran berikutnya.

Demikian tips optimalkan WA untuk KBM online. Semoga tips ini bisa mrmbantu kelancaran pelaksanaan KBM online.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.