5 Aplikasi Praktis dengan Fitur Paling Berguna untuk Belajar Online

edukasi Sep 22, 2020

Pembelajaran di sekolah kini masih terus berlanjut melalui daring. Banyak sekali perubahan yang terjadi semenjak sekolah dengan pertemuan tatap muka secara langsung ditiadakan. Nuansa belajar di kelas tentu sangat dirindukan oleh siswa dan guru. Namun pendidikan harus tetap berlangsung meskipun dalam masa pandemi seperti sekarang. Untuk mengurangi terhambatnya proses belajar mengajar, Anda perlu menggunakan fitur-fitur belajar online yang praktis. Dalam artikel ini, kami merekomendasikan 5 aplikasi yang menyediakan fitur ruang kelas sebagai media pertemuan Anda dengan para siswa.

1. Google Classroom

Aplikasi ini adalah salah satu produk Google yang menyediakan fitur-fitur ramah untuk guru dan murid. Belajar secara online dapat dilakukan melalui aplikasi ini hanya dengan memiliki akun google. Proses belajar seakan berada dalam kelas meskipun secara online.

Cara Menggunakan:

Terdapat dua mode dalam Google Classroom, yakni mode guru dan mode siswa. Keduanya sangat berbeda menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Bagi Anda yang menjadi pengajar, buatlah ruang kelas terlebih dahulu. Setiap mata pelajar dibuatkan kelas yang berbeda. Berilah nama pada subjek ruang kelas yang sudah dibuat sesuai jadwal. Setelah fitur kelas ini dibuat maka Anda  mengundang siswa-siswi dengan membagikan kode akses yang sudah tersedia.

Ketika semua siswa sudah tergabung di dalam kelas, maka unggahlah materi melalui fitur dalam aplikasi ini. Kemudian tugas-tugas juga disediakan dalam menu khusus. Anda dapat memantau siapa saja yang sudah mengirimkan tugas dalam fitur tugas.

2.  Edmodo

Aplikasi ini terbilang langka di kalangan palajar dan pendidik di Indonesia. Namun sangat berguna dan praktis jika Anda gunakan di masa PJJ. Edmodo cukup populer di Amerika Serikat sebagai media berkomunikasi antara murid, guru, hingga orang tua/wali. Para guru dimudahkan dalam membagikan materi kepada siswa, baik berupa modul, tugas, konten, dan lain sebagainya. Fitur-fitur yang ada dalam Edmodo dirancang khusus untuk guru. Mudrid dan orang tua hanya bisa bergabung dalam kelas atau forum yang Anda buat. Hal itu tentu sangat cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan media belajar mengajar online.

Cara menggunakan:

Langkah yang wajib di semua aplikasi adalah membuat akun. Begitupun jika hendak mengakses Edmodo. Anda dapat mendaftarkan diri menggunakan akun gmail atau Facebook. Tidak harus mengunduh aplikasi di perangkat iOS ataus AppStore, para user dapat melakukan kelas daring melalui websitenya di PC masing-masing.

Jika guru sudah membuat kelas dan mengundang siswanya bergabung, kegiatan belajar mengajar bisa langsung dimulai. Pembagian materi, tugas, informasi seputar kegiatan sekolah online bisa dibagikan dalam grup yang sudah dibuat. Fitur-fiturnya sangat praktis sehingga memudahkan semua pengguna.

3.  Moodle

Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment atau yang biasa disingkat Moodle adalah opsi lain untuk mengadakan kelas digital. Pemanfaatan teknologi informasi dalam Moodle sangat diutamakan sehingga mudah diterapkan untuk model belajar jarak jauh. Konsep pembelajaran online didukung dengan fitur yang interaktif. Fitur yang dimaksud berbentuk SCORM yang merupakan singkatan dari Sharable Content Object Reference Model. Fungsi yang dimilikinya adalah menyalurkan paket belajar mengajar secara elektronik. Guru dapat memposting materi pelajaran tidak hanya dalam bentuk teks. Namun dalam bentuk audio, video, dan animasi pun sangat bisa dilakukan. Kegiatan kuis online serta ujian untuk para siswa dapat berlangsung secara praktis didukung akses internet yang memadai.

Cara menggunakan:

Tidak seperti di awal-awal kemunculannya yang hanya bisa melalui website, kini semua pengguna semakin dimudahkan melalui aplikasi. Fitur-fiturnya semakin lengkap dan efisien dalam aplikasi yang diunduh melalui perangkat iOS maupun Android. Cukup dengan sekali log in, siswa-siswi dapat memilih kelas yang telah dibuat guru. Menu yang disediakan dalam aplikasi ini terbilang easy to use. Aktifitas mereka dapat dipantau dengan sangat baik dalam proses pembelajaran. Anda tidak perlu menyebarkan satu persatu mengenai jadwal maupun nilai hasil ujian mereka karena siswa sendiri lansung bisa melihatnya dalam aplikasi Moodle.

Rekomendasi berikutnya adalah Sevima Edlink sebagai aplikasi alternative pembelajaran jarak jauh. Pada umumnya Sevima Edlink lebih banyak digunakan oleh para dosen dan mahasiswa dalam melalukan perkuliahan daring. Apalagi di saat wabah COVID-19 seperti saat ini, pengguna bertambah secara signifikan. Terdapat fitur teleconference yang memudahan dalam hal presentasi tugas maupun materi kuliah dari dosen.

Para mahasiswa dimudahkan dengan setting notifikasi pada smartphonemasing-masing ketika kelas akan berlangsung. Hal ini akan mencegah terjadinya ketertinggalan materi yang semakin diperingkas karena melalui daring. Selain fitur pengingat, ada pula grup diskusi dan kelas perkuliahan. Presensi pun tersedia dalam aplikasi Sevima Edlink. Fitur absen tersebut terhubung dengan SIAKAD mahasiswa sehingga mereka bisa tetap disiplin selama perkuliahan online. Ada juga fitur kuis interaktif, fitur chatting, fitur hasil perkuliahan, hingga laporan progress perkuliahan mahasiswa.

Cara menggunakan:

Dengan gawai dan paket internet, aplikasi ini dapat diakses di manapun dan kapanpun. Registrasi akun dilakukan menggunakan email aktif. Guru maupun dosen sebaiknya memanfaatkan semua fitur sebagaiamna yang disebutkan sebelumnya. Ha itu agar pembelajaran dapat optimal. Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, yakni guru membuat kelas, kemudian mengundang murid-muridnya untuk mengakses kelas tersebut.

5. Quipper

Rekomendasi terakhir ini merupakan aplikasi populer yang tidak berbayar khusus guru dan siswa. Lebih dari 75 ribu soal bisa dimanfaatkan siswa untuk menambah wawasan di luar materi yang diberikan langsung oleh guru. Para pengajar pun dapat memanfaatkan ribuan video yang tersedia di Quipper sebagai salah satu acuan pembelajaran secara lebih efektif. Fitur yang sangat menunjang terhadap proses pemahaman murid adalah Tanya Tutor dan fitur Bimbel. Melalui dua fitur tersebut terjadilah diskusi. Diskusi dapat berupa kesulitan-kesulitan dalam mata pelajaran tertentu hingga konsultasi mengenai rencana perkuliahan. Topik yang dibahas bisa tentang jurusan yang sesuai dengan minat atau apa saja yang harus dipersiapkan untuk memasuki jenjang perguruan tinggi. Dalam aplikasi ini guru dapat juga belajar meningkatkan keahlian dalah hal menyampaikan materi dengan lebih interaktif dan menyenangkan.

Cara menggunakan:

Lakukan registrasi dengan menggunakan akun google ataupun media sosial Facebook. Akan ada langkah verifikasi melalui email untuk menyelesaikan pendaftaran. Setelah terdaftar, fitur-fitur yang tersedia untuk guru dan murid dapat diakses tanpa batas.

Semoga fitur-fitur canggih yang ada dalam semua aplikasi di atas menjadi media yang benar-benar memudahkan Anda para pendidik! Meskipun harus melalui proses yang melelahkan, pembelajaran sekolah daring tetap akan membuat siswa-siswi bangga menjadi anak didik Anda. Terus meningkatkan kemampuan diri dalam memajukan pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama.

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.