Sejumlah Teknologi di Masa Lalu yang Masih Relevan dalam Pendidikan

teknologi 28 Jun 2023

Tidak dapat dipungkiri, makin berkembangnya zaman maka makin berkembang pula teknologi di suatu peradaban. Saat ini, hampir semua bidang kehidupan kita dibantu oleh teknologi. Setiap aktivitas yang kita lakukan selalu ada sentuhan teknologi, begitu juga dalam bidang pendidikan. Penggunaan teknologi telah lama digunakan dalam bidang pendidikan.

Apalagi di era digitalisasi seperti ini, pendidikan makin sering bersentuhan dengan teknologi, terutama teknologi digital. Bagaimana dengan teknologi masa lalu? Apa saja teknologi masa lalu yang digunakan dalam bidang pendidikan? Apakah sejumlah teknologi di masa lalu tersebut masih relevan dalam pendidikan saat ini? Tulisan ini selanjutnya akan membahas sejumlah teknologi di masa lalu yang masih relevan dalam pendidikan.

Perkembangan Teknologi Pendidikan

Sebelum membahas apa saja sejumlah teknologi di masa lalu masih relevan dalam pendidikan saat ini, kita akan membahas dulu tentang teknologi pendidikan. Apa sih hakikat dari teknologi pendidikan? Apa saja bentuk-bentuk teknologi pendidikan tersebut?

Teknologi pendidikan didefinisikan sebagai penggunaan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) dalam bidang pendidikan. Teknologi pendidikan ini bisa dikatakan sebagai alat bantu dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Teknologi pendidikan selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Setidaknya, hingga saat ini perkembangan teknologi pendidikan terdiri dari lima tahap, yaitu sebagai berikut:

  • Tahap pertama: Tahap pertama dalam perkembangan teknologi pendidikan sering disebut sebagai alat bantu visual. Pada tahap ini, teknologi yang digunakan, yaitu alat bantu berupa grafik, peta, simbol, model, spesimen, dan bahan beton. Beberapa alat bantu yang disebutkan tadi adalah alat bantu yang digunakan dalam bidang pendidikan untuk pertama kali.
  • Tahap kedua: Pada tahap kedua ini, teknologi pendidikan dikaitkan dengan istilah revolusi elektronik. Pada tahap ini, alat bantu yang digunakan dalam pendidikan banyak yang berupa elektronik, misalnya proyektor, tape recorder, radio, dan televisi.
  • Tahap ketiga: Pada tahap ketiga, teknologi pendidikan berkaitan dengan perkembangan media massa, di mana pada akhirnya menyebabkan terjadinya revolusi komunikasi. Tahap ketiga ini dimulai pada tahun 1950-an. Kala itu teknologi pendidikan yang digunakan berupa CAI (Computer Assisted Instruction) yang sifatnya instruksional atau berisi petunjuk maupun perintah pengerjaan.
  • Tahap keempat  Pada tahap ini, teknologi pendidikan dipandang sebagai proses instruksi. Oleh karena itu, bentuk teknologi pendidikan yang berkembang berupa pemrograman yang sifatnya instruksional.
  • Tahap kelima: Pada tahap ini, teknologi pendidikan yang berkembang berupa konsep rekayasa sistem. Mulai dari penggunaan komputer, pemrograman, multimedia, hingga berbasis aplikasi.

Manfaat Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan

Perkembangan teknologi pendidikan telah melalui perjalanan yang panjang. Ini menjadi bukti bahwa teknologi sangat dibutuhkan dalam bidang pendidikan. Proses kegiatan belajar dalam bidang pendidikan selalu berkaitan dengan penggunaan dan perkembangan teknologi. Mengapa demikian? Sebab, banyak manfaat yang diperoleh dengan memanfaatkan penggunaan teknologi dalam pendidikan.

Berikut ini manfaat penggunaan teknologi dalam pendidikan.

1. Menciptakan suasana baru dalam pembelajaran

Penggunaan teknologi pendidikan bisa memberikan suasana baru dalam pembelajaran. Siswa akan lebih banyak menerima materi dalam berbagai bentuk. Tak harus selalu membaca buku sekolah saja. Siswa juga bisa melakukan tur vritual untuk belajar tempat-tempat bersejarah di tempat yang jauh atau mempelajari beragam jenis tanaman.

2. Pemberian materi pelajaran lebih mudah

Teknologi pendidikan membantu guru untuk memberikan materi pelajaran lebih mudah. Guru bisa memberikan materi dalam bentuk Power Point yang dibagikan melalui proyektor atau menggunakan aplikasi pembelajaran. Jadi, pembahasan materi tidak harus ada di papan tulis saja.

3. Belajar lebih efisien

Penggunaan teknologi membuat belajar lebih efisien. Bahan ajar lebih cepat diakses. Tugas lebih cepat dikerjakan. Hal ini tentunya meningkatkan kualitas pembelajaran antara guru dan siswa.

4. Hemat biaya

Teknologi pendidikan bisa menghemat biaya dalam berbagai hal. Misalnya penggunaan buku sekolah elektronik yang bisa diunduh secara gratis atau guru melakukan tur virtual jelajah museum maupun tempat bersejarah lainnya tanpa harus pergi ke tempatnya secara langsung Semua ini tentu bisa menghemat biaya operasional.

Kesiapan Guru dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Inklusi
pembelajaran berdiferensiasi inklusi artinya pembelajaran yang mengakomodimen semua kebutuhan belajar siswa, termasuk anak berkebutuhan khusus

5. Melancarkan komunikasi

Siswa bisa melatih kemampuan komunikasinya saat menggunakan teknologi pendidikan. Contohnya, saat ada kelas online menggunakan aplikasi video konferensi semacam Zoom, tentu siswa harus lancar dalam berkomunikasi secara online dengan sesama peserta. Hal ini bertujuan untuk melatih kelancaran dan kepercayaan diri dalam komunikasi siswa.

6. Melatih siswa berpikir kritis dan logis

Ketika menggunakan teknologi pendidikan, misalnya mencari sumber belajar lewat internet, siswa akan terlatih berpikir kritis dan logis. Siswa harus bisa memilih dan memilah sumber belajar mana saja yang dibutuhkan. Sebab, tak semua sumber belajar dari internet bisa digunakan dalam pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk memilah informasi yang benar maupun tidak, bahkan bisa menjadi hoaks atau informasi yang salah.

7. Sesuai perkembangan zaman

Penggunaan teknologi pendidikan untuk saat ini adalah untuk mengikuti perkembangan zaman. Apalagi, siswa saat ini termasuk golongan generasi Alfa. Generasi Alfa, adalah generasi yang lahir dan hidup dengan paparan perkembangan teknologi. Siswa saat ini sangat akrab dengan teknologi. Maka akan sangat cocok jika mereka belajar dengan bantuan teknologi pendidikan.

Teknologi di Masa Lalu yang Masih Relevan dalam Pendidikan

Tadi kita sudah membahas bagaimana perkembangan teknologi pendidikan. Meski kini teknologi pendidikan sudah semakin maju, bukan berarti teknologi pendidikan di masa lalu tidak bisa digunakan. Masih ada teknologi di masa lalu yang masih relevan dalam pendidikan.

Berikut ini beberapa teknologi di masa lalu yang masih relevan dalam pendidikan.

1. Proyektor

Proyektor adalah salah satu wujud teknologi di masa lalu yang masih relevan dalam pendidikan. Masih banyak sekolah yang memasang proyektor di kelas-kelas. Proyektor ini bisa membantu guru dalam menampilkan materi pelajaran yang berbentuk slide power point, foto, maupun video.

2. Televisi

Meski sudah muncul lama, tetap bisa digunakan dalam pendidikan. Bila tidak terdapat proyektor di kelas maka pemakaian televisi LED bisa digunakan untuk menampilkan materi pelajaran yang berbentuk soft file.

3. Komputer

Meski saat ini banyak siswa menggunakan tablet atau smartphone, penggunaan komputer dalam pendidikan tetap relevan. Di sekolah biasanya disediakan komputer untuk membantu proses pembelajaran, terutama bagi siswa yang tidak memiliki tablet maupun gawai.

4. Peta

Peta yang biasa digantung di dinding kelas ini termasuk teknologi pendidikan dalam tahap awal yang masih relevan untuk saat ini. Peta tetap digunakan siswa, khususnya saat mempelajari pelajaran geografi. Biasanya digunakan untuk mengetahui karakteristik wilayah dari segi kondisi cuaca, keberadaan transportasi, maupun bentuk bentang alam di suatu wilayah.

5. Alat peraga edukasi

Alat peraga edukasi (APE) yang biasanya digunakan untuk pelajaran matematika, juga masih relevan digunakan hingga saat ini. Biasanya, alat peraga edukasi ini membantu belajar tentang bentuk-bentuk bangun datar maupun bangun luar. APE juga dapat digunakan untuk belajar anatomi tubuh saat pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

6. Kalkulator

Kalkulator juga masih relevan digunakan sampai saat ini. Khususnya kalkulator pendidikan yang membantu memecahkan operasi hitung pada pelajaran matematika. Pengunaannya harus dalam batas tertentu.

Learning Management System yang Sering digunakan di Pembelajaran
Learning Management System merupakan sistem manajemen pembelajaran yang terintegrasi berbasis online. Learning Management System lebih dikenal dengan istilah e-learning

7. CAI

CAI (Computer Assisted Instruction) adalah media bantu pembelajaran yang menempatkan komputer sebagai piranti pembelajaran individual, yang memungkinkan siswa bisa interaktif dengan sistem komputer yang dibuat khusus oleh guru.

Penggunaan teknologi dalam pendidikan tidak bisa dihindari. Sejumlah teknologi yang ada justru membantu proses pendidikan menjadi lebih efisien dan optimal. Penggunaan teknologi dalam pendidikan adalah sejumlah keniscayan. Meski teknologi dalam pendidikan terus mengalami inovasi, sejumlah teknologi di masa lalu masih relevan dalam pendidikan saat ini.

Demikian artikel tentang sejumlah teknologi di masa lalu masih relevan dalam pendidikan saat ini. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengetahui sejumlah teknologi di masa lalu masih relevan dalam pendidikan saat ini. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk peningkatan kualitas pembelajaran siswa Anda di sekolah.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.