Tantangan dalam Pendidikan Inklusif

pendidikan 7 Des 2023

Dalam penerapannya, sistem penyelenggaraan pendidikan di Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu eksklusif dan inklusif. Pendidikan eksklusif sering ditemukan dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari dalam sekolah-sekolah khusus kalangan tertentu saja. Sementara itu, untuk pendidikan inklusif, sekolahnya masih sering ditemukan di Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa sih yang dimaksud dari pendidikan inklusif ini.

Pengertian Pendidikan Inklusif

sumber: https://www.pexels.com/

Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik, termasuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus atau keterbatasan untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Dalam pendidikan inklusif, semua anak diberikan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan tanpa memandang kondisi anak.

Pendidikan inklusif bertujuan untuk memastikan bahwa semua anak memiliki akses terhadap pendidikan yang terjangkau, efektif, relevan, dan tepat dalam wilayah tempat tinggalnya. Prinsip-prinsip pendidikan inklusif meliputi terbuka, adil, tanpa diskriminasi, peka terhadap setiap perbedaan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, menciptakan dan menjaga komunitas kelas yang ramah, menerima keanekaragaman, menghargai perbedaan, diselenggarakan secara berkelanjutan pada semua jenjang pendidikan, dan keterlibatan.

Tujuan Pendidikan Inklusif

Berikut adalah tujuan dari adanya pendidikan inklusif:

  1. Memastikan semua anak memiliki akses untuk mendapatkan pendidikan yang terjangkau, efektif, relevan, dan tepat;
  2. Meningkatkan rasa percaya diri anak, baik bagi anak yang berkebutuhan khusus maupun tidak;
  3. Menumbuhkan rasa toleransi terhadap perbedaan terhadap anak-anak;
  4. Semua peserta didik dapat membaur menjadi satu sehingga tercipta interaksi aktif;
  5. Bagi para guru, pendidikan inklusif dapat menjadi tempat untuk berbagi wawasan dan pengetahuan mengenai kegiatan belajar kepada setiap siswa dengan latar belakang yang berbeda;
  6. Memberikan pendidikan kepada seluruh siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda; serta
  7. Mengembangkan gagasan dan wawasan baru agar dapat diaplikasikan ke lingkungan masyarakat sekitarnya.

Orang Tua dalam Pendidikan Inklusif

sumber: https://www.pexels.com/

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan inklusif. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak adalah faktor pendorong dan penentu dalam pengembangan pendidikan inklusif di seluruh dunia.

Orang tua diharapkan dapat berkerjasama dengan guru dan pihak sekolah dalam mengembangkan program pendidikan inklusi dan terbukti sebagai mitra kerja yang setara dengan guru. Peran dan fungsi orang tua dalam pendidikan inklusif antara lain sebagai pendamping utama, sebagai advokat, sebagai sumber, sebagai guru, dan sebagai pendiagnosis.

Berikut 7 Alasan Pentingnya Sekolah Inklusi Bagi Murid
Sekolah inklusi adalah sekolah yang memberikan ruang belajar bagi murid berkebutuhan khusus sama seperti anak-anak sekolah pada umumnya.

Orang tua juga dapat membantu anak-anak yang berkebutuhan khusus menjadi lebih mandiri dengan menindaklanjuti segala sesuatu yang disampaikan guru di sekolah.

Dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif, kerja sama yang baik antara orang tua dengan pihak sekolah dan guru sangat berpengaruh dalam proses penyelenggaraan pendidikan inklusif serta mendukung terciptanya pembelajaran inklusif yang lebih baik dan bermakna. Oleh karena itu, peran orang tua dalam pendidikan inklusif sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang direncanakan secara optimal.

Prinsip Pembelajaran Inklusif

Prinsip-prinsip pembelajaran inklusif mencakup berbagai aspek yang mendukung pendidikan yang inklusif dan adil bagi semua peserta didik. Berikut adalah beberapa prinsip pembelajaran inklusif yang dapat diidentifikasi.

  1. Sikap guru yang positif terhadap kebhinekaan
  2. Interaksi promotif
  3. Prinsip kebutuhan dan keaktifan
  4. Prinsip keterarahwajahan
  5. Prinsip keterarahsuaraan
  6. Prinsip intersubjektifitas
  7. Prinsip kekonkritan
  8. Prinsip visualisasi
  9. Prinsip keperagaan
  10. Prinsip pengalaman yang menyatu
  11. Prinsip belajar sambil melakukan

Prinsip-prinsip ini menekankan pentingnya pengalaman belajar yang bermanfaat bagi kelangsungan proses belajar peserta didik dalam kehidupan masyarakat, serta menyesuaikan pendekatan pembelajaran agar dapat mengakomodasi seluruh peserta didik tanpa menyulitkan peserta didik berkebutuhan khusus yang akan disesuaikan dengan tingkat kemampuannya.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, diharapkan pendidikan inklusif dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang ramah, menerima, dan menghargai perbedaan, serta memberikan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik untuk berkembang secara optimal.

Karakteristik Pendidikan Inklusif

Berikut adalah karakteristik pendidikan inklusif.

  1. Tidak bersifat diskriminatif, di mana sekolah inklusi harus mampu memberikan layanan pendidikan yang sama kepada setiap anak;
  2. Menghargai keragaman individual anak, dengan menyediakan kondisi kelas yang hangat, ramah, menerima keanekaragaman, dan menghargai perbedaan;
  3. Menyesuaikan tuntutan kebutuhan individu setiap peserta didik, bukan sebaliknya peserta didik yang harus menyesuaikan kebutuhannya dengan sistem sekolah;
  4. Orang tua harus terlibat secara aktif pada pendidikan anak di sekolah;
  5. Pendidikan inklusif harus ramah dan hangat sehingga peserta didik dapat merasa nyaman selama proses kegiatan belajar berlangsung;
  6. Materi dan metode belajar yang digunakan guru dalam pendidikan inklusif harus bervariasi, agar kegiatan pembelajaran dapat terlihat menarik dan menyenangkan;
  7. Penting bagi guru untuk membuat rencana harian yang akan digunakan untuk media belajar; serta
  8. Penilaian mengenai karya anak peserta pendidikan inklusif dapat dilakukan dengan cara yang berbeda-beda.

Dengan menerapkan karakteristik-karakteristik tersebut, diharapkan pendidikan inklusif dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang ramah, menerima, dan menghargai perbedaan, serta memberikan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik untuk berkembang secara optimal.

Tantangan dalam Pendidikan Inklusif

Untuk menyelenggaraan pendidikan inklusif tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan. Terdapat banyak tantangan yang di hadapi baik dari dalam maupun luar sekolah. Tantangan inilah yang akan menjadi hambatan untuk menciptakan pendidikan inklusif yang baik.

Hambatan pertama yang harus dihadapi, yaitu tenaga pengajar atau guru. Dalam pendidikan inklusif, guru memiliki peranan penting dalam mendidik di pendidikan inklusif. Hambatan yang terjadi, yaitu masih kurangnya pengetahuan guru mengenai anak berkebutuhan khusus serta minimnya keterampilan guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus (ABK). Selain itu, sikap guru dalam menangani ABK masih dilihat sebelah mata.

Tantangan dalam pendidikan inklusif dapat bervariasi. Namun, beberapa tantangan umum yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif antara lain:

  1. Kurangnya pemahaman dan sikap yang merata di kalangan masyarakat tentang pendidikan inklusif;
  2. Terbatasnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki guru dalam memberikan layanan pendidikan kepada anak berkebutuhan khusus;
  3. Sarana, prasarana dan lingkungan sekolah yang belum sepenuhnya aksibel untuk anak berkebutuhan khusus;
  4. Kurangnya komitmen pemerintah daerah terhadap pelaksanaan pendidikan inklusif;
  5. Keterbatasan jumlah guru pembimbing khusus yang mengunjungi sekolah inklusif;
  6. Keterbatasan sumber daya manusia yang ada di sekolah inklusif dalam melakukan modifikasi;
  7. Paradigma masyarakat yang keliru terhadap individu dengan disabilitas; serta
  8. Manajemen dan sumber daya manusia kampus yang tidak memadai untuk mendukung pendidikan inklusif.
Bentuk-Bentuk Layanan Pendidikan untuk ABK (Segregasi dan Inklusi)
Sistem layanan pendidikan segregasi didasari adanya kekhawatiran terhadap perilaku serta kemampuan anak berkebutuhan khusus untuk bisa belajar dengan anak normal

Tantangan-tantangan ini menunjukkan bahwa pendidikan inklusif masih menghadapi berbagai hambatan dalam implementasinya, mulai dari pemahaman masyarakat, kesiapan sumber daya manusia, hingga dukungan pemerintah dan sarana pendukung. Diperlukan upaya yang sistematik dan komprehensif untuk mengatasi tantangan-tantangan ini agar pendidikan inklusif dapat berjalan lebih baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi semua peserta didik.

Demikianlah penjelasan mengenai pendidikan inklusif beserta tantangan yang dihadapi. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.