Berikut 7 Alasan Pentingnya Sekolah Inklusi Bagi Murid

edukasi 2 Des 2021

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya mendapatkan pendidikan yang terbaik, karena pendidikan yang diemban setiap anak menjadi dasar atau modal untuk masa depannya kelak. Oleh karena itu, Anda butuh perencanaan yang tepat untuk memilih pendidikan seperti apa yang akan diambil anak-anak Anda di rumah.

Apalagi pada zaman sekarang banyak sekali opsi sekolah negeri maupun sekolah swasta yang dilengkapi dengan berbagai jenis kurikulum dan program-program pendidikan yang berbeda. Selain sekolah negeri dan sekolah swasta yang memiliki akreditasi meyakinkan, adapun sekolah inklusi yang belakangan ini cukup populer dan menarik perhatian para pendidik di Indonesia. Pada laman ini akan dijelaskan beberapa alasan pentingnya sekolah inklusi bagi murid yang harus Anda ketahui.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan sekolah inklusi? Sekolah inklusi merupakan sekolah yang memberikan ruang belajar bagi murid berkebutuhan khusus dengan tujuan supaya mereka mendapatkan kesempatan yang sama seperti anak-anak sekolah pada umumnya. Pengertian dari sekolah inklusi sejalan dengan isi dari UUD 1945 Pasal 32 ayat (1) yang menegaskan bahwa “setiap warga berhak mendapatkan pendidikan”.

Dalam sekolah inklusi, baik anak yang berkebutuhan khusus maupun tidak akan belajar di kelas yang sama dan juga mendapatkan pendidikan yang serupa. Apabila kita melihat di beberapa tahun yang lalu, kerap kali orang tua menyekolahkan anak-anaknya yang berkebutuhan khusus di sekolah khusus atau sekolah luar biasa (SLB). Sebenarnya, apa saja manfaat sekolah inklusi? Berikut penjelasannya.

Manfaat Sekolah Inklusi

Dengan bersekolah di sekolah inklusi, anak-anak yang berkebutuhan khusus mendapatkan berbagai macam manfaat, yaitu:

1. Setiap murid mendapatkan hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada perbedaan hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh murid berkebutuhan khusus maupun tidak.

2. Setiap murid mendapatkan fasilitas yang lengkap untuk bisa mengembangkan kemampuan akademik dan perkembangan diri, terlepas dari keterbatasan yang dimiliki murid.

3. Mendapatkan dorongan dan motivasi untuk lebih percaya diri.

4. Memiliki kesempatan untuk belajar dan menjalin pertemanan dengan teman sebayanya yang lain di kelas.

Di sekolah inklusi, murid yang berkebutuhan khusus akan dididik bersama anak-anak yang lainnya. Dengan adanya perbedaan tersebut, setiap murid akan dilatih dan dididik untuk bisa menghargai, menghormati dan menerima satu sama lain dengan penuh empati. Selain manfaat yang didapatkan oleh murid, sekolah inklusi juga memiliki beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Tantangan yang Dihadapi Sekolah Inklusi

Adapun beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh sekolah inklusi dalam penerapannya, yaitu sebagai berikut:

1. Minimnya jumlah tenaga pendidik atau staf guru pendamping khusus.

2. Minimnya pemahaman guru dan staf dalam mengajar dan membimbing murid berkebutuhan khusus.

3. Kemungkinan besar akan mendapatkan penolakan dari orang tua dari murid tidak berkebutuhan khusus dalam menyetujui adanya kegiatan belajar bersama di dalam satu kelas bersama anak berkebutuhan khusus.

4. Fasilitas yang belum memadai, seperti terbatasnya buku atau keperluan dalam pembelajaran lain yang mana menggunakan huruf Braille untuk siswa tunanetra.

5. Memiliki risiko bullying atau perundungan dari siswa tidak berkebutuhan khusus (reguler) terhadap siswa berkebutuhan khusus. Dengan begitu, para guru dan staf harus memiliki penjagaan yang ketat terhadap keamanan setiap murid di sekolah.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dan tantangan yang akan dihadapi sekolah inklusi, maka tentu saja Anda telah mendapatkan bayangan seperti apa nantinya murid yang akan mengenyam bangku pendidikan di sana. Salah satu yang didapatkan oleh murid reguler atau murid yang tidak berkebutuhan khusus ,yaitu mereka akan mendapatkan pelajaran sosial lebih, terutama dalam menghargai dan menghormati orang lain. Dengan adanya pembelajaran tersebut, kemungkinan besar mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang dewasa, bijaksana, dan memiliki rasa simpati dan empati yang besar kepada semua orang.

7 Peran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah
Guru memiliki peran penting di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berikut 7 Alasan Pentingnya Sekolah Inklusi Bagi Murid

Selain itu, Anda juga harus mengetahui beberapa alasan pentingnya sekolah inklusi bagi murid, berikut penjelasannya.

1. Memberikan Kesempatan untuk Belajar Bagi Murid ABK

Dengan adanya sekolah inklusi, murid berkebutuhan khusus bisa merasakan kegiatan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan berbeda, terlepas dari keterbatasan yang mereka miliki. Hal ini dapat dilihat dari program belajar dan keberadaan murid yang bersifat homogen di sekolah tidak mampu meningkatkan kemampuan anak berkebutuhan khusus untuk berkembang dan tumbuh secara maksimal. Oleh karena itu, pemerintah mencetuskan program sekolah inklusi yang mana dapat membantu perkembangan anak berkebutuhan khusus, baik dalam kemampuan akademik maupun kemampuan mereka dalam bersosialisasi.

2. Meningkatnya Rasa Toleransi Murid di Kelas

Hal lain yang akan didapatkan murid ketika sekolah inklusi yaitu mereka akan belajar untuk saling menghargai dan menghormati setiap murid yang bersekolah di sana. Dengan adanya sikap menghargai dan saling menghormati itulah rasa toleransi murid menjadi semakin meningkat.

3. Berkurangnya Rasa Takut Murid untuk Berinteraksi pada Anak Berkebutuhan Khusus

Kerap kali anak-anak sering merasa takut ketika dihadapkan dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka cenderung beranggapan bahwa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) memiliki peluang besar dalam menyakiti orang lain, seperti mengganggu kenyamanan dan melakukan tindakan kekerasan. Namun, dengan adanya sekolah inklusi inilah pandangan anak-anak non-ABK menjadi berubah. Hal ini dapat dilihat dari salah satu tanggapan siswa yang telah mengikuti program sekolah inklusi yang telah diterapkan di Indonesia. Sehingga bisa dikatakan bahwa sekolah inklusi aman untuk diikuti oleh setiap murid.

4. Meningkatnya Self Esteem Murid di Kelas

Self Esteem atau harga diri adalah komponen terpenting yang harus dimiliki setiap orang. Dengan melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah inklusi, setiap murid ABK maupun murid non-ABK self esteem yang mereka miliki akan semakin meningkat, misalnya ketika mereka telah berhasil menyelesaikan suatu permasalahan dengan bersama-sama. Selain mampu meningkatkan self esteem, dengan sekolah inklusi setiap murid memiliki motivasi di dalam dirinya sendiri untuk berani menunjukkan potensi yang ada di dalam dirinya dengan tujuan ingin diakui oleh setiap orang bahwa mereka memiliki kompetensi yang sama dengan murid-murid yang lainnya.

5. Dapat Membantu Perkembangan Moral Anak

Selain itu, sekolah inklusi juga dapat membantu guru serta orang tua dalam mengembangkan moral anak. Hal ini dikarenakan dengan bersekolah di sekolah inklusi anak-anak akan belajar untuk saling menghormati, mampu bersikap toleransi, hati nurani seorang anak yang masih polos akan membuat mereka mengerti bahwa seharusnya anak-anak berkebutuhan khusus juga mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak-anak non-ABK lainnya.

6. Mengajari Anak tentang Etika

Selain pengetahuan, etika juga termasuk hal penting yang harus diajarkan dan ditanam kepada anak-anak sedari kecil. Seperti sebuah ungkapan, bahwa seberapa tinggi pengetahuan yang kamu miliki semua tidak akan ada artinya jika etika mu tidak ada. Ya, sebesar itulah peran etika bagi anak-anak maupun setiap orang. Di dalam sekolah inklusi, setiap murid akan diajarkan untuk beretika. Dengan begitu, tindakan bullying yang mungkin akan terjadi di kelas selama kegiatan pembelajaran semakin minim.

Berikut 7 Alasan Pentingnya Personal Branding Bagi Seorang Guru
Personal branding adalah praktik memasarkan orang dan karier mereka sebagai merek. Ini adalah proses berkelanjutan untuk mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan individu, kelompok, atau organisasi.

7. Memperluas Ruang Pertemanan

Hal lain yang dapat dirasakan oleh anak-anak yang bersekolah di sekolah inklusi yaitu mereka bisa memperluas ruang pertemanan. Seperti yang kita tahu, bahwa hubungan pertemanan memiliki peran penting bagi perkembangan anak. Selain itu, teman-teman yang akan anak-anak Anda temukan sangat beragam, sehingga mereka bisa belajar untuk bersikap toleransi.

Demikianlah penjelasan tentang sekolah inklusi beserta beberapa alasan pentingnya sekolah inklusi bagi murid yang harus Anda ketahui. Adapun hal terbesar yang akan dirasakan oleh murid-murid yang mengemba pendidikan di sekolah inklusi yaitu mereka akan menjadi lebih percaya diri dalam bertindak, terutama untuk murid-murid berkebutuhan khusus. Dan pastikan bahwa Anda tetap memantau perkembangan pendidikan anak-anak.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.