Rekomendasi Permainan Edukatif untuk Merdeka Belajar

edukasi 31 Des 2022

Merdeka belajar menjadi acuan baru dalam pendidikan di Indonesia. Merdeka belajar adalah kurikulum pembelajaran dengan beragam kegiatan intrakurikuler dengan materi yang lebih optimal sehingga siswa bisa memiliki cukup waktu untuk mendalami materi dan mengembangkan potensinya masing-masing.

Merdeka belajar memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing. Siswa juga bisa belajar sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Selain itu, siswa juga bebas memilih materi dan sumber belajarnya masing-masing.

Merdeka belajar tak hanya memberikan kebebasan kepada siswa dalam belajar. Merdeka belajar juga memberikan kebebasan kepada guru dalam menentuka metode pembelajarannya. Guru juga bisa lebih fokus di kelas karena RPP Merdeka Belajar cukup 1 halaman.

Merdeka belajar memberikan kesempatan kepada setiap metode pembelajaran, termasuk belajar melalui motode permainan atau gamifikasi. Ada banyak permainan edukatif yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran merdeka belajar.

Permainan Edukatif

Permainan edukatif berbeda dengan permainan pada umumnya. Dalam permainan edukatif, siswa tak sekadar bermain. Permainan edukatif membuat siswa juga mengasah otak, mengembangkan kreativitas, dan meningkatkan daya ingat.

Permainan edukatif membuat siswa bisa belajar dengan menyenangkan. Siswa juga bisa mengembangkan minat dan bakatnya. Oleh karena itu, guru disarankan untuk melakukan permainan edukatif saat proses pembelajaran.

Manfaat Permainan Edukatif

Permainan edukatif tak hanya untuk anak usia dini, tetapi juga bisa untuk anak-anak usia sekolah. Permainan edukatif bisa mengasah semua kemampuan siswa. Mulai dari kemampuan kognitif, sosial, emosi, serta fisik dan spiritual. Selain itu, ada banyak juga manfaat yang didapatkan dari permainan edukatif ini.

Berikut adalah beberapa manfaat permainan edukatif.

1.      Mengasah kreativitas siswa.

2.      Membuat susasan belajar lebih menyenangkan.

3.      Melatih konsentrasi.

4.      Melatih siswa untuk fokus belajar.

5.      Melatih jiwa sosialisasi siswa.

6.      Melatih kemampuan komunikasi.

7.      Menumbuhkan rasa percaya diri.

8.      Memperluas pengetahuan dan wawasan siswa.

Rekomendasi Permainan Edukatif

Setelah tahu bahwa permainan edukatif sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran, tentu Anda ingin melakukannya di kelas. Bagaimana permainan edukatif yang bisa diterapkan di kelas? Seperti apa permainan edukatif yang sesuai dengan merdeka belajar? Berikut adalah rekomendasi permainan edukatif untuk merdeka belajar.

1. Tebak Kata

Tebak kata adalah permainan edukatif yang paling sering dilakukan di kelas. permainan ini juga cocok untuk Kurikulum Merdeka Belajar. Tebak kata mengajak siswa untuk saling berinteraksi dan meningkatkan kemampuan komunikasi.

Permainan tebak kata ini cukup mudah dilakukan. Caranya, guru bisa menentukan jenis kata yang dijadikan tebak tebakan. Mislanya nama kota, judul lagu, nama buah-buahan dan lain sebagainya. Seusikan saja dengan materi yang akan diajarkan di kelas.

Setelah menentukan kata-kata yang akan dimainkan, ajak siswa memperagakan kata tersebut tanpa menjelaskan. Siswa lainnya bisa menebak katanya. Tebak kata ini juga bisa melatih kreativitas siswa.

2. Sambung Kata

Bermain dengan kata-kata memang menyenangkan. Tak hanya permainan tebak kata saja yang asyik dimainkan di kelas, permainan sambung kata juga seru.

Pada permainan sambung kata ini, minta siswa untuk membuat satu buah kata dimulai dengan potongan suku kata terakhir dari kata sebelumnya. Guru bisa memberikan satu kata terlebih dahulu di awal. Setiap siswa secara bergantian akan mengatakan atau menuliskan kata baru yang berawalan suku kata terakhir dari kata sebelumnya. Contohnya, kata pertama yang diberikan adalah “buku”, siswa berikutnya harus membuat kata dengan awalan “ku” misalnya “kuda” Lalu, siswa selanjutnya akan membuat kata dari “da”, dan seterusnya.

Pilih kata-kata yang sesuai dengan materi pembelajaran. Untuk memberikan tantangan lebih, guru bisa menggunakan kata-kata bahasa Inggris dalam permainan sambung kata ini.

3. Flashcard

Ingin siswa memiliki daya ingat yang kuat? Guru bisa mengajak siswa untuk memainkan flashcard. flashcard adalah salah satu permainan edukatif untuk merdeka belajar yang bisa membantu meningkatkan daya ingat siswa. Permainan flashcard ini juga sering disebut dengan permainan memori.

Pada permainan ini, tentu guru perlu menyediakan kartu-kartu. Pilihlah kartu permainan yang memang untuk mendukung proses pembelajaran. Misalnya, bisa memilih kartu negara-negara di dunia untuk belajar mata pelajaran geografi. Minta siswa menjelaskan hal-hal yang diketahuinya tentang negara yang tertera pada gambar.

Guru bisa juga meminta siswa untuk mengungkapkan kata-kata pada gambar kartu dalam bahasa Inggris. Ini akan lebih menantang sekaligus bisa mengasah kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris.

4. Kuis

Kuis adalah permainan edukatif yang mudah untuk diterapkan di kelas. Permainan ini tidak perlu mempersiapkan peralatan apa pun. Guru cukup menyiapkan berbagai pertanyaan yang akan diberikan saat kuis.

Buat pertanyaan sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan. Minta siswa menjawab cepat semua pertanyaan yang dijadikan kuis. Untuk variasi, guru bisa membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok punya kesempatan menjawab kuis.

Agar lebih seru dan menyenangkan, berikan hadiah kepada para pemenang kuis. Hadiah kecil seperti jajanan atau peralatan tulis juga sudah cukup untuk membuat siswa gembira.

Bermain kuis seperti ini bisa membuat siswa belajar dengan mudah dan menyenangkan. Siswa juga bisa melatih ketangkasannya dalam berebut menjawab setiap pertanyaan. Apabila kuis dilakukan secara berkelompok, ini akan membuat siswa berlatih bekerja sama dengan teman-temannya.

5. Gerak dan Lagu

Bermain gerak dan lagu juga merupakan hal yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Permainan gerak dan lagu juga cocok digunakan sebagai permainan edukatif dalam merdeka belajar.

Guru bisa memutar lagu-lagu yang sedang viral. Minta siswa memperagakan gerakan dari lagu tersebut.

20 Kanal Youtube yang Aman dan Edukatif Bagi Anak
Ada banyak konten edukatif di Youtube yang bisa ditonton anak untuk belajar dan mengisi waktu luang mereka.

Meski terkesan kekanak-kanakan, permainan gerak dan lagu ini juga punya manfaat lho. Permainan gerak lagu ini bisa melatih fisik siswa agar tetap bergerak tak hanya duduk diam di kelas. Permainan ini juga bisa mengusir kebosanan saat belajar di kelas dan yang lebih penting, permainan ini bisa membuat siswa bergembira bersama. Saat suasana hati siswa gembira, tentunya siswa akan lebih mudah belajar.

6. Dengar dan Lakukan

Rekomendasi permainan edukatif untuk merdeka belajar yang terakhir adalah permainan dengar dan lakukan. Minta siswa melakukan apa yang guru ucapkan. Dalam permainan ini tugas siswa adalah mendengarkan dan melakukan.

Caranya, guru bisa mengatakan “pegang rambut”, “pegang tangan”, “pegang pipi”, “pegang dahi”, dan lainnya. Siswa diharuskan untuk mengikuti aba-aba yang dikatakan guru. Untuk menjebak siswa, guru bisa memegang bagian yang tidak sesuai dengan perintah yang dikatakan. Atau bisa juga mengucapkannnya dengan lebih cepat. Ini tentu lebih menantang untuk siswa.

Apa itu Ice Breaking di Kelas? Dan Bagaimana Menerapkannya
Ice breaking merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk menghilangkan rasa jenuh di dalam kelas.

Permainan dengar dan lakukan ini tak hanya seru dan menyenengkan, tetapi juga bisa melatih konsentrasi siswa.

Permainanan edukatif menjadi salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk merdeka belajar. Belajar menggunakan permainan edukatif adalah hal yang menyenangkan bagi siswa. Siswa bisa belajar dengan gembira.

Demikian artikel tentang rekomendasi permainan edukatif untuk merdeka belajar. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mencari rekomendasi edukatif untuk merdeka belajar.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.