Apa Itu Ice Breaking di Kelas? Lalu, Bagaimana Menerapkannya?

teaching 3 Des 2022

Apakah Anda tahu apa itu ice breaking? Ice breaking merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk menghilangkan rasa jenuh di dalam kelas. Bisa karena jenuh karena terlalu banyak tugas, atau juga bisa disebut intermeso dalam pembelajaran. Ice breaking biasanya dilakukan di dalam kelas, kantor ataupun seminar untuk memecah kejenuhan dan kebosanan setiap anak ataupun peserta. Ice breaking biasa dilakukan saat jam istirahat siang ataupun saat kondisi siswa mulai jenuh, agar kembali memiliki semangat untuk kembali belajar. Ice breaking bukan hanya sebagai kegiatan saja, akan tetapi ice breaking memiliki beberapa manfaat.

  • Menciptakan ide kreatif baru
  • Dapat memaksimalkan performa untuk kembali belajar pada siswa
  • Melatih siswa untuk menjadi aktif dalam berinteraksi dengan baik, baik dengan guru maupun teman satu kelasnya.
  • Mampu melatih kerja sama antar siswa maupun kelompok
  • Membentuk karakter siswa yang berpikir kritis dalam pemecahan masalah.
  • Meningkatkan rasa percaya diri pada siswa
  • Mampu menumbuhkan karakter kepemimpinan pada siswa
  • Melatih siswa untuk membentuk strategi belajar dan konsentrasi siswa

Jika sudah mengetahui apa itu ice breaking dan manfaat ice breaking, lalu bagaimana cara menerapkan ice breaking di kelas? Yuk simak dibawah ini.

Kesalahan dalam Mengajar Siswa yang Membuatnya Mudah Bosan
Salah satu tantangan yang biasanya dihadapi guru saat proses pembelajaran di kelas adalah kebosanan siswa.

Kegiatan ice breaking bisa dilakukan di kelas dengan keterbatasan ruangan, Anda bisa memanfaatkan kursi maupun bangku yang ada di kelas. Saat-saat membosankan dan penuh kejenuhan di dalam kelas dapat diredam dengan ice breaking. Ada beberapa pilihan game ice breaking dibawah ini yang dapat Anda terapkan di dalam kelas.

1. Kelompok dan baris

Anda bisa meminta siswa membuat sebuah kelompok atau baris dengan satu atau beberapa kata kunci. Misalnya membuat satu baris sesuai tanggal lahir, tahun lahir bulan lahir dan lain-lain. Atau membuat kelompok tentang film kesukaan, warna kesukaan atau membuat kelompok sesuai angka yang ditentukan. Hal ini akan membuat siswa saling melengkapi satu sama lain.

2. Berhitung

Permainan ice breaking ini sedikit membuat bingung sebagian siswa, guru dapat membuat aturan berhitung dengan kelipatan yang disepakati. Misalkan dengan aturan kelipatan 5, siswa boleh berhitung akan tetapi saat kelipatan 5 diganti dengan kata bom. Hal ini akan membentu fokus dan konsentrasi setiap siswa. Misalnya 1,2,3,4,bom,6,7,8,9,bom,11,12,13,14,bom... Dan seterusnya.

3. Tebak lagu daerah

Nah, tebak lagu daerah ini juga termasuk dalam game ice breaking yang cukup menantang siswa. Karena tidak semua siswa hafal dengan lagu daerah bukan? Hal ini dapat menjadi penambah pengetahuan siswa dalam pembelajaran. Misalnya guru memberikan satu lirik lagu daerah dan siswa diharuskan menebak daerah asal lagu tersebut. Sangat mudah bukan?

4. Tebak gambar

Ini juga salah satu game ice breaking yang mudah, guru dapat memberikan berbagai macam gambar dan mengharuskan siswa menebak gambar tersebut. Mungkin bisa berupa puzzel jadi siswa akan menebak-nebak, hal ini dapat menumbuhkan daya ingat siswa.

Kenapa Ice Breaking Penting Diterapkan di Kelas?

Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa ice breaking penting diterapkan di kelas, yaitu:

1. Melatih konsentrasi

Ice breaking bisa dilakukan untuk melatih konsentrasi peserta didik. Misalnya kalau sedang ada seminar, pastinya akan banyak yang merasa bosan. Nah, untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, trainer akan melaksanakan ice breaking dengan mengadakan suatu permainan.

Sama juga dengan saat belajar di kelas, papstinya aka nada saat-saat dimana siswa sedang merasa bosan terhadap pelajaran dan hal ini adalah wajar. Di sini guru bisa melakukan ice breaking untuk menghilangkan kebosanan siswa yaitu dengan mengadakan permainan-permainan kreatif. Kegiatan ice breaking akan mengembalikan tingkat konsentrasi siswa dalam pembelajaran setelahnya.

7 Game Berkelompok Mengasyikan untuk Mengisi Pembelajaran di Kelas
Memainkan game berkelompok dalam kelas bukan hanya menyenangkan, tetapi juga bisa melatih kekompakan, meningkatkan daya ingat, melatih konsentrasi dan menghilangkan rasa jenuh.

2. Menciptakan suasana kondusif

Manfaat lain dari diadakannya ice breaking adalah untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif dan tenang. Kalau suasana kelas tidak kondusif seperti berisik, mengobrol dan bahkan membuat kegaduhan, pastinya kegiatan belajar mengajar juga akan terganggu dan tidak akan dapat berjalan dengan lancar. Dengan mengadakan ice breaking antar siswa, maka suasana yang tadinya tidak kondusif akan menjadi kondusif.

3. Meningkatkan keakraban peserta didik

Kegiatan ice breaking juga meningkatkan keakraban antar peserta didik. Mungkin dari antara para siswa, ada yang belum terlalu akrab. Dengan permainan-permainan yang diberikan pada sesi ice breaking, mereka bisa saling bekerja sama dan jadi lebih mengenal satu sama lain.

Hal ini juga akan membuat atmosfer kelas jadi lebih baik karena semua siswa saling mengenal dengan baik. Kerja kelompok nantinya juga jadi menyenangkan karena semua siswa di kelas sudah akrab. Guru juga tidak perlu khawatir akan siswa melakukan keributan atau kegaduhan di kelas.

4. Sekaligus menambah pengetahuan

Melakukan ice breaking bukan hanya dengan permainan semata-mata menyenangkan saja, tetapi bisa juga memasukkan segi pengetahuan ke dalamnya. Misalnya bisa membuat permainan tipe quiz yang pertanyaannya tentang pengetahuan umum, sejarah, atau hal-hal yang bisa memancing pikiran siswa.

Kegiatan ini bisa juga dibuat lebih kreatif dengan menggunakan website seperti Kahoot yang bisa menggunakan pilihan ganda dan tampilan menarik supaya siswa juga lebih semangat. Mereka akan sekaligus berlomba-lomba untuk mendapatkan poin tertinggi dan menjadi pemenang.

5. Membangun kesiapan belajar

Kesiapan belajar sangat diperlukan siswa untuk bisa menunjang keberhasilan belajarnya dan supaya mencapai hasil belajar yang optimal. Siswa yang belum siap belajar atau mengerjakan tugas akan mengalami kesulitan bahkan sampai malah putus asa. Melakukan ice breaker sangat membantu pada saat awal pelajaran sangat membantu guru mengkondisikan siswa untuk mempersiapkan siswa siap menerima pelajaran.

6. Membuat siswa semangat

Siswa akan menjadi semangat belajar kembali saat guru melaksanakan ice breaker. Ice breaker akan memusatkan perhatian siswa kembali dalam belajar. Ini akan mengalihkan perhatian supaya fokus nantinya kembali pada materi pelajaran. Respon siswa dalam belajar nantinya juga akan selalu menjadi positif.

Nah, diatas adalah beberapa game ice breaking di kelas yang dapat diterapkan. Semoga bermanfaat.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.