20 Kanal Youtube yang Aman dan Edukatif Bagi Anak

parenting 11 Sep 2021

Di masa sekarang ini, salah satu media video yang paling digemari adalah Youtube. Tidak saja oleh orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak. Memang, Youtube menyediakan jutaan konten dalam berbagai genre sehingga setiap orang hampir selalu bisa menemukan tayangan yang diinginkannya di situs ini. Akan tetapi, perlu diingat, bahwa tidak semua video yang ada di Youtube layak untuk ditonton oleh anak. Bahkan, banyak sekali tayangan di Youtube yang bisa memberi pengaruh yang kurang baik bagi anak.

Sebagai orangtua, tentunya kita perlu bersikap hati-hati dan selektif dalam memberikan tontonan bagi anak. Tidak hanya untuk mencegah pengaruh yang tidak diinginkan tetapi juga agar tayangan yang ditonton oleh anak dapat membantu proses belajarnya dan mendorong anak untuk mengembangkan
diri. Nah, berikut adalah rekomendasi kanal Youtube yang aman dan edukatif bagi anak.

1. Kejarcita

Kanal Youtube kejarcita sangat edukatif dan baik ditonton anak. Pasalnya ada banyak konten yang bisa ditonton, mulai dari pembahasan soal, dongeng atau legenda dan lainnya. Kualitas gambar dan animasi dari kejarcita juga sangat bagus dan menyenangkan untuk anak. Kamu bisa langsung tonton saja Youtube kejarcita di link ini: https://www.youtube.com/c/kejarcita

2. Nussa Official

Kanal ini menceritakan tentang kehidupan kakak beradik bernama Nussa dan Rara. Kisah –kisah dalam kanal ini kental dengan nuansa Islami,  yang diceritakan dengan ringan dan menghibur. Kisah yang diangkat pun dekat dengan keseharian anak.

3. Dongeng Si Kecil

Kanal ini menyajikan konten berupa dongeng-dongeng nusantara yang layak untuk ditonton anak kecil. Kualitas gambarnya sangat bagus dan untuk beberapa dongeng klasik nusantara, visualisasinya juga sangat bagus sehingga benar-benar mirip dengan latar suasana zaman dahulu.

4. Lagu Anak Indonesia Balita

Ingin mengajak anak balita bernyanyi dengan lagu yang cocok dengan usianya? Kanal ini menyajikan lagu-lagu anak populer dengan irama yang ringan dan lirik yang mudah dihafal. Cocok bagi balita. Visualisasinya pun menarik, menggunakan animasi hewan dengan warna-warna yang ceria.

Anak Kecanduan Gadget? Ambil 3 Hal Positif Ini!
Jika orang tua peka, maka bisa mengambil 3 hasil positif pada kesukaan anak pada gadget dan menghindarinya dari efek negatif.

5. Diva the Series

Serial ini cocok bagi anak dari usia balita hingga usia sekolah dasar. Cerita-cerita yang ditampilkan sarat pesan moral tetapi tetap menghibur. Dari kanal ini kita juga bisa mengajarkan anak mengenai budaya Indonesia, keberagaman dan bahasa daerah. Karakter-karakternya lucu dalam animasi yang menarik.

6. Yeiy Animation

Video-video animasi di kanal ini sarat dengan muatan edukatif yang dihadirkan dengan cara yang menyenangkan dan menghibur. Melalui video animasi yang ceria dan penuh warna, membuat anak akan tertarik dan menyukainya.

7. Coco Melon

Ada banyak lagu-lagu menarik yang ditampilkan dalam kanal ini. Sebagai kanal YouTube edukatif yang sudah eksis sejak lama, kanal ini konsisten mengusung konten-konten edukatif untuk anak. Animasinya hadir dalam visualisasi yang sangat bagus, warna yang menarik dan bertema keluarga.

8. Edukasi Anak Indonesia

Kanal Edukasi Anak Indonesia menampilkan banyak animasi yang menarik dan mendidik anak-anak. Berbagai pengetahuan disampaikan dengan cara yang ringan agar dapat mudah dipahami oleh anak.

9. Kids TV Indonesia

Di kanal ini anak dapat belajar berbagai hal secara interaktif. Beberapa konten disajikan enggan lagu sehingga lebih menyenangkan bagi anak kecil.

10. Makemegenius

Ingin mengenalkan ilmu pengetahuan dan sains sederhana pada si kecil sejak dini? Kanal ini berisi ilmu pengetahuan yang disampaikan dengan sederhana, menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak.

11. Didi and Friends

Pengetahuan yang disampaikan melalui lagu, itulah konsep yang banyak diusung dalam kanal YouTube ini. Melalui tokoh utamanya, tiga ekor ayam lucu, anak-anak diajak belajar tentang berbagai ilmu yang mereka butuhkan.

12. Sesame Street

Pasti sudah kenal dengan Sesame Street ini, bukan? Ya, Sesame Street awalnya adalah program televisi yang sangat populer, begitupun kanal YouTube-nya. Konsisten dengan misi menampilkan tayangan yang bermutu dan mendidik bagi anak-anak, kanal ini salah satu yang paling banyak direkomendasikan sebagai kanal yang ramah anak.

13. Coco’s Toy

Bagi yang menyukai dunia hewan, kanal ini akan menjadi alternatif yang menyenangkan. Coco’sToy bercerita tentang berbagai informasi tentang kehidupan hewan, misalnya tentang bagaimana hewan bertahan hidup, dinosaurus yang hidup di masa lalu dan masih banyak lagi.

14. Riko the Series

Ingin mengajarkan agama dan ayat ayat Al Quran pada anak dengan cara yang menyenangkan? Kanal YouTube ini membantu anak untuk lebih mudah melakukannya karena selain ilmu pengetahuan dan agama, kanal ini juga menampilkan murottal berisi ayat-ayat pendek dari Al Quran.

15. Kok Bisa?

Kanal ini termasuk salah satu kanal yang mempelopori kanal YouTube edukatif di Indonesia. Kok Bisa? berusaha menampilkan penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan ilmiah dan sains yang rumit dengan cara yang mudah dipahami.
Berbagai hal dibahas di kanal ini dari mulai pertanyaan sehari-hari yang sederhana hingga teori sains yang rumit.

Bagaimana Mengajarkan Tips Internet Sehat Pada Anak?
Internet sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari pada masa kini. Tuntutan anak agar fasih berselancar di dunia maya demi tugas sekolah tentunya menjadi tanggung jawab para orang tua untuk mengenalkan tips internet sehat pada anak.

16. Mau Tau Banget

Bagi anak yang sudah lebih besar, kanal ini pasti menarik. Karena kanal ini dapat memberi jawaban atas berbagai hal yang sering jadi pertanyaan. Informasinya disajikan dengan gaya yang sederhana, lugas dan ringkas. Sangat menarik dan tidak membosankan bagi anak.

17. Nous ID

Ilmu pengetahuan yang disampaikan dengan cara yang sederhana dan menarik melalui video dan animasi yang informatif. Nous ID tidak hanya menarik bagi anak-anak tetapi juga remaja dan bahkan orang dewasa.

18. The Cincinnati Zoo and Botanical Garden

Kanal ini tidak menampilkan animasi melainkan film dokumenter tentang kehidupan hewan dan tingkahnya di kebun binatang. Orangtua harus mendampingi anak saat menonton kanal ini. Dikhawatirkan ada aktivitas hewan yang belum layak ditonton oleh anak-anak, misalnya saat hewan-hewan berburu mangsa. Bagi anak-anak yang masih belia, aktivitas berburu mangsa ini terlihat kejam.

19. Pinkfong

Nama lengkap kanal ini adalah Pinkfong! Kids’ Song and Stories, maka sesuai namanya kanal ini menyajikan beragam lagu anak dengan lirik dan melodi yang menarik bagi anak-anak. Masih ingat dengan lagu Baby Shark yang sangat populer beberapa waktu yang lalu? Nah, ternyata lagu itu asalnya dari kanal Pinkfong ini.

20. National Geographic Kids

Pasti sudah familiar dengan kanal National Geographic, kan? Nah, dalam kanal National Geographic Kids, anak akan diajak untuk mengenal alam melalui video-video yang seru dan kental dengan nuansa petualangan. Sangat merangsang anak untuk berfantasi dan bereksplorasi.

Nah, demikianlah 20 kanal Youtube yang aman serta sarat muatan edukatif bagi anak. Kanal-kanal seperti Kejarcita, National Geographic Kids, Kok Bisa, dan Nous ID dapat membantu orangtua untuk mengenalkan ilmu pengetahuan, logika dan mengajak anak untuk mengenal alam semesta. Anak-anak belum bisa datang untuk  mengunjungi tempat-tempat wisata alam, sehingga mengenalkan mereka pada alam melalui kanal Youtube ini, merupakan pilihan yang tepat. Anak-anak tetap mendapatkan haknya untuk belajar, sedangkan orangtua tidak perlu mendatangi tempat secara offline, yang mewajibkan  prokes secara ketat.

Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.