Rekomendasi Kursus Tambahan yang Kekinian untuk Murid

edukasi 15 Mar 2023

Setiap orangtua menginginkan setiap anaknya memiliki perkembangan akademik yang optimal. Dengan keinginan tersebut, orangtua tidak hanya gencar dalam mencari dan memastikan anak-anaknya bisa belajar di sekolah terbaik untuk mereka, tetapi mereka juga gencar mencari beberapa kursus tambahan yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan akademik dan keterampilan murid. Adapun beberapa kurus tambahan yang kekinian yang bagus untuk diikuti murid yang akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Kursus adalah lembaga non-formal yang bertujuan untuk mengasah keterampilan murid, baik berupa hard skill maupun soft skill untuk bekerja dan memulai usaha. Saat ini pemerintah di Indonesia juga telah memberikan fasilitas pendidikan kursus melalui lembaga kursus dan pelatihan atau biasa disebut sebagai LKP.

Adapun manfaat yang akan didapatkan murid dari mengikuti kegiatan LKP ini, yaitu antara lain:

Manfaat Mengikuti LKP

1. Mengasah Kemampuan/Skill Baru

Saat ini, ada banyak sekali jenis kursus yang sudah ada di Indonesia. Berdasarkan laman edukasi.kompas.com saat ini setidaknya sudah ada lebih dari 17 ribu LKP yang ada di Indonesia dengan beragam jenis kompetensi keahlian yang selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman. Beberapa jenis kompetensi yang ada di Indonesia yaitu seperti desain grafis, digital marketing, barista, dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan ini orangtua dapat menyesuaikan kursus yang akan diikuti anak berdasarkan keterampilan atau bakat yang mereka miliki. Misalnya, jika anak memiliki bakat dalam menggambar, maka mereka dapat memilih kursus desain grafis yang akan membantu mereka dalam menempuh jenjang perguruan tinggi di kemudian hari.

2. Menambah Ruang Lingkup Pertemanan

Dengan mengikuti kegiatan kursus, murid akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki minat yang sama. Bisa dikatakan bahwa kursus tersebut merupakan wadah untuk menambah ruang lingkup pertemanan murid. Tidak hanya dapat menambah teman saja, dengan mengikuti kursus murid memiliki peluang baru di masa yang akan datang kelak. Mereka juga lebih mudah dalam memperoleh informasi terkait kursus yang sedang diikuti.

3. Menjadi Lebih Percara Diri dalam Bersaing di Dunia Pekerjaan

Ketika murid memiliki hard skill dan soft skill yang mereka dapatkan dari kursus, mereka akan lebih percaya diri dalam bersaing di dunia kerja kelak. Apabila kursus yang akan diikuti murid tersebut bisa menambah profil mereka pada portofolio, akan menjadi nilai plus murid ketika ingin mendaftar ke perguruan tinggi maupun melamar pekerjaan.

4. Menambah Wawasan

Pastikan murid mengikuti kursus yang sudah pasti akreditas dan kredibilitasnya. Dengan mengikuti kursus yang diikuti murid diberi langsung oleh pakar di bidangnya, maka kemampuan dan keterampilan yang akan didapatkan murid akan lebih optimal. Selain itu, murid dapat berdiskusi dengan pakarnya langsung untuk menggali keterampilan secara lebih mendalam.

Tidak hanya itu saja, murid juga dapat menemukan beragam teknik yang belum mereka lakukan, sehingga dapat menambah wawasan dan keterampilan murid pun dapat berkembang.

5. Bisa Dijadikan Modal Kerja

Adapun manfaat lain yang akan didapatkan murid dari mengikuti kursus yaitu murid memiliki modal untuk bekerja. Hal ini dikarenakan kegiatan kursus akan mengajak murid untuk lebih fokus pada praktik, sehingga kemampuan dan keterampilan yang dimiliki murid akan lebih optimal, teruji, dan bisa berkembang dengan pesat.

Selain itu, ketika mengikuti kursus tersebut murid akan dipertemukan dengan kegiatan individu maupun kerja kelompok. Dengan sistem yang seperti ini, murid akan memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik.

Adapun berbagai jenis kursus tambahan yang dapat diikuti murid. Berikut penjelasannya!

Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran yang Bermanfaat untuk Guru
Guru bisa membuat ulangan harian layaknya LJK tanpa harus memiliki scanner mahal yaitu dengan menggunakan aplikasi ZipGrade.

Rekomendasi Kursus Tambahan yang Kekinian untuk Murid

Setiap orang tentu saja ingin memiliki hard skill maupun soft skill yang dapat membantu mereka di dunia kerja kelak. Berikut adalah rekomendasi kurus tambahan yang kekinian yang bagus untuk diikuti murid, yaitu antara lain:

1. Kursus Bahasa Asing

Salah satu jenis kursus yang paling menjanjikan di masa depan yaitu dengan mengikuti kursus bahasa asing. Dengan menguasai bahasa internasional, murid akan memiliki kesempatan kerja dan peluang karier yang lebih besar. Selain itu, pada umumnya setiap pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing akan menawarkan gaji yang besar.

Oleh karena itu, penting sekali bagi murid untuk mengikuti kursus ini, karena tidak hanya menjadi modal penting untuk melamar pekerjaan kelak, keterampilan berbahasa asing juga akan memudahkan murid untuk berkomunikasi dengan orang banyak.

2. Kursus Public Speaking

Memiliki keterampilan public speaking dapat membantu murid untuk lebih percaya diri ketika berbicara di depan audiens. Dengan memiliki kemampuan public speaking, murid dapat memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus dan efektif. Untuk murid yang sedang memiliki keinginan untuk langsung bekerja setelah lulus sekolah, maka kemampuan berkomunikasi yang baik dapat membantu mereka dalam sesi wawancara kerja.

3. Kursus Desain Grafis

Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih, dengan menguasai teknologi seseorang memiliki prospek kerja yang lebih terjamin. Salah satu pekerjaan yang menjanjikan di masa depan yaitu desain grafis. Fungsi dari desain grafis yaitu untuk menyampaikan informasi dan meningkatkan interaksi antara konsumen dan pemiliki bisnis dengan melalui desain-desain yang menarik.

Pada saat ini, hampir setiap lapangan pekerjaan akan membutuhkan desain grafis, karena perusahaan ingin menampilkan informasi yang bisa dikemas semenarik mungkin melalui platform online, seperti sosial media maupun website.

4. Kursus Digital Marketing

Salah satu prospek kerja yang memiliki masa depan sangat cerah saat ini, yaitu digital marketer. Saat ini, pekerjaan digital marketer sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Selain lapangan pekerjaan yang cukup banyak, profesi digital marketer juga menawarkan penghasilan yang banyak. Oleh karena itu, kursus digital marketer akan meningkatkan peluang murid untuk menjadi sukses di masa yang akan datang.

Adapun yang dipelajari murid ketika mengikuti kursus digital marketer ini yaitu akan mempelajari berbagai macam ilmu baru di bidang pemasaran seperti SEO, SEM, dan lain sebagainya.

7 Rekomendasi Kanal Podcast Pembelajaran yang Inspiratif Bagi Guru
Podcast merupakan hasil rekomendasi audio yang bisa didengar oleh semua orang melalui media internet.

5. Kursus Editing Video

Jika diselidiki lebih dalam, saat ini banyak sekali pekerjaan di bidang kreatif yang dapat ditekuni oleh murid dengan serius. Tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan murid, kursus editing video juga dapat membantu murid untuk menghasilkan uang. Dengan memiliki kemampuan editing video, murid tidak hanya dapat membantu pekerjaan orang lain saja, tetapi mereka juga dapat membuat konten maupun karya mereka sendiri.

Untuk memilih kursus yang tepat untuk murid, ada baiknya orangtua dan murid berdiskusi dengan serius. Pada kesempatan ini, ada baiknya murid fokus terhadap meningkatkan keterampilan yang mereka sukai, sehingga keterampilan tersebut akan menjadi investasi bagi mereka di masa yang akan datang.

Untuk pemilihan kursus, Anda dapat melihat beberapa rekomendasi dari website maupun rekomendasi orangtua atau relasi Anda. Demikianlah pembahasan tentang kursus beserta beberapa kurus tambahan yang kekinian yang bagus untuk diikuti murid. Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.