7 Rekomendasi Kanal Podcast (Siniar) Pembelajaran yang Inspiratif Bagi Guru

edukasi 13 Feb 2023

Belakangan ini banyak sekali content creator yang membuat konten berbasis radio atau biasa dikenal dengan istilah podcast. Podcast atau siniar merupakan salah satu media yang saat ini banyak mendapat perhatian publik karena terkesan lebih intens, personal, dan fleksibel. Adapun perbincangan yang terdapat pada podcast beragam dan memberikan banyak pembelajaran bagi para pendengarnya.

Pada kesempatan ini, Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi kanal podcast pembelajaran bagi guru. Namun, sebelum membahas rekomendasi kanal podcast tersebut, Anda harus mengetahui apa sih podcast itu.

Apa yang dimaksud dengan podcast? Podcast atau siniar merupakan hasil rekomendasi audio yang bisa didengar oleh semua orang melalui media internet. Podcast dikatakan hampir sama dengan radio, tetapi yang menjadi pembedanya adalah radio harus dilakukan dan ditayangkan secara langsung dengan memperhatikan frekuensi tertentu, sedangkan podcast dapat diimplementasikan kapan pun dan juga dapat didengar melalui berbagai media elektronik yang sudah ada, seperti pada Spotify atau Apple Music.

Jenis-Jenis Podcast (Siniar)

Adapun beberapa jenis dari podcast atau siniar yang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

1. Interview Podcast

Interview podcast adalah podcast dengan kondisi di mana host akan melakukan sesi wawancara atau interviu dengan narasumber atau tamu yang berbeda di setiap episodenya. Wawancara yang dilakukan pun beragam dan tidak monoton. Beberapa contoh dari interview podcast, yaitu terdapat pada channel YouTube Deddy Corbuzier maupun Denny Sumargo.

2. Solo Podcast

Solo podcast adalah podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau dilakukan secara monolog. Adapun tujuan dari solo podcast ini dibuat untuk menyampaikan opini, untuk berbagi informasi, atau berisi sesi tanya jawab yang mana dilakukan oleh host dan para pendengarnya.

3. Multi-Host Podcast

Selain itu ada multi host podcast yang di mana dalam podcast tersebut terdapat lebih dari satu orang. Adapun tujuan dari multi-host podcast dibuat, yaitu sebagai sarana untuk diskusi maupun berbagi pendapat dari beragam perspektif (sudut pandang). Multi-host podcast sangat menarik untuk didengar karena biasanya pembahasan yang dibahas sangat kekinian dan cocok untuk didengar sebagai salah satu media pembelajaran anak-anak muda.

Cara Membuat Podcast (Siniar)

Berikut merupakan langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk membuat suatu podcast.

1. Menentukan Tema

Langkah pertama atau paling penting yang harus dilakukan untuk membuat podcast, yaitu menentukan tema atau topik bahasan yang ingin Anda kembangkan dalam kanal podcast itu. Pastikan bahwa tema atau topik bahasan yang Anda kembangkan nantinya sesuai dengan minat dan ketertarikan Anda supaya bisa berkembang dengan maksimal dan Anda pun turut totalitas dalam membuat podcast tersebut.

2. Menyiapkan Alat dan Bahan

Langkah selanjutnya, yaitu Anda harus menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk proses pembuatan podcast. Alat dan bahan yang diperlukan, seperti mikrofon, ruangan yang memiliki peredam suara (supaya terhindar dari suara bising dan tidak ada noise berlebih dalam rekaman suara), dan software untuk mengedit podcast tersebut. Untuk mikrofon, gunakan saja mikrofon yang terpisah dan memiliki kualitas yang bagus supaya hasil yang Anda dapat lebih maksimal. Sesuaikan dengan biaya yang dimiliki agar mendapatkan mikrofon berkualitas baik.

3. Membuat Konten Sesuai dengan Tema yang Sudah Ditentukan

Setelah itu, Anda harus menyiapkan pembuatan skrip yang akan digunakan dalam rekaman podcast. Skrip berfungsi sebagai rancangan atau jalan cerita dari rekaman yang ingin Anda buat. Sebagai langkah awal, Anda bisa memulai dengan perkenalan diri Anda sebagai host dan selanjutnya akan disambung dengan perkenalan narasumber jika ada.

Selain itu, untuk membuat sebuah skrip, Anda harus memperhatikan durasi siaran supaya tidak terlalu melebar, singkat, jelas, tetapi tetap informatif. Apabila konten yang Anda buat maksimal, informatif, dan memiliki tema serta rancangan yang bagus, maka kanal yang Anda miliki bisa masuk ke dalam rekomendasi kanal podcast pembelajaran bagi guru, siswa, dan masyarakat umum.

4. Menggunakan Editing Software

Apabila Anda telah selesai rekaman, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan editing rekaman audio. Anda bisa menggunakan Audacity (software gratis) atau Adobe Audition (software editing audio yang lebih kompleks) sebagai aplikasi pengedit audio.

5. Upload ke Kanal Podcast

Setelah Anda selesai membuat rekaman dan melakukan tahap editing audio, maka tahap selanjutnya yaitu proses upload atau mengunggah hasil audio yang telah selesai Anda buat. Untuk upload audio, Anda harus menambahkan beberapa keterangan penting yang dapat membuat podcast Anda menarik perhatian para pendengar, seperti judul podcast, deskripsi, kategori, dan lain sebagainya.

7 Sumber belajar digital yang disediakan gratis untuk pembelajaran
Ada banyak platform edutech atau sumber belajar digital yang bisa membantu kegiatan belajar mengajar lebih mudah.

7 Rekomendasi Kanal Podcast Pembelajaran yang Inspiratif Bagi Guru

Berikut merupakan beberapa rekomendasi kanal podcast atau siniar yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang inspiratif untuk guru.

1. Asumsi Bersuara

Pada kanal podcast ini, asumsi bersuara senang membahas dan memberikan informasi seputar dunia politik. Awalnya kanal ini dimulai dari channel YouTube yang dibentuk oleh Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei, kemudian mulai merambah pada podcast dengan kanal bernama Asumsi Bersuara. Selain membahas isu-isu politik, kanal podcast ini juga membahas tentang culture pop dan culture issue yang saat itu sedang menjadi perbincangan hangat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dan mengetahui berita terkini, baik berita yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

2. Podcast Raditya Dika (PORD)

Kanal PORD dibuat oleh Raditya Dika, seorang komedian, penulis buku, seorang aktor, dan juga sutradara. Nama Raditya Dika tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Pada kanal ini, Radit senang berbicara dan berbagi tentang banyak hal, seperti membahas tentang keuangan dalam rumah tangga. Selain itu, Radit kerap kali mengundang beberapa narasumber yang berasal dari berbagai macam kalangan, seperti Uus seorang komika, Yura Yunita seorang musisi, bahkan Effendy Ghazali seorang politikus pernah menjadi salah satu tamu atau narasumber yang pernah diundang Radit sebagai pembicara di kanal podcast-nya.

3. Makna Talks

Kanal podcast ini dibawakan oleh Iyas Lawrence. Konsep kanal ini dikenal dengan konsep tanya jawab yang dilakukan oleh public figure yang inspiratif. Kanal ini cocok untuk para milenial yang sedang ingin belajar bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan kanal podcast ini sering menggunakan bahasa Inggris ketika sedang melakukan percakapan.

4. College Info Geek

Kanal ini dibawakan oleh Thomas Frank dan Martin Boehme, di mana topik pada kanal ini dirancang dengan tujuan untuk membantu siswa dalam belajar dan berkembang di semua bidang kehidupan belajar. Pada kesempatan ini, siswa dan Anda bisa mendapatkan informasi mengenai bagaimana kegiatan belajar bisa menjadi lebih efektif dan juga produktif.

5. Ilmu Otak

Kanal podcast yang dibawakan oleh Dr. Ginger Campbell ini merupakan podcast pendidikan yang memiliki beberapa episode menarik seperti episode “Otak Membaca”. Kanal podcast ini mengajak Anda untuk mengetahui hal-hal atau temuan terbaru dalam ilmu saraf.

6. Subjective

Kanal ini dibawakan oleh Iqbal Hariyadi yang dibentuk pada tahun 2015. Podcast ini kerap membahas tentang isu-isu yang terdapat dalam kehidupan anak-anak muda yang dibahas menurut sudut pandang Iqbal. Selain itu, Iqbal senang melakukan interviu dengan beberapa orang inspiratif yang berasal dari berbagai macam bidang dalam sesi Subjective Talks-nya.

7 Jenis Media Video Pembelajaran yang Bisa Dipakai dalam KBM
Media pembelajaran video digunakan untuk merangsang pola pembelajaran siswa supaya dapat menunjang keberhasilan yang maksimal.

7. Inspigo

Inspigo merupakan suatu aplikasi yang berisi podcast. Adapun konsep yang dimiliki oleh Inspigo, yaitu on-demand (sesuai permintaan) yang mana memberikan berbagai macam kemudahan untuk setiap pendengar supaya mereka bisa menikmati dan juga bisa memilih berbagai macam tema yang saat itu ingin didengar. Banyak sekali pembahasan yang dibahas pada kanal podcast ini seperti skill for the future, self improvement, leadership, communication skills, education, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai podcast dan beberapa rekomendasi kanal podcast pembelajaran bagi guru yang harus Anda dengarkan. Apabila Anda kesulitan dalam menemukan podcast, Anda bisa memulainya dengan mendengar beberapa podcast yang terdapat pada aplikasi Spotify sebagai percobaan untuk mencari beberapa kanal lain yang menarik maupun cocok untuk Anda.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.