7 Jenis Media Video Pembelajaran yang Bisa Dipakai dalam KBM

teknologi 6 Jul 2021

Untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan memperoleh hasil yang maksimal, guru dituntut untuk memiliki inovasi dalam gaya mengajar dan harus melek teknologi serta peka terhadap perkembangan dunia digital. Tuntutan ini juga semakin terasa ketika Kurikulum 2013 diterapkan pada proses belajar yang menggunakan media sebagai salah satu alat dan bahan mengajar di kelas. Salah satu media yang kerap kali digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar yaitu video pembelajaran. Ada beberapa jenis media video pembelajaran kreatif yang bisa dipakai guru saat mengajar. Apa saja? Simak penjelasan berikut.

Sebelumnya, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan media pembelajaran? Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Media pembelajaran ini digunakan untuk merangsang pola pembelajaran siswa supaya dapat menunjang keberhasilan yang maksimal, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, jika kita perhatikan secara saksama, saat ini zaman berkembang semakin cepat dan canggih. Kehadiran teknologi dan informasi yang bisa didapatkan dengan mudah menyebabkan dunia pendidikan juga mengalami perubahan, terutama dalam gaya mengajar dan media yang digunakan dalam mengajar.

Kegunaan media pembelajaran yang digunakan guru tidak hanya berfungsi dalam membantu proses belajar mengajar saja, tetapi juga berperan penting dalam menarik minat siswa untuk mengikuti kegiatan belajar. Namun, masih banyak media pembelajaran yang tidak dimanfaatkan secara maksimal, bahkan ada sebagian guru yang masih belum mengetahui media apa saja yang bisa digunakan dan cara menggunakannya. Hal ini dapat memengaruhi perkembangan pendidikan anak dan pengetahuan yang didapatnya tidak semaksimal siswa lainnya.

Kriteria Memilih Media Pembelajaran

Menurut Azhar Arsyad (2002), terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan guru dalam memilih media pembelajaran, yaitu sebagai berikut:

1.      Memilih media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

2.      Media yang digunakan dapat mendukung isi pelajaran.

3.      Bersifat praktis, luwes, dan juga bisa bertahan lama.

4.      Guru bisa menggunakan media tersebut dengan baik (terampil).

5.      Media yang dibuat harus bersifat efektif.

6.      Memiliki mutu teknis pengembangan visual yang baik dan harus memenuhi persyaratan teknis tertentu.

Dalam hal ini, media yang digunakan guru dalam mengajar yaitu video pembelajaran. Apa yang dimaksud dengan video pembelajaran? Video pembelajaran merupakan media yang menyajikan audio visual yang berisi materi-materi pembelajaran yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori, aplikasi pengetahuan yang berguna untuk membantu pemahaman siswa terhadap suatu materi pembelajaran yang akan diajarkan guru.

Kelebihan dan Kelemahan Media Video Pembelajaran

Adapun kelebihan dan kelemahan dari media video pembelajaran yang harus Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

Kelebihan Video Pembelajaran

1.      Mengatasi jarak dan waktu.

2.      Dapat menggambarkan suatu peristiwa atau keadaan secara realistis dalam waktu yang singkat.

3.      Bisa diulang-ulang jika ada penjelasan yang masih kurang dipahami.

4.      Pesan yang disampaikan lebih cepat dan mudah diingat.

5.      Dapat mengembangkan pemikiran dan pendapat siswa.

6.      Dapat mengembangkan imajinasi siswa.

7.      Dapat memperjelas hal-hal yang abstrak serta memberikan penjelasan yang lebih realistis.

Kelemahan Video Pembelajaran

1.      Video pembelajaran terlalu menekankan pentingnya materi pembelajaran dibandingkan proses pengembangan materi tersebut.

2.      Terkesan membutuhkan biaya yang tidak murah.

3.      Membutuhkan peralatan lain yang dapat mendukung penanyangan media video pembelajaran di kelas, seperti video player, LCD, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Bahan Ajar Cetak dan Keunggulannya
Ada 2 bahan ajar guru, yakni bahan ajar cetak dan non cetak. Bahan ajar cetak ialah bahan ajar yang berupa fisik, dapat dipegang, berupa lembaran buku/kertas.

7 Jenis Media Video Pembelajaran Kreatif yang Perlu Dipakai dalam KBM

Pihak sekolah berperan penting dalam memfasilitasi media pembelajaran yang akan digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Untuk pembuatan media video pembelajaran, terdapat beberapa jenis media video pembelajaran kreatif yang bisa dipakai guru saat mengajar. Berikut penjelasannya.

1. Video Pembelajaran dengan Menggunakan Power Point

Power Point sudah tersedia di laptop masing-masing guru. Jika biasanya guru menggunakan power point sebagai salah satu media untuk menyampaikan materi pembelajaran dan media yang digunakan untuk presentasi, power point juga bisa juga diubah menjadi video pembelajaran dengan animasi yang terdapat dalam power point. Untuk memanfaatkan power point menjadi video pembelajaran, sebelumnya Anda harus memiliki windows 8 dan Microsoft Office 2010. Nah, jika belum, Anda bisa update laptop Anda.

2. Animasi Studio

Dengan menggunakan video animasi, materi yang sulit dijelaskan guru secara verbal bisa dijelaskan dengan lugas dan lebih mudah dipahami siswa. Selain itu, siswa bisa memutar video tersebut berulang kali. "Animasi Studio" dapat menghasilkan video animasi untuk media pembelajaran, seperti pelajaran Matematika yang membutuhkan banyak objek untuk membantu siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran.

3. Powtoon

Aplikasi "Powtoon" adalah perangkat video animasi berbasis online yang dalam penggunaannya cukup mudah dan dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam memudahkan kegiatan pembelajaran. "Powtoon" sangat bagus untuk membuat video pembelajaran yang menarik. "Powtoon" memiliki beragam pola untuk membuat video, seperti video marketing, video untuk menjelaskan sesuatu, presentasi, dan juga iklan. "Powtoon" juga menambahkan vitur gambar, musik, hingga voice over.

4. Kinemaster

Aplikasi "Kinemaster" sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Selain itu, sudah banyak para youtuber yang menjelaskan tutorial atau cara menggunakan aplikasi "Kinemaster" tersebut supaya bisa digunakan dengan baik. Aplikasi ini bisa didapatkan dari Play Store dan diunduh secara gratis. Penggunaannya juga tidak terlalu sulit, sehingga guru tidak akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi tersebut.

5. FilmoraGo

Jika aplikasi "Kinemaster" bisa digunakan lewat ponsel, maka "FilmoraGo" adalah aplikasi membuat video pembelajaran yang bisa digunakan lewat laptop atau komputer. Aplikasi ini menghasilkan video cantik dan tidak akan menaruh watermark atau memberikan batas tertentu pada video pembelajaran yang akan Anda buat nantinya. Selain itu, aplikasi ini juga tidak terlalu sulit dalam penggunaannya.

6. InShot

"InShot" adalah aplikasi edit video untuk berbagai keperluan. Aplikasi ini mendukung kita dalam memotong dan menggabungkan video dengan menggunakan efek glitch. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan musik, efek transisi, filter yang dapat mempercantik video, menambahkan teks, stiker, latar, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Bahan Ajar Non-Cetak dan Keunggulannya
Mengembangkan dan menulis bahan ajar merupakan tugas profesional dan kewajiban tenaga pendidik. Ada bahan ajar cetak dan non cetak.

7. YouCut – Editor Video & Pembuat Video

Aplikasi "YouCut" adalah aplikasi membuat video pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pembuat video pembelajaran yang simpel. Misalnya, Anda ingin memotong dan menggabungkan video pembelajaran Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai video pembelajaran serta beberapa rekomendasi aplikasi pembuat video yang dapat menciptakan berbagai macam jenis media video pembelajaran kreatif yang bisa dipakai guru saat mengajar. Sebelum memastikan untuk membuat video apa, tentu saja Anda harus merancang alur video yang akan Anda buat. Alur tersebut sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam membuat video. Jika sebelumnya Anda belum pernah membuat video pembelajaran, Anda bisa melihat beberapa contoh video pembelajaran yang terdapat dalam YouTube, video pembelajaran yang terdapat di Kejarcita, Ruangguru, atau aplikasi pendidikan lainnya yang tentu saja memiliki video pembelajaran unik dan dapat menarik minat siswa.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.