7 Sumber Belajar Digital yang Disediakan Gratis untuk Pembelajaran

teknologi 8 Jul 2021

Sungguh cepat perkembangan teknologi sekarang ini, tak hanya tools yang dapat memudahkan kehidupan manusia sehari-hari, tetapi merambah ke dunia pendidikan. Kini telah banyak platform yang menyediakan sumber belajar secara online, baik yang berbayar maupun yang gratis. Siapapun dapat mengakses platform tersebut demi memperoleh ilmu dengan mudah.

Tetapi, tak semua orang berminat ketika platform belajar digital berbayar, mengingat pelajar memiliki kebutuhan yang cukup banyak di masa pandemi ini. Demi menyamaratakan kualitas pendidikan, kini sudah tersedia banyak platform belajar digital gratis yang direkomendasikan oleh Kemendikbud. Yuk simak selengkapnya!

1. Rumah Belajar

Platform ini merupakan keluaran dari Kemendikbud sendiri. Rumah Belajar merupakan portal yang menyediakan bahan belajar, fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Rumah belajar dapat diakses secara gratis, kapan pun, dimana pun dan oleh siapa pun. Adanya portal ini membantu semua kalangan dalam mendapatkan pendidikan dengan mudah, praktis, dan lengkap.

Di Rumah Belajar telah tergabung sebanyak 600 ribuan siswa dan 200 ribuan guru yang pasti nantinya akan terus bertambah. Tak hanya kelas online, di sana juga terdapat laboratorium maya, bank soal, dan bahan belajar lainnya.

2. SIAJAR

SIAJAR merupakan penghubung sekaligus pengintegrasi sumber belajar sehingga guru dapat mengelola pembelajaran dengan aman dan cepat. SIAJAR dirancang untuk memberikan kemudahan tampilan sekaligus kontrol dalam pelaksanaan kelas digital untuk SMA. Sebagai Learning Management System (LMS), SIAJAR menyediakan kelengkapan pembelajaran dari perancangan, pelaksanaan pembelajaran, sampai ke penilaian.

SIAJAR hanya memfasilitasi materi beserta soal yang dikembangkan oleh guru untuk melatih siswa dalam menghadapi ujian nasional yang sesungguhnya. Hal tersebut dikarenakan Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Penilaian Akhir Semester (PAS) diselenggarakan di sekolah.

Karena dirancang untuk siswa SMA, maka tutor/gurunya lebih sedikit dibanding platform Rumah Belajar, yakni sekitar 20 ribuan pengajar, hampir 90 ribuan peserta didik, terdapat 19 ribuan kelas, dan 3 ribuan bahan ajar. Sebelum menggunakan SIAJAR, kamu wajib mendaftar terlebih dahulu baru bisa menggunakannya.

3. Suara Edukasi

Salah satu platform belajar digital yang bertajuk radio ialah Suara Edukasi. Siaran Radio Pendidikan dengan nama Suara Edukasi, seperti yang dilansir dari website resminya, telah diselenggarakan Pustekkom sejak bulan Januari 2009. Siaran Suara Edukasi bertujuan menjadi sebuah siaran radio yang dapat dijadikan sebagai media alternatif sumber belajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional. Suara Edukasi merupakan sebuah media massa radio dengan citra yang edukatif, membagi wawasan dan berkonsep pendidikan.

Terdapat berbagai program acara, antara lain:

a. Sapa Edu

· Menyajikan program acara menarik, menghibur, dan mendidik anak-anak.

· Mengenalkan musik dan lagu daerah.

· Memberi penyuluhan berupa informasi yang diberikan oleh penyiar acara.

· Menanamkan kepribadian dan pengetahuan anak.

b. Kita Perlu Tahu

· Sebuah program yang menyajikan hiburan dan informasi pengetahuan umum.

· Memutar lagu-lagu hits terkini.

· Menyajikan beragam tips, motivasi, dan informasi singkat seputar isu terkini.

· Memberi apresiasi berbagai pengetahuan kepada pendengar.

· Memberi pengetahuan bagi pendengar dalam hal pengetahuan-pengetahuan umum.

c. Talk Show “Bintang Edu”

· Menyajikan informasi seperti kebijakan, kegiatan, dan peringatan hari besar nasional yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

· Memperluas informasi melalui proses diskusi.

· Memberikan informasi kepada masyarakat pendidik dan siswa mengenai seputar dunia pendidikan.

· Media diskusi dan seputar dunia pendidikan.

Berikut 7 Kanal Youtube yang Menggabungkan Konten Pelajaran dan Pendidikan Karakter
Melalui platform Youtube, Anda dapat memperoleh banyak referensi untuk anak. Supaya terhindar dari konten-konten yang tidak berfaedah, kami punya 7 rekomendasi channel Youtube untuk putra putri Anda.

d. Suara Rohani (Setiap Hari Jumat)

· Mengenalkan sifat baik, buruk, terpuji, dan tercela.

· Menanamkan pesan moral yang sesuai dengan jiwa agama.

· Menanamkan keteladanan akhlak dan budi pekerti guna mendukung pembinaan kepribadian anak.

4. Emodul dari Kemendikbud

Mendapatkan modul pembelajaran kini lebih mudah, baik bagi tenaga pengajar maupun bagi siswa. Modul elektronik ini bisa diakses melalui website resminya dan diunduh dengan mudah.

Terdapat beberapa paket yang disediakan website tersebut. Selain modul bahan ajar secara umum, terdapat juga modul kurikulum, kewirausahaan dan prakarya, serta modul peminatan lainnya.

Dengan adanya E-modul ini yang mana terdapat ratusan file, akan mempermudah para peserta didik yang mungkin kurang mampu untuk memiliki modul cetak. Siapapun dapat menjangkau bahan belajar dengan menggunakan satu tools yakni gadget. E-modul juga memiliki sifat ramah lingkungan karena tidak mengorbankan kayu untuk menjadi ratusan bahkan ribuan eksemplar bahan ajar.

5. Sumber Belajar

Sesuai dengan namanya “Sumber Belajar” merupakan website penyedia bahan ajar gratis untuk warga Indonesia. Masih dalam rekomendasi Kemendikbud, Sumber Belajar juga mengharuskan para pengunduh untuk “Log In” terlebih dahulu sebelum mengakses seluruh fiturnya. Bahan ajar yang disediakan juga dari berbagai tingkat pendidikan, dari PAUD hingga SMA/SMK.

Hal yang menjadikan portal ini unik yakni adanya Virtual Reality (VR) berbagai tempat yang edukatif seperti museum, tempat-tempat bersejarah, beberapa kampus ternama, dan lainnya. Selain itu terdapat juga beberapa video hasil tugas siswa-siswa dari berbagai daerah, seperti cara membuat small garden di rumah atau presentasi tentang global warming.

6. Setara Daring

Tak henti-hentinya dibuat takjub oleh Kemendikbud, kini ada aplikasi Setara Daring di Playstore dan App Store. Tak hanya itu, Setara Daring juga bisa digunakan di laptop, tablet, dan lainnya.

Selain untuk belajar melalui daring, di aplikasi ini juga terdapat e-modul yang bisa diunduh secara gratis. Terdapat juga akses untuk penugasan modul bagi para siswa. Akses mata pelajaran dan kelas juga dikemas dengan begitu mudahnya sehingga dalam satu genggaman, kamu bisa belajar dengan mudah.

Lebih dari seratus ribu user telah menggunakan aplikasi ini dan belajar di sana dengan tutor yang lebih dari dari 18 ribu. Terdapat tiga paket di Setara Daring, Paket A untuk sekolah dasar, paket B untuk sekolah menengah pertama, dan paket C untuk sekolah menengah atas.

7. Ipusnas

Perlunya menambah wawasan di luar jam sekolah membantu para peserta didik untuk menjalani kehidupannya sehari-hari. Ipusnas atau perpustakaan nasional berbasis internet kini dapat diakses di Playstore dan App Store ponsel kamu. Tidak hanya bahan belajar akademik, namun juga buku fiksi, hiburan, pengetahuan umum, biografi, dan segala jenis buku ada di sana.

7 Alasan Kenapa Artificial Intelligence dan Machine Learning Penting dan Bagaimana Cara Mengenalkannya pada Anak
Perputaran informasi yang cukup pesat di era yang serba digital seperti sekarang ini kemudian memungkinkan bagi anak – anak untuk dapat mempelajari artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML). IBM, Microsoft, dan Google juga memberikan kursus terkait dua bidang tersebut bagi anak – anak.

Sistem peminjamannya ialah dengan klik “pinjam” dan bisa otomatis dikembalikan jika waktunya sudah habis. Biasanya juga terdapat antrian apabila buku itu terlalu laris dipinjam. Maka dari itu, kamu wajib sering refresh aplikasi Ipusnas-mu sebelum dipinjam user lain.

Itulah 7 referensi belajar digital yang dapat diakses oleh semua orang yang bisa menjadi bahan belajar tambahan secara mandiri. Kamu juga bisa menggunakan kejarcita.id untuk mendapatkan bahan ajar digital.

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.