7 Alasan Kenapa Artificial Intelligence dan Machine Learning Penting dan Bagaimana Cara Mengenalkannya pada Anak

teknologi 6 Mar 2021

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) menjadi materi yang sangat dibutuhkan untuk berbagai lini industri. Mulai dari industri teknologi untuk membantu mengambil keputusan, industri media untuk memberikan insight dan rekomendasi, bahkan industri pertanian juga mulai terbantu dengan adanya AI dan ML. Selain itu, AI dan ML juga dapat membantu dalam mitigasi prediksi bencana untuk kegiatan sosial.

Perputaran informasi yang cukup pesat di era yang serba digital seperti sekarang ini kemudian memungkinkan bagi anak – anak untuk dapat mempelajari artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML). Bahkan sekelas IBM, Microsoft, dan Google juga memberikan kursus terkait dua bidang tersebut bagi anak – anak. Hal ini dikarenakan mereka menyadari bahwa AI dan ML lebih baik dipelajari sejak dini agar anak-anak lebih siap menghadapi masa depan.

7 Penerapan Penting Artificial Intelligence dalam Pendidikan
Salah satu teknologi yang belakangan ini menjadi perhatian adalah Artificial Intelligence. Teknologi yang satu ini memiliki peran penting dalam memudahkan berbagai fungsi pekerjaan, termasuk di bidang pendidikan.

Sebelum kita menjawab urgensi dari pembelajaran AI dan ML serta bagaimana mengenalkannya kepada anak, kita perlu mengenal lebih dalam: apa itu artificial intelligence (AI) dan juga machine learning (ML)?

Artificial intelligence (AI): Kecerdasan buatan menyerupai manusia

Artificial intelligence (AI) merupakan kecerdasan buatan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga sebagai intelegensi artifisial atau disingkat AI. AI juga didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.

AI memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input – input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Beberapa dari tugas ini dapat mencakup pemecahan masalah dan pengambilan keputusan atau aktivitas khusus yang membutuhkan persepsi akut, pengenalan, atau kemampuan terjemahan.

AI bekerja dengan menggabungkan sejumlah besar data dengan cepat, pengolahan berulang, dan algoritme cerdas. AI memungkinkan perangkat lunak untuk belajar secara otomatis dari pola atau fitur dalam data. Bidang studi dari AI sangat luas serta mencakup banya teori, metode, dan teknologi. Tak lupa, AI juga memiliki subbidang utama seperti: pembelajaran mesin, jaringan neural, pembelajaran mendalam, komputasi kognitif, visi komputer, dan pemrosesan bahasa alamiah.

Cara kerja artificial intelligence (AI) yaitu AI akan menyediakan interaksi yang mirip manusia dengan perangkat lunak dan menawarkan dukungan keputusan untuk tugas tertentu, tetapi AI bukan pengganti manusia dan tidak akan menggantikan manusai dalam waktu dekat.

Machine learning (ML): Mesin pemberi saran berdasarkan basis data

Machine learning (ML) atau pemelajaran mesin adalah disiplin ilmu yang mencakup perancangan dan pengembangan algoritme yang memungkinkan komputer untuk mengembangkan perilaku berdasarkan data empiris.

Dengan kata lain, ML mendeskripsikan mesin yang diajarkan untuk belajar dan membuat keputusan dengan memeriksa sejumlah besar data masukan. Itu artinya, ML berfungsi menentukan saran dan / atau prediksi yang dihitung berdasarkan analisis informasi yang telah dilakukan dan melakukan tugas-tugas yang dianggap membutuhkan kecerdasan manusia.

Machine learning (ML) sendiri merupakan sebuah kesatuan dari artificial intelligence (AI). Beberapa contoh aktivitas yang dilakukan ML seperti pengenalan ucapan, terjemahan, persepsi visual, dan banyak lagi.

7 Alasan Kenapa Artificial intelligence(AI) dan Machine learning (ML) Penting untuk dipelajari

  1. AI dan ML penting untuk dipelajari karena perusahaan mulai banyak menggunakan teknologi ini untuk berbagai alasan: meningkatkan produk dan layanan, mengevaluasi model bisnis perusahaan, dan meningkatkan proses pengambilan keputusan.
  2. Para pakar memprediksi bahwa pasar AI akan memberikan kontribusi sebesar $ 15,7 Triliun untuk ekonomi dunia pada tahun 2030.
  3. Pada tahun 2020, kita akan memiliki digital customer assistant yang dapat mengenali pelanggan melalui wajah dan suaranya.
  4. Disiplin ilmu AI dan ML sangat fleksibel untuk masuk ke berbagai lini industri, seperti membantu public health care hingga berguna sebagai disaster management.
  5. Memasuki era digital yang semakin canggih, berkarir di bidang AI dan ML adalah sesuatu yang sangat menjanjikan. Banyak perusahaan yang nantinya akan merekrut orang – orang dengan keahlian AI dan ML di masa depan.
  6. AL dan ML dapat meningkatkan user experience (UX) yang lebih baik. Nantinya, penerapan AI di berbagai industri dapat digunakan secara teratur oleh manusia karena kecerdasan buatan pada mesin dan teknologi AI tidak bekerja secara terpisah dari perangkat. Salah satu contoh AI populer adalah asisten virtual seperti Google Assisstant yang disempurnakan untuk membantu kegiatan manusia sehingga menguntungkan pengguna.
  7. AI dan ML berpotensi memberikan dampak yang besar pada masyarakat. Penggunaan AI akan mampu menciptakan, mengubah, dan meningkatkan banyak aspek kehidupan manusia. Misalnya, bercocok tanam di Amerika Serikat telah menjadi lebih mudah dengan Farmlogs, sebuah perangkat lunak yang memberikan informasi kepada petani tentang cuaca dan tanah serta melacak pertumbuhan tanaman untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Beberapa negara bahkan menerapkan AI dalam meningkatkan perencanaan lingkungan, manajemen bencana, dan pencegahan kejahatan.

Dari beberapa penjelasan diatas, kita semakin paham pentingnya artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) dalam kehidupan. Itulah sebabnya kita perlu mengajarkan kepada anak-anak mengenai AI dan ML sejak dini. Lalu bagaimana cara terbaik mengajarkan anak-anak tentang AI dan ML?

Cara Mudah Mengenalkan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) pada Anak-anak

Sekarang sudah banyak sumber pembelajaran artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) di website. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beberapa perusahaan beser memberikan pelatihan dan juga proyek yang dapat diikuti anak-anak untuk memahami AI dan ML dengan mudah. Kita pun dapat membantu mengenalkan hal tersebut dengan mengikutsertakan anak kita ke dalam pelatihan dan proyek tersebut.

Walau demikian, kita tidak bisa memaksakan anak-anak untuk mempelajari AI dan ML, ya. Hal ini dikarenakan minat dan bakat antara satu anak dengan anak-anak yang lain pastilah berbeda. Tapi kita bisa memulainya dengan mengenalkan hal yang sederhana yaitu: game.

Anak-anak zaman sekarang sangat senang bermain game, sehingga kita bisa mulai mengajarkan mereka melalui sesuatu yang mereka sukai. Orang tua dapat mengenalkan kepada anak tentang cerita dimana game yang mereka mainkan dibuat lalu mengajak anak untuk belajar membuat game. Hal ini akan membuat anak – anak penasaran dan semakin ingin tahu tentang AI dan ML.

7 Dampak Positif dan Negatif Penerapan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran
Artificial Intellegence adalah sebagian dari komputer sains yang mempelajari (dalam arti merancang) sistem komputer yang berintelegensi, yaitu sistem yang memiliki karakteristik berpikir seperti manusia

Kita bisa mengarahkan dan mendampingi anak-anak untuk belajar mengenai AI dan ML dengan mengenalkan beberapa website yang khusus mengajarkan kedua disiplin ilmu tersebut menggunakan game dan proyek interaktif yang dapat diikuti.

Berikut adalah beberapa website atau proyek untuk anak – anak dalam mempelajari artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML):

1. Cognimates

Cognimates adalah proyek dari MIT Media Lab. Pelatihannya menggunakan basis blok scratch yang mudah dipahami. Proyek cognimates sangat komprehensif. Selain semua kemampuan Scratch, cognimates mencakup blok untuk AI aplikasi seperti mengenali ucapan, terjemahan, visi komputer, sehingga dapat berinteraksi dengan dunia nyata menggunakan perangkat seperti micro: bit. Blok untuk AI aplikasi tersebut akan membuka pintu ke berbagai robot buatan.

2. Machine learning (ML) For Kids

Machine learning (ML) For Kids adalah sumber daya lain yang sangat mengesankan. Seperti Cognimates, beberapa latihan dibuat menggunakan sistem pemrograman berbasis blok Scratch. Machine learning (ML) for Kids berjalan "di belakang layar" untuk menjelaskan proses model pelatihan dan menggunakannya dalam aplikasi. Lembar kerjanya sangat teliti dan mendukung siswa serta guru yang tidak ahli dalam mata pelajaran tersebut.

3. AI Family Challenge

AI Family Challenge adalah program gratis yang menggunakan sistem Machine Learning For Kids secara terstruktur. Program ini bertujuan agar keluarga dan komunitas dapat bekerja sama untuk menerapkan AI dalam dunia nyata.

4. Google AIY Projects

Google AIY projects adalah Kombinasi "AI" + "DIY”, dimana perangkat keras tersebut memungkinkan eksperimen yang mudah dan terjangkau dengan visi komputer dan pemrosesan bahasa. Mereka dibuat berdasarkan komputer Raspberry Pi dan membutuhkan pengetahuan tentang pemrograman Python, sehingga proyek ini lebih cocok untuk anak-anak yang lebih tua.

Pelatihan diatas adalah sebagian kecil dari cara mengenalkan AI dan ML kepada anak-anak. Orang tua maupun guru dapat menyesuaikan materi dengan kemampuan atau level yang sesuai dengan anak.

Demikian artikel mengenai 7 alasan kenapa artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) penting dan bagaimana cara mengenalkannya pada anak. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.