Podcast-Podcast yang Membahas Dunia Pendidikan

edukasi 22 Des 2023

Pendidikan merupakan tombak dalam memajukan sebuah bangsa. Tanpa pendidikan, mungkin kita semua tidak akan berkembang. Pendidikan itu seperti alat survive atau media untuk beradaptasi agar tidak punah. Setiap harinya pendidikan mengalami banyak perubahan yang dinamis. Semakin maju pendidikan, semakin maju sebuah negara.

Agar terus mengalami perkembangan yang baik, pendidikan perlu terus diusut dan dievaluasi bersama. Hal tersebut bukan hanya tugas kementerian, tetapi juga seluruh elemen masyarakat. Banyak sekali cara mengevaluasi, mengkritisi, mendistribusikan, dan me-review sebuah sistem pendidikan. Salah satunya melalui podcast.

Dalam definisinya, podcast merupakan hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh netizen melalui internet. Podcast memiliki perbedaan dengan radio yang harus ditayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Akan tetapi, podcast dapat diimplementasikan kapan saja dan menariknya bisa didengarkan melalui gadget.

Tidak banyak podcast yang terfokus membahas tentang pendidikan. Namun, banyak channel yang selalu menyelipkan bentuk kritisi, evaluasi, dan apresiasi pada sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini dapat diartikan bahwa masyarakat dan mereka yang memiliki pengaruh di dunia podcast sangat peduli dengan perkembangan pendidikan negara kita.

Mengapa kita perlu sekali untuk mendengarkan podcast bertemakan pendidikan? Sebagai warga negara yang baik, patutnya kita tetap berperan dalam perkembangan dan kemajuan sistem pendidikan negara. Mungkin influence kita tidaklah sebesar mereka yang memiliki pengikut ribuan hingga jutaan di akunnya. Akan tetapi, selalu up to date mengenai sistem pendidikan akan membuat kita lebih bijak dan tidak menghakimi. Syukur-syukur kita turut berkontribusi!

Yuk, seimbangkan pengetahuan kita dengan mendengarkan podcast seputar dunia pendidikan! Simak rekomendasi podcast bertemakan pendidikan berikut ini.

Suara Pendidikan–ITB Mengajar

sumber : https://open.spotify.com/

Dari nama podcast-nya, Suara Pendidikan–ITB Mengajar tentu saja adalah mereka orang-orang yang berasal dari kampus tersebut sebagai pemilik akun. Isi episode-episode mereka sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pandangan dan cara baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Salah satu episode Suara Pendidikan–ITB mengajar ini membahas tentang perbandingan negara-negara lain dan negara kita dalam kesiapannya menghadapi PJJ di awal dan pertengahan pandemi. Ia membahas mengapa di negara lain begitu maju dan tidak banyak kendala seperti di negeri kita.

Di episode lain, ada pula pembahasan mengenai harapan dan tujuan pendidikan di negara kita setelah diserang oleh pandemi Covid-19. Dalam episode tersebut, ada penjelasan terkait adaptasi serta inovasi untuk dapat mempertahankan sektor pendidikan Indonesia agar tetap berkembang.

Aang Supriatna – Edu Podcast

Podcast Aang Supriatna – Edu Podcast ini terbilang banyak sekali episodenya. Ia berfokus membahas pendidikan kewarganegaraan dan Pancasila. Dari akunnya, kita dapat menilai dan menyimpulkan bahwa pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk dipelajari agar dapat menciptakan negara yang berkarakter. Tak hanya itu, penekanan pendidikan Pancasila juga selalu dijadikan tombak untuk memperkuat identitas kebangsaan kita.

Biasanya, di bangku perkuliahan ada program Bela Negara untuk memupuk nasionalisme mahasiswa. Podcast Aang Supriatna – Edu Podcast dapat menjadi alternative di era pandemi untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air.

7 Rekomendasi Kanal Podcast Pembelajaran yang Inspiratif Bagi Guru
Podcast merupakan hasil rekomendasi audio yang bisa didengar oleh semua orang melalui media internet.

Narasi Pendidikan

Bagi yang ingin belajar bahasa Inggris dengan penjelasan yang cukup asyik, podcast Narasi Pendidikan adalah salah satu jawaban yang direkomendasikan. Podcast ini memberikan pengajaran yang sangat mendasar terlebih dahulu, seperti pelafalan setiap huruf dalam bahasa Inggris. Episode berikutnya lebih menyuguhkan materi yang lebih berkembang.

Narasi Pendidikan ini merupakan wujud dari media belajar gratis dan mudah diakses oleh siapa pun. Hal ini menunjukkan siapa pun dapat belajar dan mengembangkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Begitu penting untuk kita menguasai bahasa internasional ini agar dapat mengakses ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Bincang Pendidikan

sumber : https://open.spotify.com/

Podcast Bincang Pendidikan masih tergolong pendatang baru. Namun, kita perlu mengikutinya karena mereka berfokus membahas tentang isu-isu pendidikan yang dikemas secara milenial.

Dalam episode pertamanya, ada cerita tentang perjalanan dalam membangun sistem pendidikan di Indonesia. Di sini kita dapat simpulkan bahwa para milenial juga sangat peduli dan memahami perkembangan sistem pendidikan di negaranya. Hal ini juga merupakan wujud kontribusi anak-anak muda dalam kemajuan Indonesia.

Ruang Rosadi

Memang intro Ruang Rosadi membahas apa pun yang bisa dibahas. Akan tetapi seluruh episodenya membahas seputar pendidikan. Ruang Rosadi mengemas podcast secara santai namun tetap memiliki bobot dan value yang dapat menjadi bentuk kontribusi untuk pendidikan di Indonesia.

Salah satu episodenya yang berjudul “Pengantar Pendidikan sebagai Ilmu dan Wadah Keluarga Besar Ilmu Pendidikan”, terdengar sedikit rumit. Namun, dalam podcast-nya cukup menjelaskan makna apa dan bagaimana baiknya pendidikan itu. Jangan ragu untuk mampir ke akun Ruang Rosadi agar kita tidak asal mengkritisi atau menilai sistem-sistem pendidikan yang telah ada.

Edukasi: Mari Berproses Bersama – Seli Pratiwi

sumber : https://open.spotify.com/

Podcast yang terbilang baru ini membahas tentang seputar pendidikan yang bertujuan agar siapapun pendengarnya, dapat bertumbuh bersama. Tak hanya mengajarkan soal pendidikan, Seli Pratiwi mengajak kita untuk memahami konsep belajar, konsep budaya, dan semacamnya.

Seli Pratiwi juga mengenalkan istilah-istilah dalam media pembelajaran di episode pertamanya. Podcast ini cocok untuk jadi langganan para guru-guru milenial dan calon tenaga pendidik.

Charlotte Mason Indonesia

Podcast yang membahas dunia pendidikan yang dikaitkan dengan karakter dan pandangan Charlotte Mason ini cukup membuat mata dan telinga kita terbuka. Dalam episode pertamanya, akun ini mengenalkan siapa Charlotte Mason, gambaran-gambaran metodenya, bentuk komunitasnya serta bentuk kelebihannya. Episodenya cukup banyak untuk dijadikan playlist Kamu!

Charlotte Mason (1842—1923), merupakan seorang pemikir dan pakar pendidikan Inggris yang pernah sangat terkenal pada masanya. Saat gerakan Home Schooling menguat di Amerika, ide-idenya digali kembali dan menjadi salah satu metode Home Schooling terpopuler, khususnya di kalangan orang tua yang sangat berminat dengan konsep pendidikan progresif, tetapi tetap religius.

Hal yang menjadi fokus metode CM adalah meluhurkan watak anak. Seluruh aspek pendidikan, termasuk pelajaran akademis dilihat sebagai sarana terapi agar karakter anak dapat bertumbuh. Sebagai contohnya, dari belajar membaca, anak melatih kebiasaan memperhatikan; dari latihan menulis terlatih mengerjakan tugas dengan baik dan maksimal; dari matematika, anak terlatih berpikir logis dan presisi.

Dalam episodenya diajarkan cara bernalar, cara menulis, melatih kehendak, mempelajari seni berpuisi, dan masih banyak episode yang berkaitan dengan pendidikan karakter.

7 Podcast Paling Menarik untuk Guru
Sajian Podcast juga tidak begitu kaku namun padat informasi bagi para pendengarnya. Belajar melalui Podcast bisa menemani Anda dalam jam-jam santai

Nah, itulah beberapa podcast bertemakan pendidikan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kita dalam memahami dunia pendidikan. Pendidikan akan selalu mengalami perkembangan, kini kita hidup di era milenial yang mana mereka di balik podcast juga para kaum milenials. Jangan takut untuk bertumbuh dengan generasi-generasi baru.

Kita tidak tahu, kemudian hari media apa lagi yang dapat membantu kita meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Sekarang cukup banyak media yang dimanfaatkan untuk menunjang kemajuan sektor pendidikan. Para tenaga pendidik dan satuan pengajar juga wajib mengikuti zaman agar menyelaraskan perkembangan dunia.

Jadi, kamu tertarik mendengarkan podcast yang mana?

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.