7 Podcast Paling Menarik untuk Guru

edukasi 10 Des 2023

Beragamnya platform di era milenial ini turut mengembangkan dunia pendidikan. Tak hanya bahan ajar yang digembar-gemborkan untuk di-upgrade menjadi lebih canggih dan mengusung tema digital. Kini, sudah banyak wadah untuk menyuarakan pengetahuan seputar dunia pendidikan.

Tak hanya Youtube, platform berupa audio atau sering disebut dengan podcast sudah banyak diminati. Kini, tak hanya murid yang bisa mengakses penjelasan guru sebagai materi belajar. Namun, guru-pun juga dapat menemukan channel-channel yang cocok untuk mengembangan diri sebagai guru, menambah wawasan, dan menerapkannya pada siswa-siswinya.

Informasi dan pelatihan kini bisa didapatkan secara gratis di era digital, bermodalkan gawai dan kuota internet, guru tak perlu lagi mengeluarkan budget transportasi untuk mengikuti pelatihan maupun seminar di luar kota.

Sajian podcast juga tidak begitu kaku, melainkan padat informasi bagi para pendengarnya. Belajar tidak harus di ruangan karena podcast bisa menemani Anda dalam jam-jam santai, dalam perjalanan, maupun ketika menunggu antrian. Tinggal siapkan earphone dan dengarkan dengan nyaman.

Berikut adalah 7 rekomendasi channel podcast yang sangat cocok untuk para guru, yuk simak !

1. Gara-Gara jadi Guru

sumber: https://open.spotify.com/

Podcast yang mengusung tema pendidikan dan pengembangan diri ini dibangun oleh Stefy Akuba.

Pembawaannya ringan dan mudah dicerna oleh pendengar. Channel ini cocok menemani jam santai guru untuk menambah wawasan dan memunculkan insight baru. Bahasanya yang renyah membuat para pendengar tidak terasa sudah dipenghujung Podcast. Setiap ucapannya mengandung makna dan juga bisa diperdengarkan untuk orang tua.

Stefy Akuba memulai channel ini kebetulan karena dia seorang guru dan menceritakan pengalamannya sebagai pendidik. Menjadi yang tidak harus kaku, bisa friendly kepada siswanya, tetapi tetap punya esensi sebagai tenaga pengajar.

2. Podcast Esha

Tak hanya membahas tentang dunia pendidikan dan informasi yang biasa ditemui, Podcast Esha menyuguhkan banyak wawasan bagus untuk para guru sebagai lumbung ilmu. Podcast ini tersedia di Spotify dan menghadirkan narasumber yang kredibel. Durasinya cukup lama sehingga kita perlu konsenstrasi dan meluangkan waktu khusus sekitar 30—45 menitan.

Bagi seorang guru, penting sekali menambah wawasan di luar bidang akademik. Podcast ini cocok menemani para tenaga pendidik yang masih newbie dan angkatan lama. Mengapa begitu? Guru-guru angkatan lama penting untuk mengetahui kondisi pendidikan di era digital. Biasanya mereka banyak yang enggan berkembang dengan alasan tidak bisa menggunakan gawai sehingga tetap menggunakan metode lama dalam memahami siswa-siswinya.

3. Guru Kreatif.Id

Podcast ini tergolong pendatang baru, namun tampilan di akunnya sudah tergolong profesional dan terlihat akan menjadi channel yang berkembang nantinya. Ikuti mulai sekarang karena bahasannya ringan, tetapi berbobot.

Podcast ini tak hanya menyediakan pengetahuan dasar sebagai pendidik, tetapi juga menyelipkan pandangan yang lebih terbuka terhadap dunia pendidikan. Ulasan yang mudah dipahami cocok untuk menemani jam santai Anda. Sambil bersantai, dapat ilmu baru.

Podcast Guru Kreatif.Id bisa dikunjungi di website Spotify, bagi yang sudah mengunduh aplikasi tersebut bisa langsung klik nama podcast-nya di kolom pencarian.

7 Rekomendasi Grup FB yang Ditujukan untuk Guru
Facebook Group Guru bermanfaat untuk Anda berbagi informasi, pengalaman dan memperluas relasi dengan sesama guru di Indonesia.

4. Guruku.Id Podcast

Tidak jauh berbeda dengan podcast Guru Kreatif.Id, Guruku.Id Podcast juga termasuk akun pendatang baru yang profesional. Channel ini bertujuan berbagi, memotivasi dan membangun diri yang tidak hanya ditujukan pada pengajar, tetapi semua kalangan.

Memang episodenya masih tergolong sedikit, namun bahasannya sudah jelas berbobot, tapi sangat mudah dipahami karena bahasanya ringan. Pada salah satu episode, pembicara mengupas tuntas tentang cara mendapatkan beasiswa. Durasinya tak terlalu panjang, tetapi padat informasi, cocok menemani waktu ngeteh-mu di sore hari.

5. Podcast Guru Malas

Sesuai dengan nama podcast-nya, Podcast Guru Malas mengusung cerita tentang dunia pendidikan terutama kisah menjadi guru. Channel ini didirikan oleh Ellit Pipop Setiawan dan episodenya sudah lumayan banyak.

Pembawaanya yang amat sangat santai namun padat informasi akan membuat para pendengarnya ringan dalam mencerna. Podcast ini menunjukkan sisi lain sebagai guru, tak harus selalu kaku dan terlihat rajin di mata siswa. Ini menunjukkan bahwa menjadi diri sendiri lebih baik daripada harus memaksakan diri terlihat garang untuk ditakuti siswa.

Setiap episodenya juga menyuguhkan insight pribadi yang menggugah para pendengar. Bahasannya ringan dan durasinya tidaklah panjang.

6. Guru-Guru Gokil

Bukan mengusung materi, motivasi atau informasi seputar dunia pendidikan secara gambling. Podcast ini merupakan adaptasi film Guru-Guru Gokil yang telah ditayangkan 190 negara dan diterjemahkan dalam 17 bahasa. Iya, ini adalah podcast fiksi yang menceritakan seorang guru bernama Taat Pribadi.

Taat Pribadi berambisi untuk sukses, tetapi kegagalan dan kesialan selalu menimpanya. Taat Pribadi memandang kesuksesan ialah dengan banyak uang. Ceritanya sangat menarik dan banyak value yang bisa diperoleh. Ternyata makna sebuah kesuksesan setiap orang berbeda-beda.

Podcast ini sangat menghibur dan menambah wawasan bagi seluruh pendengar. Channel ini tidak kalah seru dari drama korea, serial Netflix, maupun tayangan-tayangan viral lainnya. Jadi, sediakan waktu untuk mendengar Guru-Guru Gokil di Spotify.

7. Peace Generation Indonesia

Menanamkan perdamaian pada siswa masih jarang dilakukan secara gambling. Maka dari itu, masih marak kasus bullying di dalam dunia pendidikan. Podcast Peace Generation Indonesia sangat cocok menjadi bekal guru untuk memberikan wawasan tentang nilai-nilai perdamaian pada siswanya.

Bullying tidak hanya terjadi antar siswa, tetapi bisa dialami oleh guru, siswa, dan semua warga sekolah tanpa melihat profesi maupun jabatannya. Maka dari itu, sebagai sosok paling berpengaruh di sekolah, guru wajib mendengarkan podcast ini agar dapat menyebarkan nilai-nilai perdamaian di lingkungan sekolah.

Terdapat 12 episode yang anti untuk dilewatkan, jadi apa saja episodenya?

  • Epidode 1 : Aku Bangga Jadi Diri Sendiri
  • Episode 2 : No Curiga No Prasangka
  • Episode 3 : Beda Kebudayaan Tetap Berteman
  • Episode 4 : Beda Keyakinan Nggak Musuhan
  • Episode 5 : Laki-Laki dan Perempuan Sama-Sama Manusia
  • Episode 6 : Kaya Nggak Sombong Miskin Nggak Minder
  • Episode 7 : Kalau Gentlemen Nggak Usah Nge-Gang
  • Episode 8 : Semua Istimewa Semua Berharga
  • Episode 9 : Konflik Bikin Kamu Dewasa
  • Episode 10 : Pake Otak Jangan Pake Otot
  • Episode 11 : Nggak Gengsi Ngaku Salah
  • Episode 12 : Nggak Pelit Memberi Maaf
7 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Konten Podcast Pembelajaran
Podcast merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan koneksi akrab dengan pengikut atau pelanggan potensial. Bagi seorang youtuber, podcast bisa dimanfaatkan untuk membuat konten, Sedangkan untuk pebisnis, podcast bisa digunakan untuk membangun reputasi.

Dari judul tiap episode sudah menggugah untuk didengar, bukan? Tentu saja isinya sangat bermakna dengan nilai-nilai perdamaian. Namun, Podcast ini menggunakan bahasa yang sedikit kaku maka dari itu guru harus menyampaikan dengan cara yang lebih friendly untuk siswa.

Dari semua channel podcast, mana yang membuat Anda sangat tertarik? Semuanya wajib “diicip” karena tak satupun channel di atas mengecewakan. Selamat mendengar!

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.