7 Rekomendasi Grup FB yang Ditujukan untuk Guru

edukasi Apr 09, 2021

Saat ini perkembangan teknologi semakin berkembang sangat pesat di setiap tahunnya. Hal ini tentunya memberikan respon positif bagi setiap orang, terutama untuk para pekerja, teknologi yang semakin berkembang ini dapat membantu dan mempermudah rutinitas yang dilakukan di setiap hari. Era digital ini juga membawa dampak positif bagi setiap orang dalam mendapatkan informasi.

Dampak positif ini sangat berpengaruh bagi para guru dalam mendukung profesinya. Untuk saat ini dan mungkin sampai di tahun selanjutnya guru bisa belanja ide mengenai pembelajaran, cara mengajar, dan sumber belajar yang cocok untuk siswa dari banyak tempat. Selain itu, dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, setiap guru bisa saling belajar bersama sembari mencari informasi dengan guru-guru lain di seluruh Indonesia. Salah satu fitur yang dapat membantu guru yaitu Facebook Grup.

Apabila Anda telusuri lebih dalam lagi, Anda akan menemukan banyak sekali Facebook Grup Guru yang aktif dan bagus untuk Anda masuki. Adapun 7 rekomendasi grup FB yang ditujukan untuk guru yang dapat membantu Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Facebook Grup?

Facebook Grup merupakan salah satu fitur atau aplikasi yang disediakan Facebook. Fitur ini diluncurkan pada 18 November 2014. Fitur ini sudah aktif dan terkenal sejak 6 tahun silam dan masih digunakan oleh setiap pengguna Facebook, salah satunya anak-anak muda, orang tua, pebisnis dan lain sebagainya.

Pemisahan fitur grup Facebook ini dari aplikasi utama bertujuan untuk membantu setiap orang dalam berbagi informasi dengan cepat, mudah dan tepat. Saat Anda sudah memasang aplikasi Facebook Grup di ponsel, Anda akan mendapatkan notifikasi aktivitas grup yang terpisah dari aplikasi utama, yang mana dapat mempermudah Anda dalam berinteraksi dengan para pengguna yang lain.

Facebook grup ini dibuat sebagai tempat untuk berkumpul dan bertemunya para pengguna Facebook yang memiliki minat dan kesamaan tertentu, seperti para pecinta buku, K-Pop, penggemar artis, kesamaan profesi dan lain sebagainya. Dengan begitu, fitur Facebook grup ini bertujuan untuk membantu para pengguna untuk saling berbagi informasi.

Selain hanya mempertemukan para pengguna yang memiliki minat dan profesi yang sama, Facebook grup ini juga bisa menghubungkan Anda dengan para sahabat semasa sekolah, rekan kerja, keluarga dan orang-orang penting lainnya. Setiap anggota dari Facebook Grup bisa bertanya, menjawab pertanyaan, dan posting sesuatu berbagai macam informasi, peristiwa dan hal lain sebagainya.

Dengan adanya fitur Facebook grup ini, tentunya Anda akan semakin mudah dalam memperoleh dan membagikan informasi. Misalnya, ketika Anda ingin membuat pertemuan dengan sesama guru untuk membahas kegiatan pembelajaran, maka Anda hanya tinggal posting berita tersebut di Facebook grup dan notifikasi tersebut akan masuk ke kotak masuk para anggota grup Facebook.

Saat ini, sudah ada lebih dari 500 juta pengguna Facebook grup dan ribuan kelompok yang dibuat di setiap harinya. Facebook grup memiliki tiga jenis privasi yang dapat Anda pilih, yaitu public, closed, dan secret. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga jenis tersebut yang sesuai dengan kebutuhan grup yang akan dibuat nantinya.

Adapun manfaat yang didapat dari menggunakan Facebook Grup, yaitu sebagai berikut.

Manfaat Menggunakan Facebook Grup

1. Lebih Mudah Dalam Memperoleh Informasi

Fitur ini dapat mempermudah Anda dalam memperoleh informasi, seperti berita yang sedang tren saat ini, isu politik, pendidikan dan hal-hal lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui rekomendasi grup FB yang ditujukan untuk guru yang dapat Anda masuki salah satunya.

2. Dapat Sharing Pengalaman

Selain itu, Anda juga dapat berbagi pengalaman atau informasi yang Anda miliki kepada teman-teman satu grup Facebook. Misalnya, ketika Anda memiliki permasalahan di dalam kegiatan belajar, maka Anda dapat membagikan peristiwa tersebut kepada teman-teman Anda yang lain. Selain dapat mengurangi rasa penat dan kejenuhan di dalam diri, berbagi pengalaman tersebut dapat membantu Anda untuk mendapatkan solusi yang mungkin akan diberikan oleh anggota grup yang lainnya.

7 Keuntungan Menjadi Guru Sebagai Karir Anda
Jika Anda ragu untuk memilih guru sebagai karir karena takut dinilai kuno, pemikiran tersebut tidak lah tepat. Profesi guru tidak kalah keren dengan profesi-profesi kekinian

3. Dapat Memperluas Ruang Lingkup Pekerjaan

Fitur Facebook grup juga dapat membantu Anda dalam memperluas ruang lingkup pekerjaan. Misalnya ketika Anda memiliki usaha kecil-kecilan di rumah, maka Anda dapat share berita tersebut ke dalam grup dan menawarkan produk tersebut ke para anggota grup Anda yang lainnya.

7 Rekomendasi Grup FB yang Ditujukan untuk Guru

1. Komunitas Guru Belajar

Komunitas Guru Belajar adalah Facebook grup yang dibuat sebagai tempat  komunitas pendidik untuk saling berdiskusi dan berbagi praktik cerdas pengajaran dan juga pendidikan. Komunitas Guru Belajar ini sudah dibentuk sejak tahun 2015 dengan anggota grup sebanyak 41 ribu orang.

2. Media Guru Indonesia

Grup Media Guru Indonesia telah dibuat sejak 5 Juni 2016. Facebook grup ini bertujuan untuk mendorong setiap guru untuk memiliki kemampuan menulis, baik menulis fiksi maupun nonfiksi. Setiap orang cenderung memiliki ketakutan dalam kegiatan menulis, baik guru, siswa dan yang lainnya. Hal ini dapat dilihat dari sulitnya guru untuk naik pangkat dikarenakan tidak mampu untuk menghasilkan karya tulis.

3. Ikatan Guru Indonesia

Ikatan Guru Indonesia adalah suatu organisasi profesi guru yang sudah disahkan oleh oleh pemerintah pada tanggal 26 November 2009. Adapun tujuan dari Facebook grup ini yaitu untuk mempertemukan setiap anggota grup, berbagi pengalaman sembari saling belajar tentang banyak hal, terutama hal-hal yang mengenai dunia pendidikan.

4. Forum Merdeka Belajar Guru Kece

Forum Merdeka Belajar Guru Kece merupakan Facebook grup yang dijadikan sebagai media diskusi untuk kegiatan belajar mengajar yang terjadi di antara guru-guru di Indonesia dengan menggunakan media online maupun offline. Selain itu, Facebook grup ini mengajak para guru untuk memaksimalkan penggunaan teknologi yang berguna dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan akademik siswa. Forum Merdeka Belajar Guru Kece ini baru dibuat pada tahun 2020 dengan anggota grup sebanyak 2,6 ribu orang.

Adapun 10 topik yang dibahas di dalam grup ini, yaitu (1) wawasan kece, (2) info kece, (3) tips kece, (4) video pembelajaran kece, (5) resensi buku kece, (6) inspirasi kece, (7) diskusi kece, (8) poling kece, (9) teka-teki kece, dan (10) kejarcita.id. Semua topik yang dibahas di dalam Facebook grup ini bertujuan untuk membantu setiap guru untuk melek teknologi. Dengan begitu para guru akan menggunakan teknologi untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Untuk bergabung ke grup ini, klik link berikut:

https://www.facebook.com/groups/kejarcita.id

5. Guru Merdeka Belajar

Guru Merdeka Belajar adalah Facebook grup yang mempertemukan guru untuk mengikuti berbagai macam kegiatan, seperti pelatihan guru, seminar, diklat guru yang dilakukan secara online maupun offline. Facebook grup ini dibuat sejak 9 Februari 2020 yang kini beranggotakan 8,6 ribu orang.

6. Guru Pembelajar (SIM PKB) 2020

Guru Pembelajaran (SIM PKB) 2020 adalah Facebook grup yang berguna sebagai wadah sosial untuk para guru yang ada di seluruh Indonesia untuk saling berbagi pengetahuan tentang program pemerintahan dalam mengupayakan pengembangan kompetensi sebagai seorang guru. Facebook grup ini dibuat sejak Februari 2020.

Alasan Pentingnya Menjaga Komunikasi antara Guru dan Orangtua
Adapun tujuan utama komunikasi antara guru dan orangtua siswa yaitu memastikan anak dapat belajar secara efektif serta memastikan kebutuhan belajarnya dipenuhi dengan baik.

7. Kampus Guru Cikal

Grup Kampus Guru Cikal merupakan Facebook grup yang awalnya dibentuk untuk guru-guru di Sekolah Cikal. Kampus Guru Cikal adalah lembaga pengembangan karier guru dan tenaga kependidikan yang dipercaya guru dalam menjunjung kemerdekaan belajar adalah kunci merubah pendidikan menjadi lebih baik lagi. Namun, saat ini Kampus Guru Cikal tidak hanya diperuntukkan untuk guru-guru di Sekolah Cikal saja, tetapi juga untuk setiap guru yang ada di seluruh Indonesia.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa Facebook grup ini memiliki banyak manfaatnya. Nah, dari 7 rekomendasi grup FB yang ditujukan untuk guru, Facebook grup apa yang sudah Anda ikuti? Atau apa Anda sudah memiliki rencana untuk bergabung ke dalam salah satu Facebook grup tersebut?

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.