7 Keuntungan Menjadi Guru Sebagai Karir Anda

edukasi Jan 22, 2021

Di zaman dahulu guru adalah sebuah cita-cita yang dianggap sangat membanggakan. Terlebih di kalangan masyarakat pedesaan. Banyak yang memimpikan untuk menjalani karir ini. Namun seiring munculnya profesi-profesi baru saat ini membuat profesi guru tidak lagi banyak diminati. Padahal ada banyak sekali keuntungan menjadi tenaga pendidik.

Jika Anda ragu untuk memilih guru sebagai karir karena takut dinilai kuno, pemikiran tersebut tidak lah tepat. Profesi guru  tidak kalah keren dengan profesi-profesi kekinian. Berikut ini ada 7 keuntungan yang dapat Anda rasakan jika menjadi pengajar:

1. Ilmu yang Terus Bertambah dan Bermanfaat

Ilmu yang kita dapatkan sedari kecil tidak akan bisa terus bertahan dalam pikiran jika tidak dipelajari lagi. Namun beruntunglah Anda jika menjadi guru. Ilmu pengetahuan beserta wawasan Anda tidak hanya akan mengendap. Dengan mengajar peserta didik, ilmu itu akan terus diingat bahkan bertambah.

Anda dituntut untuk belajar setiap hari meskipun telah menguasai materi yang menjadi pegangan Anda. Akan tetapi itu tidak lah cukup. Pasti akan selalu ada ilmu-ilmu baru yang akan Anda dapatkan berkat pertanyaan dari siswa.

Selain itu, ilmu yang Anda berikan pada mereka bisa terus diamalkan dan bermanfaat. Semakin banyak yang mempraktekkannya, maka akan kian banyak juga yang merasakan faedahnya. Anda tidak hanya bekerja untuk kepentingan duniawi. Namun Kebutuhan spiritual Anda juga tercukupi.

2. Berperan Penting dalam Pendidikan Anak Bangsa

Tidak asing kita dengar dan baca adanya ungkapan bahwa guru adalah pekerjaan mulia. Mereka membagikan ilmunya kepada semua siswa dengan sabar. Bahkan guru dijuluki sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Mengapa demikian?

Kendati pun bayaran yang didapatkan oleh guru tidak lah tinggi di Indonesia, namun jasanya pada Negara begitu besar. Perkembangan dan kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) bergantung pada para pengajar. Pendidikan anak bangsa menjadi tanggung jawab mereka.

Apabila Anda masih belum yakin untuk menjalani profesi ini, lihatlah betapa berjasanya seorang guru. Anda punya kesempatan yang besar untuk mengabdi dan menjadi inspirasi anak-anak dalam menjalani masa depannya. Orang-orang hebat di negeri ini berawal dari belajar kepada seorang guru. Jadi, apakah Anda masih ragu-ragu?

3. Pengalaman Mengajar Siswa Beragam Karakter

Tidak hanya ilmu akademik yang Anda bagikan kepada murid. Pendidikan karakter juga akan menjadi tanggung jawab para guru. Pasalnya, Anda akan dipertemukan dengan beragam karakter dari peserta didik di sekolah.

Pengalaman ini tentu sangat menarik. Anda tidak akan merasakannya jika tidak menjadi guru. Bertemu dan belajar bersama siswa yang berbeda-beda karakter dalam satu kelas akan sangat menantang. Kebahagiaan tiada tara bisa Anda rasakan jika berhasil menaklukkan keberagaman mereka.

Maka dari itu, profesi guru sangat disarankan jika Anda menyukai tantangan. Mengajar memang seringkali terlihat mudah, tapi setelah dipraktekkan ternyata tidak semudah yang kita lihat apabila tidak punya skill mengajar. Maka pastikan skill ini Anda miliki dan asah sebaik mungkin.

Berikut 7 Kanal Youtube yang Menggabungkan Konten Pelajaran dan Pendidikan Karakter
Melalui platform Youtube, Anda dapat memperoleh banyak referensi untuk anak. Supaya terhindar dari konten-konten yang tidak berfaedah, kami punya 7 rekomendasi channel Youtube untuk putra putri Anda.

4. Dekat dengan Anak-Anak

Buat Anda yang sangat menyukai anak-anak, profesi guru akan sangat menguntungkan. Ketertarikan Anda dapat tersalurkan dengan mudah. Anda bisa bertemu anak-anak setiap hari. Tidak hanya untuk mengajar, namun juga bermain bersama mereka. Tidak menutup kemungkinan para siswa akan menganggap Anda seperti orang tuanya sendiri.

Jika Anda memulai karir ini sejak di masa lajang, tentu menjadi guru akan sangat bermanfaat. Pekerjaan ini juga memberikan pengalaman mendidik anak. Jadi, Anda bisa belajar sebelum melahirkan anak kandung sendiri. Bekal ini sangat penting untuk masa depan keluarga.

Menjadi dekat dengan anak-anak adalah kesempatan yang luar biasa. Tingkah laku mereka yang menggemaskan dan terkadang menjengkelkan akan mewarnai hari-hari Anda. Menarik, bukan?

5. Jam Kerja Lebih Singkat

Dibandingkan dengan profesi lainnya, menjadi guru juga sangat menguntungkan dari segi jam kerja. Rata-rata orang bekerja 8 jam sehari. Bahkan tidak jarang harus lembur hingga malam. Menjadi berbeda jika Anda memilih profesi guru. Jam bekerjanya tentu mengikuti waktu belajar siswa.

Sekolah SD paling lambat pulang jam 1. Jika Anda mengajar di lembaga pendidikan yang menerapkan full day school, waktunya juga tidak akan bertambah sangat banyak. Profesi ini akan sangat cocok untuk para ibu rumah tangga. Tidak akan khawatir bekerja setiap hari, apalagi mengajar di sekolah yang sama dengan tempat belajar anaknya.

6. Durasi Liburan Lebih Panjang

Selain jam kerja yang lebih singkat, para guru juga punya waktu berlibur yang lebih panjang. Tidak seperti profesi lain yang harus mengajukan cuti untuk mendapat libur, guru punya durasi liburan di pertengahan dan akhir tahun ajaran. Liburannya pun sangat panjang menyesuaikan dengan libur siswa.

Keuntungan ini pasti menjadi daya tarik dan membuat banyak iri teman-teman Anda yang bukan guru. Anda dapat menikmati liburan bersama keluarga dengan puas. Maka dari itu jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi guru jika Anda menginginkannya.

7. Rutinitas Tidak Monoton

Ada yang bilang menjadi guru sangat monoton ruang kerjanya. Siapa bilang? Justru menjadi guru akan membuat Anda terus melakukan hal-hal baru bersama siswa. Terlebih lagi saat Anda menerapkan eksprimen dari teori yang dipelajari di kelas.

Setiap hari rutinitas yang dijalani seorang guru memang lah mengajar hal yang sama. Namun ilmu dan cara menyampaikannya akan selalu bisa berbeda. Kreatifitas Anda sangat diuji dalam mencairkan suasana di kelas. Guru dituntut untuk kreatif dan inovatif agar siswa tidak jenuh belajar.

Oleh karena itu profesi ini akan sangat menyenangkan untuk dijalani. Anda dapat mengajar di alam bebas, membuat lagu-lagu bermuatan materi, senam pagi dan ice breaking, dan lain sebagainya. Setiap hari akan menjadi hari yang selalu beda.

6 Inovasi Pembelajaran dari Para Guru Inovatif
Model pembelajaran baru yang dapat dikembangkan ini harus memiliki tiga prinsip pembelajaran inovatif. Yaitu berpusat pada siswa, berbasis masalah, terintegrasi, berbasis masyarakat, memberikan pilihan, tersistem, dan berkelanjutan.

Menjadi seorang guru adalah tugas mulia. Ia tidak hanya bertanggung jawab pada kecerdasan anak bangsa. Guru juga mendidik siswa menjadi pribadi yang berkarakter. Jasanya akan selalu terkenang sepanjang masa. Dengan memilih profesi ini, sudah barang tentu Anda siap mendedikasikan diri untuk turut memajukan pendidikan di Indonesia.

Sesungguhnya masih banyak keuntungan-keuntungan menjalani profesi guru. Tujuh poin di atas hanyalah beberapa keuntungan yang paling tampak. Sedangkan manfaat serta keseruan lainnya hanya dapat Anda rasakan ketika terjun langsung. Jadi, apakah masih ada hal yang membuat Anda belum yakin pada profesi ini?

Semoga artikel kami dapat memberikan pencerahan atas keragu-raguan Anda!

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.