7 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Konten Podcast Pembelajaran

edukasi 8 Mar 2021

Akhir-akhir ini podcast mulai terkenak di beberapa kalangan, Banyak orang mulai mencoba membuat podcast baik untuk tujuan konten semata atau membangun sebuah brand. Tapi, Apa itu podcast sebenarnya?

Sebelum itu, podcast merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan koneksi akrab dengan pengikut atau pelanggan potensial. Bagi seorang youtuber, podcast  bisa dimanfaatkan untuk membuat konten, Sedangkan untuk pebisnis, podcast bisa digunakan untuk membangun reputasi.

Bahkan saat ini, di era pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah dari rumah, banyak pengajar yang mulai menggunakan podcast sebagai salah satu media pembelajaran.

Apa itu Podcast?

Saat Anda mendengar sebuah podcast pertama kali, mungkin muncul di pikiran anda adalah wah ini mirip radio! Memang mirip, tapi berbeda.

Podcast itu memang mungkin mirip dengan radio, tapi sebenarnya sangat berbeda. Kesamaannya  podcast umumnya berupa audio (walaupun sekarang juga ada podcast video) yang didengarkan seperti Anda mendengar radio.

Kesamaan lain adalah seperti radio dimana Anda harus memilih mau mendengarkan stasiun radio A atau stasiun radio B dan seterusnya.Di Podcast juga sama, anda juga perlu memilih mau mendengarkan podcastnya siapa di topik apa. Ada ribuan kategori topik yang bisa anda dengarkan.

Bedanya podcast dengan radio adalah podcast merupakan rekaman. Biasanya tidak ada atau jarang ada iklan, tidak ada selingan lagu yang berkepanjangan dan anda bisa memilih mau mendengar topik apa, tidak perlu mengikuti jadwal radio.

Biasanya podcast terbagi atas episode-episode dimana tiap episode biasanya ada judul tertentu, jadi biasanya tahu bahas apa. Panjang tiap episode biasanya antara 10 menit s/d 90 menit lebih (tergantung keinginan si pembuat podcast).

Jenis Konten Pembelajaran yang Cocok untuk Mengisi Instagram Anda
Instagram dapat dimanfaatkan sebagai strategi penyampaian informasi dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran

Jenis-Jenis Podcast

Jika anda bertanya-tanya bagaimana cara memulai podcast, Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah memutuskan jenis podcast apa yang akan anda buat. Berikut beberapa jenis podcast yang bisa anda pilih :

1. Interview Podcast, Sesuai dengan namanya, Podcast jenis ini merupakan podcast dimana host akan mewawancarai tamu (narasumber) yang berbeda pada setiap episode. Salah satu contoh podcast ini adalah Podcast Deddy Corbuzier di Channel Youtube Nya.

2. Solo Podcast, Podcast ini biasanya bersifat monolog, Jadi Podcast ini hanya dengan satu orang. Biasanya Podcast ini digunakan untuk menyampaikan opini, tanya jawab ataupun berbagi informasi antara pembuat Podcast dan pendengar.

3. Multi Host Podcast, podcasting ini memiliki dua host atau lebih, Podcast multi-host menawarkan diskusi yang memiliki pendapat dan perspektif yang berbeda, yang dapat membawa nilai hiburan lebih bagi pendengar yang suka mendengarkan percakapan dan debat alih-alih satu orang berbicara.

Podcast untuk Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran, podcast memberikan kesempatan bagi pengajar untuk menyebarkan konten audio yang interaktif, yang dapat didengarkan oleh pebelajar kapanpun dan dimanapun. Seorang pebelajar hanya perlu untuk berlangganan ke podcast feed dan dengan seketika pengajar dapat mengirim konten edukasi pada mereka tanpa harus ditunggu. Podcast dapat dengan mudah digunakan di sekolah, universitas atau institusi pendidikan dan meningkatkan proses pembelajaran.

Banyak institusi pendidikan yang telah menerapkan podcast ke dalam sistem pendidikan mereka dan mendapat hasil yang positif. Hal tersebut didukung dengan mudahnya proses produksi dan distribusi konten serta berbagai cara bagaimana podcast dapat meningkatkan pengalaman belajar.

Berikut ini beberapa pengalaman belajar yang didapatkan dengan menggunakan podcast:

1. Sumber informasi yang kreatif

Metode pembelajaran tradisional menitikberatkan format pengajaran, yang terus menerus menjadi standar pada pembelajaran ruang kelas. Meski demikian, tidak semua pengajar mampu mengunci fokus pebelajar yang mudah “zone out” setelah beberapa menit. Podcast yang informatif, disusun dengan baik, langkah cepat dan menghibur, dapat menangkap perhatian dan imajinasi pebelajar. Hal tersebut tidak berarti setiap pengajar harus memproduksi podcast sendiri, mereka dapat menggunakan podcast gratis yang sudah ada. Banyak sumber yang dapat diambil, misalnya iTunes, Spotify, Google Music, dan lain-lain.

2. Ditujukan untuk meningkatkan pemahaman

Peran dari podcast di masa depan yakni meningkatkan keterampilan pemahaman melalui mendengar. Banyak pebelajar yang mampu menyerap lebih banyak informasi saat mereka mendengarkan dibandingkan dengan membaca, pada beberapa kasus bahkan tiga kali lebih banyak. Hal tersebut mendorong proses diskusi, yang dapat mendorong berpikir kreatif dan komunikasi terbuka antara pengajar dan pebelajar.

3. Instrumen untuk belajar bahasa asing

Kelebihan lain dari podcast sebagai media belajar yakni kemampuan untuk mengasah keterampilan bahasa asing. Dengan mendengarkan kata-kata yang tidak akrab dapat membantu pebelajar belajar pelafalan yang benar dan makna yang kontekstual, terutama apabila mereka dapat membuat catatan.

4. Meningkatkan hubungan dengan pebelajar

Dengan meningkatnya penggunaan teknologi, ada semacam jarak yang memisahkan pebelajar dengan pengajar. Pebelajar akan merasa pengajarnya tidak memahami dunia mereka. Namun dengan menggunakan podcast di kegiatan pembelajaran, pengajar dapat ‘masuk’ ke dunia pembelajar yang menggemari teknologi.

5. Menstimulasi kemampuan berpikir kreatif

Podcast juga dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif, kritis dan talenta artistik. Salah satunya dengan cara memberikan beberapa podcast tentang berpikir kreatif dan mengimplementasikannya ke dalam sebuah project.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Konten Podcast Pembelajaran

Setelah mengetahui seluk beluk tentang podcast ini, anda mungkin tertarik menggunakan podcast sebagai salah satu metode pembelajaran. Sebelum membuat konten podcast pembelajaran, berikut hal-hal yang harus anda perhatikan.

1. Tentukan sifat podcast anda

Apa isinya? Tuliskan agar Anda tidak lupa. Buatlah semacam garis besar atau pengaturan agar apa yang akan Anda bahas dan/atau promosikan tidak melenceng. Misalnya, sebagai pengajar tentu anda ingin membuat podcast yang bersifat edukatif.

2. Tentukan jenis podcast anda

Pada bagian sebelumnya, anda sudah tahu jenis-jenis podcast yang bisa anda pilih. Apakah itu solo podcast, interview podcast atau multi host podcast, pilih yang sesuai dengan teknik mengajar anda.

3. Buat naskah podcast

Sebelum mulai merekam konten anda, yang perlu anda lakukan terlebih dahulu adalah membuat naskah podcast. Naskah ini sangat penting, karena bisa membantu anda untuk tetap fokus pada tujuan podcast anda. Anda bisa membuat naskah berdasarkan materi belajar yang ingin anda sampaikan.

4. Buat intro yang menarik

Selain pembahasan topik tertentu dan memastikan warna suara yang enak didengar, cara yang bisa anda gunakan untuk memberikan kesan unik dan tak terlupakan untuk podcast-mu adalah dengan membuat intro yang menarik. Anda bisa menambahkan sedikit musik atau kalimat pembuka tertentu yang membuat podcast anda menjadi lebih menarik.

5. Rekam podcast sembari melakukan sesuatu

Merekam podcast enggak melulu harus diam di sebuah tempat hening dengan sikap duduk yang tegak. Anda bisa membuat podcast sambil melakukan sesuatu. Entah itu sambil bermain gitar, makan, minum kopi ataupun sambil menyiapkan makanan. Rekaman sambil beraktivitas ini bukan hanya membuat tubuh lebih santai tapi juga mengalirkan pembicaraan yang anda lakukan.

7 Tips Agar Video Pembelajaran Lebih Interaktif dan Menarik di Youtube
Di kanal Youtube bertebaran beraneka ragam video pembelajaran. Apabila Anda ingin membuat sendiri video pembelajaran, maka buatlah yang lebih interaktif dan menarik.

6. Siapkan peralatan yang mendukung

Pastikan saat akan membuat konten podcast anda suda siap dengan semua peralatan. Mulai dari ponsel pintar atau komputer untuk merekam hingga microphone yang berkualitas, agar konten podcast anda enak di dengar.

7. Buat serial khusus untuk podcast anda

Ketika anda merasa memiliki banyak pembahasan untuk sebuah topik pembelajaran, anda dapat membaginya menjadi beberapa episode serial khusus. Selain bisa membahas secara detail dari A sampai Z mengenai hal yang anda ajarkan, anda juga dapat memicu rasa penasaran para pendengar sehingga mereka akan setia menunggu siaran podcast anda berikutnya.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.