Menyusun Quiz tentang Pemanfaatan Web dan Sosial Media untuk Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik (Student Engagement) dalam Pembelajaran

edukasi 23 Jan 2024

Dalam sebuah proses pembelajaran, keterlibatan peserta didik itu penting. Pembelajaran tak hanya berfokus bagaimana proses transfer materi pelajaran semata. Namun, keterlibatan peserta didik juga menjadi indikator penting dalam pembelajaran.

Sering kali keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran ini justru menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Guru juga sering tidak berhasil dalam mengajak peserta didik untuk terlibat dalam pembelajaran.

Ini yang membuat guru terus mencari cara. Salah satunya dengan menyusun quiz yang memanfaatkan website dan sosial media untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Artikel ini selanjutnya akan membahas tentang bagaimana menyusun quiz yang memanfaatkan website dan sosial media untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.

Apa Itu Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran?

sumber: https://www.pexels.com/

Apa itu keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran? Sebenarnya, konsep keterlibatan peserta didik itu sifatnya multidimensional. Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tidak bisa dilihat dalam satu aspek saja, melainkan dari berbagai aspek, mulai dari keterlibatan perilaku, keterlibatan emosionl, hingga keterlibatan kognitif.

Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran jika dilihat dari sisi perilaku bisa diartikan sebagai usaha, ketekunan, perhatian, mengajukan pertanyan, partisipasi dalam aturan main, dan tidak mengganggu saat berlangsungnya proses pembelajaran.

Jika dilihat dari aspek emosional, keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran bisa dilihat dari sikap afektif yang dimiliki peserta didik terhadap sekolah, kelas, teman sekelas, dan guru mereka. Sikap afektif ini meliputi rasa bosan, bahagia, sedih, cemas, rasa memiliki, rasa suka, ataupun tidak suka terhadap sekolah.

Sementara itu, keterlibatan kognitif peserta didik dalam pembelajaran bisa diukur dari bagaimana peserta didik mengeluarkan usahanya untuk mengikuti pembelajaran. Ini bisa diketahu dari bagaimana peserta didik terlibat aktif mengikuti proses pembelajaran mulai dari awal hingga akhir, mulai dari menyusun rencana belajar, hingga melakukan refleksi setiap pelajaran berakhir.

Ketiga aspek keterlibatan ini saling terkait dan tidak terpisahkan. Saat peserta didik memiliki hubungan yang baik dengan teman sekelas dan gurunya, serta memiliki rasa memiliki terhadap sekolah, meraka akan lebih mungkin untuk ikut serta dalam diskusi dan kegiatan di kelas (keterlibatan perilaku). Seiring berjalannya waktu, keterlibatan ini akan mengarahkan peserta didik untuk berkomitmen dan melakukan investasi yang lebih kuat dalam proses pembelajaran (keterlibatan kognitif).

Mengapa Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Itu Penting?

Mengapa keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran itu penting? Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran adalah kunci penting dalam keberhasilan pembelajaran itu sendiri. Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran bisa menjadi indikator bagaimana perkembangan belajar peserta didik. Selain itu, dengan adanya keterlibatan peserta didik, pembelajaran akan berlangsung lebih menyenangkan dan bermakna.

Apabila peserta didik bisa menampilkan tingkat keterlibatan perilaku, emosional, dan kognitif yang tinggi, mereka akan cenderung lebih unggul secara akademis, memiliki rasa terikat yang kuat dengan sekolah, serta memiliki perasaan yang lebih positif.

Sebaliknya, apabila keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran itu rendah, akan banyak masalah yang muncul. Akan banyak gangguan selama proses pembelajaran berlangsung, misalnya, membolos, perkelahian antar peserta didik, kenakalan, kekerasan, hingga penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa menciptakan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, akan menyukseskan tujuan pembelajaran itu sendiri.

Faktor yang Memengaruhi Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran

sumber: https://www.pexels.com/

Sebenarnya, jika tidak ada keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, itu bukan salah guru semata. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Pertama, relasi antara guru dan peserta didik. Relasi atau hubungan antara guru dan peserta didik adalah faktor pertama yang memengaruhi keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Semakin baik dan dekat hubungan antara guru dan peserta didik, semakin tinggi pula keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.

Kedua, faktor stamina guru. Biasanya, jika guru memiliki stamina yang rendah, guru akan lelah dalam mengajar. Guru yang kelelahan saat mengajar, cenderung mengabaikan peserta didik. Ia cenderung tidak memancing peserta didik untuk aktif terlibat.

Ketiga, kondisi pribadi peserta didik. Jika peserta didik memiliki masalah pribadi, dia akan cenderung tidak fokus dalam pembelajaran. Ini membuatnya tidak akan terlibat aktif dalam pembelajaran.

Keeempat, metode pembelajaran yang kurang tepat. Jika metode pembelajarannya tidak tepat, misalnya menggunakan metode ceramah, itu akan menutup kesempatan peserta didik untuk bisa terlibat dalam pembelajaran.

Menyusun Quiz yang Memanfaatkan Website dan Sosial Media untuk Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran

Setelah tahu betapa pentingnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, tentu sangat penting untuk bisa mewujudkannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun quiz yang memanfaatkan website dan sosial media untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.

Perbedaan Kegiatan Intrakurikuler dengan Ekstrakurikuler
Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah yang berlangsung dalam jam pelajaran di setiap harinya

Ada satu aplikasi ataupun website yang bisa dijadikan alat bantu bagi guru dalam mengajak peserta didik untuk terlibat aktif, yaitu menggunakan Quizizz. Quizizz merupakan aplikasi pendidikan yang membantu guru dalam membuat, mendistribusikan, hingga menilai soal. Qizizz menyedikan kuis interaktif yang bisa dimanfaatkan guru untuk memberikan latihan soal pada peserta didik.

Dalam penerapannya, Quizizz dapat memberikan kuis interaktif dengan lima pilihan jawaban. Setelah menjawab pertanyaan, Quizizz akan menampilkan statistik hasil kerja peserta didik. Quizizz akan memberikan batas waktu pada peserta didik untuk menjawab pertanyaan.

Aplikasi kuis yang interaktif ini dapat digunakan guru ketika telah selesai menyampaikan materi pembelajaran di kelas. Guru bisa memberikan kuis untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dalam menerima materi pelajaran yang sudah diberikan.

Tidak hanya dapat digunakan saat kegiatan belajar di kelas, Quizizz juga dapat digunakan peserta didik untuk belajar di rumah. Guru bisa memberikan PR (Pekerjaan Rumah) kepada peserta didik dalam bentuk Quizizz ini. Dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz ini, guru lebih terbantu dalam mengadakan evaluasi terhadap peserta didiknya.

Melalui permainan yang ada di Qizizz ini, peserta bisa terlibat aktif dalam pembelajaran. Metode gamifikasi seperti ini tentu akan lebih menyenangkan bagi peserta didik.

Ada juga website Wordwall. Wordwall adalah website yang bisa digunakan untuk membuat sumber belajar yang interaktif. Website ini menyediakan template kuis dalam berbagai bentuk. Mulai dari menjodohkan, memasangkan pasangan, nagram, acak kata, mengelompokkan kata, pencarian kata dan lain sebagainya.

Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-learning
Literasi digital sangat penting dalam kurikulum merdeka, karena siswa bebas mencari sumber belajarnya. Jika siswa tidak memiliki kemampuan literasi digital yang baik, maka siswa bisa salah memilih sumber belajar.

Wordwall menyediakan kuis yang menarik dan interaktif. Situs ini bisa membantu guru dalam menyediakan sumber belajar sekaligus membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran itu penting. Guru perlu mencari cara untuk bisa mewujudkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, termasuk dengan menyusun quiz yang memanfaatkan website dan media sosial.

Demikian artikel tentang menyusun quiz yang memanfaatkan website dan sosial media untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menyusun quiz yang memanfaatkan website dan media sosial untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.