Cara Buat Kuis Online di kejarcita.id

edukasi Okt 09, 2020

Di era modern dan disrupsi saat ini sumber belajar yang tersedia sangat beragam. Mulai dari yang disediakan pemerintah secara gratis maupun yang ditawakan oleh platform teknologi pendidikan yang dimiliki lembaga sosial dan perusahaan start-up dengan paket berbayar atau berlangganan.

Banyak layanan dan fitur pembelajaran menarik yang ditawarkan oleh setiap platform edutech ini. Ada yang fokus pada layanan live teaching, ada juga yang fokus pada try out dan UTBK, serta ada juga yang fokus pada Learning Management System. Masing-masing menonjolkan ciri khas dan keunggulannya agar bisa menarik pengguna yaitu para guru, murid, dan orangtua.

Salah satu fitur yang biasanya ditawarkan oleh beberapa platform teknologi pendidikan adalah bank soal dan layanan manajemen kuis dan ulangan online otomatis. Contoh edutech yang memiliki fitur tersebut adalah kejarcita.id.

Perusahaan rintisan yang berdiri tahun 2017 ini, memiliki fokus layanan dan program pada upaya memperluas akses pendidikan yang merata dan penyediaan sumber belajar berkualitas kepada seluruh anak Indonesia.

Salah satu fitur unggulan dari kejarcita.id adalah bank soal sekolah dan manajemen kuis dan ulangan online otomatis yang sebagaian besar bisa diakses secara gratis.

Selain itu fitur lainnya yang bisa diakses secara gratis maupun berlangganan adalah seperti video pembelajaran interaktif, rangkuman materi dan worksheet satu lembar yang bisa dicetak, fitur pengumuman, membagikan kuis open, tanya-jawab murid dan tutor seputar materi pembelajaran, presensi online, dan layanan bantuan konsultasi dan input soal dari tim kejarcita.id.

Apabila ingin mencoba fitur-fitur tersebut Anda hanya perlu melakukan registrasi dan membuat akun kejarcita.id dengan Langkah yang sangat mudah. Misalnya jika Anda ingin membuat kuis untuk latihan para siswa, proses dan caranya sangat mudah.

Berikut Langkah-langkah apabila Bapak/Ibu ingin membuat kuis online dari bank soal kejarcita.id.

1. Silakan masuk ke laman kejarcita.id terlebih dahulu, kemudian klik ‘Masuk’ apabila sudah memiliki akun sebelumnya atau klik ‘Daftar’ jika Anda belum mendaftar dan memiliki akun sebelumnya.

2. Apabila sudah memiliki akun, selanjutnya masukkan Username / Email dan Kata Sandi Anda pada kolom yang tersedia.

3. Setelah masuk di laman utama kejarcita.id, selanjutnya silakan klik menu (modul) ‘kuis’.

4. Selanjutnya Anda akan masuk ke laman ‘Kuis’. Pada laman ini tampak tampak daftar soal yang pernah dibuat. Pada bagian kanan, terdapat dua pilihan jenis kuis, yaitu ‘Latihan’ dan ‘Ulangan’. Perbedaan utamanya adalah ‘Latihan’ tidak ada batasan waktu dan bisa diakses kapan saja oleh para murid di kelas Anda, sementara ‘Ulangan’ memiliki batasan waktu sesuai pengaturan yang dibuat oleh Anda diawal pembuatan soal.

5. Misalnya pada kasus kali ini kita coba menggunakan pilihan ‘Latihan’. Setelah klik ‘Latihan’ selanjutnya akan muncul tampilan kolom pembuatan soal. Silakan mengisi kolom ‘Tingkat’, ‘Grup’, ‘Mata Pelajaran’, ‘Topik’, ‘Jumlah Soal’, dan ‘Tingkat Kesulitan’, sesuai dengan isi soal (kuis) yang ingin Anda buat.

6. Setelah mengisi semua informasi di atas, selanjutnya tekan tombol ‘Buat’ yang berada pada bagian bawah kolom.

7. Setelah menekan tombol ‘Buat’ nantinya akan tampak layar utama daftar kuis yang sudah dibuat. Soal kuis yang telah Anda buat akan berada pada urutan paling atas.

8. Silakan tekan ‘Lihat’ untuk mengoreksi isi soal kuis apabila ada yang keliru atau ingin diganti.

9. Setelah menekan tombol ‘Lihat’ akan muncul layar detail informasi soal. Pada tampilan akan ada dua tab yaitu ‘Ringkasan’ dan ‘Pertanyaan’. Silakan Anda pilih ‘Pertanyaan’.

10. Pada layar ‘Pertanyaan’ ini akan tampak daftar soal yang sudah dibuat otomatis oleh sistem sesuai kriteria yang diisi pada kolom ‘Soal’ sebelumnya. Jika ada soal yang ingin diganti, Anda hanya perlu menekan tombol ‘Edit Pertanyaan’ pada pojok kanan atas.

11. Apabila ada soal yang kurang cocok atau ingin diganti, Anda bisa menghapus soal tersebut dan mengganti dengan soal lain yang lebih cocok. Untuk mengganti soal, Anda hanya perlu menekan tombol ‘Hapus’ pada bagian kanan soal.

12. Setelah menghapus satu soal, pada bagian jumlah soal juga akan ikut berkurang dari 10/10 menjadi 9/10. Sebelum selesai melakukan pengeditan pastikan kuota soal berjumlah 10/10.

13. Selanjutnya apabila ingin menambahkan soal. Anda hanya perlu mencari soal yang ingin ditambahkan dan kemudian tekan tombol ‘Tambah’.

14. Setelah menekan tombol ‘Tambah’ selanjutnya pada kolom jumlah soal akan bertambah sesuai kouta, misalnya pada contoh menjadi 10/10.

15. Terakhir, Anda tinggal menekan tombol ‘Selesai’. Selanjutnya soal kuis yang dibuat sudah bisa diakses oleh para murid.

Itu tadi cara praktis membuat kuis online di kejarcita.id dengan menggunakan bank soal yang sudah tersedia. Tentu saja Anda juga bisa membuat soal sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bank soal sekolah yang dimiliki kejarcita.id saat ini sudah lebih dari 25 ribu soal yang bisa diakses dan digunakan secara gratis. Adapun jenjang yang menjadi fokus saat ini adalah pada Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai 6. Namun juga tersedia bank soal untuk SMP dan SMA yang kedepannya akan terus diperbanyak sesuai dengan kebutuhan.

Cara Akses Bank Soal Gratis di kejarcita.id
Platform teknologi pendidikan lain yang baru berkembang seperti kejarcita.id. kejarcita.id mengkhususkan layanan dan fiturnya pada penyediaan bank soal sekolah dan manajemen kuis dan ulangan online.

Anda juga bisa memilih soal berdasarkan mata pelajaran, tingkat kesulitan, dan jenisnya baik LOTS (Lower Order Thinking Skill) maupun HOTS (Higher Order Thinking Skill). Agar bisa mendapatkan bank soal penuh dengan jumlah 30 ribu lebih soal yang akan terus bertambah terutama untuk bank soal dengan jenis HOTS, maka Anda bisa menggunakan paket premium kejarcita.id dengan harga langganan yang sangat murah.

Keuntungan menggunakan paket premium adalah, Anda bisa mengakses seluruh fitur yang ada pada kejarcita.id dan mendapatkan dukungan teknis dari tim kejarcita.id.

Bapak/Ibu, pada masa pembelajaran jarak jauh saat ini tentu saja ketika melaksankan KBM secara daring bukanlah suatu proses yang mudah. Sebagai pendidik tentu saja harus senantiasa memberikan pengajaran dan pengalaman yang tidak hanya harus menarik dan bermakna kepada para murid tetapi juga yang bisa memudahkan dan memberikan hasil belajar yang optimal dan efektif.

Apabila perencanaan, proses KBM dan tahap penilaian yang disiapkan dan dipraktikan oleh Anda semuanya masih manual tentu saja akan memberikan kesulitan yang besar, sebab proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh.

Sehingga memanfaatkan layanan edutech dan platform pembelajaran daring seperti kejarcita.id merupakan alternatif solusi yang paling ideal. Dengan menggunakan kejacita.id, proses KBM daring Anda bisa lebih mudah karena tidak perlu lagi mencari dan menyiapkan materi dan media pembelajaran dari awal.

Kenal Lebih Dekat dengan Fitur Gratis kejarcita.id untuk Guru
Salah satu platform teknologi pendidikan yang baru mulai berkembang adalah kejarcita.id. kejarcita.id lebih memfokuskan layanan dan fiturnya pada penyediaan bank soal sekolah dari jenjang SD sampai SMA.

Selain itu apabila ingin membuat kuis dan ulangan online juga hanya perlu dengan beberapa Langkah mudah. Anda tidak perlu lagi menyusun soal dan mengoreksi manual hasil latihan dan ulangan para murid, karena sistem kejarcita.id sudah memproses semuanya secara otomatis. Tentu saja dengan cara ini, Anda tidak akan banyak membuang waktu dan tenaga, serta proses dan hasil pembelajaran juga akan lebih optimal dan efektif.

Akses panduan lengkap penggunaan fitur kejarcita.id pada link berikut : (cutt.ly/panduankejarcitaguru).

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.