Memahami Pentingnya Pendidikan Karakter di Indonesia

edukasi Agt 23, 2020

Pendidikan di sekolah bukan hanya mempelajari materi pelajaran saja, melainkan penanaman karakter pada siswa. Karena tujuan pendidikan bukan hanya mencerdaskan siswa, melainkan membuat kepribadian siswa lebih baik.

Pendidikan karakter dapat menjadikan siswa menjadi makhluk sosial yang saling membantu, beradab dan sopan-santun. Pendidikan ini sangat berkaitan dengan pendidikan moral, di mana tujuannya yaitu untuk mendidik dan membentuk siswa menjadi seseorang yang dapat bermanfaat bagi dirinya serta lingkungannya.

Pendidikan karakter juga harus diperhatikan di Indonesia agar siswa bukan hanya memiliki kecerdasan otak, melainkan akhlak yang baik untuk masa depannya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam program merdeka belajarnya menekankan pendidikan karakter. Hal tersebut dapat dilihat dari pokok kebijakan baru program merdeka belajar, di mana Nadiem menggantikan Ujian Nasional dengan konsep Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

8 Alasan Mengapa Pendidikan Karakter Sangat Penting

Berdasarkan sepanjang sejarah di seluruh dunia, pendidikan mempunyai dua tujuan, yang pertama untuk membuat manusia cerdas dan pintar (smart) dan kedua membuat mereka menjadi manusia yang baik (good). Tampaknya, membuat manusia menjadi cerdas dan pintar bukanlah hal yang sulit. Tetapi sebaliknya, membuat manusia berperilaku baik dan bijak jauh lebih sulit, bahkan sangat sulit. Maka jangan heran bila masalah moral kerap menjadi persoalan parah yang menghantui kehidupan manusia kapan saja dan dimana saja.

Pendidikan karakter menurut John W. Santrock merupakan pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung pada peserta didik, tujuannya yaitu untuk menanamkan nilai moral dan mencegah perilaku yang dilarang. Hal tersebut berkaitan dengan psikis seseorang, dimana pendidikan karakter mengajarkan pandangan mengenai nilai-nilai kehidupan, seperti kepedulian, keimanan, tanggung jawab, kejujuran dan nilai moral lainnya.

1.  Membentuk Karakter Siswa Lebih Baik

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa, pendidikan karakter dapat membentuk karakter siswa lebih baik. Siswa yang mendapatkan pendidikan karakter sejak dini, maka mereka akan terbiasa menjalankan nilai-nilai kehidupan yang baik. Mereka akan memahami dan menjalankan karakter yang baik, seperti jujur, rajin, disiplin, saling membantu, hemat dan percaya diri. Bahkan, sikap tersebut dapat membentuk kepribadian anak secara permanen.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi anak untuk diberikan pendidikan karakter sedini mungkin. Artinya, hal tersebut dapat membentuk blueprint kepribadian pada anak yang akan bertahan sampai mereka dewasa.

2. Mampu Mendongkrak Prestasi Akademik

Pendidikan formal yang didapatkan anak dari sekolah maupun lembaga lainnya memang berperan besar untuk meningkatkan prestasi akademik. Namun disamping memberikan pendidikan formal, setiap siswa juga harus mendapatkan pendidikan karakter. Misalnya pada sekolah tingkat dasar, siswa harus diberikan latihan soal SD, bank soal SD, hingga soal HOTS SD, beserta nilai-nilai yang baik seperti berperilaku jujur, disiplin dan percaya diri. Hal tersebut dapat menghindarkan siswa dari perbuatan menyontek dan yakin dengan kemampuannya sendiri, sehingga dapat mendongkrak prestasi akademik anak.

Ada beberapa penelitian yang menyatakan jika pendidikan karakter memberikan pengaruh terhadap pencapaian prestasi akademik anak secara signifikan. Hal tersebut juga berhubungan dengan sikap anak dalam menyesuaikan diri ketika berada di lingkungan belajarnya.

3. Menjadi Investasi Masa Depan Terbaik untuk Anak

Salah satu investasi masa depan terbaik bagi anak yaitu karakter dalam diri mereka. Apabila anak Anda tumbuh besar dengan pribadi yang baik, maka mereka akan menjadi anak muda penerus bangsa yang bisa diandalkan dan memberikan manfaat bagi dirinya dan lingkungannya.

Karena karakter yang kuat membuat setiap individu lebih kokoh dan teguh dalam menjalani kehidupannya. Dengan adanya keteguhan dalam diri mereka, maka integritas tinggi setiap individu tumbuh. Hal tersebut tentu berpengaruh baik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Di mana integritas yang tinggi dapat membuat seseorang menjadi generasi penerus bangsa yang baik serta menjunjung tinggi nilai integritas dalam bangsa dan negaranya.

4. Memberikan Nasihat Moral yang Baik kepada Anak yang Bermasalah

Ada beberapa anak yang sering kali mendapatkan masalah yang dapat mengganggu perkembangan psikisnya, mulai dari masalah ekonomi rendah, dalam keluarga. Dengan memberikan pendidikan karakter yang tepat, maka hal tersebut dapat menjaga anak agar tidak putus asa dan tidak pesimis dalam hidupnya.

5. Memberikan Lingkungan Pergaulan yang Positif pada Anak

Secara biologis anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar, sehingga terkadang mereka mudah bergaul dengan lingkungan dan meniru pergaulan. Oleh sebab itu, sebagai orangtua sudah seharusnya Anda memberikan pengawasan yang cukup kepada anak, agar mereka tidak terjerumus pada lingkungan yang negatif.

Dengan memberikan pendidikan karakter, secara otomatis anak akan belajar di lingkungan yang positif dan dapat menyebarkan rasa positif serta kenyamanannya tersebut kepada orang-orang sekitarnya. Dengan begitu, anak Anda juga bisa menghindarkan dampak buruk dari lingkungan pergaulan yang negatif kepada teman-teman sebayanya melalui energi positif yang dimilikinya.

6. Melatih Mental serta Moral Peserta Didik

Mental serta perilaku atau moral peserta didik sangat baik bagi pertumbuhan mereka. Pendidikan karakter yang diberikan sejak dini bukan hanya menciptakan karakter yang kuat, melainkan melatih mental serta moral mereka. Sehingga mereka tidak memiliki kondisi mental kerupuk atau moral yang buruk. Melainkan sebaliknya, mereka dapat menciptakan suasana yang kondusif serta berpikir untuk keluar dari permasalahan dan mencegah adanya perpecahan.

Karena seiring perkembangan mental dan meningkatnya moral melalui pendidikan karakter, anak-anak akan memiliki kemampuan berpikir tinggi. Sehingga mereka dapat mengambil keputusan dengan bijak tanpa merugikan orang lain maupun diri sendiri.

7. Mengenali Identitas serta Karakter pada Diri Masing-masing

Banyak anak yang merasa bingung dengan identitasnya, khususnya bagi remaja. Pada saat remaja mereka akan melakukan perkembangan diri untuk mengenali identitasnya. Melalui pendidikan karakter, maka remaja akan menemukan identitasnya dengan mudah, melalui jati dirinya. Setelah menemukan jati diri, maka mereka akan menyadari atau mengetahui karakter yang ada pada diri mereka.

5 Facebook Group Guru Terbaik untuk Saling Belajar dan Bertukar Informasi
Guru bisa belanja ide mengajar dari banyak tempat. Salah satunya melalui Facebook Group. Banyak sekali Facebook Group Guru. Dan ada lima Facebook Group Guru terbaik untuk saling belajar dan bertukar informasi.

8. Dapat Bekerjasama dengan Baik

Melalui pendidikan karakter, seseorang akan mengetahui dan memahami arti tanggung jawab terhadap perbuatan maupun pekerjaan mereka. Sehingga mereka akan bekerja sama dengan baik, Mudah bergaul dan menjalin hubungan sosial yang baik dengan orang lain.

Itulah beberapa hal mengenai pendidikan karakter yang sangat penting ditanamkan di Pendidikan Indonesia. Dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak, maka mereka akan tumbuh dewasa dan menjadi orang berguna kelak. Pada dasarnya, pendidikan karakter bukan hanya menjadi tugas guru yang ada di sekolah, melainkan bagi orangtua di rumah.

7 Soft Skill yang Dibutuhkan Oleh Seorang Guru di Jaman Milenial
Setiap profesi membutuhkan soft skill tertentu dalam melaksanakan tugasnya. Termasuk seorang guru. Agar guru dapat terus mengajar sesuai perkembangan zaman, guru perlu menguasai beberapa soft skill tertentu. Apa sajakah itu?

Pendidikan karakter tentu perbedaan dengan pendidikan formal. Dimana pendidikan formal didapatkan melalui cara yang pasti dan teratur, sedangkan pendidikan karakter didapatkan melalui kolaborasi antara orangtua dan guru. Oleh sebab itu, pastikan komunikasi antara guru dengan orangtua murid dapat terjalin baik untuk mendapatkan gambaran mengenai metode atau cara mendidik karakter anak.‌‌‌‌‌

Epin Supini

Writerpreuner.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.