Manfaat Mengajak anak Menonton Cerita Anak di YouTube

parenting 11 Mar 2024

Di masa perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, tak sedikit anak-anak yang sudah memegang handphone atau laptop. Bahkan mereka juga sudah mengenal media sosial dan YouTube untuk mencari hiburan semata. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi orangtua, mengingat internet memiliki dampak positif sekaligus negatif pada perkembangan anak.

Jika anak tidak diawasi, dikhawatirkan mereka menonton hal yang seharusnya tidak ditonton untuk anak-anak. Jika anak tidak bisa lepas dari YouTube, Anda bisa mengajarkan mereka cara memilih tontonan yang baik, salah satunya dengan menonton cerita animasi.

Pasalnya ada banyak cerita anak di YouTube yang bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka, salah satunya pada channel Kejarcita. Lantas apa sajakah manfaatnya?

Manfaat Menonton Cerita Anak di YouTube bagi Anak

sumber: https://www.pexels.com/

YouTube menjadi salah satu platform video terbesar di dunia yang diakses banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jika anak-anak suka menonton cerita di YouTube, Anda tidak perlu melarangnya, selama tontonan tersebut membawa ke arah yang positif.

Adapun berikut ini merupakan beberapa manfaat menonton cerita anak di YouTube bagi anak yang perlu diketahui orangtua, di antaranya yaitu:

1. Mengedukasi Anak

Ada banyak video animasi berbasis edukasi yang tersedia dalam banyak channel YouTube, salah satunya Kejarcita. Pilihlah cerita anak yang mengandung pesan positif serta menjadi pelajaran bagi anak. Video tersebut juga menjadi pilihan tepat bagi anak ketika mereka bosan belajar di sekolah dengan cara konvensional.

Jika Anak kesulitan memahami materi pelajaran di sekolah, Anda bisa membantu mereka mencari video pelajaran dalam bentuk animasi atau cerita. Dengan begitu, anak akan tertarik dengan video tersebut dan mudah memahami materi pelajaran, tanpa adanya tekanan.

Bukan hanya cerita anak yang mengandung materi pelajaran saja, tetapi ada pula cerita anak yang dapat meningkatkan hobi mereka. Hal ini cocok ditujukan untuk anak yang menyukai satu bidang tertentu, seperti menari, menggambar, bernyanyi, menulis dan lainnya. Jadi tak ada salahnya, Anda mengajak anak menonton cerita YouTube yang bisa menambah ilmu serta meningkatkan bakat mereka.

10 Tips untuk Memulai Kebiasaan Menabung Anak
nak yang terbiasa menabung sejak dini memiliki kemampuan mengatur keuangan ketika dewasa nanti. hal tersebut juga dapat mencegah anak untuk bersifat boros dan memilih untuk hidup hemat. Dengan begitu, anak akan lebih bijak untuk mengatur serta mengambil keputusan ketika mengelola uang.

2. Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Menggambar

Cerita anak dalam video YouTube biasanya menggunakan animasi. Hal tersebut dapat menarik perhatian anak ketika melihat visual atau gambar videonya. Tanpa disadari, saat menonton animasi tersebut perkembangan kognitif anak dapat meningkat secara konsisten.

Dilansir dari popmama.com, menonton film animasi dapat membantu anak mengembangkan logika, memudahkan mengurutkan jalan cerita, serta anak dapat mengambil pesan moral cerita tersebut.

Perkembangan kognitif anak semakin berkembang karena adanya perpaduan antara visual gambar dan audio dalam video tersebut. Hal inilah yang akan melatih anak untuk konsentrasi mendengar dan melihat gambar secara bersamaan, untuk mengetahui jalan cerita dari awal hingga akhir video.

Semakin sering anak melihat animasi, bisa saja mereka memiliki ketertarikan untuk menggambar animasi yang disukainya. Alhasil, kreativitas menggambar anak akan meningkat seiring waktu.

3. Melatih Imajinasi Anak Lebih Luas

Bukan hanya meningkatkan kreativitas anak dalam menggambar, menonton video cerita anak di YouTube juga dapat melatih imajinasi mereka lebih luas. Banyaknya berbagai karakter dalam video cerita tersebut dapat memunculkan ide-ide baru pada anak untuk berimajinasi.

Melalui imajinasi tersebut, bisa saja anak tertarik untuk membuat cerita atau karyanya sendiri. Hal ini tak menutup kemungkinan jika anak menjadi penulis terkenal di kemudian hari, dan menciptakan cerita-cerita menarik untuk dinikmati.

4. Memiliki Nilai Cerita yang Baik

sumber: https://www.pexels.com/

Setiap cerita anak pasti mengandung nilai-nilai baik di dalamnya, mulai dari nilai moral, nilai budaya, nilai sosial, nilai pendidikan dan nilai agama. Nilai-nilai tersebut membawa pengaruh positif bagi perkembangan anak dan menjadi pelajaran berharga bagi mereka.

Misalnya pada nilai agama membuat anak lebih bersyukur, rajin berdoa serta beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa atau nilai sosial yang membuat anak mengetahui cara bersikap atau berhubungan baik dengan orang lain.

5. Mendidik Karakter Anak Lebih Baik

Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita anak dapat mendidik mereka untuk berkarakter lebih baik dan positif. Anda bisa menjadikan film animasi tersebut sebagai gambaran anak untuk berperilaku yang baik dengan orang lain.

Saat menonton film animasi, biasanya anak akan tertarik dengan visual tersebut dan memiliki karakter animasi favoritnya sendiri. Anda bisa memilihkan karakter animasi yang baik untuk anak, dengan begitu mereka dapat mencontoh kebaikan dari animasi tersebut.

Setelah menonton video cerita anak, Anda bisa berdiskusi dengan anak mengenai jalan cerita tersebut dan hal apa saja yang telah dipelajarinya. Pasalnya hal ini dapat mengasah kemampuan kognitif anak serta memastikan bahwa mereka dapat mengambil pesan cerita yang baik serta tidak salah paham terhadap jalan ceritanya.

Apa Penyebab Anak Berbohong? Bagaimana Cara Menyikapinya? Simak Di Sini
Tidak semua hal yang membuat anak-anak Anda sanggup berbohong adalah hal yang buruk. Satu hal yang sering kali menyebabkan mengapa mereka memilih berbohong yaitu karena mereka belum bisa membedakan mana hal yang benar dan mana yang tidak.

6. Menambah Kedekatan Anak dan Orangtua

Mungkin orangtua tidak bisa selalu berada di dekat anak karena kesibukan yang harus dijalani, apalagi jika Anda harus bekerja di luar rumah. Namun ketika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa menghabiskan waktu bersama anak. Cobalah ajak mereka bermain atau menonton video YouTube bersama.

Pasalnya menonton bersama anak dapat menambah kedekatan Anda dengan mereka. Anda bisa memilihkan video cerita anak yang bagus dan seru, atau membiarkan mereka memilih tontonan videonya sendiri. Setelah selesai menonton, Anda bisa berbincang atau mendiskusikan keseruan video tersebut dengan anak. Dengan begitu anak akan merasa terhibur dan tidak kesepian, karena ada yang menemani.

Semakin dekat hubungan anak dan orangtua, maka semakin baik pertumbuhan dan perkembangan mereka. Karena hubungan ini akan mempengaruhi kekuatan dan kesehatan fisik, sosial, mental dan emosional anak lebih baik.

7. Mengetahui Dongeng atau Legenda Indonesia

Tidak sedikit anak-anak yang kurang mengetahui dongeng-dongeng atau legenda Indonesia, kebanyakan mereka justru mengetahui kehidupan para selebriti, film cinta-cintaan dan lainnya. Padahal dongeng atau legenda Indonesia memiliki jalan cerita yang bagus serta terkandung nilai-nilai yang baik bagi anak. Dengan mengajak anak menonton cerita anak di YouTube, maka akan menambah wawasan mereka mengenai berbagai dongeng atau legenda Indonesia.

Pasalnya ada banyak channel YouTube yang menyajikan konten cerita anak dari dongeng atau legenda Indonesia, salah satunya Kejarcita. Adapun beberapa dongeng atau legenda yang bisa ditonton di kejarcita dan bagus untuk anak mulai dari kisah si Pitung, legenda nyi Roro kidul, Jaka Tarub, cerita Cindelaras dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat mengajak anak menonton video cerita anak di YouTube. Sebagai orangtua, sudah saatnya Anda lebih aktif untuk memilih mana yang bermanfaat untuk anak dan mana yang tidak bermanfaat bagi mereka.

‌‌‌

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.