Pentingnya Memenuhi 3 Kebutuhan Dasar Anak untuk Perkembangannya. Apa Saja Itu?

parenting Jan 21, 2021

Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan orang tua di setiap harinya, salah satunya yaitu mengenai kebutuhan dasar anak. Dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, tentu saja orang tua harus bersikap selektif dan teliti, terutama dalam memenuhi 3 kebutuhan dasar anak untuk perkembangannya. Sebelumnya, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan perkembangan anak dan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan anak? Berikut penjelasannya.

Perkembangan yang terjadi pada anak mengacu pada perubahan biologis, emosional dan psikologis yang terjadi pada anak sejak baru lahir sampai akhir masa remaja. Perkembangan yang terjadi pada setiap anak tidak selalu sama, walaupun mereka adalah saudara kandung sekali pun. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi anak, seperti proses genetik, faktor lingkungan dan tempat mereka belajar juga bisa mempengaruhi perkembangan anak.

Namun, saudara kandung pastinya memiliki genetik dan hidup di lingkungan yang sama? Mengapa perkembangan yang terjadi pada mereka bisa berbeda? Hal ini dikarenakan pengaruh kehidupan di masa prenatal juga memiliki andil yang cukup penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak selain faktor genetik. Masa prenatal merupakan periode awal pada perkembangan manusia yang telah dimulai sejak konsepsi, yaitu di mana ketika ovum wanita dibuahi oleh sperma laki-laki dengan waktu kelahiran seorang individu. Sehingga bisa dikatakan bahwa perkembangan janin bayi akan termasuk bagian dari studi perkembangan anak.

Oleh karena itu, ketika ibu sedang mengandung si bayi, sangat disarankan bagi para ibu untuk selalu memakan makanan yang bergizi dan sehat serta jangan lupa untuk selalu minum vitamin prenatal. Vitamin prenatal ini sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil yang berguna untuk memastikan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin dapat tercukupi. Vitamin prenatal ini baik untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tabung saraf pada janin pada awal-awal kehamilan. Anda juga disarankan untuk tetap meminum vitamin ini selama masa kehamilan karena dapat menunjang asupan nutrisi bagi ibu dan calon bayi.

Memang memantau perkembangan anak itu penting? Tentu saja penting. Bahkan bisa dikatakan sangat penting, karena dengan memantau perkembangan anak, Anda dapat mengetahui sejauh mana perkembangan dan kemampuan mereka. Apabila Anda mengalami kejadian di mana misalnya terdapat beberapa hal yang kurang sesuai pada perkembangan anak, Anda bisa mendeteksinya dengan cepat dan mencari solusi untuk permasalahan tersebut. Dengan begitu, anak Anda bisa terhindar dari risiko-risiko yang mungkin saja akan semakin parah apabila tidak segera diatasi oleh Anda.

Selain itu terdapat beberapa manfaat lain yang didapat dari memantau perkembangan anak, yaitu:

1. Mengetahui Kemampuan Kognitif dan Afektif Anak

Dengan memantau perkembangan anak, Anda dapat mengetahui bagaimana kemampuan kognitif dan afektif anak Anda. Selain itu, Anda juga dapat memantau apakah kemampuan anak Anda meningkat atau bahkan menurun.

2. Membantu Anak dalam Mengembangkan Potensi dan Bakat yang Mereka Miliki

Untuk mengetahui bakat dan potensi anak, Anda harus bisa lebih peka dan teliti dalam melihat perkembangannya. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa memantau keseharian mereka, dengan begitu Anda bisa membantu mereka dalam mengembangkan bakat dan potensi yang mereka miliki.

3. Mengetahui Mental dan Kemampuan Anak dalam Bersosialisasi

Tidak semua anak memiliki mental yang sama, maka dari itu sebelum Anda memutuskan anak untuk bersekolah, Anda harus tahu apakah mental dan kemampuan mereka dalam bersosialisasi itu sudah siap atau tidak. Apabila Anda tidak mengetahui ini, kemungkinan besar anak Anda akan mengalami kesulitan selama sekolah.

Jenis-Jenis Perkembangan Anak

Sebelum membahas mengenai 3 kebutuhan dasar anak untuk perkembangannya, Anda terlebih dahulu harus mengetahui jenis-jenis dari perkembangan anak. Secara umum, perkembangan anak dibagi menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut:

1. Perkembangan Kemampuan Fisik

Dalam poin ini, perkembangan yang terjadi pada anak berupa pertambahan tinggi badan dan berat badan anak. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perkembangan otak sampai perkembangan motorik halus dan kasar anak.

2. Perkembangan Kemampuan Kognitif

Aspek ini dibagi menjadi empat tahap yaitu dimulai dari tahap sensorimotor (0-24 bulan), pra-operasional (2-7 tahun), operasional konkret (7-11 tahun), operasional tformal (sejak usia 11 tahun). Pada aspek ini, perkembangan kognitif terfokus pada kemampuan anak dalam menyelesaikan permasalahan.

3. Perkembangan Kemampuan Sosio-Emosional

Aspek ini terfokus pada interaksi anak dengan orang lain, Selain itu, aspek ini juga mencakup perkembangan anak dalam mengekspresikan emosi yang dimilikinya, seperti menangis ketika sedih, marah, sampai tersenyum.

10 Strategi Menumbuhkan Mindfulness pada Anak
Salah satu pemicu dari stress yaitu di mana kita tidak bisa menerima sesuatu hal yang tidak sesuai dengan harapan kita. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mindfulness adalah solusi dalam menangani stress dan kecemasan berlebih bagi manusia.

4. Perkembangan Kemampuan Berbahasa

Kemampuan anak dalam berbahasa sudah tumbuh ketika mereka sudah menginjak usia 1 tahun dan akan berkembang pesat saat selama masa pra-sekolah. Pada aspek ini, Anda bisa mendeteksi apakah anak Anda mengalami keterlambatan dalam kemampuan mereka dalam berbahasa.

Dengan memantau dan mengetahui perkembangan anak, sebagai orang tua Anda bisa memantau proses tumbuh kembangnya anak Anda secara optimal. Apabila ditemukan beberapa gangguan atau kelainan, Anda bisa segera membawanya berobat di dokter. Namun, selain memantau perkembangan anak, Anda juga harus tahu bahwa sangat penting bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan dasarnya yang berguna bagi perkembangan anak. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

3 Kebutuhan Dasar yang Diperlukan Anak untuk Perkembangannya:

1. Asuh

Asuh merupakan kebutuhan yang mendukung perkembangan anak baik secara fisik dan biologis. Aspek-aspek yang harus dibutuhkan dalam kebutuhan ini yaitu seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan yang merupakan kebutuhan pokok. Sebagai orang tua tentunya Anda harus memastikan bahwa anak-anak Anda memiliki pakaian dan tempat tinggal yang nyaman untuk mereka. Selain itu, Anda juga harus memastikan mereka sudah mendapatkan imunisasi, nutrisi yang baik dan pemeriksaan kesehatan yang tidak boleh Anda abaikan.

2. Asih

Asih merupakan kebutuhan yang mendukung ikatan anak dengan orang tuanya. Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa sebagai orang tua Anda sudah memberikan kasih sayang, perhatian dan rasa aman pada anak-anak Anda. Dengan adanya hubungan yang erat dan hangat antara anak dengan orang tua, mereka bisa tumbuh dengan lebih percaya diri dan memiliki mental yang kuat dalam menghadapi proses kehidupan. Selain itu, Anda juga harus membantu mereka dalam meningkatkan kemampuannya dalam bersosialisasi, dengan begitu mereka akan lebih siap dalam menyambut kehidupan baru ketika sudah mulai menginjak dan menduduki bangku sekolah.

5 Tips Menumbuhkan ‘Love Quotient (LQ)’ di Rumah
Para pendidik juga harus memberikan pembelajaran tentang pendidikan karakter yang sama pentingnya dengan kemampuan intelektual. Salah satu yang dapat Anda ajarkan kepada anak Anda yaitu dengan menumbuhkan love quotient.

3. Asah

Asah merupakan kebutuhan yang menyangkut tentang perkembangan kognitif, sensorik, motorik, emosi dan sosialnya. Dalam mengasah keempat kemampuan tersebut, Anda harus membantu mereka sejak usia dini, karena dengan begitu anak-anak Anda akan memiliki kemampuan berbicara yang baik, sifat yang mandiri, memiliki kreatifitas yang tinggi dan bisa bersikap tanggung jawab serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Ibarat pada masa keemasan, usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk memenuhi 3 kebutuhan dasar anak untuk perkembangannya. Dengan begitu Anda tidak perlu merasa terburu-buru dalam memenuhi kebutuhan mereka. Anda dan anak-anak Anda akan menikmati setiap proses yang dijalani dan hasil yang akan diterima pun menjadi lebih maksimal.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.