Jurnal Kelas untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar bagi Guru

teaching 7 Mei 2024

Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, guru harus mempersiapkan perangkat belajar, salah satunya yaitu jurnal kelas. Jurnal kelas harian mengajar guru merupakan catatan pertemuan dalam suatu pembelajaran di kelas yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar lebih optimal.

Guru wajib mengisi jurnal kelas sebagai bukti sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas selama satu atau setiap semester. Jurnal kelas juga bisa dijadikan sebagai panduan guru untuk melaksanakan pembelajaran setiap hari. Lantas, apa arti dari jurnal kelas itu sendiri?

Pengertian Jurnal Kelas

sumber: https://www.pexels.com/

Jurnal kelas merupakan catatan guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Terdapat dua jenis jurnal kelas yang biasa digunakan yaitu jurnal kelas untuk guru yang ditujukan sebagai acuan mengajak di kelas, dan jurnal kelas untuk siswa dalam melakukan absensi selama pembelajaran di setiap semester.

Jurnal kelas dapat memperlancar proses pembelajaran di kelas serta bisa dijadikan sebagai bahan penilaian dan evaluasi di akhir pembelajaran.

Jurnal kelas guru juga bisa disebut sebagai jurnal harian mengajar guru. Administrasi ini biasanya dibuat oleh staf tata usaha di sekolah, namun bagi beberapa sekolah yang tidak memiliki staf tata usaha atau keterbatasan tenaga kependidikan, jurnal guru ini dibuat oleh masing-masing guru.

Contoh Membuat Rancangan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang indikatornya dapat membuat siswa berperan aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Jurnal kelas untuk guru dan daftar absensi siswa merupakan perlengkapan administrasi pembelajaran yang wajib ada di setiap kelas.

Fungsi jurnal kelas guru yaitu untuk mengetahui mata pelajaran, materi yang akan diajarkan, serta aktivitas atau kegiatan belajar mengajar seperti apa yang akan dilakukan oleh guru dan siswa di kelas. Adapun fungsi absensi siswa yaitu untuk mengetahui jumlah kehadiran siswa, mencatat siswa yang berhalangan hadir karena sakit, izin, atau tanpa keterangan (alpa).

Biasanya jurnal kelas dibuat oleh guru sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Dengan begitu guru bisa mempersiapkannya dengan matang, baik dari segi konsepnya, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran yang akan diajarkan, hingga tahapan penilaian atau asesmen menyatakan dilaksanakan.

Fungsi dan Tujuan Jurnal Kelas

sumber: https://www.pexels.com/

Jurnal kelas bukan hanya digunakan sebagai catatan guru saja tetapi memiliki fungsi dan tujuannya lebih besar. Adapun berikut ini merupakan beberapa fungsi penting jurnal kelas bagi guru diantaranya yaitu:

  • Untuk mendokumentasikan proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh setiap guru di setiap kelas dengan teratur dan berkelanjutan. Sehingga memudahkan guru dalam menentukan kegiatan yang satu dengan yang lainnya.
  • Untuk menulis atau mencatat setiap hambatan dan kendala yang terjadi ketika melakukan kegiatan pembelajaran di kelas yang dapat menghambat kemajuan siswa. Hasil catatannya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi. Dengan begitu, guru bisa mencari solusi agar lebih baik kedepannya.
  • Untuk mengetahui proses pencapaian belajar siswa, dan bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi yang lebih intens dan personal antara guru dan siswa untuk memperbaiki atau meningkatkan capaian belajar. Jurnal juga bisa melihat proses siswa dalam belajar, apakah mengalami perkembangan atau stuck.
  • Sebagai media guru untuk menulis ide dan refleksi guna bahan evaluasi diri, sehingga bisa berkontribusi besar dalam kemajuan belajar siswa. Ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar.

Adapun berikut ini merupakan tujuan disusunnya jurnal kelas harian mengajar guru, yaitu:

  • Supaya tujuan pembelajaran yang ada di setiap materi yang akan diajarkan kepada siswa bisa dicapai dengan baik
  • Untuk mencatat kehadiran siswa ketika pembelajaran sedang berlangsung, dan sebagai pelaporan jumlah kehadiran siswa setiap semester. Laporan ini akan diberikan kepada wali siswa (orang tua siswa) untuk mengetahui proses pembelajaran anak di kelas dan jumlah kehadiran mereka.
  • Dengan adanya jurnal kelas, maka sekolah mempunyai data dan informasi yang lengkap dan rapi terkait kegiatan pembelajaran di setiap kelas. Administrasi ini dibutuhkan ketika sekolah melakukan supervisi atau akreditasi.

Komponen Jurnal Kelas

Dalam membuat jurnal kelas guru harus memperhatikan beberapa komponen di dalamnya. Berikut ini merupakan beberapa komponen yang bisa dijadikan dasar dalam penyusunan jurnal kelas harian, di antaranya yaitu:

  • Judul jurnal kelas
  • Identitas kelas dan semester siswa yang diajar
  • Hari, tanggal
  • Mata pelajaran/bab/sub bab
  • Pembelajaran ke-
  • Kompetensi Dasar
  • Materi pokok
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Penilaian Pembelajaran
  • Kehadiran (Presensi) siswa beserta keterangannya: Sakit (S), Izin (I), dan Alpa (A)
  • Catatan/Keterangan
  • Contoh Format Jurnal Kelas

Pada dasarnya, Format jurnal kelas bisa dibuat oleh guru sesuai dengan kreativitas masing-masing, yang terpenting komponen jurnal kelasnya terpenuhi semua.  Dalam penyusunan jurnal kelas Harian, guru perlu memperhatikan komponen dasar yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dan kurikulum merdeka Atau kurikulum yang diterapkan di masing-masing satuan pendidikan.

Meskipun di kurikulum merdeka tidak mengharuskan guru membuat jurnal kelas harian mengajar, namun alangkah baiknya jurnal kelas ini tetap dibuat. Apalagi jika guru sudah terbiasa membuat jurnal di kurikulum 2013 atau kurikulum sebelumnya.

Dengan membuat jurnal kelas, guru bisa merasakan kegiatan pembelajaran jadi lebih efektif, terstruktur dan optimal. Selain itu jurnal kelas juga tetap menjadi berkas wajib yang dibutuhkan untuk keperluan administrasi di sekolah.

Adapun berikut ini merupakan contoh format jurnal kelas yaitu:

Source: Quipper

Untuk membuat jurnal kelas guru bisa menggunakan Microsoft Excel atau Microsoft Office Word.

Selain itu, bapak ibu guru juga bisa membuat jurnal kelas lebih mudah dengan menggunakan LMS atau Learning Management System. Di kejarcita.id kita membantu mengefektifkan pekerjaan guru dalam melakukan perencanaan pembelajaran, melaksanakan KBM, hingga melakukan evaluasi, Termasuk dalam membuat atau menggunakan jurnal kelas harian.

Jurnal Kelas by Kejarcita.id

Di kejarcita.id, kita sudah membuatkan format jurnal kelas yang bisa langsung digunakan oleh bapak ibu guru dalam mengajar. Tentu ini sangat memudahkan dan mengefisiensikan pekerjaan bapak ibu guru bukan?

Masih banyak fitur-fitur lainnya di kejarcita yang bisa bapak ibu guru gunakan, dan ini sudah sesuai dengan kaidah di kurikulum 13 dan juga kurikulum merdeka. Fitur-fitur dalam kejarcita.id bisa mengefisiensikan pekerjaan bapak/ibu guru semua. Sehingga pekerjaan jadi cepat selesai dan bapak/ibu guru bisa mengalokasikan waktu untuk merencanakan pembelajaran di kelas dengan metode yang beragam dan menarik.

Tips Membuat Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru
PTK mendukung guru lebih peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran. Menjadikan guru lebih reflektif dan kritis terhadap apa yang dilakukan dirinya dan siswanya

Itulah beberapa hal yang bisa bapak/ibu guru ketahui mengenai jurnal kelas, mulai dari pengertiannya, fungsi dan tujuannya, hingga komponen di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan jika ingin tahu lebih lanjut mengenai kejarcita, bapak dan ibu guru bisa buka link berikut; kejarcita.id


Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.