Ide Pameran Seni di Sekolah Berbasis Digital

teaching 9 Jun 2022

Pameran seni menjadi kegiatan umum yang dapat menarik dan menyenangkan bagi masyarakat. Selain sebagai upaya memberikan hiburan, pameran seni juga bertujuan memberikan wawasan bahkan edukasi kepada banyak orang. Tak heran pameran seni menjadi salah satu kegiatan per semester atau tahunan yang diadakan di sekolah.

Pameran seni yang diadakan di sekolah juga menjadi variasi kegiatan pembelajaran seru untuk membebaskan siswa dari kejenuhan aktivitas belajar di bangku kelas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pameran seni di sekolah, mari simak penjelasan berikut ini:

a. Pengertian

Di sekolah kita banyak belajar berbagai bidang ilmu, salah satunya ialah seni. Mata pelajaran yang lebih akrab melibatkan otak kanan ini memang memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri, bila dibandingkan dengan disiplin ilmu utama seperti bahasa, sosial dan saintifik. Salah satu kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran seni di sekolah ialah melalui pameran seni. Pameran diartikan sebagai upaya untuk menunjukkan sesuatu yang menarik atau membanggakan, sedangkan pameran seni merupakan kegiatan berupa penyajian karya seni yang ditunjukkan kepada orang lain, baik secara eksklusif ataupun publik. Kegiatan dalam pameran seni dilakukan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan melalui media tertentu.

7 Manfaat Menggunakan Pameran Karya sebagai Penilaian Pembelajaran
Manfaat menggunakan pameran karya sebagai penilaian pembelajaran sangat banyak untuk siswa, misalnya melatih kreativitas .

b. Tujuan

Pameran seni yang diadakan di sekolah bertujuan untuk berbagai hal, seperti dapat digunakan untuk kepentingan sosial, sebagai upaya pembinaan nilai-nilai pelestarian dan pengembangan. Untuk kepentingan sosial, biasanya dana yang terkumpul dari pelaksanaan pameran seni dan atau penjualan karya akan disumbangkan bagi pihak yang membutuhkan. Sedangkan upaya pembinaan dan pelestarian sebagai sarana memperkenalkan siswa akan budaya bangsa, menambah wawasan dan kecintaan mereka pada karya-karya warisan nenek moyang. Kemudian tujuan pengembangan sebagai upaya menyalurkan ide dan kreatifitas siswa. Di luar tujuan tersebut, pameran seni secara umum juga dapat bertujuan untuk memperoleh profit bagi seniman maupun penyelenggara.

c. Fungsi

Pameran seni di sekolah berfungsi sebagai sarana edukasi, apresiasi, prestasi dan rekreasi. Sebagai sarana edukasi, yakni untuk mendidik siswa dan memberikan pengalaman akan pentingnya karya karsa dalam hidup manusia. Berfungsi apresiasi yaitu mendorong siswa menyalurkan ide-ide atau gagasan pada suatu karya, yang kemudian akan dinilai oleh pengunjung. Selanjutnya menjadi ajang kompetisi bagi siswa dalam membuat karya merupakan fungsi pameran seni sebagai sarana prestasi. Terakhir sebagai sarana rekreasi, yakni kegiatan ini merupakan wadah bagi siswa menenangkan pikiran dan menghilangkan kejenuhan pada aktivitas belajar yang biasa di kelas.

d. Manfaat

Menyiapkan Pameran Karya sebagai Pengganti PAS
Pameran karya sebagai pengganti PAS adalah salah satu inovasi pendidikan Indonesia. Kira-kira, apa sajakah yang perlu dipersiapkan?

Pameran seni yang diadakan di sekolah dapat memberikan banyak  manfaat bagi siswa. Menurut Heldin Sitio, S.Ps ada beberapa manfaat dari pameran seni yang ia tuliskan dalam buku Seni Budaya (Seni Rupa) Paket C Setara SMA/MA Kelas XII, yaitu:

  • Menumbuhkan dan menambah kemampuan siswa dalam memberikan apresiasi terhadap karya orang lain.
  • Menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya secara lebih objektif.
  • Melatih kerja kelompok (bekerjasama dengan orang lain).
  • Mempertebal pengalaman sosial (rasa kebersamaan).
  • Melatih siswa untuk bertanggungjawab dan bersikap mandiri.

Pameran seni menjadi salah satu kegiatan belajar di sekolah yang sebaiknya tidak dilewatkan, meskipun membutuhkan waktu, tenaga maupun penyesuaian tempat yang memerlukan banyak proses. Kegiatan ini bisa berarti dan menjadi momen khusus yang akan diingat siswa sebagai pengalaman menarik sepanjang masa. Oleh karena itu, ada baiknya guru seni merencanakan pelaksanaan pameran seni paling sedikit satu kali selama siswa mengenyam pendidikan di tingkat sekolahnya.

Dalam melaksanakan pameran seni di sekolah mungkin akan menemui beberapa kendala dalam prosesnya. Salah satu hambatan seperti terjadinya pandemi COVID-19, yang membuat sekolah harus ditutup dan siswa belajar dari rumah. Padahal pandemi berlangsung cukup lama, hampir dua tahun lebih. Akhirnya siswa harus kehilangan banyak momen belajar yang menyenangkan di sekolah, terutama dalam merasakan pengalaman kegiatan pembelajaran seperti pameran seni.  

Sebagai upaya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, pameran seni dapat dilaksanakan meski dalam kondisi yang tidak memungkinkan. Caranya dengan pameran seni berbasis digital. Kegiatan ini tidak memerlukan tempat khusus dan tidak mengharuskan interaksi orang untuk saling bertemu. Lalu, bagaimana strategi dalam melaksanakan pameran seni berbasis digital? Seperti apa ide-ide yang dapat digunakan dalam pameran seni berbasis digital ini? Simak strategi dan ide-ide pameran seni berbasis digital berikut ini!

Strategi Pameran Seni Berbasis Digital

Adanya pandemi COVID-19 memberikan peluang baru untuk pelaksanaan pameran seni berbasis digital. Pameran seni yang tidak mengharuskan orang-orang datang langsung ke lokasi kegiatan ini, dapat dengan menampilkan karya secara virtual. Pengunjung dapat menikmati kreativitas dan karya seni siswa melalui gawai dari rumah. Umumnya, kebanyakan pameran seni rupa virtual ini bisa diperuntukkan juga bagi masyarakat umum secara gratis. Kegiatan ini juga terbukti dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, contohnya dari berbagai pameran seni rupa virtual yang sukses digelar di Indonesia. Berikut ini beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk melaksanakan pameran seni secara virtual:

  • Persiapan Dasar. Persiapan meliputi konsep atau rancangan kegiatan, tema yang akan diusung, cara pengumpulan dan panduan karya yang akan disajikan. Persiapan lainnya dengan menyediakan perangkat atau perlengkapan yang dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan. Perangkat yang diperlukan seperti laptop atau komputer, aplikasi untuk pameran hingga cardboard headset sebagai fitur ARVideo jika diperlukan.
  • Pembuatan Desain Layout Pameran. Dalam pelaksanaan pameran seni, tata letak (layout) atau ruang seni (artspace) merupakan bagian yang sangat penting. Selain membuat karya seni yang ditampilkan lebih tertata dan menarik, namun juga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan seolah-olah pengunjung menyaksikan pameran secara langsung.
  • Pengumpulan Karya Seni. Pameran seni secara virtual dapat dilaksanakan dengan menunjukkan foto atau video karya. Karya yang dipilih harus bisa ditampilkan dalam bentuk foto atau video yang menarik dan jelas. Oleh karena itu, pemilihan pada karya yang dibuat bisa dilakukan sekaligus setelah pengumpulan karya.
  • Pemasangan Karya Sesuai Layout. Karya-karya seni pilihan lalu dipasangkan atau ditempel pada layout sudah dibuat.Pemasangan karya ini juga dilengkapi dengan informasi diri seniman/siswa maupun konteks dari karya yang dibuatnya.
  • Aktifkan ARVideo. Pameran seni secara virtual bisa dilengkapi dengan cardboard headset . Dengn begitu kegiatan tersebut dapat disaksikan secara langsung lewat video (live video) menggunakan konsep ARVideo, sehingga pameran seni dapat terlaksana lebih nyata.

Ide-ide Pameran Seni Berbasis Digital

  1. Karya Seni Lukis (misal abstrak, surealisme, nirmana, naturalisme, dll)
  2. Karya Seni Kriya (sulam, anyaman, patung, anyaman, dll)
  3. Seni Grafis (Banner, poster, fotografi, sablon, dll)
  4. Produk Kerajinan Arsitektur
  5. Kerajinan Daur Ulang (misal kain perca, plastik, tanaman kering/biji-bijian, dll)
  6. Karya Furniture

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai pengertian, tujuan, fungsi dan manfaat diadakannya pameran seni di sekolah. Semoga bermanfaat.

Insani Miftahul Janah

Trying. Learning. Then Doing.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.