7 Manfaat Menggunakan Pameran Karya sebagai Penilaian Pembelajaran

teaching 23 Mei 2021

Selain memiliki beribu pulau, suku dan adat, puluhan provinsi, Indonesia juga memiliki banyak karya seni yang saat ini sudah laris di luar negeri. Contoh mudanya yaitu kain batik. Bisa dikatakan bahwa kain batik adalah salah satu karya seni yang paling laris di luar negeri. Hal ini bisa dilihat dari beberapa penyanyi di luar negeri, seperti Korea Selatan yang pernah memakai pakaian batik. Selain itu, karena adanya Miss Universe yang mana negara Indonesia menjadi salah satu peserta, bisa dipastikan bahwa budaya dan karya seni Indonesia juga telah berhasil disaksikan oleh dunia. Lantas, apa sih manfaat pameran karya sebagai penilaian pembelajaran?

Seperti yang kita tahu bahwa pameran yang dilakukan oleh para seniman pastinya akan meninggalkan kesan kagum dan rasa tersendiri bagi para pengunjungnya. Bukan hanya meninggalkan kesan kagum dan bahagia setelah melihat pameran karya tersebut, para pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan para seniman atau pekerja seni yang mana Anda bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas terkait seni.

Keadaan yang berlangsung tadi bisa dikatakan memiliki hubungan mutualisme, di mana pengunjung bisa mendapatkan wawasan dan menikmati karya seni para seniman, dan seniman juga bisa mendapatkan rasa puas dan merasakan betapa dirinya ketika karya seni yang dibuatnya dihargai dan dinikmati secara bebas.

Unsur Pameran Karya Seni

Dalam pemeran karya seni, terdapat unsur-unsur pelengkap yang tidak boleh Anda lupakan, yaitu:

- Karya seni yang akan dipamerkan.

- Panel atau sketsel, standart display atau box yang digunakan untuk memajang karya seni yang akan dipamerkan.

- Perlengkapan dekorasi yang berguna untuk mempercantik dan memperindah karya seni yang akan dipamerkan.

- Sound System yang berfungsi sebagai sarana audio yang diperlukan dalam menciptakan suasana nyaman bagi para pengunjung pamaran.

- Label karya yang akan digunakan untuk menulis identitas karya dan akan ditempel di dekat karya seni yang dipamerkan. Dalam hal ini, seniman atau pembuat karya tidak boleh melupakan label karyanya.

- Katalog yang berfungsi sebagai petunjuk tentang penyelenggaraan kegiatan pameran.

- Buku tamu yang akan diisi pengunjung pameran sebelum memasuki ruang pameran.

- Buku yang berisikan pesan atau kesan, yang mana akan tanggapan para pengunjung akan sangat bermanfaat bagi para seniman dalam karya-karya yang telah ditampilkan saat pameran. Setelah itu, seniman akan mengevaluasi setiap karya yang telah dihasilkan.

Menyiapkan Pameran Karya sebagai Pengganti PAS
Pameran karya sebagai pengganti PAS adalah salah satu inovasi pendidikan Indonesia. Kira-kira, apa sajakah yang perlu dipersiapkan?

Prinsip Penyelenggaraan Pameran Karya Seni

Adapun beberapa prinsip yang harus diketahui oleh para penyelenggara pameran, yaitu sebagai berikut:

1. Prinsip Interaksi

Prinsip interaksi yaitu prinsip yang harus berorientasi pada kepentingan penyelenggaraan dan pengunjung dalam penyelenggaraan kegiatan pameran.

2. Prinsip Inisiatif

Prinsip insiatif yaitu penyelenggaraan kegiatan pameran yang mengambil inisiatif secara sendiri dan menentukan langkah-langkah yang telah dibuat secara sistematis dan terencana ke arah pendekatan khalayak ramai pada pameran yang sedang diselenggarakan.

3. Prinsip Repetisi

Prinsip repetisi yaitu suatu prinsip penyelenggaraan pameran yang akan dilakukan secara berulang-ulang.

4. Prinsip Integritas

Prinsip integritas yaitu suatu prinsip penyelenggaraan yang menampilkan banyak koleksi pameran karya, misalnya seperti pameran seni lukis yang terdiri dari berbagai macam aliran.

5. Prinsip Efisiensi

Prinsip efisiensi yaitu penyelenggaraan pameran yang dilakukan secara sistematis supaya tidak merepotkan para penyelenggara dan pengunjung pameran saat pameran sedang berlangsung. Prinsip efisiensi didukung oleh lingkungan yang indah dan juga menarik, di mana dalam menata warna suara ataupun komposisi materi pameran yang sangat diharapkan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.

Bagaimana Seni Bisa Menjadi Medium untuk Siswa Mengenali Bakatnya?
Apabila seseorang sudah mengenali bakatnya sedari dini dan mengasah bakatnya dengan baik, di masa depan nanti bakat yang dimilikinya akan bersinar terang, begitu juga depan masa depan yang dimilikinya. Beberapa orang pernah mengatakan bahwa seni bisa menjadi medium untuk mengenali bakat siswa.

7 Manfaat Menggunakan Pameran Karya sebagai Penilaian Pembelajaran

Pameran karya seni yang akan dijadikan sebagai penilaian pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang memperlihatkan karya seni yang dihasilkan siswa selama menempuh kegiatan pembelajaran di sekolah. Melalui pameran karya tersebut siswa bisa memperkenalkan karya-karya yang mereka buat kepada masyarakat di lingkungan sekolah maupun masyarakat umum untuk dilihat, dinilai, dikagumi dan juga dikritik oleh para pengunjung. Sehingga bisa dikatakan bahwa kegiatan pameran karya ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam menciptakan dan memberikan hasil atau karya terbaik mereka.

Kegiatan pameran karya ini begitu penting bagi siswa karena bisa memberikan manfaat besar bagi mereka. Adapun beberapa manfaat dalam menggunakan pameran karya sebagai penilaian pembelajaran, yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Berkarya

Dengan adanya kegiatan pameran karya, masyarakat sekolah maupun di luar sekolah dapat melihat karya-karya siswa yang mereka kerjakan selama kegiatan pembelajaran. Dengan begitu siswa bisa bekerja keras dalam menghasilkan karya yang terbaik. Pada kesempatan ini siswa akan bersaing secara sehat dan juga terarah dan karena adanya persaingan tersebut siswa menjadi termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya dalam berkarya.

2. Dapat Melakukan Penilaian

Pameran karya yang akan diselenggarakan oleh pihak sekolah bisa menjadi kesempatan bagi setiap guru untuk melihat sejauh mana kemajuan yang telah dicapai oleh setiap siswanya. Bisa dikatakan bahwa pameran tersebut bisa dijadikan sarana untuk melakukan penilaian terhadap kemajuan dan perkembangan yang dialami siswa. Oleh karena itu, penilaian ini dapat dimasukkan dalam perhitungan nilai rapor.

3. Siswa Bisa Menunjukkan Apresiasi Melalui Kreativitas

Selain itu, pameran juga dapat digunakan sebagai media apresiasi karena di dalam pameran tersebut akan ditampilkan berbagai jenis karya seni. Dengan begitu, pengetahuan siswa tentang karya seni akan semakin bertambah.

4. Melatih Siswa untuk Bermasyarakat

Penyelenggaraan pameran karya tidak dikerjakan secara perseorangan, tetapi melibatkan banyak orang. Dengan diadakannya pameran tersebut, setiap siswa bisa didik untuk bisa berkerjasama dan bermasyarakat.

5. Dapat Membangkitkan Motivasi Siswa dalam Berkarya Seni

Karena karya para siswa akan ditampilkan di depan umum, maka siswa akan termotivasi untuk menghasilkan karya yang terbaik. Pameran karya ini juga memberikan manfaat bagi siswa secara pribadi, seperti belajar berorganisasi dan bekerjasama dengan banyak siswa.

6. Melatih Siswa untuk Berorganisasi dan Bekerjasama

Selain itu, siswa juga bisa dilatih untuk mampu berorganisasi dan bekerjasama dalam sebuah tim. Tim tersebut berperan penting dalam menciptakan pameran karya yang spektakuler dan menakjubkan di mata pengunjung. Dengan begitu, siswa akan dilatih untuk bisa saling menghargai pendapat orang lain ketika menyampaikan ide dan juga dapat melatih siswa untuk bisa memecahkan masalah berdasarkan hasil musyawarah tim.

Bagaimanakah Rencana Pak Nadiem Memperkuat Pendidikan Seni di Sekolah?
Nadiem Makarim berkata bahwa dengan memperkuat pendidikan seni di sekolah, peran guru dalam menerapkan semangat merdeka belajar semakin meningkat. Selain itu Pak Nadiem juga berkata bahwa pendidikan seni merupakan prasyarat dari kemerdekaan berpikir.

7. Sebagai Sarana Hiburan

Penyelenggaraan pameran karya juga bermanfaat sebagai penyegar dari rasa jenuh dan penat dari kegiatan belajar di dalam kelas.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa manfaat pameran karya sebagai penilaian pembelajaran. Manfaat lain yang didapatkan dari kegiatan pameran karya seni di sekolah yaitu siswa dapat menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan penilaian karya yang dilakukan secara lebih objektif, menambah pengalaman sosial, serta melatih siswa untuk membuat perencanaan kerja.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.