Fitur-fitur Ms. Word yang Sangat Berguna untuk Tugas Sekolah

teknologi 9 Mar 2023

Siapa yang tidak tahu dengan Microsoft Word? Aplikasi tersebut digunakan untuk menulis dokumen, sehingga menjadi keahlian dasar yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Ms. Word tidak hanya untuk urusan pekerjaan saja, lho. Saat ini, terlebih ketika pandemi dan sekolah daring di mana banyak tugas sekolah yang menggunakan Ms.Word. Artikel ini selanjutnya akan membahas fitur-fitur Ms. Word yang sangat berguna untuk tugas sekolahmu.

Apa itu Ms.Word?

Sebelum kita membahas tentang fitur-fitur Ms. Word yang sangat berguna untuk tugas sekolah, ada baiknya kita cari tahu dahulu aplikasi Ms.Word. Ms.Word atau Microsoft Word adalah sebuah aplikasi yang ada di bawah naungan Microsoft yang digunakan untuk membuat tulisan.

Ms. Word pertama kali diluncurkan pada tahun 1983, dan terus mengalami banyak perubahan dengan mengeluarkan berbagai versi. Mulai dari versi 1985, 1986, 1989, 1991, 1993, 1995, 1997, 2000, 2002, 2003, 207, 2010, 2013, 2016 2019, dan terbaru adalah 2021. Penyempurnaan ini membuat aplikasi Ms.Word makin baik digunakan. Tak heran hingga saat ini, Ms.Word menjadi aplikasi pembuat tulisan yang paling populer dan banyak digunakan di dunia.

Dahulu, Ms.Word ini hanya bisa diakses menggunakan komputer saja. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, Ms.Word ini bisa diakses melalui laptop, ponsel, dan perangkat gawai lainnya. Tentunya hal ini memberi kemudahan bagi pengguna untuk mengakses Ms.Word di mana saja dan kapan saja.

Ms.Word kini bisa diunduh secara gratis sekalian dengan produk Microsoft lainnya di ponsel. Kamu bisa mengunduhnya melalui PlayStore (Android) dan AppStore (iOs).

Fungsi Ms.Word

Ms.Word adalah aplikasi yang berguna untuk membuat sebuah tulisan, tetapi sebenarnya fungsi dari Ms.Word tak hanya itu. Ada banyak fungsi dari aplikasi yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki oleh Ms.Word.

1. Membuat Dokumen Berupa Tulisan

Fungsi pertama dari aplikasi Ms.Word ini tentu saja membuat dokumen berupa tulisan. Kehadiran Ms.Word pada berbagai jenis gawai ini menggeser peran mesin ketik. Ya, jaman dahulu orang menggunakan mesin ketik untuk membuat sebuah tulisan. Sekarang, sejak ditemukannya Ms.Word, orang membuat tulisan di gawai, terutama laptop dan gawai pintar.

Ms.Word bisa digunakan untuk berbagai jenis tulisan. Mulai dari surat-surat dan dokumen kantor, tugas sekolah, hingga skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir. Bahkan, Ms.Word juga bisa digunakan untuk kepentingan pribadi, misalnya menulis catatan harian ataupun catatan pelajaran sekolah.

2. Mengedit Tulisan

Tak perlu khawatir jika saat mengetik tulisan mengalami kesalahan. Ms.Word bisa berfungsi untuk mengedit tulisan dengan cepat. Misalnya, jika salah mengetik nomor surat maka bisa segera diedit di Ms.Word.

3. Mempercantik Tulisan

Ms.Word tidak hanya bisa membantu membuat tulisan yang baku dan formal saja. Di Ms.Word kita bisa mempercantik tulisan. Di Ms.Word banyak jenis font yang membantu kita mempercantik tulisan. Font-font cantik ini tentu akan membuat tulisan kita menjadi cantik.

4. Mencetak Tulisan

Tulisan yang kita buat di Ms.Word bisa kita cetak. Tentunya dengan menghubungkan laptop atau komputer dengan mesin pencetak (printer). Ms.Word sudah dilengkapi dengan menu cetak. Jangan lupa untuk melakukan pengaturan terlebih dahulu terhadap tulisan yang akan kita cetak.

5. Menggabungkan Tulisan dan Gambar

Membuat tulisan di Ms.Word ini seru lho. Kita bisa menggabungkan tulisan dan gambar pada suatu dokumen yang akan kita buat. Penggabungan tulisan dan gambar ini tentu membuat dokumen kita menjadi lebih menarik. Misalnya, saat membuat laporan penelitian atau tugas sekolah lainnya, tentu dokumen akan makin jelas dipahami karena disertai dengan gambar yang mendukung.

6. Menyimpan Dokumen

Dokumen yang kita buat tak hanya bisa dicetak, tetapi juga bisa disimpan di laptop, komputer, ataupun ponsel. Simpan di folder yang diinginkan, jangan lupa beri nama pada folder untuk memudahkan pencarian.

Proses penyimpanan dokumen pada Ms.Word ini sangat cepat dan terhubung langsung dengan gawai yang kita gunakan. Kita dapat menyimpannya melalui hardisk, flash disk, hingga penyimpanan berbasis cloud.

Jenis Dokumen dalam Ms.Word

Ms.Word menyediakan banyak jenis dokumen untuk kenyamanan penggunanya. Berikut ini adalah berbagai jenis dokumen yang ada di Ms.Word:

1. Doc

Ekstensi dokumen tipe .doc ini digunakan untuk jenis tulisan yang menggunakan Microsoft Word versi 2007 ke bawah.

2. Docx

Ekstensi dokumen tipe .docx ini digunakan untuk jenis tulisan yang menggunakan Microsoft Word versi 2007 ke atas.

4. Html atau Htm

Ekstensi Ddkumen jenis .html atau .htm ini digunakan untuk menyimpan dokumen yang didapat dari internet.

5. Rich Text Format

Jenis dokumen bertipe rich text format atau .rtf ini tak hanya bisa menampilkan tulisan saja, tetapi juga dilengkapi dengan informasi tambahan tentang gaya huruf (font), pemformatan, gambar, dan masih banyak lagi.

6. Pdf

Dokumen jenis pdf atau .pdf ini biasanya digunakan untuk  dipakai untuk menyimpan dokumen yang menggabungkan antara gambar dan tulisan untuk kebutuhan buku atau presentasi.

7.  Wps

Jenis dokumen wps atau .wps ini adalah jenis dokumen Ms.Word yang bisa dibuka pada ponsel pintar yang memiliki aplikasi Microsoft Word versi gawai pintar.

8. Txt

Jenis dokumen ini adalah jenis data Domain Name Service (DNS) yang berisikan informasi berupa teks yang berguna untuk sumber di luar domain Anda. Selain itu, jenis dokumen ini juga dapat menambahkan data ke setelah domain.

9. Xps

Xps ini adalah jenis dokumen yang terdapat di Ms.Word yang menggabungkan tanda XML yang mendefinisikan komposisi dan struktur dokumen beserta tampilan visualnya.

Fitur-fitur Ms. Word yang Sangat Berguna untuk Tugas Sekolah

Ms.Word memiliki banyak fitur yang membuat penggunanya bisa membuat dokumen dengan mudah, tetapi ada juga beberapa fitur Ms.Word yang sangat berguna untuk tugas sekolah. Berikut adalah fitur-fitur Ms.Word yang sangat berguna untuk tugas sekolah.

1. ALT + W-F

Ketika menekan ALT + W-F secara bersamaan, bisa membuat murid lebih fokus dalam membaca dokumen. Fitur ini membuat pengguna lebih fokus membaca tanpa gangguan.

Cara Meningkatkan Cakap Media Digital pada Siswa
Cakap media digital adalah kemampuan menggunakan dan memanfaatkan digital dan teknologi dengan bijak.

2. Ribbon

Fitur Ribbon ini bisa dimanfaatkan untuk mengubah tabel ke bagan atau grafik. Cara melakukannya sebagai berikut:

> Klik tab Insert di bagian Ribbon.

> Klik tools Objek di dalam grup Teks, kemudian buka Object Dialog Box.

> Dari daftar Object Types, pilih Microsoft Graph Chart kemudian klik OK.

Atau, bisa juga memformat satu jenis grafik dengan jenis grafik lainnya dengan cara berikut:

> Klik dua kali bagan

> Klik kanan di ruang putih yang terdapat di dalam kotak pembatas grafik dan pilih tools Chart Type

3. Translate Text

Fitur translate text ini akan memudahkan Anda mengerjakan tugas sekolah Bahasa. Fitur ini bisa membantu menerjemahkan teks dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.

7 Tips Mencari Sumber Belajar Efektif Menggunakan Google Search
Referensi atau sumber belajar sangat beragam seperti membaca dari buku, website dan platform online lainnya.

4. Turn Text to Speech

Fitur turn text to speech memudahkan Anda untuk mengoreksi dokumen yang telah diketik. Tentu ini akan membuat tugas sekolah jadi minim kesalahan karena dikoreksi terlebih dahulu sebelum dikumpulkan.

Demikian artikel tentang fitur-fitur Ms. Word yang sangat berguna untuk tugas sekolah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memanfaatkan fitur-fitur Ms. Word yang sangat berguna untuk tugas sekolah maupun pekerjaan lainnya.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.