Daftar Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

pendidikan 1 Feb 2024

Pendidikan adalah indikator utama dari kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan yang baik, bisa menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas. SDM berkualitas tentu akan bisa membangun bangsa dengan baik. Makanya, setiap negara pasti ingin menciptakan sistem pendidikan yang terbaik. Dari semua negara yang ada di dunia, tentu ada negara yang bisa memiliki sistem pendidikan terbaik. Memangnya, negara mana saja ya yang punya ssitem pendidikan terbaik? Berikut adalah daftar negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

1. Finlandia

Finlandia memang dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan di Finlandia banyak dijadikan rujukan bagi negara-negara lain di dunia.

Finlandia adalah negara skandinavia yang bisa membuktikan bahwa pendidikan bisa berjalan dengan menyenangkan. Jam belajar siswa-siswa di Finlandia sangat pendek, tidak seperti jam belajar di negara-negara lainnya. Meski begitu, tingkat pendidikan di Finlandia adalah yang terbaik di dunia.

Berdasarkan riset dari Smithsonian Magazine, Finlandia memiliki tingkat literasi, Sains dan Matematika tertinggi. Meski negara kecil, Finlandia bisa menghasilkan banyak ahli dan kaum terpelajar.

2. Inggris

sumber: https://www.pexels.com/

Inggris juga merupakan negara dengan tingkat pendidikan terbaik. Inggris dikenal sebagai gudangnya Universitas terkenal. Mulai dari Oxford, Cambrige, Collage London dan lain sebagainya.

Kualitas pendidikan di Inggris sudah dikenal sejak abad pertengahan. Inggris banyak mencetak ahli-ahli di bidangnya. Mulai dari Sains, Matematika, Kedokteran, Astronomi, Sejarah, Olahraga hingga Seni.

Bahkan dulu, lahirnya revolusi industri di Inggris adalah karena ilmuwan-ilmuwan yang pandai dan inovatif. Menciptakan banyak ilmuwan baru yang akhirnya membuat banyak penemuan baru yang bisa mengubah cara produksi barang.

Hal yang Mempengaruhi Kemajuan Pendidikan Indonesia
Melalui pendidikan berkualitas, diharapkan lahir generasi bangsa yang cerdas dan berkarakter yang mampu bersaing di era globalisasi.

Sistem pendidikan di Inggris yang baik ini, membuat Inggris banyak menjadi rujukan melanjutkan pendidikan di tingkat Universitas. Saking banyaknya yang ingin melanjutkan pendidikan di Inggris, pendaftaran kuliah di Inggris harus dilakukan jauh-jauh hari.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Amerika Serikat terkenal dengan gudangnya universitas-universitas terbaik di dunia.

Semua juga tahu jika Harvard, Stanford, John Hopkins adalah universitas-universitas terbaik di dunia. Universitas-universitas tersebut adalah rujukan banyak siswa-siswa di dunia untuk melanjutkan pendidikannya.

Tak hanya pendidikan di tingkat universitasnya saja yang baik. Sekolah-sekolah lanjutan di Amerika Serikat juga sangat baik, khusnya dalam bidang Sains dan Matematika.

Sayangnya, sistem pendidikan berkualitas ini berbiaya mahal. Tak heran banyak siswa-ssiwa Amerika Serikat yang berburu beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di universitas.

4. Kanada

Kanada adalah salah satu negara yang maju di dunia. Kemajuan Kanada ini juga tidak lepas dari baiknya tingkat pendidikannya. Kanada dinobatkan sebagai negara terbaik ketiga di dunia.

Kanada memiliki tingkat pendidikan dan studi lanjutan terbaik. Pendidikan di Kanada dilakukan secara profesional. Meski begitu, tetap berfokus pada kepentingan siswa. Setiap guru di Kanada mengajar sesuai bidangnya. Setaip guru punya keahlian khusus.

5. Australia

Australia adalah negara maju dengan sistem pendidikan terbaik. Banyak sekali universitas-universitas terbaik di Australia yang menjadi tujuan dari banyak siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya. Bahkan Australia juga sering memberikan banyak beasiswa pendidikan bagi negara-negara di dunia.

Pendidikan dasar di Australia dimulai sejak anak berusia 6 tahun. Salah satu rahasia berkualitasnya pendidikan di Asutralia adalah negara tersebut merancang standar mutu yang sama bagi setiap satuan pendidikan di sana.

6. Belanda

Belanda juga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan di Belanda tak hanya dikenal berkualitas di Eropa, tetapi juga untuk standar dunia.

Berdasarkan data dari Organisasi Pendidikan Belanda (Nuffic), sebagian besar sekolah-sekolah di Belanda menggunakan beragam bahasa dalam proses pembelajarannya. Selain menggunakan bahasa Belanda, sekolah-sekolah di Belanda juga menggunakan bahasa asing. Bahasa Perancis, Inggris dan Jerman adalah bahasa asing yang juga digunakan di sekolah-sekolah yang ada di Belanda.

Sekolah-sekolah di Belanda sengaja mengajarkan bahasa asing kepada siswa-siswanya, agar siap dalam persaingan global. Dengan menguasai banyak asing, harapannya siswa bisa bersaing dengan baik di kancah global.

7. Jepang

sumber: https://www.pexels.com/

Jepang adalah negara maju di kawasan Asia. Kemajuan Jepang ini tidak terlepas dari sistem pendidikan yang ada di sana. Sistem pendidikan di Jepang adalah yang terbaik di Asia. Bahkan juga diakui secara internasional.

Universitas of Tokyo, Kyoto University, Tokyo Institute of Technology, Osaka University adalah beberapa contoh universtias terkenal di Jepang yang menjadi rujukan bagi banyak siswa-siswa di dunia.

Kemajuan Jepang ini adalah hasil berkualitasnya pendidikan di Jepang. Bahkan sejarah mencatat, Jepang bisa bangkit menjadi raksasa industri di Asia ya karena pendidikannya.

Tips Membangun Kesiapan Guru dalam Menghadapi Perubahan
Guru yang adaptif mampu menciptakan pembelajaran yang optimal, membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

Dulu, saat kota Hirosima dan Nagasaki di bom atom oleh sekutu saat perang dunia kedua, hal yang dilakukan oleh pemerintah Jepang adalah mencari guru-guru yang tersisa.

Pemerintah Jepang mengumpulkan guru-guru yang ada. Guru-guru tersebut diminta mengajar ssiwa-siswa dengan baik. Untuk itu, pemerintah Jepang bahkan menyekolahkan banyak guru ke luar negeri. Guru-guru yang berkualitas ini akhirnya bisa melakukan pendidikan yang berkualitas. Menciptakan siswa-siswa yang berkualitas juga.

Jepang menjadi contoh nyata, bahwa dengan kualitas pendidikan yang baik maka kemajuan sebuah negara akan tercapai. Jepang pun tumbuh menjadi negara maju di Asia bahkan dunia.

8. Jerman

Jerman, dikenal sebagai negara dengan kemajuan teknologinya. Tentunya ini semua juga didukung oleh kualitas pendidikannya. Banyak siswa melanjutkan pendidikannya di Jerman.

Jerman menjadi tempat terbaik untuk melanjutkan pendidikan kedokteran spesialis, otomotif, ilmu penerbangan, teknik mesin hingga ilmu perkapalan.

Menurut jurnal NCBI, sekolah kedokteran di Jerman menjadi yang paling favorit. Kemajuan industri di Jerman menjadi bukti bahwa sistem pendidikan di sini sangat baik dan pantas jadi rujukan untuk melanjutkan studinya.

9. Denmark

Berdasarkan laman dari CEO World, Denmark menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Denmark bahkan dicatat sebagai negara nomor tujuh dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Denmark bahkan diakui memiliki kurikulum pendidikan terbaik. Bahkan, kurikulum pendidikan di Denmark sudah banyak diadopsi oleh negara-negara lain di dunia.

Kurikulum pendidikan di Denmark, secara umum disusun berdasarkan kurikulum khas negara Skandinavia. Jam belajar yang pendek dan lebih banyak melakukan praktik pembelajaran dibandingkan teori-teori di kelas.

10. Swiss

Swiss juga menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Di Swiss semua sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta memiliki standar yang tidak jauh berbeda.

Baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, sama-sama memiliki kualitas yang baik. Dengan tingginya pendapatan nasionalnya, Swiss bisa mengalokasikan dana pendidikan secara maksimal.

Demikian daftar negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi bagi Anda untuk bisa mewujudkan pendidikan yang terbaik di Indonesia.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.