Hal yang Mempengaruhi Kemajuan Pendidikan Indonesia

edukasi 24 Mar 2022

Pendidikan memiliki peran penting dalam pembangunan nasional dan turut memajukan bangsa. Melalui pendidikan berkualitas, diharapkan lahir generasi bangsa yang cerdas dan berkarakter yang mampu bersaing di era globalisasi saat ini. Oleh sebab itu, masyarakat, satuan pendidikan dan pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Pendidikan di Indonesia

Pendidikan berpengaruh terhadap mutu sumber daya manusia suatu negara. Pendidikan juga dikatakan sebagai human investment yang menjadi salah satu indikator penentu kualitas sumber daya manusia. Peningkatan mutu sumber daya manusia ini harus dilakukan secara terarah, terencana, intensif, efektif serta efisien dalam proses pembangunan.

Memang tidak mudah untuk memajukan pendidikan di Indonesia, mengingat Indonesia adalah negara yang luas. Salah satu hal yang menghambat kemajuan pendidikan Indonesia adalah belum meratanya pembangunan pendidikan di seluruh daerah di Indonesia. Tak sedikit daerah pedalaman yang sulit mendapatkan akses ke sekolah.

Apalagi saat ini memasuki era digital, dimana setidaknya setiap wilayah di Indonesia bisa mengakses internet untuk mendapatkan materi pembelajaran yang lebih luas. Ini menjadi PR sekaligus tantangan bagi masyarakat dan pemerintah untuk turut memeratakan pembangunan infrastruktur di setiap wilayah Indonesia, demi terciptanya pendidikan yang lebih berkualitas, maju dan modern.

Meskipun tidak mudah, namun bukan berarti pendidikan di Indonesia tidak bisa maju dan lebih baik dari sebelumnya. Dengan tekad yang kuat, kebijakan yang tepat, dan kekompakan antara masyarakat, satuan pendidikan dan kebijakan pemerintah akan menghasilkan pendidikan berkualitas.

Pasalnya, diketahui saat ini sektor pendidikan di Indonesia pun sudah mengalami kemajuan yang signifikan. Hal ini terlihat dari kesadaran masyarakat akan pentingnya menempuh pendidikan sejak dini, menempuh pendidikan tinggi, guru-guru yang terus mau belajar untuk meningkatkan kompetensi dan beradaptasi dengan perubahan, banyaknya sekolah yang sudah digitalisasi dan modern dalam melakukan KBM dan lainnya.

Tentunya ini harus diapresiasi dan dukung untuk terus bisa berprogres menciptakan pendidikan berkualitas. Perlahan tapi pasti, pendidikan di Indonesia akan kembali membaik dan bisa bersaing secara global.

Hal yang Mempengaruhi Kemajuan Pendidikan Indonesia

Berbicara mengenai upaya untuk mendukung kemajuan atau peningkatan kualitas pendidikan Indonesia, pasti ada faktor atau hal yang mempengaruhinya. Dilansir dari siedoo.com, diketahui beberapa praktisi dan birokrasi berpendapat bahwa problem pendidikan di Indonesia yang saat ini adalah kurangnya mutu guru, kurikulum anggaran pendidikan, serta regulasi pendidikan, sehingga untuk memajukan pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa hal yang mempengaruhi kemajuan pendidikan Indonesia yaitu,

1. Kualitas Guru

Dalam hal ini, bukan berarti Indonesia tidak memiliki guru yang berkualitas, cerdas dan inovatif, hanya saja penyebaran guru Indonesia yang berkualitas mungkin belum merata. Tak sedikit guru yang masih baru dari lulusan perguruan tinggi mengalami syok ketika mengajar atau menghadapi siswa didepan kelas sehingga diperlukan guru yang adaptif.

Pasalnya guru memiliki peran penting untuk mendidik dan membimbing siswa di kelas secara langsung, sehingga kualitas generasi muda ada di tangan guru. Untuk memajukan pendidikan di Indonesia maka pemerintah harus mendukung dan memperhatikan guru dengan cara memenuhi semua kebutuhannya, menghargai perjuangan dalam mengajar siswa, memberikan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan mutu atau kualitas guru, serta penyeleksian guru yang yang lebih ketat.

Namun, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa saat ini pun banyak guru Indonesia yang tak pernah berhenti belajar. Ini menjadi salah satu upaya dan inisiatif guru Indonesia ingin berkontribusi langsung untuk memajukan pendidikan. Tentu sekolah dan pemerintah seharusnya memberikan apresiasi yang baik bagi guru-guru yang mau terus belajar.

Banyak guru yang mau belajar melalui webinar atau seminar tentang pendidikan, pelatihan mengajar dan inovatif dalam menciptakan pembelajaran di kelas.

5 Buku yang Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru
Guru terus meng-upgrade kualitas mengajarnya ialah karena perkembangan zaman dan teknologi semakin pesat.

2. Kurikulum Pembelajaran

Kurikulum pembelajaran menjadi salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran, karena kurikulum ini dijadikan sebagai acuan untuk mengajar. Di Indonesia sendiri sudah seringkali berganti-ganti kurikulum, hal ini disesuaikan dengan perubahan zaman dan kebutuhan pendidikan.

Misalnya, kita bisa lihat kembali kurikulum 1975 dimana kurikulum tersebut lahir terpengaruhi konsep bidang manajemen MBO (managementnya by objective). Dalam kurikulum tersebut, metode, materi serta tujuan pengajaran dirinci dalam prosedur pengembangan sistem instruksional yang dikenal dengan rencana pelajaran setiap satuan bahasan.

Lalu setelah itu ada kurikulum 1984 yang disebut dengan "kurikulum 1975 disempurnakan". Kurikulum ini dikenal dengan cara belajar siswa aktif di mana siswa sebagai subjek belajar untuk mengamati sesuatu, mendiskusikan hingga melaporkan.

Di tahun 94, terjadi perubahan kurikulum yang memadukan kurikulum 1975 dan 1984. Sayangnya, banyak kritik dari kurikulum tersebut karena dinilai terlalu memberatkan siswa dari muatan nasional hingga muatan lokal.

Dan muncul kurikulum 2004 berupa Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) disusul dengan kurikulum 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Setelah kurikulum KTSP terbitlah kurikulum 2013 K-13. Dan baru-baru ini diterapkannya kurikulum Merdeka belajar yang memberikan kemerdekaan mengajar bagi guru dan belajar bagi siswa.

Perubahan kurikulum pembelajaran sebenarnya bukanlah hal yang buruk, justru ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, yang terpenting guru, siswa, satuan pendidikan dan masyarakat bisa adaptif dengan perubahan.

3. Anggaran Pendidikan

Untuk memajukan pendidikan di Indonesia, pemerintah harus bijak dalam membagi anggaran pendidikan. Alangkah baiknya anggaran pendidikan ini diimbangi dengan pemetaan isu strategis pendidikan. Anggaran ini juga bisa digunakan untuk kegiatan peningkatan kualitas guru dan siswa seperti pelatihan, workshop sosialisasi pendidikan, dan lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia secara optimal.

4. Regulasi Pendidikan

Regulasi pendidikan atau peraturan dan keputusan terkait pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam bentuk undang-undang dinilai cukup banyak, sehingga khawatir terjadi salah tafsir dalam implementasi antar undang-undang. Sehingga hal ini harus lebih diperhatikan.

Faktor Pendukung untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Selain daripada 4 hal yang mempengaruhi kemajuan pendidikan Indonesia tersebut, ternyata ada pula faktor pendukung lainnya yang bisa mempercepat perubahan baik pendidikan di Indonesia. Adapun berikut ini merupakan beberapa faktor pendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan, yaitu:

1. Kinerja Guru

Selain kualitas/kompetensi guru, kinerja guru juga sangat dibutuhkan untuk mempercepat kemajuan Pendidikan Indonesia.  Semangat dan bekerja keras dalam mengajar bisa menciptakan murid berkualitas. Guru juga perlu inovatif dalam menciptakan pembelajaran.

2. Semangat Belajar Anak

Semangat belajar siswa juga turut membantu menciptakan kualitas pendidikan Indonesia. Siswa harus memiliki motivasi belajar siswa yang tinggi.

3. Dukungan Banyak Pihak

Meningkatkan kualitas pendidikan bukan menjadi tugas pemerintah atau guru saja, tetapi dibutuhkan dukungan semua pihak dan kerjasama yang baik satu sama lain.

Itulah beberapa hal yang mempengaruhi kemajuan Pendidikan Indonesia. Semoga pendidikan Indonesia lebih baik kedepannya.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.