Coba Platform Koreksi Otomatis Gratis Ini

edukasi Feb 24, 2021

Pandemi Corona COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret lalu, membuat proses pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh. PJJ (pembelajaran jarak jauh) menjadi alternatif terbaik agar proses pembelajaran tetap bisa berlangsung meski ditengah pandemi.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini membuat PJJ berjalan lebih mudah. Guru tetap bisa melaksanakan pembelajaran interaktif dengan murid-muridnya melalui beragam aplikasi video conference ataupun chat seperti WhatssApp ataupun Telegram.

Tak hanya penyampaian materi pembelajaran yang dibatu oleh beragam aplikasi, pembuatan kuis pun jadi lebih mudah. Saat PJJ, guru bisa membuat kuis yang bisa dikoreksi secara otomatis. Bila anda masih koreksi kuis PJJ secara manual, anda perlu mencoba platform kuis otomatis gratis ini.

Pentingnya Kuis Saat PJJ

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan saat PJJ terkadang kurang menarik oleh para murid. Hasilnya jelas kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Kondisi ini tentunya akan menjadi perhatian penuh bagi guru. Mencari penyebab siswa kurang menarik terhadap proses pembelajaran dan menemukan jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut adalah salah satu jalan profesionalisme guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran.

Tidak ada metode pembelajaran yang terbaik yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Semua metode baik dan tepat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu metode yang bisa diggunakan untuk meningkatkan semangat siswa dalam berkompetisi dan bekerjasama sekaligus melatih ketangkasan murid adalah dengan metode kuis.

Selain itu metode kuis juga bisa menjadi parameter sejauh mana murid menyerap materi pembelajaran. Bila murid bisa menjawab dengan baik kuis seputar materi pembelajaran yang telah diterangkan, bisa dikatakan bahwa murid sudah memahami materi dengan baik.

Beberapa manfaat kuis dalam pembelajaran antara lain adalah :

1. Melatih siswa untuk berpikir cepat

Kemampuan berpikir cepat sangat penting sekali dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang kita diposisikan dalam seuatu masalah yang membutuhkan penyelesaian dengan cepat. Melalui metode kuis ini murid dilatih untuk berpikir cepat.

2. Menumbuhkan sikap percaya diri siswa

Rasa percaya diri sangatlah penting. Dalam pengambilan keputusan seseorang harus senantiasa memiliki percaya diri. Dengan metode kuis, maka murid dilatih untuk senantiasa memiliki rasa percaya diri.

3. Meningkatkan aktivitas siswa

Melalui metode kuis, semua murid akan aktif dalam pembelajaran. Murid akan aktif menjawab dan menemukan penyelesaian atas soal yang disampaikan.

4. Menambah daya tarik pembelajaran

Kuis membuat murid akan lebih tertarik dengan proses pembelajaran.

5. Melatih murid berkompetisi secara sehat

Dalam kehidupan ini pastilah kita senantiasa berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Tentunya dalam setiap kompetisi tersebut haruslah dilaksanakan dengan sehat tanpa kecurangan. Dengan pembelajaran metode kuis ini, guru memiliki banyak celah untuk melatih muridnya agar senantiasa menjadi pribadi yang bersaing dengan sehat.

Oleh karena itu, meski PJJ guru tetap memberikan kuis untuk murid-muridnya. Kuis yang diberikan pun betuknya beragam, mulai dari  pilihan ganda, multi-correct (jawaban yang benar lebih dari 1), dan benar-salah.

Mengingat banyaknya manfaat kuis dalam pembelajaran, maka sangat penting bagi guru untuk membuat kuis yang tepat. Berikut beberapa ketentuan untuk membuat kuis yang tepat dalam pembelajaran.

1. Kuis bertujuan untuk mendorong kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah.

2. Setiap kuis terdiri dari minimal 5 dan maksimal 10 pertanyaan.

3. Evaluasi hasil kuis dilakukan secara otomatis oleh sistem sehingga guru tidak perlu memeriksa secara manual.

4. Setiap pertanyaan kuis bisa memiliki bobot skor yang berbeda-beda tergantung tingkat kesulitannya.

5. Setiap pertanyaan kuis harus relevan dengan apa yang diajarkan pada modul atau seri sebelumnya.

6. Setiap pertanyaan kuis harus menggunakan skenario dunia nyata atau contoh kasus yang riil yang situasinya terdekat dengan murid atau masyarakat umum.

7 Alasan Melanjutkan Penggunaan Platform Online Setelah PJJ Berakhir
Berdasarkan pernyataan Mendikbud pada beberapa kesempatan itu memberikan sinyal bahwa PJJ dan pemanfaatan platform daring akan menjadi bagian dari proses KBM dimasa mendatang.

Kejarcita, Platform Koreksi Kuis Otomatis dan Gratis

Saat ini banyak layanan teknologi pendidikan yang bisa membantu guru dalam proses pembelajaran, termasuk membuat kuis. Platform pendidikan yang ada saat ini menyediakan layanan kuis online yang bisa dimanfaatkan oleh guru. Dengan layanan ini, guru tidak lagi koreksi kuis secara manual. Tentu ini membuat tugas guru menjadi sedikit lebih ringan.

Salah satu platform pendidikan yang memberikan layanan koreksi kuis otomatis dan gratis adalah Kejarcita. Kejarcita adalah solusi teknologi yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita, sebuah badan usaha sosial yang didirikan pada tahun 2017. Visi kami adalah kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia.

Kejarcita memiliki misi  memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia. Komitmen ini  dilaksanakan dengan membangun kumpulan materi berkualitas baik orisinal maupun dengan bekerjasama dengan pihak ketiga. Akses untuk sebagian besar materi ini dberikan secara gratis kepada publik. Selain itu, Kejarcita juga mengadakan program bimbel sosial untuk menyalurkan materi tersebut pada anak-anak yang membutuhkan.

Materi di Kejarcita didesain oleh tim yang berpengalaman di bidang pendidikan dengan memperhatikan standar nasional dan internasional. Fitur dan materi Kejarcita didesain dan terus dikembangkan berdasarkan masukan pengguna, dengan tujuan pemanfaatan optimal bagi penggunanya.

Kejarcita menyediakan sumber soal latihan lengkap dan update. Akses sumber materi soal bisa diakses secara langsung. Guru juga bisa mendaftar untuk mengirim soal-soal ini ke murid-muridnya dalam bentuk kuis online, tautan kuis, file kuis, atau cetak langsung.

Kejarcita memiliki fitur unggulan berupa bank soal sekolah dan manajemen kuis dan ulangan online otomatis yang sebagaian besar bisa diakses secara gratis.

Anda bisa membuat kuis online secara gratis melalui platform Kejarcita ini. Caranya cukup mudah. Berikut cara membuat kuis online secara gratis di Kejarcita.

1. Silakan masuk ke laman kejarcita.id terlebih dahulu, kemudian klik ‘Masuk’ apabila sudah memiliki akun sebelumnya atau klik ‘Daftar’ jika Anda belum mendaftar dan memiliki akun sebelumnya.

2. Apabila sudah memiliki akun, selanjutnya masukkan Username / Email dan Kata Sandi Anda pada kolom yang tersedia.

3. Setelah masuk di laman utama kejarcita.id, selanjutnya silakan klik menu (modul) ‘kuis’.

4. Selanjutnya Anda akan masuk ke laman ‘Kuis’. Pada laman ini tampak tampak daftar soal yang pernah dibuat. Pada bagian kanan, terdapat dua pilihan jenis kuis, yaitu ‘Latihan’ dan ‘Ulangan’. Perbedaan utamanya adalah ‘Latihan’ tidak ada batasan waktu dan bisa diakses kapan saja oleh para murid di kelas Anda, sementara ‘Ulangan’ memiliki batasan waktu sesuai pengaturan yang dibuat oleh Anda diawal pembuatan soal.

5. Misalnya pada kasus kali ini kita coba menggunakan pilihan ‘Latihan’. Setelah klik ‘Latihan’ selanjutnya akan muncul tampilan kolom pembuatan soal. Silakan mengisi kolom ‘Tingkat’, ‘Grup’, ‘Mata Pelajaran’, ‘Topik’, ‘Jumlah Soal’, dan ‘Tingkat Kesulitan’, sesuai dengan isi soal (kuis) yang ingin Anda buat.

6. Setelah mengisi semua informasi di atas, selanjutnya tekan tombol ‘Buat’ yang berada pada bagian bawah kolom.

7. Setelah menekan tombol ‘Buat’ nantinya akan tampak layar utama daftar kuis yang sudah dibuat. Soal kuis yang telah Anda buat akan berada pada urutan paling atas.

8. Silakan tekan ‘Lihat’ untuk mengoreksi isi soal kuis apabila ada yang keliru atau ingin diganti.

9. Setelah menekan tombol ‘Lihat’ akan muncul layar detail informasi soal. Pada tampilan akan ada dua tab yaitu ‘Ringkasan’ dan ‘Pertanyaan’. Silakan Anda pilih ‘Pertanyaan’.

10. Pada layar ‘Pertanyaan’ ini akan tampak daftar soal yang sudah dibuat otomatis oleh sistem sesuai kriteria yang diisi pada kolom ‘Soal’ sebelumnya. Jika ada soal yang ingin diganti, Anda hanya perlu menekan tombol ‘Edit Pertanyaan’ pada pojok kanan atas.

11. Apabila ada soal yang kurang cocok atau ingin diganti, Anda bisa menghapus soal tersebut dan mengganti dengan soal lain yang lebih cocok. Untuk mengganti soal, Anda hanya perlu menekan tombol ‘Hapus’ pada bagian kanan soal.

12. Setelah menghapus satu soal, pada bagian jumlah soal juga akan ikut berkurang dari 10/10 menjadi 9/10. Sebelum selesai melakukan pengeditan pastikan kuota soal berjumlah 10/10.

13. Selanjutnya apabila ingin menambahkan soal. Anda hanya perlu mencari soal yang ingin ditambahkan dan kemudian tekan tombol ‘Tambah’.

8 Rekomendasi Platform Pelatihan Online untuk Meningkatkan Skill Guru
Guru memerlukan latuhan untuk meningkatkan skill, agar menjadi sosok pengajar yang profesional sekaligus kreatif, serta dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih optimal. Untuk mengembangkan skill berarti Anda harus mengenal ilmu teknologi

14. Setelah menekan tombol ‘Tambah’ selanjutnya pada kolom jumlah soal akan bertambah sesuai kouta, misalnya pada contoh menjadi 10/10.

15. Terakhir, Anda tinggal menekan tombol ‘Selesai’. Selanjutnya soal kuis yang dibuat sudah bisa diakses oleh para murid.

Dengan menggunakan fitur kuis online dari Kejarcita ini, anda tidak perlu lagi koreksi kuis secara manual. Kuis yang anda buat bisa dikoreksi secara otomatis. Selamat mencoba.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.